.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ferdy.kahandanie@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:30 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Teknologi Pelaksanaan Konstruksi |
TS240316 |
2 |
0 |
2 |
28 |
4 |
27-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ferdy Kahandanie S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198607222019031005 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Menguasai referensi teknis (codes) dan standar konstruksi yang berlaku di wilayah kerjanya |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mengetahui dan memahami proses pelaksanaan konstruksi dari mulai pekerjaan permulaan hingga pekerjaan finishing Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi, memformulasi, dan menyelesaikan permasalaha bidang teknik sipil dengan mempertimbangkan potensi pemanfaatan sumber daya lokal |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Teknologi Pelaksanaan Konstruksi mempelajari Memaparkan konsep pentingnya memahami metode pelaksanaan setiap pekerjaan konstruksi untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang sesuai dengan spesifikasi pekerjaan yang tertuang dalam dokumen kontrak yang mana meliputi pemaparan metode pelaksanaan pekerjaan : pembersihan lahan dan penyiapan bowplank, pekerjaan tanah, pondasi dangkal (pasangan batu kali dan telapak), pondasi dalam (sumuran,tiang pancang, bored-pile), pekerjaan dinding dan setting kusen,perancah dan bekisting, penulangan struktur beton, perencanaan dan pelaksanaan pekerjaan beton, struktur dan penutup atap, beton pracetak. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pendahuluan 2. Pelaksanaan Pekerjaan Persiapan 3. Pelaksanaan Pekerjaan Tanah 4. Pelaksanaan Pekerjaan Pondasi 5. Pelaksanaan Pekerjaan Beton 6. Pelaksanaan Pekerjaan Pasangan Dinding 7. Pelaksanaan Pekerjaan Plesteran 8. Ujian Tengah Semester 9. Pelaksanaan Pekerjaan Kayu 10. Pelaksanaan Pekerjaan Atap 11. Pelaksanaan Pekerjaan Langit-Langit dan Penutup Atap 12. Pelaksanaan Pekerjaan Kaca, Kunci, dan Sanitasi 13. Pelaksanaan Pekerjaan Pengecatan 14. Pelaksanaan Pekerjaan Mekanikal Elektrikal 15. Pembuatan Dokumen Teknis Pelaksanaan 16. Ujian Akhir Semester Pustaka |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama:li.li1 {margin: 0.0px 0.0px 0.0px 0.0px; text-align: justify; font: 12.0px Helvetica} li.li2 {margin: 0.0px 0.0px 0.0px 0.0px; text-align: justify; font: 11.0px Helvetica} span.Apple-tab-span {white-space:pre} ol.ol1 {list-style-type: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media :Handout, LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ferdy Kahandanie, |
Mata Kuliah |
Teknologi Pelaksanaan Konstruksi |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS240316 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya mempelajari teknologi pelaksanaan konstruksi - Menjelaskan tentang tahapan tahapan proyek Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya mempelajari teknologi pelaksanaan konstruksi - Menjelaskan tentang tahapan tahapan proyek |
Butir penilaian terdiri dari: - Partisipasi dan kehadiran dalam perkuliahan - Tugas mandiri - Tugas kelompok - UTS - UAS |
Ceramah - Tanya jawab - Tugas TM 1 x (2x50’) |
Pengertian teknologi pelaksanaan konstruksi dan ruang lingkup materi kuliah - Pengertian tahapan proyek, pengertian masing-masing tahapan 1. Allen, E. dan Iano, J. 2008, Fundamental of Building Construction:Materials and Methods, Wiley, New York |
2 |
|||
2 | 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Mahasiswa mampu menyusun Metode Pelaksanaan Pekerjaan Persiapan dalam Konstruksi |
Butir penilaian terdiri dari:
UAS |
TM 2 x (2x50') |
Metode Pelaksanaan Pekerjaan Persiapan dalam Konstruksi
Illingworth, J. R., 2000, Construction Methods and Planning, SponPress |
4 |
|||
3 | 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Pekerjaan Tanah |
Mahasiswa mampu menyusun metode pelaksanaan Pekerjaan Tanah dalam Konstruksi |
Butir penilaian terdiri dari:
UAS |
Illingworth, J. R., 2000, Construction Methods and Planning, SponPress |
4 |
|||
