.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:riklan.kango@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:15 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Etika Profesi dan K3L |
TE240722 |
1 |
2 |
3 |
70 |
4 |
10-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Riklan Kango S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199008192019031018 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukan sikap religius (S-7) Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-5) Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistema kendali (KU-6) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah instrumentasi dan system kendali menggunakan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (KK-3) Mampu merealisasikan rancangan sistem kendali sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (KK-8) Mampu mengintegrasikan sistem kendali dengan menggunakan komunikasi kabel dan atau nirkabel (KK-9) Mampu menerapkan regulasi K3 diberbagai sektor tempat kerja |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : Mahasiswa mampu mengintegrasikan prinsip K3 dalam praktik kerja elektronika CPMK 2 : Mahasiswa mampu menerapkan ergonomi dan pengelolaan Limbah Berbahaya dalam Konteks elektronika CPMK 3 : Mahasiswa mampu mengevaluasi dan meningkatkan Kesadaran K3 serta pencegahan risiko dalam elektronika CPMK 4 : Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan proyek etika profesi dan keputusan etis dalam teknik elektronika CPMK 5 : Mahasiswa mampu menciptakan proyek inovatif berkelanjutan dalam teknologi elektronika dengan mengintegrasikan etika |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mahasiswa mampu menganalisis prinsip-prinsip K3 dalam konteks kerja elektronika, serta mengidentifikasi risiko dan bahaya potensial terkait lingkungan kerja Sub-CPMK 2 : Mahasiswa mampu merencanakan langkah-langkah untuk melaksanakan proses kerja yang aman dalam proyek elektronika, termasuk penggunaan APD, pengendalian bahaya, dan tindakan pencegahan diperlukan Sub-CPMK 3 : Mahasiswa mampu mengevaluasi keefektifan tindakan keselamatan listrik yang diterapkan dalam pengoperasian peralatan elektronika dan mengusulkan perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan keselamatan Sub-CPMK 4 : Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip ergonomi dalam merancang tempat kerja dan mengidentifikasi risiko cedera terkait pekerjaan elektronika Sub-CPMK 5 : Mahasiswa mampu menciptakan rencana pengelolaan limbah berbahaya yang efektif dalam proyek elektronika, termasuk pengurangan, pengumpulan, penyimpanan, dan pengolahan sesuai peraturan yang berlaku Sub-CPMK 6 : Mahasiswa mampu menganalisis keberhasilan komunikasi dan kesadaran K3 di tempat kerja serta mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan budaya keselamatan Sub-CPMK 7 : Mahasiswa mampu mengevaluasi risiko dalam pemeliharaan dan perbaikan peralatan elektronika dan mengidentifikasi strategi pencegahan yang efektif Sub CPMK 8: Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang sebuah proyek yang menggambarkan penerapan prinsip etika profesi dalam konteks teknik elektronika Sub CPMK 9: Mahasiswa mampu melakukan evaluasi terhadap dilema etis yang muncul dalam sebuah proyek teknologi elektronika Sub CPMK 10: Mahasiswa mampu menciptakan sebuah proyek inovatif yang menekankan pada aspek keberlanjutan dalam teknologi elektronika |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Etika Profesi dan K3L mempelajari ... | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Prinsip K3 di Lingkungan Elektronika |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Riklan Kango, |
Mata Kuliah |
Etika Profesi dan K3L |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE240722 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mahasiswa mampu menganalisis prinsip-prinsip K3 dalam konteks kerja elektronika, serta mengidentifikasi risiko dan bahaya potensial terkait lingkungan kerja |
Ketepatan identifikasi risiko dan bahaya kerja elektronika |
