.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ranti.rustika@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:34 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
PENGANTAR PERHOTELAN |
TB120215 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
26-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
|||||||
NIP/NIK. 199104022019032018 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-11) Menunjukkan sikap responsif dan inovatif, profesional sesuai dengan global code ethic of tourism |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-11) Menguasai konsep kepariwisataan, usaha hotel, restoran dan katering |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) Mampu memecahkan maslah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, berinovatif dalam pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
mampu menganalisis permasalahan di industri perhotelan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
mampu mengidentifikasi dasar dasar industri perhotelan mampu mengidentifikasi department yang ada di hotel mampu mengidentifikasi manajemen perhotelan mampu mengidentifikasi permasalahan di department front office mampu mengidentifikasi permasalahan di department food and beverage mampu mengidentifikasi permasalahan di housekeeping department mampu mengidentifikasi minor department hotel mampu menghubungkan hubungan antar department mampu menganalisis permasalahan di industri perhotelan |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah PENGANTAR PERHOTELAN mempelajari tentang dasar-dasar industri perhotelan, department apa saja yang berada di hotel dan permasalahan yang terjadi di industri perhotelan. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. dasar-dasar perhotelan, 2. manajemen perhotelan, 3. department perhotelan, 4. mayor department, 5. minor department, 6. hubungan antar department, 7. kondisi perhotelan pasca pandemi covid 19 |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Goeldner, C.R and Brent Ritchie, J.R, 2006., Tourism : Principles, Practices,Philosophies, Tenth Edition, Grid Inc.
Kasavana, Michael L..; Richard M.,Brooks,1991, Managing Front Office Oparations, 3rd edition, Minchigan:the Educational Institute of theAmerican Hotel & Motel Association
Mackenzie, M, 2009.,Manual on Module II Introduction to Hospitality, School of Hotel &Tourism Management The Hong Kong Polytechnic University.
McIntosh, R.W.,1972, Tourism : Principles, Practices,Philosophies, Grid Inc.
Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur.
Pendit,N.S,.2005, Glosari Pariwisata Komtemporer : Memperkaya Khazanah Industri Hospitality dan Perjalanan Wisata Indonesia, Jakarta, Pradnya Paramita.
Rutherford, D.G., 2007, Hotel Management and Operations Fourt edition, Scool of Hospitality Business Management, Mashington State University, John Welley & Sons, Inc.
Soekadijo, R.G.,1996, Anatomi Pariwisata, Jakarta, Gramedia.
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Alat: Proyektor, Laptop, LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ranti Rustika, |
Mata Kuliah |
PENGANTAR PERHOTELAN |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB120215 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
||||||
1 | mampu mengidentifikasi dasar dasar industri perhotelan |
Ketepatan menguraikan pengertian industri perhotelan. Mahasiswa lebih Interaktif dalam menguraikan definisi perhotelan serta ruang lingkupnya |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 1: Menyusun ringkasan terkait definisi dan ruang lingkup industri perhotelan Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Pengertian Perhotelan 2. Ruang Lingkup industri perhotelan Rutherford, D.G., 2007, Hotel Management and Operations Fourt edition, Scool of Hospitality Business Management, Mashington State University, John Welley & Sons, Inc. |
2 |
||||||
2 | mampu mengidentifikasi department yang ada di hotel |
Ketepatan mahasiswa dalam menguraikan department-department yang ada di hotel. Mahasiswa lebih komunikatif dalam menguraikan hubungan antar department di hotel (interaktif) |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 2: Menyusun ringkasan terkait department yang ada di hotel Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Front office department 2. Food and beverage department 3. Housekeeping department 4. Department penunjang Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
2 |
||||||
3 | mampu mengidentifikasi manajemen perhotelan |
Ketepatan dalam mengidentifikasi manajemen perhotelan. Mahasiswa berdiskusi terkait tugas dan tanggungjawab dari masing-masing jabatan yang ada di hotel. (Interaktif) |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 3: membuat laporan hasil diskusi terkait tugas dan tanggungjawab dari department front office Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Manajemen perhotelan 2. Struktur organisasi hotel 3. Tugas dan tanggungjawab dalam manajemen hotel Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
2 |
||||||
4 | mampu mengidentifikasi permasalahan di department front office |
ketepatan mahasiswa dalam menguraikan pengertian department Front office, tugas dan tanggungjawab serta permasalahan yang ada di front office department |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 4: membuat laporan hasil diskusi terkait tugas dan tanggungjawab dari department front office Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Front office department 2. struktur organisasi front office department 3. tugas dan tanggung jawab front office department Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
2 |
||||||
5 | mampu mengidentifikasi permasalahan di department front office |
ketepatan mahasiswa dalam menguraikan pengertian department Front office, tugas dan tanggungjawab serta permasalahan yang ada di front office department |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 5: membuat laporan hasil diskusi terkait permasalahan yang ada di department front office Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Perbandingan antara department front office sebelum dan setelah pandemi covid 19 2. permasalahan yang ada di front office department saat ini Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