4 | 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Pekerjaan Pondasi |
Mahasiswa mampu menyusun metode pelaksanaan Pekerjaan Pondasi dalam Konstruksi |
Butir penilaian terdiri dari:
UAS
TM 4 x (2x50’) |
Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pondasi dalam Konstruksi
Illingworth, J. R., 2000, Construction Methods and Planning, SponPress |
4 |
|||
5 | 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Pekerjaan Beton |
Mahasiswa mampu menyusun metode pelaksanaan Pekerjaan Beton dalam Konstruksi |
Butir penilaian terdiri dari:
UAS
TM 5 x (2x50’) |
Metode Pelaksanaan Pekerjaan Beton dalam Konstruksi
Illingworth, J. R., 2000, Construction Methods and Planning, SponPress |
4 |
|||
6 | 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Pekerjaan Pasangan Dinding/Tembok |
Mahasiswa mampu menyusun metode pelaksanaan Pekerjaan Dinding/Tembok dalam Konstruksi |
Butir penilaian terdiri dari:
UAS
TM 6 x (2x50’) |
Metode Pelaksanaan Pekerjaan Dinding/Tembok dalam Konstruksi
Illingworth, J. R., 2000, Construction Methods and Planning, SponPress |
4 |
|||
7 | 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Mahasiswa mampu menyusun metode pelaksanaan Pekerjaan Plesteran dalam Konstruksi |
Butir penilaian terdiri dari:
UAS |
TM 7 x (2x50’) |
Metode Pelaksanaan Pekerjaan Plesteran dalam Konstruksi
Illingworth, J. R., 2000, Construction Methods and Planning, SponPress |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Pekerjaan Kayu |
Mahasiswa mampu menyusun metode pelaksanaan Pekerjaan Kayu dalam Konstruksi |
Butir penilaian terdiri dari:
UAS
TM 9 x (2x50’) |
Metode Pelaksanaan Pekerjaan Kayu dalam Konstruksi
Illingworth, J. R., 2000, Construction Methods and Planning, SponPress |
3 |
|||
10 | 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Pekerjaan Atap |
Mahasiswa mampu menyusun metode pelaksanaan Pekerjaan Atap dalam Konstruksi |
Butir penilaian terdiri dari:
UAS
TM 10 x (2x50’) |
Metode Pelaksanaan Pekerjaan Atap dalam Konstruksi
Illingworth, J. R., 2000, Construction Methods and Planning, SponPress |
3 |
|||
11 | 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Pekerjaan Langit-langit dan Penutup Lantai |
Mahasiswa mampu menyusun metode pelaksanaan Pekerjaan Penutup Lantai dalam Konstruksi |
Butir penilaian terdiri dari:
UAS
TM 11 x (2x50’) |
Metode Pelaksanaan Pekerjaan Kaca, Kunci dan Sanitasi dalam Konstruksi
Illingworth, J. R., 2000, Construction Methods and Planning, SponPress |
2 |
|||
12 | 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Pekerjaan Kaca, Kunci, Sanitasi |
Mahasiswa mampu menyusun metode pelaksanaan Pekerjaan Kaca, Kunci dan Sanitasi dalam Konstruksi |
Butir penilaian terdiri dari:
UAS
TM 12 x (2x50’)
|
Metode Pelaksanaan Pekerjaan Kaca, Kunci dan Sanitasi dalam Konstruksi
Illingworth, J. R., 2000, Construction Methods and Planning, SponPress |
4 |
|||
13 | 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Pekerjaan Pengecatan |
Mahasiswa mampu menyusun metode pelaksanaan Pekerjaan Pengecatan dalam Konstruksi |
Butir penilaian terdiri dari:
UAS
TM 13 x (2x50’) |
Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pengecatan dalam Konstruksi
Illingworth, J. R., 2000, Construction Methods and Planning, SponPress |
4 |
|||
14 | 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Pekerjaan Mekanikal Elektrikal |
Mahasiswa mampu menyusun metode pelaksanaan pekerjaan Mekanikal Elektrikal dalam Konstruksi |
Butir penilaian terdiri dari:
UAS |
TM 14 x (2x50’)
Illingworth, J. R., 2000, Construction Methods and Planning, SponPress |
4 |
|||
15 | 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Dokumen Teknis Pelaksanaan |
Mahasiswa mampu menyusun dan membuat dokumen teknis pelaksanaan dalam Konstruksi |
Butir penilaian terdiri dari:
UAS
TM 15 x (2x50’) |
Penyusunan dan Pembuatan Dokumen Teknis Pelaksanaan dalam Konstruksi
Illingworth, J. R., 2000, Construction Methods and Planning, SponPress |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ferdy Kahandanie lahir di Kapuas pada tanggal 22-07-1986 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|