.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:nurwahidah.jamal@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:28 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2021/2022 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Teknik Digital Dasar |
TE111119 |
1 |
1 |
2 |
56 |
1 |
14-08-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Nurwahidah Jamal S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 196905222007012024 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK-9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sistem digital secara mandiri CP-MK-12: Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran sistem digital menggunakan prosedur dan standar International Electrotechnical Commission (IEC) CP-MK-14: Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang sistem digital CP-MK-15: Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang sistem digital CP-MK-18: Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium, dan K3 CP-MK-22: Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan CP-MK-31: Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi, untuk penyelesaian pekerjaan dalam bidang sistem digital CP-MK-33: Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji, dan memodifikasi rangkaian elektronika digital |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
CPL-15 => Sub-CPMK-1: Mampu membandingkan antara sistem analog dan sistem digital (C4) CPL-15 => Sub-CPMK-2: Mampu menjelaskan definisi, sifat-sifat, dan hukum-hukum Aljabar Boolean (C2) CPL-15 => Sub-CPMK-3: Mampu menjelaskan sistem bilangan decimal, biner, octal, dan heksadesimal, melakukan konversi antar sistem bilangan dan melakukan operasi sistem bilangan (C2) CPL-15 => Sub-CPMK-4: Mampu membandingkan dan melakukan operasi bilangan complement 1 dengan bilangan komplemen 2 (C4) CPL-14, CPL-15 => Sub-CPMK-5: Mampu menjelaskan code-code bilangan (C2) CPL-14, CPL-15 => Sub-CPMK-6: Mampu menggambar symbol dan rangkaian, membuat tabel kebenaran dan pewaktu, menjelaskan prinsip kerja gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang logika kombinatorial (C4) CPL-9, CPL-12, CPL-18, CPL-31 => Sub-CPMK-7: Mampu merangkai rangkaian gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang-gerbang logika kombinatorial pada perangkat praktik/trainer yang tersedia dan membuktikan tabel kebenaran (C2, P2, A5) CPL-9, CPL-22 => Sub-CPMK-8: Mampu menyusun laporan hasil praktik pengamatan gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang-gerbang logika kombinatorial dan mempresentasikan secara mandiri (A3, A4) CPL-14, CPL-15, CPL-33 => Sub-CPMK-9: Mampu menghasilkan rangkaian logika sederhana dengan metode Aljabar Boolean, SOP, POS, dan K. Map dan menggambar rangkaian sebelum dan sesudah disederhanakan (C3, C4) CPL-15 => Sub-CPMK-10: Mampu membandingkan antara Multiplexer dan Demultiplexer (C4) CPL-15 => Sub-CPMK-11: Mampu membandingkan antara Encoder dan Decoder (C4) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam memahami dasar-dasar sIstem digital. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari Sistem Analog dan Digital, Aljabar Boole, Sistem Bilangan, Gerbang Logika, Penyederhanaan Rangkaian Logika, Multiplexer dan Demultiplexer, dan Encoder dan Decoder |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Sistem Analog dan Digital |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama:
1.     Buku
Ajar Teknik Digital Dasar, Nurwahidah Jamal, 2015 2.     Panduak
Praktik Teknik Digital Dasar, Nurwahidah Jamal, 2016 3.     Budiono
Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital,Â
ITB, 19 4.     Ir.
Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Papan Tulis 2. Laptop 3. LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Nurwahidah Jamal, |
Mata Kuliah |
Teknik Digital Dasar |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE111119 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | CPL-15 => Sub-CPMK-1: Mampu membandingkan antara sistem analog dan sistem digital (C4) |
Ketepatan dalam:
|
Karakteristik Pembelajaran : Integrative, Saintifik, Kontekstual Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test & test:
|
[TM: 1mgx(2sksx50”)] Metode Pembelajaran : Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Tugas-1: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang;
[BT: 1mgx(2sksx60”)] [BM: 1x(2sksx60”)] |
[1] hal: 1.1.9 – 1.8.9, 7.1.35 – 7.30.35
|
6 |
|||
2,3,4 | CPL-15 => Sub-CPMK-3: Mampu menjelaskan sistem bilangan decimal, biner, octal, dan heksadesimal, melakukan konversi antar sistem bilangan dan melakukan operasi sistem bilangan (C2) |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Karakteristik Pembelajaran : Integrative, Saintifik, Kontekstual Teknik: Non test & test:
|
[TM: 3mgx(2sksx50”)] Metode Pembelajaran : Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Tugas-2: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang; Sistem Bilangan [BT: 3mgx(2sksx60”)] [BM: 3x(2sksx60”)] |
[1] hal: 2.1.24 – 2.19.24, 3.1.27 – 3.16.27
|
2 |
|||
CPL-15 => Sub-CPMK-3: Mampu menjelaskan sistem bilangan decimal, biner, octal, dan heksadesimal, melakukan konversi antar sistem bilangan dan melakukan operasi sistem bilangan (C2) |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Karakteristik Pembelajaran : Integrative, Saintifik, Kontekstual Teknik: Non test & test:
|
[TM: 3mgx(2sksx50”)] Metode Pembelajaran : Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Tugas-2: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang; Sistem Bilangan [BT: 3mgx(2sksx60”)] [BM: 3x(2sksx60”)] |
[1] hal: 2.1.24 – 2.19.24, 3.1.27 – 3.16.27 Buku Ajar Teknik Digital Dasar, Nurwahidah Jamal, 2015
|
2 |
||||
CPL-15 => Sub-CPMK-3: Mampu menjelaskan sistem bilangan decimal, biner, octal, dan heksadesimal, melakukan konversi antar sistem bilangan dan melakukan operasi sistem bilangan (C2) |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Karakteristik Pembelajaran : Integrative, Saintifik, Kontekstual Teknik: Non test & test:
|
[TM: 3mgx(2sksx50”)] Metode Pembelajaran : Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Tugas-2: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang; Sistem Bilangan [BT: 3mgx(2sksx60”)] [BM: 3x(2sksx60”)] |
[1] hal: 2.1.24 – 2.19.24, 3.1.27 – 3.16.27 Buku Ajar Teknik Digital Dasar, Nurwahidah Jamal, 2015
|
3 |
||||
5 | CPL-15 => Sub-CPMK-4: Mampu membandingkan dan melakukan operasi bilangan complement 1 dengan bilangan komplemen 2 (C4) |
Ketepatan dalam:
Ketepatan dalam: menjelaskan code-code bilangan |
Kriteria: Rubrik Penilaian Karakteristik Pembelajaran : Integrative, Saintifik, Kontekstua Teknik: Non test & test:
|
[TM: 1mgx(2sksx50”)] Metode Pembelajaran : Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Tugas-3: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang;
[BT: 1mgx(2sksx60”)] [BM: 1x(2sksx60”)] |
[1] hal: 3.16.27 – 3.24.27, 4.1.30 – 4.26.30;
Buku Ajar, Teknik Digital Dasar, Nurwahidah Jamal, 2015 |
4 |
|||
6,7 | CPL-14, CPL-15 => Sub-CPMK-6: Mampu menggambar symbol dan rangkaian, membuat tabel kebenaran dan pewaktu, menjelaskan prinsip kerja gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang logika kombinatorial (C4) |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Karakteristik Pembelajaran : Integrative, Saintifik, Kontekstual Teknik: Non test & test:
|
[TM: 2mgx(2sksx50”)] Metode Pembelajaran : Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Tugas-4: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang;
[BT: 2mgx(2sksx60”)] [BM: 2x(2sksx60”)] |
[1] hal: 5.1.26 – 5.19.26, 6.1.29 – 6.25.29; Buku Ajar Teknik Digital Dasar, Nurwahidah Jamal, 2015 |
3 |
|||
CPL-14, CPL-15 => Sub-CPMK-6: Mampu menggambar symbol dan rangkaian, membuat tabel kebenaran dan pewaktu, menjelaskan prinsip kerja gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang logika kombinatorial (C4) |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Karakteristik Pembelajaran : Integrative, Saintifik, Kontekstua Teknik: Non test & test:
|
[TM: 2mgx(2sksx50”)] Metode Pembelajaran : Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Tugas-4: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang;
[BT: 2mgx(2sksx60”)] [BM: 2x(2sksx60”)] |
[1] hal: 5.1.26 – 5.19.26, 6.1.29 – 6.25.29; Buku Ajar Teknik Digital Dasar, Nurwahidah Jamal, 2015 |
3 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9,10 | CPL-9, CPL-12, CPL-18, CPL-31 => Sub-CPMK-7: Mampu merangkai rangkaian gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang-gerbang logika kombinatorial pada perangkat praktik/trainer yang tersedia dan membuktikan tabel kebenaran (C2, P2, A5) |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Karakteristik Pembelajaran : Integrative, Saintifik, Kontekstual Teknik: Non test Observasi |
[TM: 2mgx(2sksx50”)]
[BT: 2mgx(2sksx60”)] [BM: 2x(2sksx60”)] Metode Pembelajaran : Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
[2] Panduan Praktik, 1, 2, 3, 4, 5.
