.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:maria.ulfah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 7, 2025, 11:46 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Teknik Digital Lanjut |
TE121022 |
1 |
1 |
2 |
56 |
2 |
18-03-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Maria Ulfah S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198107182014042001 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-6) Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-10) Menginternalisasi semangat kemadirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali menggunakan prosedur dan standar IEC (P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu merealisasikan rancangan sistem kendali sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam menghasilkan produk system digital sederhana yang diperlukan CPMK 2: Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam menghasilkan produk system digital sederhana. CPMK 3: Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian sistem digital menggunakan prosedur dan standar International Electrotechnical Commission (IEC) CPMK 4: Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang sistem digital CPMK 5: Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium, dan K3 dalam melakukan pembuatan dan pengujian produk system digital sederhana CPMK 6: Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja sistem digital secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan CPMK 7: Mampu merealisasikan rancangan sistem digital sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC CPMK 8: Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji, dan memodifikasi rangkaian elektronika digital |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu memahami cara kerja multivibrator Sub-CPMK 2:Mampu memahami cara kerja rangkaian sekuensial Sub-CPMK 3: Mampu memahami cara kerja register Sub-CPMK 4: Mampu memahami cara kerja counter Sub-CPMK 5: Mampu memahami cara kerja Aritmatika Logic Unit (ALU) Sub-CPMK 6: Mampu memahami cara kerja Analog to Digital (ADC) Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Teknik Digital Lanjut mempelajari Multivibrator, , Latch, Rangkaian Sekuensia, Flip-Flop, Counter, Register, Arithmetic Logic Unit (ALU), Konversi Sinyal Analog dan Digital dan Aplikasi Rangkaian Digital berupa proyek/alat | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Multivibrator |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2. Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3. Sutanto, Rangkaian Elektronika, Universitas Indonesia 1997 4. Roger L. Tokheim, Elektronika Digital, terj. Sutisno, Erlangga, 1995 5. Roger L. Tokheim, Prinsip-Prinsip Digital, terj. Sutisna, Erlangga, 1996 6. Malvino, Prinsip-Prinsip dan Penerapan Digital, terj. Irwan Wijaya, Erlangga, 1994 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media :Proyektor, laptop, whiteboard, spidol warna (hitam, merah dan biru),dan alat tulis,internet. Digital Trainner |
|||||||
Dosen Pengampu |
Maria Ulfah, |
Mata Kuliah |
Teknik Digital Lanjut |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE121022 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mampu memahami cara kerja multivibrator |
1.1 Ketepatan memahami prinsip kerja multivibrator |
Kriteria: |
Metode Karakteristik :Interaktif |
Multivibrator 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
2 |
|||
2 | Sub-CPMK 2:Mampu memahami cara kerja rangkaian sekuensial |
1.1 Ketepatan menjelaskan jenis-jenis rangkaian sekuensial 1.2 Ketepatan menjelaskan prinsip kerja rangkaian sekuensial |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Praktikum |
Metode Karakteristik :Interaktif |
Rangkaian sekuensial 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
3 |
|||
3 | Sub-CPMK 3: Mampu memahami cara kerja register |
1.1 Ketepatan dalam memahami cara kerja register |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Praktikum |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Register 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
3 |
|||
4 | Sub-CPMK 4: Mampu memahami cara kerja counter |
1.1 Ketepatan dalam memahami cara kerja counter |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Praktikum |
Metode Karakteristik :Interaktif |
Counter 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
3 |
|||
5 | Sub-CPMK 5: Mampu memahami cara kerja Aritmatika Logic Unit (ALU) |
1.1 Ketepatan dalam memahami prinsip kerja Adder (Half dan Full Adder) 1.2 Ketepatan dalam merangkai dan menguji rangkaian Adder 1.2 Ketepatan dalam memahami prinsip kerja Substractor(Half dan Full Substractor ) 1.2 Ketepatan dalam merangkai dan menguji rangkaian Substractor |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Praktikum |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Aritmatika Logic Unit (ALU) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
3 |
|||
6 | Sub-CPMK 6: Mampu memahami cara kerja Analog to Digital (ADC) |
1.1 Ketepatan dalam memahami cara kerja ADC dan DAC 1.2 Ketepatan dalam merangkai ADC dan DAC serta pengujian |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Praktikum |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Analog to Digital Converter Digital to Analog Converter 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
3 |
|||
7 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1 Ketepatan dalam memilih project aplikasi sistem digital |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Perancangan Project Aplikasi Sistem Digital_1 (Pemilihan jenis project) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1 Ketepatan dalam melakukan survey ke Mitra terkait perancangan project aplikasi sistem digital |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Praktikum |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Perancangan Project Aplikasi Sistem Digital_2 (Survey Mitra) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
4 |
|||
10 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1 Ketepatan dalam melakukan Perancangan Desain Project |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Perancangan Project Aplikasi Sistem Digital_3 (Perancangan Desain Rangkaian 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
4 |
|||
11 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1 Ketepatan dalam melakukan perancangan hardware project |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Perancangan Project Aplikasi Sistem Digital_4 (Perancangan Hardware) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1 Ketepatan dalam melakukan perancangan permograman project |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Perancangan Project Aplikasi Sistem Digital_5 (Perancangan pemograman project) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
4 |
|||
13 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1. Ketepatan dalam melakukan pengujian project aplikasi sistem digital |
Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Perancangan Project Aplikasi Sistem Digital_6 (PPengujian Project Aplikasi Sistem Digital) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
4 |
|||
14 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1. Ketepatan dalam membuat laporan, video dan penyusunan artikel publikasi |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
(Pembuatan laporan project, video dan penyusunan artikel publikasi) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
4 |
|||
15 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1 Ketepatan dalam melakukan presentasi project aplikasi sistem digital |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Perancangan Project Aplikasi Sistem Digital_8 (Presentasi) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Maria Ulfah lahir di Padang pada tanggal Jabatan fungsional Lektor (300) Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|