.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:endang.sri@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:43 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI PERPAJAKAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pendidikan Agama |
AP 101 |
1 |
1 |
2 |
42 |
1 |
02-03-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Endang Sri Apriani S.E., M.E., CFRM. |
Endang Sri Apriani S.E., M.E., CFRM. |
|||||||
NIP/NIK. 2021.90.003 |
NIP/NIK. 2021.90.003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Mampu mengambil keputusan operasional yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data akuntansi untuk mememberikan alternatif solusi baik secara mandiri maupun kelompok dan mampu menyajikan laporan sesuai dengan lingkup dan tangggung jawabnya (P-4) Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/atau pimpinan dalam suatu organisasi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri dan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menjadi teknisi akuntansi ahli yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/atau manufaktur berskala besar dan/atau go-public dan mampu mengaplikasikan pada bidang keahlian akuntansi secara spesifik antara lain akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, sistem informasi akuntansi dan akuntansi syariah yang sesuai dengan standar dan prinsip- prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang akuntansi, melalui proses penganalisisan data keuangan dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi, keahlian interpersonal dan komunikasi (KK-11) Mampu mengikuti perkembangan dan isu terkini yang terkait di bidang akuntansi dan perpajakan terutama terkait dengan penggunaan teknologi informasi untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas pelaporan di bidang akuntansi dan perpajakan. (KK-12) Mampu menerapkan penelitian terapan di bidang akuntansi dan perpajakan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1: Mampu mengaplikasikan nilai-nilai religius dalam melakukan pekerjaan sesuai bidang keahliannya |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Memahami Sistem Pembelajaran di Perguruan Tinggi memahami manusia dan kebutuhan manusia yang menunjang hidupnya mampu menjelaskan penelaahan secara konseptual mampu menerapkan nilai-nilai di dunia kerja sebagai manifestasi dari pemahaman ajaran Islam yang diyakininya Mampu menunjukkan sikap tobat (selalu introspeksi dan koreksi diri) untuk selalu berpegang pada nilai-nilai kebenaran ilahiah mampu mensyukuri karunia Allah berupa nikmat iman, Islam, dan kehidupan bertanggung jawab terhadap sikap dan perilaku yang dilakukan secara sadar serta mampu menjunjung tinggi kejujuran, kebenaran, dan keadilan dalam menjalani mampu menjelaskan esensi dan urgensi integrasi iman, Islam, dan ihsan dalam pembentukan insan kamil, serta mengkreasi pemetaan konsistensi dan koherensi pokok-pokok ajaran Mampu menganalisis dan menyajikan hasil penelaahan konseptual tentang sumber ajaran Islam dan kontekstualisasinya dalam kehidupan mampu menganalisis ajaran Islam dalam konteks kemoderenan dan keindonesiaan dan mahasiswa mampu menyajikan hasil proyek kerja tentang implementasi ajaran Islam dalam konteks kemoderenan dan keindonesiaan. mampu menganalisis konsep Islam tentang keragaman dalam keberagamaan menganalisis agama sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia menyajikan hasil penelaahan konseptual terkait esensi dan urgensi agama sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mahasiswa mampu mengkreasi peta konseptual dan/atau operasional tentang keragaman dalam keberagamaan. Menganalisis agama sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia menyajikan hasil penelaahan konseptual terkait esensi dan urgensi agama sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mahasiswa mampu mengkreasi peta konseptual dan/atau operasional tentang keragaman dalam keberagamaan. Mampu menganalisis ajaran Islam dalam konteks kemoderenan dan keindonesiaan mampu menganalisis konsep Iptek, politik, sosial-budaya, ekonomi, dan pendidikan dalam perspektif Islam menyajikan hasil proyek kerja tentang implementasi Islam menyajikan hasil proyek kerja tentang implementasi keindonesiaan serta mampu menyajikan mozaik kasus dan solusi terkait konsep iptek, politik, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam perspektif Islam. Mahasiswa memahami problematika Agama dan Sosial dalam Kehidupan Mahasiswa memiliki kemampuan menganalisis peran dan fungsi masjid kampus sebagai pusat pengembangan budaya Islam serta mengembangkan program masjid kampus sebagai pusat pengembangan budaya Islam |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Materi dasar mata kuliah Agama meliputi; Konsep Ketuhanan dalam Islam, Hakikat Manusia menurut Islam, Hukum, HAM dan Demokrasi dalam Islam, Etika, Moral dan Akhlak, Ilmu Pengetahuan dan Seni dalam Islam, Kerukunan antar Umat Beragama, Masyarakat Madani dan Kesejahteraan Umat, Kebudayaan dan Sistem Politik Islam |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
|
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama:M. Daud Ali (1993). Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta; Gema |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Leptop, Alat tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Endang Sri Apriani, |
Mata Kuliah |
Pendidikan Agama |
|||
Kode Mata Kuliah |
AP 101 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Memahami Sistem Pembelajaran di Perguruan Tinggi |
Mahasiswa Memahami Sistem Pembelajaran di Perguruan Tinggi |
Test Tanya Jawab Lisan |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi |
Menelusuri Konsep Pembelajaran di Perguruan Tinggi
Buku Pendidikan Agama islam Perguruan Tinggi Umum 3. ________(2005). Buku Teks Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi |
3 |
|||
2 | memahami manusia dan kebutuhan manusia yang menunjang hidupnya |
Mahasiswa memahami manusia dan kebutuhan manusia yang menunjang hidupnya |
Tanya Jawab
Memahami Contoh Peristiwa |
Ceramah, Pemutaran video |
Hakekat Manusia dan Kebutuhannya
Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam 5. M. Din Syamsuddin (2000). Etika Agama Dalam Membangun Masyarakat Madani. Jakarta; Logos |
3 |
|||
3 | mampu menjelaskan penelaahan secara konseptual |
Mahasiswa mampu menjelaskan penelaahan secara konseptual |
Rumusan dan Presentasi hasil TelaahDiskusi Kelompok |
Diskusi Kelompok |
Menelusuri Konsep Spritualitas Sebagai Landasan Bertuhan
Tim Kemdikbud, Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum M. Daud Ali (1993). Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta; Gema |
3 |
|||
4 | mampu menerapkan nilai-nilai di dunia kerja sebagai manifestasi dari pemahaman ajaran Islam yang diyakininya |
Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai di dunia kerja sebagai manifestasi dari pemahaman ajaran Islam yang diyakininya |
Simulasi / Unjuk kinerja
Presentasi
Tanya Jawab |
Simulasi situasi kerja di workshop alat berat |
Sikap dan Prilaku di dunnia kerja dan kehidupan Sosial Proses Terbentuknya Prilaku
Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama, Raja Grafindo Jakarta 7. Bustanuddin Agus (1995). Al Islam, Buku Pedoman Kuliah Mahasiswa untuk Mata Ajaran |
3 |
|||
5 | Mampu menunjukkan sikap tobat (selalu introspeksi dan koreksi diri) untuk selalu berpegang pada nilai-nilai kebenaran ilahiah |
Mampu menunjukkan sikap tobat (selalu introspeksi dan koreksi diri) untuk selalu berpegang pada nilai-nilai kebenaran ilahiah; mampu mensyukuri karunia Allah berupa nikmat iman, Islam, dan kehidupan; bertanggung jawab terhadap sikap dan perilaku yang dilakukan secara sadar; serta mampu menjunjung tinggi kejujuran, kebenaran, dan keadilan dalam menjalani |