Kriteria: ketepatan Bentuk non-tes: pengamatan dan penugasan |
Bentuk Pembelajaran: Kuliah dan Responsi Karakteristik Pembelajaran: Interaktif Metode Pembalajaran: Diskusi kelompok [TM: 1x(2x50'] Tugas-1: Penelusuran dan analisis kasus kecelakaan kerja dalam bidang elektronika [PT+BM: (1+1)X(2X60") |
Ref. 1 |
2 |
|||
2 | Sub-CPMK 2 : Mahasiswa mampu merencanakan langkah-langkah untuk melaksanakan proses kerja yang aman dalam proyek elektronika, termasuk penggunaan APD, pengendalian bahaya, dan tindakan pencegahan diperlukan |
Kecermatan dalam merancang langkah-langkah penggunaan APD, pengendalian bahaya, dan tindakan pencegahan |
Kriteria: Kecermatan Bentuk non-tes: Laporan proyek |
Bentuk Pembelajaran: Praktikum Karakteristik Pembelajaran: Holistik Metode Pembalajaran: Pembelajaran berbasis proyek [1x(2x170"] Tugas-2: Merancang dan melaksanakan proyek perancangan lingkungan kerja yang aman pada proyek elektronika |
Ref. 3 |
5 |
|||
3 | Sub-CPMK 3 : Mahasiswa mampu mengevaluasi keefektifan tindakan keselamatan listrik yang diterapkan dalam pengoperasian peralatan elektronika dan mengusulkan perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan keselamatan |
|
Kriteria: Ketajaman Bentuk non-tes: Praktikum |
Bentuk Pembelajaran: Kuliah, Responsi dan Tutorial Karakteristik Pembelajaran: Saintifik Metode Pembalajaran: Pembelajaran berbasis masalah [TM: 1x(2x50'] Tugas-3: Menyusun laporan analisis keselamatan listrik pada proyek eksperimen elektronika [PT+BM: (1+1)X(2X60") |
Ref. 3 |
5 |
|||
4 | Sub-CPMK 4 : Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip ergonomi dalam merancang tempat kerja dan mengidentifikasi risiko cedera terkait pekerjaan elektronika |
Keterampilan dalam mengidentifikasi faktor-faktor ergonomi dan merancang penataan tempat kerja yang ergonomis |
Kriteria: Keterampilan Bentuk non-tes:
|
Bentuk Pembelajaran: Praktikum Karakteristik Pembelajaran: Integratif Metode Pembalajaran: Pembelajaran kolaboratif [1x(2x170"] Tugas-4: Mengidentifikasi dan mengusulkan perbaikan ergonomis pada area kerja elektronika yang dianalisis |
Ref. 3 |
4 |
|||
5 | Sub-CPMK 5 : Mahasiswa mampu menciptakan rencana pengelolaan limbah berbahaya yang efektif dalam proyek elektronika, termasuk pengurangan, pengumpulan, penyimpanan, dan pengolahan sesuai peraturan yang berlaku |
Kesesuaian desain rencana pengelolaan limbah dengan peraturan yang berlaku |
Kriteria: Kesesuian Bentuk non-tes:
|
Bentuk Pembelajaran: Praktikum Karakteristik Pembelajaran: Kontekstual Metode Pembalajaran: Pembelajaran berbasis proyek [1x(2x170"] Tugas-5: Merancang dan melaksanakan rencana pengelolaan limbah elektronik pada proyek elektronika |
Ref. 3 |
5 |
|||
6 | Sub-CPMK 6 : Mahasiswa mampu menganalisis keberhasilan komunikasi dan kesadaran K3 di tempat kerja serta mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan budaya keselamatan |
Kejalasan dalam menganalisis tingkat kesadaran K3 dan efektivitas komunikasi di tempat kerja |
Kriteria: kejelasan Bentuk non-tes:
|
Bentuk Pembelajaran: Kuliah, Responsi dan tutorial Karakteristik Pembelajaran: Tematik Metode Pembalajaran: Diskusi Kelompok [TM: 1x(2x50'] Tugas-6: Menyusun laporan analisis kesadaran K3 dan komunikasi di tempat kerja elektronika [PT+BM: (1+1)X(2X60") |
Ref. 3 |
4 |
|||
7 | Sub-CPMK 7 : Mahasiswa mampu mengevaluasi risiko dalam pemeliharaan dan perbaikan peralatan elektronika dan mengidentifikasi strategi pencegahan yang efektif |
Keaktifan dalam mengidentifikasi risiko potensial dan merancang strategi pencegahan yang efektif |
Kriteria: Keaktifan Bentuk non-tes: Laporan proyek |
Bentuk Pembelajaran: Kuliah Karakteristik Pembelajaran: Efektif Metode Pembalajaran: Studi Kasus [TM: 1x(2x50'] Tugas-7: Melakukan identifikasi risiko dan menyusun rencana tindakan pencegahan dalam lingkungan kerja elektronika [PT+BM: (1+1)X(2X60") |
Ref. 3 |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9,10 | Sub CPMK 8: Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang sebuah proyek yang menggambarkan penerapan prinsip etika profesi dalam konteks teknik elektronika |
