.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:syahruddin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 7, 2025, 7:47 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Sistem Hidrolik & Pneumatik (Hydraulics & Pneumatics System) |
PAB2424 |
1 |
2 |
3 |
70 |
4 |
25-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dr. H. Syahruddin S.Pd., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 197411272006041017 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-8) Menginternalisasai nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen (P-3) Mengusai konsep K3L (P-5) Menguasai konsep aplikasi dasar alat berat |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya (KU-8) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) (KK-2) Mampu melaksanakan program perawatan terencana dan tidak terencana yang terdefinisi dengan jelas (well-defined) sesuai jadwal, checklist, analisis data yang relevan dengan service literature dengan memperhatikan K3L (KK-3) Mampu merencanakan waktu, menyiapkan komponen, membuat estimasi, dan merealisasikan prosedur perawatan alat berat sesuai dengan service literatur yang telah ditetapkan dengan pertimbangan K3L (KK-4) Mampu melakukan pengujian, penyetelan, dan menganalisa pada system-system alata berat berdasarkan service literature (KK-5) Mampu melakukan proses melepas dan memasang komponen-komponen utama alat berat sesuai dengan service literature dan memperhatikan K3L (KK-6) Mampu melakukan proses membongkar dan merakit komponen-komponen utama alat berat sesuai dengan service literature dan memperhatikan K3L (KK-7) Mampu melakukan pemeriksaan visual dengan menggunakan checklist dan service literature kebocoran, kerusakan struktur, kelainan suara, kelainan gas buang, kelainan system dengan memperhatikan K3L (KK-8) Mampu melakukan diagnose dan pemecahan masalah sederhana pada unit alat berat dengan memperhatikan konsep troubleshooting dengan memperhatikan K3L |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1. Mampu melakukan perawatan, perbaikan sistem hidaulik pneumatic. CPMK 2. Merangkai sistem hidrolik pneumatik. CPMK 3. Mengetahui cara kerja, merawat, mendiagnosa kerusakan sistem hidrolik pneumatic pada unit-unit alat berat. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1. 1. mampu menyebutkan, memahami, menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan aktuator hidrolik (C4, P3) Sub CPMK 1. 2. mampu memahami, menjelaskan fluida hidrolik dan tanki hidrolik. (C4, P3) Sub CPMK 1. 3. mampu menyebutkan, memahami, menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan katup-katup hidrolik. (C4, P3) Sub CPMK 1. 4.mampu memahami, menjelaskan dan mengidentifikasi bagianbagian Saringan, pendingin oli, akumulator, selang, pipa dan sambungan hidrolik. (C4, P3) Sub CPMK 1.5.mampu menyebutkan, memahami, menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan komponen-komponen elektro pneumatic. (C4, P3) Sub CPMK 1.6.mampu membuat dan menjelaskan rangkaian elektro pneumatic 1 silinder dan rangkaian elektro pneumatic dengan gerakan koordinasi 2 silinder. (C4, P3) Sub CPMK 2. 1.mampu mendemostrasikan dan menjelaskan rangkaian sistem hidrolik 1 silinder. (C4,A3,P3) Sub CPMK 2. 2.mampu mendemostrasikan dan menjelaskan rangkaian sistem hidrolik 2 silinder. (C4,A3,P3) Sub CPMK 2. 3.mampu mendemostrasikan dan menjelaskan rangkaian sistem hidrolik 3 silinder. (C4,A3,P3) Sub CPMK 2. 4.mampu membuat rangkaian sistem elektro-hidrolik menggunakan 1 dan 2 silinder.(C4,A3,P3) Sub CPMK 2. 5.mampu membuat rangkaian sistem elektro-hidrolik menggunakan 3 silinder.(C4,A3,P3) Sub CPMK 3.1. mampu menginstal sistem hidrolik untuk tujuan khusus.(C4,A3,P3) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Sistem Hidrolik & Pneumatik (Hydraulics & Pneumatics System) mempelajari tentang fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja komponen-komponen sistem hidrolik dan merangkai sistem hidrolik dan pneumatik. Disamping itu juga mempelajari tentang cara kerja, merawat dan mendiagnosa kerusakan sistem hidrolik dan pneumatic pada unit-unit alat berat. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Sosialisasi Perkuliahan dan Actuators Hydraulic |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. C. Ruoff, D. Waller, H. Werner, Pneumatics Work Book Advanced Level, Festo Didactic GmbH & Co., Denkendorf German: 1999. 2. D. Waller, H. Werner, Pneumatics Basic Level, Festo Didactic GmbH & Co., Denkendorf German: 1998. 3. D. Waller, H. Werner, Th. Ocher, Electro-Pneumatics Work Book Advanced Level, Festo Didactic GmbH & Co., Denkendorf German: 1999.