Mampu menunjukkan dan menerapkan rasa syukur ketika mendapat kesuksesan dalam berbagai karunia |
Diskusi kelas
|
Menelusuri Konsep dan Karakteristik Agama sebagai Jalan Menuju Tuhan dan Kebahagiaan
Kemdikbud, Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi 3. ________(2005). Buku Teks Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi 6. Yusuf Qardhawi (1975). Al Iman Wa al Hayah. Kairo; Maktabah Wahbah. |
3 |
|||
6 | mampu mensyukuri karunia Allah berupa nikmat iman, Islam, dan kehidupan |
Mahasiswa mampu menjelaskan esensi dan urgensi integrasi iman, Islam, dan ihsan dalam pembentukan insan kamil, serta mengkreasi pemetaan konsistensi dan koherensi pokok-pokok ajaran |
Pengamatan
Tes Lisan |
Diskusi Kelas
Presentasi |
Menelusuri Konsep dan Urgensi Islam, Iman dan Ihsan dalam Membentuk Insan Kamil (Manusia Sempurna)
Tim KEMDIKBUD Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum 8. Baharuddin Lopa (1999). Al Qur’an dan Hak Asasi Manusia. Yogyakarta; Dana Bhakti Prima 2. Departemen Agama RI (2004). Materi Instruksional Pendidikan Agama Islam Di Perguruan |
3 |
|||
7 | bertanggung jawab terhadap sikap dan perilaku yang dilakukan secara sadar |
Mampu menganalisis dan menyajikan hasil penelaahan konseptual tentang sumber ajaran Islam dan kontekstualisasinya dalam kehidupan |
Pengamatan hasil telaah dan diskusi |
Ceramah ,
Diskusi dan tanya Jawab |
A. Menelusuri Transformasi Wahyu dan Implikasinya terhadap Corak Keberagamaan
Tim KEMDIKBUD, Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum 1. M. Daud Ali (1993). Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta; Gema 7. Bustanuddin Agus (1995). Al Islam, Buku Pedoman Kuliah Mahasiswa untuk Mata Ajaran7. Bustanuddin Agus (1995). Al Islam, Buku Pedoman Kuliah Mahasiswa untuk Mata Ajaran |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | mampu menjelaskan esensi dan urgensi integrasi iman, Islam, dan ihsan dalam pembentukan insan kamil, serta mengkreasi pemetaan konsistensi dan koherensi pokok-pokok ajaran |
Mahasiswa mampu menganalisis ajaran Islam dalam konteks kemoderenan dan keindonesiaan dan mahasiswa mampu menyajikan hasil proyek kerja tentang implementasi ajaran Islam dalam konteks kemoderenan dan keindonesiaan. |
Pengamatan Hasil Analisis dan tanggapan terhadap pertanyaan |
Ceramah ,
Diskusi dan tanya Jawab |
A. Menelusuri Transformasi Wahyu dan Implikasinya terhadap Corak Keberagamaan
Tim KEMDIKBUD, Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum 2. Departemen Agama RI (2004). Materi Instruksional Pendidikan Agama Islam Di Perguruan 5. M. Din Syamsuddin (2000). Etika Agama Dalam Membangun Masyarakat Madani. Jakarta; Logos |
3 |
|||
10 | Mampu menganalisis dan menyajikan hasil penelaahan konseptual tentang sumber ajaran Islam dan kontekstualisasinya dalam kehidupan |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep Islam tentang keragaman dalam keberagamaan; menganalisis agama sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia menyajikan hasil penelaahan konseptual terkait esensi dan urgensi agama sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia; serta mahasiswa mampu mengkreasi peta konseptual dan/atau operasional tentang keragaman dalam keberagamaan. |
Mahasiswa Menganalisis Tema Pengamatan |
Diskusi Kelompok
Tanya Jawab
100 Menit |
Menelusuri Konsep Keberagaman Islam dan Membangun Persatuan Umat dalam Keberagaman
Tim KEMDIKBUD, Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum 4. ________ (2006). Manajemen Zakat dan Wakaf. Jakarta; DEPAG RI. 6. Yusuf Qardhawi (1975). Al Iman Wa al Hayah. Kairo; Maktabah Wahbah. |
3 |
|||