Ketepatan menganalisis dilema etis dalam konteks teknik elektronika |
Kriteria: Ketepatan mengidentifikasi dilema etis Bentuk non-tes: Proyek |
Bentuk Pembelajaran: Praktikum Karakteristik Pembelajaran: Interaktif Metode Pembalajaran: Pembelajaran Berbasis Proyek [1x(2x170"] Tugas-8: Membangun Proyek Etika Profesi |
Ref. 6 |
5 |
|||
Sub CPMK 8: Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang sebuah proyek yang menggambarkan penerapan prinsip etika profesi dalam konteks teknik elektronika |
Kecermatan menerapkan prinsip-prinsip etika profesi dalam konteks studi kasus. |
Kriteria: Kecermatan mengidentifikasi solusi etis Bentuk non-tes: Diskusi kelompok |
Bentuk Pembelajaran: Kuliah, Responsi dan Tutorial Karakteristik Pembelajaran: Kolaboratif Metode Pembalajaran: Diskusi Kelompok [TM: 1x(2x50'] Tugas-9: Diskusi Kelompok: Studi Kasus Etika Profesi [PT+BM: (1+1)X(2X60") |
Ref. 6 |
4 |
||||
11,12 | Sub CPMK 9: Mahasiswa mampu melakukan evaluasi terhadap dilema etis yang muncul dalam sebuah proyek teknologi elektronika |
Ketajaman mengevaluasi konflik kepentingan yang muncul dalam proyek teknologi elektronika |
Kriteria: Ketajaman menganalisis implikasi etis dari pilihan Bentuk: proyek |
Bentuk Pembelajaran: Praktikum Karakteristik Pembelajaran: Analitis, evaluatif Metode Pembalajaran: Pembelajaran Berbasis Proyek [TM: 2x(2x170"] Tugas-10: Analisis Dilema Etis dalam Proyek Teknologi Elektronika |
Ref. 6 |
5 |
|||
Sub CPMK 9: Mahasiswa mampu melakukan evaluasi terhadap dilema etis yang muncul dalam sebuah proyek teknologi elektronika |
Kecermatan mengidentifikasi konflik kepentingan dalam konteks privasi dan keamanan data |
Kriteria: Kecermatan mengusulkan solusi yang mempertimbangkan aspek etika dan kepentingan terkait Bentuk: Diskusi kelompok |
Bentuk Pembelajaran: Kuliah, Responsi dan Tutorial Karakteristik Pembelajaran: Kolaboratif Metode Pembalajaran: Diskusi Kelompok [TM: 2x(2x170"] Tugas-11:
|
Ref. 6 |
4 |
||||
13, 14, 15 | Sub CPMK 10: Mahasiswa mampu menciptakan sebuah proyek inovatif yang menekankan pada aspek keberlanjutan dalam teknologi elektronika |
Ketepatan menciptakan solusi inovatif yang mencerminkan aspek keberlanjutan dan etika dalam teknologi elektronika |
Kriteria: Ketepatan merancang solusi inovatif yang mencakup aspek etika dan keberlanjutan Bentuk: Proyek |
Bentuk Pembelajaran: Praktikum Karakteristik Pembelajaran: Kreatif dan Inovatif Metode Pembalajaran: Pembelajaran Berbasis Proyek [1x(2x170"] Tugas-12: Proyek Inovasi Berkelanjutan dalam Teknologi Elektronika |
Etika dalam Inovasi dan Pengembangan Teknologi Ref. 6 |
5 |
|||
Sub CPMK 10: Mahasiswa mampu menciptakan sebuah proyek inovatif yang menekankan pada aspek keberlanjutan dalam teknologi elektronika |
Keterampilan mempertimbangkan implikasi etis dalam pengembangan dan penggunaan Perangkat Elektronika |
Kriteria: Keterampilan mengidentifikasi dilema etis Bentuk: diskusi kelompok |
Bentuk Pembelajaran: Kuliah, Responsi dan Tutorial Karakteristik Pembelajaran: Kolaboratif, analitis Metode Pembalajaran: Diskusi Kelompok [TM: 1x(2x50'] Tugas-13: Diskusi Kelompok: Etika Internet of Things [PT+BM: (1+1)X(2X60") |
Etika dalam Inovasi dan Pengembangan Teknologi Ref. 6 |
4 |
||||
Sub CPMK 10: Mahasiswa mampu menciptakan sebuah proyek inovatif yang menekankan pada aspek keberlanjutan dalam teknologi elektronika |
Keaktifan menyajikan proyek inovatif dengan mempertimbangkan aspek etika dan keberlanjutan |
Kriteria: Keaktifan berkomunikasi secara efektif dan jelas Bentuk non-tes: presentasi |
Bentuk Pembelajaran: Kuliah Karakteristik Pembelajaran: Efektif Metode Pembalajaran: Diskusi Kelompok [1x(2x170"] Tugas-14: Menyusun presentasi Proyek Inovasi Berkelanjutan |
Presentasi Laporan Proyek Ref. 6 |
4 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Riklan Kango lahir di Paguat pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|