4. Fluid Power Control 1 2nd Ed, Manufacturing and Engineering Educational Service New South Wales Technical and Further Education Commission, Australia: 1999
5. Hydraulic Component Maintenance 1, New South Wales TAFE Commission, Bankstown Australia: 1999
6. Hydraulic System Components, Rockhamton Collage of TAFE Australia
Hydraulic Fundamentals, Caterpillar
Pippenger, John. J & Hicks, Tyler.G, Industrial Hydraulics, Mc. Graw Hill Book Company, Singapore: 1980
7. Schulz, Erich. J, Diesel Equipment I (Hydraulic), Mc. Graw Hill Book Company, Singapore: 1982
8. System Operation Testing and Adjusting, Caterpillar: 2003 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul, LCD, proyektor, laptop, whiteboard, spidol warna, alat tulis, Hydraulic Trainer dan Unit Excavator |
|||||||
Dosen Pengampu |
Syahruddin, |
Mata Kuliah |
Sistem Hidrolik & Pneumatik (Hydraulics & Pneumatics System) |
|||
Kode Mata Kuliah |
PAB2424 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1. 1. mampu menyebutkan, memahami, menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan aktuator hidrolik (C4, P3) |
|
1. tes lisan 2. tes tertulis |
Ceramah, diskusi 150 menit |
Sosialisasi Perkuliahan dan Actuators Hydraulic Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
2 |
|||
2 | Sub CPMK 1. 2. mampu memahami, menjelaskan fluida hidrolik dan tanki hidrolik. (C4, P3) |
1. Kejelasan informasi dan pemahaman Fungsi, jenis, sifat dan alasan pemilihan oli hidrolik. 2. Kejelasan informasi dan pemahaman Fungsi, jenis, konstruksi tangki, cara kerja, perawatan dan perbaikan tangki |
1. tes lisan 2. tes tulis |
Presentasi, diskusi 150 menit |
Hydraulic Fluids, Hydraulic Tanks Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
2 |
|||
3 | Sub CPMK 1. 3. mampu menyebutkan, memahami, menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan katup-katup hidrolik. (C4, P3) |
1. Kejelasan informasi dan pemahaman Fungsi, Jenis dan Konstruksi katup 2. Kejelasan informasi dan pemahaman Cara kerja, perawatan dan perbaikan katup |
1. tes lisan 2. tes tulis 3. tugas |
Presentasi, diskusi 150 menit |
Hydraulic Valves (Pressure Control Valves, Directional Control Valves, Flow Control Valves) Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
5 |
|||
4 | Sub CPMK 1. 4.mampu memahami, menjelaskan dan mengidentifikasi bagianbagian Saringan, pendingin oli, akumulator, selang, pipa dan sambungan hidrolik. (C4, P3) |
1. Kejelasan informasi dan pemahaman Fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, perawatan dan perbaikan saringan oli hidrolik 2. Kejelasan informasi dan pemahaman Fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, perawatan dan perbaikan Pendingin oli hidrolik 3. Kejelasan informasi dan pemahaman Fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, perawatan dan perbaikan akumulator 4. Kejelasan informasi dan pemahaman Fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, perawatan dan perbaikan Selang, pipa dan sambungan hidrolik |
1. tes lisan 2. tes tulis 3. tugas
|
Presentasi, diskusi 300 menit |
Filters, Oil coolers, Accumulators, Hoses, Pipes dan Fittings (Hydraulic Lines) Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
5 |
|||
5 | Sub CPMK 2. 1.mampu mendemostrasikan dan menjelaskan rangkaian sistem hidrolik 1 silinder. (C4,A3,P3) |
Kejelasan rangkaian sistem hidrolik 1 silinder |
1. tes praktik 2. tugas 3. laporan |
Praktikum dan demostrasi 300 menit |
Praktik 1: Rangkaian sistem hidrolik menggunakan 1 silinder Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
2 |
|||
