.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lisnawaty.simatupang@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 30, 2025, 2:36 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
METODOLOGI PENELITIAN |
TB240315 |
2 |
0 |
2 |
28 |
4 |
02-03-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Lisnawaty Simatupang S.S., M.Hum. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
|||||||
NIP/NIK. 199112222020122003 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-8) Mengiternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-11) Menunjukkan sikap responsif dan inovatif, profesional sesuai dengan global code ethic of tourism |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-14) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi efektif untuk bekerja dalam tim |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yangs esuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-12) Mampu menerapkan teknik-teknik berkomunikasi secara efektif (KK-15) Mampu menyiapkan dan menyusun laporan tertulis tentang hasil pekerjaan baik yang menjadi tanggung jawabnya sendiri maupun menjadi tanggungjawab kelompok kerja (team work) secara komprehensif |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mengidentifikasi masalah praktis dan/atau teoritis alam bidang tata boga Menyusun dan mengajukan rancangan penelitian di bidang tata boga Menjalankan penelitian sesuai kaidah penelitian ilmiah Menyusun laporan penelitian dalam dokumen yang sistematis Menggunakan dan mengolah informasi yang tempat untuk penelitian |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Memahami konsep umum penelitian Memahami konsep dan rancangan dasar penelitian Memahami bagian dan fungsi-fungsi komponen dalam penelitian Memahami berbagai pendekatan dalam penelitian Memahami isu-isu terkait bidang penelitian Memahami sistem penyusunan sitasi Praktik menyusun kutipan dan sitasi dengan software penyusunan sitasi Memahami sistematika dan penyusunan bagian pendahuluan penelitian Memahami sistematika dan penyusunan metode dalam penelitian Memahami sistematika dan penyusunan kesimpulan penelitian Ketepatan dalam menyusun abstrak penelitian Ketepatan dalam menyusun proposal penelitian Mampu menyampaikan rancangan penelitian secara komprehensif dalam presentasi Memahami sistematika dan penyusunan landasan teori dalam penelitian |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah METODOLOGI PENELITIAN mempelajari dasar-dasar penelitian. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan syarat kelulusan minimal nilai D. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Konsep dasar penelitian |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop Proyektor Papan tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Lisnawaty Simatupang, |
Mata Kuliah |
METODOLOGI PENELITIAN |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB240315 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Memahami konsep umum penelitian |
Ketepatan memahami dasar-dasar dan tujuan dilaksanakannya sebuah penelitian |
|
|
Pengantar materi metodologi penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
2 |
|||
2 | Memahami konsep dan rancangan dasar penelitian |
|
|
|
Dasar-dasar Penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
3 |
|||
3 | Memahami bagian dan fungsi-fungsi komponen dalam penelitian |
Ketepatan memahami konsep, definisi, dan fungsi: - teori, - data, - variabel penelitian, - subjek/objek penelitian, - instrument penelitian |
- Kriteria: Ketepatan dan kesesuaian. - Bentuk nontest |
- Bentuk: Kuliah - Metode: Ceramah dan Diskusi - TM: 1 x (2x50’) - PT: 2x60’ - BM: 2x60’ |
Komponen-komponen dalam penelitian
|
5 |
|||
4 | Memahami berbagai pendekatan dalam penelitian |
1. . Ketepatan dalam memahami konsep pendekatan kuantitatif 2. Ketepatan dalam memahami pendekatan kualitatif |
- Kriteria: Ketepatan dan kesesuaian. - Bentuk nontest |
- Bentuk: Kuliah - Metode: Ceramah dan Diskusi - TM: 1 x (2x50’) - PT: 2x60’ - BM: 2x60’ |
Pendekatan dalam penelitian Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Tehory, Etnografi, Biografi. Purwokerto: CV. Pena Persada. Lexy J. Moloeng. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. Syahrum, & Salim. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citrapustaka Media. |
5 |
|||
5 | Memahami isu-isu terkait bidang penelitian |
