.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:candra.irawan@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 6:53 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pengetahuan Lingkungan |
JJ241217 |
2 |
0 |
2 |
28 |
4 |
21-03-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Candra Irawan S.T., M.Si. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 197701242007011010 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah lingkungan di bidang kontruksi jalan dan jembatan. CPMK 2 : Mampu merancang teknologi pengolahan untuk meminimalisir dampak limbah yang di timbulkan. CPMK 3 : Mampu menjelaskan dan berkomunikasi secara ilmiah. CPMK 4 : Memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaannya secara mandiri. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan berbagai metode pengolahan untuk meminimalisir pencemaran lingkungan. Sub-CPMK 2 : Mampu merumuskan permasalahan pencemaran lingkungan dengan sumber rujukan yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Sub-CPMK 3 : Mampu memilih dan menerapkan kasus permasalahan dengan penyelesaian dengan sistematis, bermutu dan terukur. Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan mempresentasikan tentang lingkungan hidup masalah yang timbul akibat aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara, pencemaran suara, dan AMDAL. Sub-CPMK 5 : Mampu merancang teknologi pengolahan dari suatu kasus yang terjadi dan mampu mempresentasikan dengan bertanggung jawab dan mandiri |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Pada Mata kuliah ini Mahasiswa belajar tentang prinsip-prinsip lingkungan hidup dan metode pengolahan pencemaran lingkungan. Mahasiswa belajar pengertian pengetahuan lingkungan hidup, mengidentifikasi, merumuskan permasalahn lingkungan, memilih dan menetapkan kasus permasalahan lingkungan, merancang teknologi pengolahan dari kasus pencemaran dan mampu mempresentasikannya. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengetahuan lingkungan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Azrul Anwar,1979, Pengantar Ilmu Lingkungan, Jakarta: Penerbit Mutiara. 2. Laksmi P. 1989. Manusia dan Lingkungan Hidup, Bandung: FPMIPA-IKIP 3. Miller G.Yr. 2000, 1998 atau 1996, Living in the Enviromnet Principles,California:Wadsworth Publishing Company. 4. Otto Soemarwoto, 1991, Indonesia dalam Kancah Issue Lingkungan Global, Jakarta: Gramedia 5. Soeriaatmadja, 1991, Ilmu Lingkungan, Bandung: ITB 6. Stanley H.Anderson, 1993, Environmental Science, New York: Mcmillan Publishing Company |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. LCD 2. Papan tulih 3. Modul 4. Link zoom |
|||||||
Dosen Pengampu |
Candra Irawan, |
Mata Kuliah |
Pengetahuan Lingkungan |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ241217 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan berbagai metode pengolahan untuk meminimalisir pencemaran lingkungan. |
1. Ketetapan menjelaskan berbagai metode pengolahan 2. Ketetapan menjelaskan pencemaran lingkungan
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: 1. Soal essay |
1. Kuliah daring 2. Diskusi Sinkron (1 Minggu x (2sks x 50") 3. Tugas 1: a. Metode jenis jenis pengolahan limbah b. Pencemaran lingkungan |
Prokes dan K3 Jenis jenis metode pengolahan untuk pencemaran Hal 10-20 |
7 |
|||
2 | Sub-CPMK 2 : Mampu merumuskan permasalahan pencemaran lingkungan dengan sumber rujukan yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. |
1. Ketetapan dalam mengambil pokok dalam suatu artikel terkait tentang pencemaran lingkungan. |
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik : Soal Essay |
1. Kuliah daring 2. Diskusi Sinkron 3. Tugas 2 : Mengkaji artikel terkait pencemaran lingkungan |
Permasalahan pencemaran lingkungan dengan siumber rujukan secara ilmial Hal 35-40 |
7 |
|||
3 | Sub-CPMK 3 : Mampu memilih dan menerapkan kasus permasalahan dengan penyelesaian dengan sistematis, bermutu dan terukur. |
Ketetapan dalam memilih dan menetapkan pernyelesaian dari kasus permasalahan di bidang lingkungan |
Kriteria : Rubrik Deskriptif Teknik : Soal Essay |
1. Kuliah daring 2. Diskusi Sinkron 3. Tugas 3: Memilih studi kasus dengan penyelesaiannya |
Kasus pembelajaran di lingkungan kontruksi jalan jembatan dan pencemaran lingkungan hal 51-59 |
8 |
|||