6 | Sub CPMK 2. 2.mampu mendemostrasikan dan menjelaskan rangkaian sistem hidrolik 2 silinder. (C4,A3,P3) |
Kejelasan rangkaian sistem hidrolik 2 silinder |
1. tes praktik 2. tugas 3. laporan |
Praktikum dan demostrasi 300 menit |
Praktik 2: Rangkaian sistem hidrolik menggunakan 2 silinder Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
2 |
|||
7 | Sub CPMK 2. 3.mampu mendemostrasikan dan menjelaskan rangkaian sistem hidrolik 3 silinder. (C4,A3,P3) |
Kejelasan rangkaian sistem hidrolik 3 silinder |
1. tes praktik 2. tugas 3. laporan |
Praktikum dan demostrasi 300 menit |
Praktik 3: Rangkaian sistem hidrolik menggunakan 3 silinder Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub CPMK 3.1. mampu menginstal sistem hidrolik untuk tujuan khusus.(C4,A3,P3) |
Kejelasan informasi dan pemahaman rangkaian, aliran dan cara kerja sistem hidrolik pada dozer |
1. tes lisan 2. tes tulis 3. tugas |
Presentasi, diskusi 150 menit |
Sistem hidrolik ripper cylinder dan blade lift cylinder pada dozer Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
5 |
|||
10 | Sub CPMK 3.1. mampu menginstal sistem hidrolik untuk tujuan khusus.(C4,A3,P3) |
Kejelasan informasi dan pemahaman rangkaian, aliran dan cara kerja sistem hidrolik pada excavator |
1. tes lisan 2. tes tulis 3. tugas |
Presentasi, diskusi 150 menit |
Sistem hidrolik bucket cylinder, arm cylinder dan boom cylinders pada excavator Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
5 |
|||
11 | Sub CPMK 1.5.mampu menyebutkan, memahami, menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan komponen-komponen elektro pneumatic. (C4, P3) |
Kejelasan informasi dan pemahaman hal-hal yang berkaitan dengan komponen komponen elektro pneumatic |
1. tes lisan 2. tes tulis 3. tugas |
Presentasi, diskusi 150 menit |
Pengenalan komponen-komponen elektro pneumatic Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
2 |
|||
12 | Sub CPMK 1.6.mampu membuat dan menjelaskan rangkaian elektro pneumatic 1 silinder dan rangkaian elektro pneumatic dengan gerakan koordinasi 2 silinder. (C4, P3) |
Kejelasan informasi dan pemahaman rangkaian elektro pneumatic 1 silinder dan rangkaian elektro pneumatik dengan gerakan koordinasi 2 silinder |
1. tes lisan 2. tes tulis 3. tugas |
Presentasi, diskusi 150 menit |
Rangkaian elektro pneumatic 1 silinder dan dengan gerakan koordinasi 2 silinder Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
2 |
|||
13 | Sub CPMK 2. 4.mampu membuat rangkaian sistem elektro-hidrolik menggunakan 1 dan 2 silinder.(C4,A3,P3) |
Kejelasan rangkaian sistem elektro-hidrolik menggunakan 1 silinder |
1. tes praktik 2. tugas 3. laporan |
Praktikum dan demostrasi 300 menit |
Praktik 4: Rangkaian sistem elektro hidrolik menggunakan 1 silinder Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
5 |
|||
14 | Sub CPMK 2. 4.mampu membuat rangkaian sistem elektro-hidrolik menggunakan 1 dan 2 silinder.(C4,A3,P3) |
Kejelasan rangkaian sistem elektro-hidrolik menggunakan 2 silinder |
1. tes praktik 2. tugas 3. laporan |
Praktikum dan demostrasi 300 menit |
Praktik 5: Rangkaian sistem elektro hidrolik menggunakan 2 silinder Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
3 |
|||
15 | Sub CPMK 3.1. mampu menginstal sistem hidrolik untuk tujuan khusus.(C4,A3,P3) |
Kejelasan rangkaian sistem hidrolik untuk tujuan khusus |
1. tes praktik 2. tugas 3. laporan |
Praktikum dan demostrasi 300 menit |
Praktik 6: Menginstal sistem hidrolik untuk tujuan khusus Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Syahruddin, lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|