1. Ketepatan dalam memahami isu-isu terkait bidang penelitian (menemukan isu) 2. Ketepatan menentukan topik/judul penelitian |
- Kriteria: Ketepatan dan kesesuaian. - Bentuk nontest: - Tugas mandiri |
- Bentuk: Kuliah - Metode: Ceramah dan Diskusi - TM: 1 x (2x50’) - PT: 2x60’ - BM: 2x60’ |
Isu/Topik Penelitian Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Tehory, Etnografi, Biografi. Purwokerto: CV. Pena Persada |
3 |
|||
6 | Memahami sistem penyusunan sitasi |
1. Ketepatan dalam membedakan kutipan langsung dan tidak langsung 2. Ketepatan dalam menggunakan kutipan langsung dam tidak langsung |
- Kriteria: Ketepatan dan kesesuaian. - Bentuk nontest |
- Bentuk: Kuliah - Metode: Ceramah dan Diskusi - TM: 1 x (2x50’) - PT: 2x60’ - BM: 2x60’ |
Penulisan Kutipan dan Sitasi sesuai kaidah penulisan Ilmiah -
|
3 |
|||
7 | Praktik menyusun kutipan dan sitasi dengan software penyusunan sitasi |
Ketepatan memahami fungsi dan pengaplikasian Mendeley dalam karya tulis ilmiah |
Kriteria: Ketepatan dan kesesuaian. Bentuk nontest |
- Bentuk: Kuliah - Metode: Praktik menyusun sitasi dan diskusi - TM: 1 x (2x50’) - PT: 2x60’ - BM: 2x60’ |
Penulisan Kutipan dan Sitasi sesuai kaidah penulisan Ilmiah
|
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Memahami sistematika dan penyusunan bagian pendahuluan penelitian |
1. Ketepatan dalam menyusun latar belakang penelitian 2. Ketepatan dalam merumuskan pertanyaan penelitian 3. Ketepatan dalam menentukan batasan/ruang lingkup penelitian 4. Ketepatan dalam menyusun tujuan dan manfaat penelitian |
- Kriteria: Ketepatan dan kesesuaian. - Bentuk nontest |
|
Sistematika bagian pendahuluan penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Tehory, Etnografi, Biografi. Purwokerto: CV. Pena Persada. Lexy J. Moloeng. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Syahrum, & Salim. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citrapustaka Media. |
3 |
|||
11 | Memahami sistematika dan penyusunan metode dalam penelitian |
1. Jenis Penelitian 2. Tempat dan Waktu Penelitian 3. Populasi, Sampel, dan Teknik Sampling 4. Teknik dan Instrumen Pengumpulan 5. Teknik Analisis Data 6. Prosedur Penelitian |
- Kriteria: Ketepatan dan kesesuaian. - Bentuk nontest |
Bentuk: Kuliah |
Penulisan metode penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
2 |
|||
10 | Memahami sistematika dan penyusunan landasan teori dalam penelitian |
1. Ketepatan menjabarkan kajian teori penelitian 2. Ketepatan menentukan dan mejelaskan penelitian yang relevan 3. Ketepatan menyusun kerangka berpikir 4. Ketepatan menyusun hipotesis penelitian |
Kriteria: Ketepatan dan kesesuaian. - Bentuk nontest |
Bentuk: Kuliah |
Menyusun kajian psutaka dan kerangka berpikir dalam penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5 |
|||
12 | Memahami sistematika dan penyusunan kesimpulan penelitian |
.1 Ketepatan dalam menarik dan menyusun kesimpulan penelitian 2. Ketepatan dalam menjabarkan saran penelitian |
Kriteria: Ketepatan dan kesesuaian. Bentuk nontest |
Bentuk: Kuliah |
- Menyusun kesimpulan penelitian - Sistematka penuyusunan bagian penutup laporan penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3 |
|||
13 | Ketepatan dalam menyusun abstrak penelitian |
1. Ketepatan penulisan abstrak secara sistematis 2. Ketepatan merangkum intisari penelitian dalam bentuk abtsrak |
- Kriteria: Ketepatan dan kesesuaian. - Bentuk nontest: - Tugas Mandiri |
-Bentuk: Kuliah - Metode: Diskusi - TM: 1 x (2x50’) - PT: 2x60’ - BM: 2x60’ |
Sistematika penulisan abstrak penelitian Mahfud, T., & Indartono, S. (2021). Tips Jitu Menembus Jurnal Internasional Bereputasi. Bandung: CV. Alfabeta |
3 |
|||
14, 15 | Ketepatan dalam menyusun proposal penelitian |
Ketepatan dalam menyusun rancangan/usulan penelitian (sistematis dan substantif) |
- Kriteria: Ketepatan dan kesesuaian. - Bentuk nontest: - Tugas Mandiri |
-Bentuk: Kuliah - Metode: Diskusi - TM: 1 x (2x50’) - PT: 2x60’ - BM 2x60’ |
Penyusunan proposal penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5 |
|||
Ketepatan dalam menyusun proposal penelitian |
Ketepatan dalam menyusun rancangan penelitian (Substantif dan sistemats) |
- Kriteria: Ketepatan dan kesesuaian. - Bentuk nontest: - Tugas Mandiri |
- Bentuk: Kuliah - Metode: Diskusi - TM: 1 x (2x50’) - PT: 2x60’ - BM 2x60’ |
Penyusunan proposal penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lisnawaty Simatupang lahir di Dairi pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|