4 | Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan mempresentasikan tentang lingkungan hidup masalah yang timbul akibat aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara, pencemaran suara, dan AMDAL. |
1. Ketetapan alternatif solusi dalam menjelaskan dan mempresentasikan sesuai dengan studi kasus yang diberikan :
2. Mampu menyelesaikan permasalahan dengan berbagai alternatif solusi tentang lingkungan hidup |
Kriteria: Rubrik penilaian presentasi secara kelompok, rubrik penilaian membuat laporan Teknik non test: 1. Review makalah 2. Presentasi |
1. Case Based Learning (CBL) 2. Kuliah 3. Presentasi dan diskusi kelompok (4 minggu x (2sksx50") Tugas I: Lingkungan hidup (4 minggu x (2sksx60") Belajar mandiri (4 minggu x (2sksx60") (Panduan tugas) |
Permasalahan di lingkunga konstruksi jalan jembatan dan pencemaran lingkungan terkait lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah Hal: 60-78 |
7 |
|||
5 | Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan mempresentasikan tentang lingkungan hidup masalah yang timbul akibat aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara, pencemaran suara, dan AMDAL. |
1. Ketetapan alternatif solusi dalam menjelaskan dan mempresentasikan sesuai dengan studi kasus yang diberikan :
2. Mampu menyelesaikan permasalahan dengan berbagai alternatif solusi tentang lingkungan hidup |
Kriteria: Rubrik penilaian presentasi secara kelompok, rubrik penilaian membuat laporan Teknik non test: 1. Review makalah 2. Presentasi |
1. Case Based Learning (CBL) 2. Kuliah 3. Presentasi dan diskusi kelompok (4 minggu x (2sksx50") Tugas I: Lingkungan hidup (4 minggu x (2sksx60") Belajar mandiri (4 minggu x (2sksx60") (Panduan tugas) |
Permasalahan di lingkunga konstruksi jalan jembatan dan pencemaran lingkungan terkait lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah Hal: 60-78 |
7 |
|||
6 | Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan mempresentasikan tentang lingkungan hidup masalah yang timbul akibat aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara, pencemaran suara, dan AMDAL. |
1. Ketetapan alternatif solusi dalam menjelaskan dan mempresentasikan sesuai dengan studi kasus yang diberikan:
2. Mampu menyelesaikan permasalahan dengan berbagai alternatif solusi tentang lingkungan hidup |
Kriteria: Rubrik penilaian presentasi secara kelompok, rubrik penilaian membuat laporan Teknik non test: 1. Review makalah 2. Presentasi |
1. Case Based Learning (CBL) 2. Kuliah 3. Presentasi dan diskusi kelompok (4 minggu x (2sksx50") Tugas I: Lingkungan hidup (4 minggu x (2sksx60") Belajar mandiri (4 minggu x (2sksx60") (Panduan tugas) |
Permasalahan di lingkunga konstruksi jalan jembatan dan pencemaran lingkungan terkait lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah Hal: 60-78
|
7 |
|||
7 | Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan mempresentasikan tentang lingkungan hidup masalah yang timbul akibat aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara, pencemaran suara, dan AMDAL. |
1. Ketetapan alternatif solusi dalam menjelaskan dan mempresentasikan sesuai dengan studi kasus yang diberikan : Lingkungan Hidup Masalah yang ditimbulkan : Pencemaran air Pencemaran tanah 2. Mampu menyelesaikan permasalahan dengan berbagai alternatif solusi tentang lingkungan hidup |
Kriteria : Rubrik penilaian presentasi secara kelompok, rubrik penilaian membuat laporan Teknik non test : 1. Review makalah 2. Presentasi |
2. Kuliah 3. Presentasi dan diskusi kelompok (4 minggu x (2sksx50") Tugas I: Lingkungan hidup (4 minggu x (2sksx60") Belajar mandiri (4 minggu x (2sksx60") (Panduan tugas) |
Hal: 60-78 |
7 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
0 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan mempresentasikan tentang lingkungan hidup masalah yang timbul akibat aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara, pencemaran suara, dan AMDAL. |
1. Ketetapan dalam menjelaskan dan mempresentasikan sesuai dengan studi kasus yang diberikan: Pencemaran udara Pencemaran suara AMDAL |
Kriteria: Rubrik penilaian Presentasi secara kelompok Teknik Non Tes: 1. Review makalah 2. Presentasi |
1. CBL 2. Kuliah 3. Presentasi dan diskusi kelompok (3 minggu x(2sks x 50") |
