.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:tri.retno@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 8, 2025, 11:19 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
OPERASIONAL PERHELATAN & LAYANAN KAMAR |
TB240915 |
1 |
2 |
3 |
70 |
4 |
03-03-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Tri Retno Nugroho S.Pd., M.Par. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
|||||||
NIP/NIK. 198803182022031003 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai prinsip dasar pengolahan dan penyajian makanan dan minuman (P-2) Menguasai jenis dan teknik penanganan peralatan, pengolahan, penyajian makanan dan minuman (P-10) Menguaasai cara berinovasi dalam mengembangkan pengolahan makanan dan minuman serta layanan makanan dan minuman (P-14) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi efektif untuk bekerja dalam tim |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan maslah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, berinovatif dalam pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu menyediakan layanan makanan dan minuman di restoran, kamar dan bar (KK-5) Mampu menyiapkan dan mengolah aneka minuman beralkohol dan non alkohol (KK-6) Mampu menerapkan seni kuliner |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa dapat memahami, menjelaskan perkembangan MICE, pengertian, sejarah dan jenis Banquet. Mahasiswa dapat memahami BEO dan BECO . Mahasiswa dapat memahami, menjelaskan dan menpraktekkan tugas waiter dan menyusun Menu Banquet. Mahasiswa mampu mengaplikasikan sistem procedure layanan di Banquet (Russian, English, Lazi Susan dan Buffet |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mahasiswa dapat memahami sejarah Banquet, pentingnya mengklasifikasi jenis Banquet, Struktur Organisasi Banquet, mengaplikasikan procedure Banquet, Hubungan Banquet dengan Departemen lainnya. Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami proses pemesanan, pelaksanaan event di Banquet, membuat BEO, dan membuat BECO Mahasiswa dapat mengetahui pengertian Event dan MICE, perbedaan penataan MICE, perkembangan kegiatan MICE di Indonesia, kegiatan (event) yang diselenggarakan di Banquet dan sistem operasionalnya serta management event Mahasiswa dapat memahami pengertian Room Service, system pelayanan Room Service,pengambilan pesanan tamu by phone, dan set-up pemesanan tamu gunakan tray dan gueridong service. Mahasiswa dapat menerapkan pelayanan Russian service dan tata cara table setting dalam restaurant, menerapkan tata cara pelayanan tamu dalam restaurant,dan membuat minuman mocktail dan layanan kamar (Room Service) Mahasiswa dapat menerapkan kegiatan atau event di banquet |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah ini membahas memahami perkembangan bisnis makanan dan minuman, pengertian, sejarah dan jenis restaurant, pengetahuan menu, waiter/ess, sistem pelayanan american service, dan procedure pelayanan didalam |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Banquet |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1) Soekresnodan I.N.R Pendit. (1998). Petunjuk Praktek Pramusaji Food & Beverage Service. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul, Jobshet, LCD, proyektor, laptop, ruang praktek (restaurant) |
|||||||
Dosen Pengampu |
Tri Retno Nugroho, |
Mata Kuliah |
OPERASIONAL PERHELATAN & LAYANAN KAMAR |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB240915 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mahasiswa dapat memahami sejarah Banquet, pentingnya mengklasifikasi jenis Banquet, Struktur Organisasi Banquet, mengaplikasikan procedure Banquet, Hubungan Banquet dengan Departemen lainnya. |
Ketepatan dalam menjelaskan, memahami dan mempraktekan tentang pelayanan Banquet |
Kriteria : Ketepatan memahami materi |
Ceramah Plus dan Diskusi (5x50) |
Banquet (Perhelatan) Banquet (Perhelatan) |
10 |
|||
2 | Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami proses pemesanan, pelaksanaan event di Banquet, membuat BEO, dan membuat BECO |
Ketepatan dalam menjelaskan, memahami dan mempraktekan dalam membuat BEO dan BECO |
Kriteria : Ketepatan memahami materi |
Ceramah Plus dan Diskusi (5x50) |
BEO dan BECO (Amandemen) BEO dan BECO (Amandemen) |
10 |
|||
3 | Mahasiswa dapat mengetahui pengertian Event dan MICE, perbedaan penataan MICE, perkembangan kegiatan MICE di Indonesia, kegiatan (event) yang diselenggarakan di Banquet dan sistem operasionalnya serta management event |
Ketepatan dalam menjelaskan, memahami dan perbedaan penataan Event (MICE) dan operasionalnya |
Kriteria : Ketepatan memahami materi |
Ceramah Plus dan Diskusi (5x50) |
MICE MICE |
10 |
|||
4 | Mahasiswa dapat memahami pengertian Room Service, system pelayanan Room Service,pengambilan pesanan tamu by phone, dan set-up pemesanan tamu gunakan tray dan gueridong service. |