11 | mampu menganalisis ajaran Islam dalam konteks kemoderenan dan keindonesiaan dan mahasiswa mampu menyajikan hasil proyek kerja tentang implementasi ajaran Islam dalam konteks kemoderenan dan keindonesiaan. |
Menganalisis agama sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia menyajikan hasil penelaahan konseptual terkait esensi dan urgensi agama sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia; serta mahasiswa mampu mengkreasi peta konseptual dan/atau operasional tentang keragaman dalam keberagamaan. |
Observasi dari Hasil Telaah Masaalah terkait Topik |
Diskusi Kelompok Kecil lalu ke Kelompok Besar
Tanya Jawab |
Membangun Persatuan Umat dalam Keberagaman
Tim KEMDIKBUD Buku Pendidikan Agama Perguruan Tinggi Umum 7. Bustanuddin Agus (1995). Al Islam, Buku Pedoman Kuliah Mahasiswa untuk Mata Ajaran |
3 |
|||
12 | mampu menganalisis konsep Islam tentang keragaman dalam keberagamaan |
Mampu menganalisis ajaran Islam dalam konteks kemoderenan dan keindonesiaan; mampu menganalisis konsep Iptek, politik, sosial-budaya, ekonomi, dan pendidikan dalam perspektif Islam; menyajikan hasil proyek kerja tentang implementasi Islam; menyajikan hasil proyek kerja tentang implementasi keindonesiaan serta mampu menyajikan mozaik kasus dan solusi terkait konsep iptek, politik, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam perspektif Islam. |
Membagikan Kartu secara acak dan menyusun kembali berdasarkan dan diberi judul
Observasi |
Cart Sort, Membagikan Kertas Kosong Secara Acak, Lalu menuliskan kata Kunci, mahasiswa mencari kata sejenis
100 Menit |
Memahami Konsep Islam tentang Iptek, Ekonomi, Politik, Sosial-Budaya dan Pendidikan
Tim KEMDIKBUD, Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum 4. ________ (2006). Manajemen Zakat dan Wakaf. Jakarta; DEPAG RI. |
3 |
|||
13 | mampu menganalisis konsep Islam tentang keragaman dalam keberagamaan |
Mahasiswa memahami problematika Agama dan Sosial dalam Kehidupan |
Mahasiswa Mengidentifikasi permasalahan
Tanya jawab |
Ceramah, Tanya Jawab,
100 Menit
|
Problematika agama dan sosila dalam kehidupan
Modul PAI 2. Departemen Agama RI (2004). Materi Instruksional Pendidikan Agama Islam Di Perguruan |
3 |
|||
14 | serta mahasiswa mampu mengkreasi peta konseptual dan/atau operasional tentang keragaman dalam keberagamaan. |
Pertanyaan dan Jawab Tertulis |
Every One a Teacher here : Dosen membagikan Materi. Mahasiswa membaca sebentar, Masing-masing membuat pertanyaan dalam sebuah kartu , Kartu dibagi secara acak, kepada semua mahasiswa, mahasiswa lain diberi kesempatan memberi tanggapan. |
Menelusuri Pertumbuhan dan Perkembangan Peradaban Islam
Tim KEMDIKBUD, Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum 4. ________ (2006). Manajemen Zakat dan Wakaf. Jakarta; DEPAG RI. 7. Bustanuddin Agus (1995). Al Islam, Buku Pedoman Kuliah Mahasiswa untuk Mata Ajaran |
4 |
||||
15 | Menganalisis agama sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia menyajikan hasil penelaahan konseptual terkait esensi dan urgensi agama sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Mahasiswa memiliki kemampuan menganalisis peran dan fungsi masjid kampus sebagai pusat pengembangan budaya Islam serta mengembangkan program masjid kampus sebagai pusat pengembangan budaya Islam |
Tanya jawab, Soal Tertulis |
Diskusi Kelompok |
Menelusuri Konsep dan Fungsi Masjid dalam Membangun Budaya Islam
Kemdikbud. Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum 2. Departemen Agama RI (2004). Materi Instruksional Pendidikan Agama Islam Di Perguruan 8. Baharuddin Lopa (1999). Al Qur’an dan Hak Asasi Manusia. Yogyakarta; Dana Bhakti Prima |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Endang Sri Apriani lahir di Manna pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan AKUNTANSI Program Studi Akuntansi Perpajakan |
|