Permasalahan di lingkunga konstruksi jalan jembatan dan pencemaran lingkungan terkait pencemaran udara, pencemaran suara, dan AMDAL Hal: 78-85 |
7 |
|||
10 | Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan mempresentasikan tentang lingkungan hidup masalah yang timbul akibat aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara, pencemaran suara, dan AMDAL. |
1. Ketetapan dalam menjelaskan dan mempresentasikan sesuai dengan studi kasus yang diberikan: Pencemaran udara Pencemaran suara AMDAL |
Kriteria: Rubrik penilaian Presentasi secara kelompok Teknik Non Tes: 1. Review makalah 2. Presentasi |
1. CBL 2. Kuliah 3. Presentasi dan diskusi kelompok (3 minggu x(2sks x 50") |
Permasalahan di lingkunga konstruksi jalan jembatan dan pencemaran lingkungan terkait pencemaran udara, pencemaran suara, dan AMDAL Hal: 78-85 |
7 |
|||
11 | Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan mempresentasikan tentang lingkungan hidup masalah yang timbul akibat aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara, pencemaran suara, dan AMDAL. |
1. Ketetapan dalam menjelaskan dan mempresentasikan sesuai dengan studi kasus yang diberikan: Pencemaran udara Pencemaran suara AMDAL |
Kriteria: Rubrik penilaian Presentasi secara kelompok Teknik Non Tes: 1. Review makalah 2. Presentasi |
1. CBL 2. Kuliah 3. Presentasi dan diskusi kelompok (3 minggu x(2sks x 50") |
Permasalahan di lingkunga konstruksi jalan jembatan dan pencemaran lingkungan terkait pencemaran udara, pencemaran suara, dan AMDAL Hal: 78-85 |
7 |
|||
12 | Sub-CPMK 5 : Mampu merancang teknologi pengolahan dari suatu kasus yang terjadi dan mampu mempresentasikan dengan bertanggung jawab dan mandiri |
1. Ketetapan dalam mendesain alat 2. Kesesuaian alat dan bahan dalam membuat alat 3. Ketetapan dalam menjelaskan rancangan teknologi pengolahan secara rinci dan detail dengan menggunakan media visual |
Kriteria: Rubrik penilaian Presentasi secara kelompok Teknik Non Tes: 1. Review makalah 2. Presentasi |
1. PjBL 2. Kuliah 3. Presentasi dan diskusi kelompok (2 minggu x(2sks x 50") |
Perancangan teknologi pengolahan sederhana untuk pencemaran lingkungan Hal: 100-117 |
7 |
|||
13 | Sub-CPMK 5 : Mampu merancang teknologi pengolahan dari suatu kasus yang terjadi dan mampu mempresentasikan dengan bertanggung jawab dan mandiri |
1. Ketetapan dalam mendesain alat 2. Kesesuaian alat dan bahan dalam membuat alat 3. Ketetapan dalam menjelaskan rancangan teknologi pengolahan secara rinci dan detail dengan menggunakan media visual |
Kriteria: Rubrik penilaian Presentasi secara kelompok Teknik Non Tes: 1. Review makalah 2. Presentasi |
2. Kuliah 3. Presentasi dan diskusi kelompok (2 minggu x(2sks x 50") |
Perancangan teknologi pengolahan sederhana untuk pencemaran lingkungan Hal: 100-117 |
7 |
|||
14 | Sub-CPMK 5 : Mampu merancang teknologi pengolahan dari suatu kasus yang terjadi dan mampu mempresentasikan dengan bertanggung jawab dan mandiri |
1. Ketepatan dalam mendesign alat 2. Kesesuaian alat dan bahan dalam membuat alat 3. Ketepatan dalam menjelaskan rancangan teknologi Pengolahan secara rinci dan detail dalam menggunakan media visual. 4. Mampu mempresentasikan dengan baik dan jelas 5. Kemampuan dalam membuat laporan kegiatan. |
Kriteria: Rubrik penilaian Presentasi secara kelompok Teknik Non Tes: 1. Review makalah 2. Presentasi |
1. PjBL 2. Kuliah 3. Presentasi dan diskusi kelompok (2 minggu x(2sks x 50") 4. Menyusun Laporan |
Perancangan teknologi pengolahan sederhana untuk pencemaran lingkungan Hal:100-117 |
7 |
|||
15 | Sub-CPMK 5 : Mampu merancang teknologi pengolahan dari suatu kasus yang terjadi dan mampu mempresentasikan dengan bertanggung jawab dan mandiri |
1. Ketepatan dalam mendesign alat. 2. Kesesuaian alat dan bahan 3. Ketepatan dalam menjelaskan rancangan teknologi pengolahan air bersih 4. Kemampuan mempersentasikan hasil rancangan teknologi 5. Kemampuan dalam membuat laporan. |
Kriteria: Rubrik penilaian Presentasi secara kelompok Teknik Non Tes: 1. Review makalah 2. Presentasi |
1. PjBL 2. Kuliah 3. Presentasi dan diskusi kelompok (2 minggu x(2sks x 50") 4. Menyusun Laporan |
Perancangan teknologi pengolahan sederhana untuk pencemaran lingkungan Hal:100-117 |
8 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Candra Irawan lahir di Malang pada tanggal 24-01-1977 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|