.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:nawang.retno@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:05 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pancasila |
MP120221 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
20-03-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dra. Nawang Retno Dwiningrum M.Si. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 196612192007012017 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-6) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademi |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-7) Konsep teoretis kepemimpinan, teamwork dan perilaku organisasi secara umum |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 . Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasar Pancasila CPMK 2 . Memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. DDapat memahami dan mampu melaksanakan jiwa Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan sebagai warga negara Indonesia mampu menerapkan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi dan dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pancasila mempelajari sejarah dan nilai- luhur bangsa Indonesia dan penerapan pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
A. mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Nawang Retno Dwiningrum, |
Mata Kuliah |
Pancasila |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP120221 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila menganalisa Pancasila sebagai sumber hukum , Pancasila sebagai ideologi, filsafat dan sistem etikaPancasila sebagai dasar pengembanganiptek |
ketepatan menjelaskan lahirnya Pancasila |
kajian literatur |
Kuliah dan diskusi 2x50 |
sejarah lahirnya Pancasila kaelan , 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma ,Yogyakarta |
2 |
|||
2 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila menganalisa Pancasila sebagai sumber hukum , Pancasila sebagai ideologi, filsafat dan sistem etikaPancasila sebagai dasar pengembanganiptek |
mampu menjelaskan Pancasila sebagai Dasar negara |
kajian literatur |
kuliah dan diskusi |
1. Pengertian Pancasila sebagai Dasar negara 2. Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 3, Hubungan Pembukaan dan batang tubuh Kelan, 2001, Pendidikan pancasila, Paradigma, Yogyakarta |
2 |
|||
3 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila menganalisa Pancasila sebagai sumber hukum , Pancasila sebagai ideologi, filsafat dan sistem etikaPancasila sebagai dasar pengembanganiptek |
mampu menganalisis Pancasila sebagai dasar negara |
menganlisis implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara |
presentasi 2x50
|
implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam Syarbani, syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Toinggi, Ghalia Indonesia , Bogor |
2 |
|||
4 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila menganalisa Pancasila sebagai sumber hukum , Pancasila sebagai ideologi, filsafat dan sistem etikaPancasila sebagai dasar pengembanganiptek |
mampu menjelaskan Pancasila sebagai ideologi |
kajian literatur, lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 |
1. pengertian ideologi 2, ideologi terbuka dan tertutup 3. Pancaila sebagai ideologi kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma yogyakarta |
2 |
|||
5 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila menganalisa Pancasila sebagai sumber hukum , Pancasila sebagai ideologi, filsafat dan sistem etikaPancasila sebagai dasar pengembanganiptek |
mampu menganalisis ideologi Pancasila dan membandingkan dengan ideologi lain |
presentasi dan kajian literatur |
diskusi |
1. ideologi Pancasila 2. ideologi Komunis, Liberal dan ideologi keagamaan kaelan , 2001, Pendidikan Pancasila, paradigma , Yogyakarta |
2 |
|||
6 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila menganalisa Pancasila sebagai sumber hukum , Pancasila sebagai ideologi, filsafat dan sistem etikaPancasila sebagai dasar pengembanganiptek |
mampu memahami filsafat Pancasila |
tes lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 |
1. pengertian filsafat, aliran filsafat 2. Pengertian Pancasila secara filsafat Kaelan 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta |
3 |
|||
7 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila menganalisa Pancasila sebagai sumber hukum , Pancasila sebagai ideologi, filsafat dan sistem etikaPancasila sebagai dasar pengembanganiptek |
mampu menganalisa filsafat pancasila dalam aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi |
presentasi |
diskusi, 2x50 |
aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, paradigma, Yogyakarta |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | mampu memahami dan menerapkan Pancasila sebagai sistem etika |
mampu memeahami Pancasila sebagai sistem etika |
lesan
n |
kuliah dan disksusi 2x50 |
1, pengertian etika 2. aliran -aliran dalam etika Syarbani syahrial, 2014,Pendidikan Pancasila di Perguruan tinggi, Ghalia Indonesia , Bogor |
2 |
|||
10 | mampu memahami dan menerapkan Pancasila sebagai sistem etika |
mampu menerapkan Pancasila sebagai sistem etika dalam kehidupan sehari-hari |
tes lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 |
penerapan etika Pancasila dalam bidang ekonomi, politik dan sosial budaya Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila,Paradigma ,Yogyakarta |
2 |
|||
11 | mampu menjelaskan Pancasila sebagai Dasar nilai pengembangan Ilmu dan teknologi |
memahami perkembangan ilmu dan teknologi dan nilai dalam pengembangan ilmu dan teknologi |
kajian literatur dan tes lesan |
kuliah dan diskusi, 2x50 |
perkembangan ilmu dan teknologi dan masalah nilai dalam perkembangan tehnologi Kaelan, 2001,Pendidikan Pancasila, Paradigma, yogyakarta |
2 |
|||
12 | mampu memahami Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan iptek |
mampu menganalisis ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dan tidak sesuai dengan Pancasila |
presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 |
Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Kaelan, 2001, Pendidikan pancasila, Paradigma , Yogyakarta |
0 |
|||
13 | mampu memahami dan penerapannya Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
pengertian Pancasila sebagai paradigma pembanguanan |
kajian literatur dan tes lesan |
kuliah dan diskusi 2 x50 |
pengertian paradigma dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan Kaelan, Pendidikan Pancasila , Paradigma , Yogyakarta |
0 |
|||
14 | mampu memahami dan penerapannya Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
mampu menganalisa pancasila sebagai paradigma pembangunan dalam bidang politik dan ekonomi |
presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 |
Pancasila sebagai paradigma pembangunan bidang politik dan ekonomi Kaelan, 2001, Pndidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta |
0 |
|||
15 | mampu memahami dan penerapannya Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
menganalisis pancasila sebagai paradigma pembangunan dalam bidang sosial budaya |
presentasi |
kuliah dan diskusi , 2x50 |
Pancasila sebagai paradigma pembangunan dalam bidang sosial budaya dan pertahanan keamanan Syarbani, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
0 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Nawang Retno Dwiningrum lahir di Magelang pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|