Ketepatan dalam menjelaskan, memahami dan mempraktekkan pelayanan room service |
Kriteria : Ketepatan memahami materi |
Ceramah Plus dan Diskusi (5x50) |
Layanan Kamar (Room Service) Layanan Kamar (Room Service) |
10 |
|||
5 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
6 | Mahasiswa dapat menerapkan pelayanan Russian service dan tata cara table setting dalam restaurant, menerapkan tata cara pelayanan tamu dalam restaurant,dan membuat minuman mocktail dan layanan kamar (Room Service) |
Ketepatan dalam menata meja makan sesuai dengan jenisnya (Elaborate Cover) dan dapat melayani tamu (waiter/ess) dengan pelayanan Russia |
Kriteria : Ketepatan praktek |
Praktek (5x50) |
Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar |
30 |
|||
7 | Mahasiswa dapat menerapkan pelayanan Russian service dan tata cara table setting dalam restaurant, menerapkan tata cara pelayanan tamu dalam restaurant,dan membuat minuman mocktail dan layanan kamar (Room Service) |
Ketepatan dalam menata meja makan sesuai dengan jenisnya (Elaborate Cover) dan dapat melayani tamu (waiter/ess) dengan pelayanan Russia |
Kriteria : Ketepatan praktek |
Praktek (5x50) |
Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar |
30 |
|||
8 | Mahasiswa dapat menerapkan pelayanan Russian service dan tata cara table setting dalam restaurant, menerapkan tata cara pelayanan tamu dalam restaurant,dan membuat minuman mocktail dan layanan kamar (Room Service) |
Ketepatan dalam menata meja makan sesuai dengan jenisnya (Elaborate Cover) dan dapat melayani tamu (waiter/ess) dengan pelayanan Inggris (Family) |
Kriteria : Ketepatan praktek |
Praktek 5x50 |
Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar |
30 |
|||
9 | Mahasiswa dapat menerapkan pelayanan Russian service dan tata cara table setting dalam restaurant, menerapkan tata cara pelayanan tamu dalam restaurant,dan membuat minuman mocktail dan layanan kamar (Room Service) |
Ketepatan dalam menata meja makan sesuai dengan jenisnya (Elaborate Cover) dan dapat melayani tamu (waiter/ess) dengan pelayanan Inggris (Family) |
Kriteria : Ketepatan praktek |
Praktek (5x50) |
Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar |
30 |
|||
10 | Mahasiswa dapat menerapkan pelayanan Russian service dan tata cara table setting dalam restaurant, menerapkan tata cara pelayanan tamu dalam restaurant,dan membuat minuman mocktail dan layanan kamar (Room Service) |
Ketepatan dalam menata meja makan sesuai dengan jenisnya (Elaborate Cover) dan dapat melayani tamu (waiter/ess) dengan pelayanan Chinesse |
Kriteria : Ketepatan praktek |
Praktek (5x50) |
Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar |
30 |
|||
11 | Mahasiswa dapat menerapkan pelayanan Russian service dan tata cara table setting dalam restaurant, menerapkan tata cara pelayanan tamu dalam restaurant,dan membuat minuman mocktail dan layanan kamar (Room Service) |
Ketepatan dalam menata meja makan sesuai dengan jenisnya (Elaborate Cover) dan dapat melayani tamu (waiter/ess) dengan pelayanan Chinesse |
Kriteria : Ketepatan praktek |
Praktek (5x50) |
Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar |
30 |
|||
12 | Mahasiswa dapat menerapkan pelayanan Russian service dan tata cara table setting dalam restaurant, menerapkan tata cara pelayanan tamu dalam restaurant,dan membuat minuman mocktail dan layanan kamar (Room Service) |
Ketepatan dalam menata meja makan sesuai dengan jenisnya (Elaborate Cover) dan dapat melayani tamu (waiter/ess) dengan pelayanan Buffet |
Kriteria : Ketepatan praktek |
Praktek 5x50 |
Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar |
30 |
|||
13 | Mahasiswa dapat menerapkan pelayanan Russian service dan tata cara table setting dalam restaurant, menerapkan tata cara pelayanan tamu dalam restaurant,dan membuat minuman mocktail dan layanan kamar (Room Service) |
Ketepatan dalam menata meja makan sesuai dengan jenisnya (Elaborate Cover) dan dapat melayani tamu (waiter/ess) dengan pelayanan Buffet |
Kriteria : Ketepatan praktek |
Praktek 6x50 |
Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar Sistem pelayanan restaurant dan layanan kamar |
30 |
|||
14 | Mahasiswa dapat menerapkan kegiatan atau event di banquet |
Ketepatan mahasiswa dapat menerapkan kegiatan atau event di banquet |
Kriteria : Ketepatan praktek |
Praktek 5x50 |
Management Perhelatan (Banquet) Management Perhelatan (Banquet) |
30 |
|||
15 ujian praktek | Mahasiswa dapat menerapkan kegiatan atau event di banquet |
UJIAN PRAKTIK |
UJIAN PRAKTIK |
UJIAN PRAKTIK |
UJIAN PRAKTIK UJIAN PRAKTIK |
30 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
10 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Tri Retno Nugroho lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|