2 |
||||||
6 | mampu mengidentifikasi permasalahan di department food and beverage |
ketepatan mahasiswa dalam menguraikan pengertian department food and beverage, tugas dan tanggungjawab serta permasalahan yang ada di food and beverage department |
kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 6: membuat laporan hasil diskusi terkait tugas dan tanggungjawab dari department food and beverage Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Food and beverage department 2. struktur organisasi food and beverage department 3. tugas dan tanggung jawab food and beverage department Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
2 |
||||||
7 | mampu mengidentifikasi permasalahan di department food and beverage |
ketepatan mahasiswa dalam menguraikan pengertian department food and beverage, tugas dan tanggungjawab serta permasalahan yang ada di food and beverage department |
kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 7: membuat laporan hasil diskusi terkait permasalahan yang ada di department food and beverage Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Perbandingan antara department food and beveragesebelum dan setelah pandemi covid 19 2. permasalahan yang ada di food and beverage department saat ini Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
2 |
||||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
||||||||||
9 | mampu mengidentifikasi permasalahan di housekeeping department |
ketepatan mahasiswa dalam menguraikan pengertian department housekeeping, tugas dan tanggungjawab serta permasalahan yang ada di housekeeping department |
kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 9: membuat laporan hasil diskusi terkait tugas dan tanggungjawab dari department housekeeping Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. housekeeping department 2. struktur organisasi housekeeping department 3. tugas dan tanggung jawab housekeeping department Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
5 |
||||||
10 | mampu mengidentifikasi permasalahan di housekeeping department |
ketepatan mahasiswa dalam menguraikan pengertian department housekeeping, tugas dan tanggungjawab serta permasalahan yang ada di housekeeping department |
kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 10: membuat laporan hasil diskusi terkait permasalahan yang ada di department housekeeping Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Perbandingan antara department housekeeping sebelum dan setelah pandemi covid 19 2. permasalahan yang ada di housekeeping department saat ini Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
5 |
||||||
11 | mampu mengidentifikasi minor department hotel |
ketepatan mahasiswa dalam mengidentifikasi minor department yang menunjang kegiatan di hotel |
kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 11: membuat laporan hasil diskusi terkait definisi minor department serta tugas dan tanggungjawab di hotel Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. definisi minor department hotel 2. tugas dan tanggungjawab minor department
Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
5 |
||||||
12 | mampu mengidentifikasi minor department hotel |
ketepatan mahasiswa dalam mengidentifikasi pemasalahan yang ada di minor department hotel |
kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 12: membuat laporan hasil diskusi terkait permasalahan yang ada di minor department hotel Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Perbandingan antara minor department sebelum dan setelah pandemi covid 19 2. permasalahan yang ada di minor department saat ini Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
5 |
||||||
13 | mampu menghubungkan hubungan antar department |
Ketepatan mahasiswa dalam mengidentifikasi hubungan antar department di hotel. Mahasiswa lebih komunikatif dalam menguraikan keterkaitan masing-masing department di hotel (Integratif) |
Kriteria
|
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 13: Menyusun ringkasan terkait hubungan antar department di hotel Belajar Mandiri: 2 x 60'
|
1. Hubungan antar department hotel 2. Hubungan Front office department dengan housekeeping department dan food and beverage department 3. permasalahan antara hotel front office department dengan housekeeping department dan beverage department
|
5 |
||||||
14 | mampu menghubungkan hubungan antar department |
Ketepatan mahasiswa dalam mengidentifikasi hubungan antar department di hotel. Mahasiswa lebih komunikatif dalam menguraikan keterkaitan masing-masing department di hotel (Integratif) |
Kriteria |
uliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 14: Menyusun ringkasan terkait hubungan antar department di hotel Belajar Mandiri: 2 x 60'
|
1. Hubungan antara Mayor department dengan minor department 2. permasalahan antara mayor department dengan minor department Rutherford, D.G., 2007, Hotel Management and Operations Fourt edition, Scool of Hospitality Business Management, Mashington State University, John Welley & Sons, Inc.
|
5 |
||||||
15 | mampu menganalisis permasalahan di industri perhotelan |
ketepatan mahasiswa dalam menganalisis permasalahan yang terjadi di hotel pada saat ini serta mampu memberikan solusi terkait permasalahan tersebut |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 15: Menyusun ringkasan terkait permasalahan yang terjadi di industri perhotelan pada saat ini dan memberikan solusi terkait permasalahan tersebut Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Problematika industri perhotelan 2. Kondisi perhotelan saat pandemi covid 19 3. Kebangkitan industri perhotelan pasca pandemi covid 19 Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
6 |
||||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
||||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ranti Rustika lahir di Tanah Grogot pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|