.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:nawang.retno@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:58 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
KEWARGANEGARAAN |
TB120115 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
24-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dra. Nawang Retno Dwiningrum M.Si. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
|||||||
NIP/NIK. 196612192007012017 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-6) Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Mengiternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-14) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi efektif untuk bekerja dalam tim (P-16) Menguasai pengetahuan factual tentang regulasi ketenagakerjaan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, berinovatif dalam pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-11) Mampu menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerjanya dan dapat bekerjasama dalam kerja kelompok (team work) (KK-13) Mampu menerapkan etika pergaulan dan praktik profesional dalam pekerjaan |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1: bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. CPMK2 :Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarkat dan bernegara |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. mampu menjelaskan identitas nasional 2. mampu menerapkan Konstitusi UUD 1945 3. mampu menerapkan hak dan kewajiban warga negara 4. mampu menganalisis makna dan praktek demokrasi di Indonesia 5. mampu menerapkan nasionalisme dan kesadaran pajak 6. . mampu menyusun laporan nilai luhur dan budaya lokal di Indonesia 7. mampu menyusun laporan kekerasan seksual, konflik di media sosial dan tindak pidana korupsi, kasus dintegrasi bangsa |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah KEWARGANEGARAAN mempelajari tentang penerapan rasa kebangsaan, cinta tanah air, demokratis dan berkeadaban |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
A. Identitas Nasional |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Kaelan dan Ahmad Zubaidi, 2007, Pendidikan Kewarganegaraan, Paradigma, Yogyakarta 2.Affan Gaffar, 1999, Politik Indonesia Transisi menuju Demokras, Pustaka Pelajar, Yogyakarta |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Lapto, LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Nawang Retno Dwiningrum, |
Mata Kuliah |
KEWARGANEGARAAN |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB120115 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | mampu menjelaskan identitas nasional |
ketepatan memahami tentang identitas nasional Indonesia |
kajian literatur dan tes lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 |
1. Pengertian identitas nasional 2. Faktor pembentuk identitas nasional 3. identitas nasional bangsa Indonesia Wiharyanto, Kardiyat. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta |
2 |
|||
2 | mampu menerapkan konstitusi UUD 1945 |
ketepatan memahami konstitusi di Indonesia |
tes lesan dan kajian literatur |
kuliah dan diskusi 2x50 |
1. Pengertian Konstitusi dan konstitusionalisme 2. fungsi Konstitusi Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Paradigma. Yogyakarta |
2 |
|||
3 | mampu menerapkan konstitusi UUD 1945 |
ketepatan menerapkan konstitusi di Indonesia |
presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 |
konstitusi yang berlaku di Indonesia Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007, Pendidikan Kewarganegaraan, Paradigma . Yogyakarta |
2 |
|||
4 | mampu menerapkan hak dan kewajiban warga negara |
ketepatan menganalisis dan menerapkan tentang hak dan kewajiban warga negara sesuai UUD 1945 |
tes lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 |
1. Definisi warganegara, asas kewarganegaraan, problem kewarganegaraan 2. Pelaksanaan hak dan kewajian warga negara menurut UUD 1945 Kaelan dan Achmad Zubaidi, 2007, Pendidikan Kewarganegaraan. Paradigma Yogyakarta |
2 |
|||
5 | mampu menganalisis makna dan prkatek demokrasi di Indonesia |
1. ketepatan mengalisa makna demorasi
2. menganalisis praktek demokrasi di dunia,
3. mengidentifikasi dan menganalisis indikator negara demokrasi |
kajian literatur dan tes lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 |
1. pengerian dan prisisp demokrasi 2, perkembangan demokrasi di Inonesia Dirjen Dikti, 2012, Modul Pendidikan kewarganegaraan |
2 |
|||
6 | mampu menganalisis makna dan prkatek demokrasi di Indonesia |
ketepatan menganalisis:
1. makna gender
2. kesetaraan gender
3 praktek kesetaraan gender di ruang publik di Indonesia
|
Presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 |
1. Gender 2. ruang publik 3. Peraturan tentang kesetaraan gender Ace Suryadi. 2010 Kesetaran Gender dalam Bidang Pendidikan. Genesindo. Bandung
|
3 |
|||
7 | mampu menganalisis makna nasionalisme dan kesadaran pajak |
mampu menganalisis:
1. makana nasionalisme
2. wajib pajak
3, kesadaran pajak |
kuliah dan diskusi 2x50 |
presentasi |
1. Nasionalisme 2. Pajak 3. Kewajiban Warga negara Dirjen Dikti, 2012. Modul Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | mampu menyusun laporan nilai luhur dan budaya lokal di Indonesia |
ketepatan menyusun hasil review literatur dan hasil wawancacara tentang budaya lokal |
presentasi dan wawancara |
kuliah dan diskusi |
1. nilai luhur budaya lokal di indonesia 2. Kearifan lokal Robert Sibarani. 2012. Kearifan Lokal: hakikat, peran dan metode tradisi lisan. Asosiasi Tradisi Lisan. Jakarta |
2 |
|||
10 | mampu menyusun laporan nilai luhur dan budaya lokal di Indonesia |
ketepatan mampu menyususn laporan bentuk pelanggaran Hak masyarakat adat di Indonesia |
Pembelajaran berbasis masalah , presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 |
1. masyarakat adat 2. perlindungan masyarakat adat hukum adat Indonesia |
2 |
|||
11 | mampu menyusun laporan kekerasan seksual, konflik akibat UU ITE dan tindak pidana korupsi dan bentuk disintegrasi nasional |
ketepatan menyusun hasil review dan wawancara tentang kekerasan seksual |
presentasi , lesan |
kuliah dan diskusi, 2x50 |
kekerasan seksual UU tentang Tindak Pidana Kekerasan seksual |
2 |
|||
12 | mampu menyusun laporan kekerasan seksual, konflik akibat UU ITE dan tindak pidana korupsi dan bentuk disintegrasi nasional |
ketepatan menyusun laoran tentang konflik akibat UU ITE di media sosial |
presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 |
1. UU ITE 2. Konflik di media sosial UU ITE |
2 |
|||
13 | mampu menyusun laporan kekerasan seksual, konflik akibat UU ITE dan tindak pidana korupsi dan bentuk disintegrasi nasional |
ketepatan menyusun dan menjelaskan hasil review literatur tentang korupsi |
presentasi , lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 |
tindak pidana korupsi UU no 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana korupsi |
2 |
|||
14 | mampu menyusun laporan kekerasan seksual, konflik akibat UU ITE dan tindak pidana korupsi dan bentuk disintegrasi nasional |
ketepatan menyususn laporan tentang disintegrasi nasional |
presentasi , lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 |
integrasi dan disintegrasi nasional kaelan dan achmad zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan , Paradigma . Yogyakarta |
2 |
|||
15 | mampu menyusun laporan kekerasan seksual, konflik akibat UU ITE dan tindak pidana korupsi dan bentuk disintegrasi nasional |
ketepatan menganalisa dan menerapkan Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional |
lesan |
kuliah dan diskusi, 2x50 |
1. Wawasan nusantara 2. Ketahanan Nasional Dirjen Dikti, 2012. Modul Pendidikan Kewarganegaraan |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Nawang Retno Dwiningrum lahir di Magelang pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|