Panduan Praktik Teknik Digital Dasar, Nurwahidah Jamal, 2016 |
6 |
|||
CPL-9, CPL-12, CPL-18, CPL-31 => Sub-CPMK-7: Mampu merangkai rangkaian gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang-gerbang logika kombinatorial pada perangkat praktik/trainer yang tersedia dan membuktikan tabel kebenaran (C2, P2, A5) |
Ketepatan dalam:
membuktikan tabel kebenaran |
Kriteria: Rubrik Penilaian Karakteristik Pembelajaran : Integrative, Saintifik, Kontekstual Teknik: Non test Observasi |
[TM: 2mgx(2sksx50”)] [BT: 2mgx(2sksx60”)] [BM: 2x(2sksx60”)] Metode Pembelajaran : Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
[2] Panduan Praktik, 1, 2, 3, 4, 5. Panduan Praktik Teknik Digital Dasar, Nurwahidah Jamal, 2016
|
6 |
||||
11,12 | CPL-9, CPL-22 => Sub-CPMK-8: Mampu menyusun laporan hasil praktik pengamatan gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang-gerbang logika kombinatorial dan mempresentasikan secara mandiri (A3, A4) |
Ketepatan:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Karakteristik Pembelajaran : Integrative, Saintifik, Kontekstua Teknik: Non test
|
[TM: 2mgx(2sksx50”)] Metode Pembelajaran : Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Tugas 7: Membuat laporan proyek, membuat slide presentasi, dan melakukan presentasi secara mandiri terkait proyek yang sudah dibuat dan diuji. [BT: 2mgx(2sksx60”)] [BM: 2x(2sksx60”)] |
[2] Panduan Praktik, 1, 2, 3, 4, 5. Panduan Penyusunan Laporan praktik |
3 |
|||
CPL-9, CPL-22 => Sub-CPMK-8: Mampu menyusun laporan hasil praktik pengamatan gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang-gerbang logika kombinatorial dan mempresentasikan secara mandiri (A3, A4) |
Ketepatan:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Karakteristik Pembelajaran : Integrative, Saintifik, Kontekstual Teknik: Non test
|
[TM: 2mgx(2sksx50”)] Metode Pembelajaran : Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Tugas 7: Membuat laporan proyek, membuat slide presentasi, dan melakukan presentasi secara mandiri terkait proyek yang sudah dibuat dan diuji. [BT: 2mgx(2sksx60”)] [BM: 2x(2sksx60”)] |
[2] Panduan Praktik, 1, 2, 3, 4, 5.
Panduan Penyusunan Laporan praktik |
2 |
||||
13,14 | CPL-14, CPL-15, CPL-33 => Sub-CPMK-9: Mampu menghasilkan rangkaian logika sederhana dengan metode Aljabar Boolean, SOP, POS, dan K. Map dan menggambar rangkaian sebelum dan sesudah disederhanakan (C3, C4) |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Karakteristik Pembelajaran : Integrative, Saintifik, Kontekstual Teknik: Non test & test:
|
[TM: 2mgx(2sksx50”)] Metode Pembelajaran : Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Tugas-8: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang; Penyederhanaan Rangkaian Digital [BT: 2mgx(2sksx60”)] [BM: 2x(2sksx60”)] |
[1] hal: 8.1.30 – 8.26.30; [3] hal: 82 - 116; Buku Ajar Teknik Digital Dasar, Nurwahidah Jamal, 2015 |
3 |
|||
CPL-14, CPL-15, CPL-33 => Sub-CPMK-9: Mampu menghasilkan rangkaian logika sederhana dengan metode Aljabar Boolean, SOP, POS, dan K. Map dan menggambar rangkaian sebelum dan sesudah disederhanakan (C3, C4) |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Karakteristik Pembelajaran : Integrative, Saintifik, Kontekstual Teknik: Non test & test:
|
[TM: 2mgx(2sksx50”)] Metode Pembelajaran : Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Tugas-8: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang; Penyederhanaan Rangkaian Digital [BT: 2mgx(2sksx60”)] [BM: 2x(2sksx60”)] |
[1] hal: 8.1.30 – 8.26.30; [3] hal: 82 - 116; Buku Ajar Teknik Digital Dasar, Nurwahidah Jamal, 2015 |
3 |
||||
15 | CPL-15 => Sub-CPMK-10: Mampu membandingkan antara Multiplexer dan Demultiplexer (C4) |
Ketepatan dalam: membandingkan antara Multiplexer dan Demultiplexer Ketepatan dalam: Mampu membandingkan antara Encoder dan Decoder |
Kriteria: Rubrik Penilaian Karakteristik Pembelajaran : Integrative, Saintifik, Kontekstual Teknik: Non test & test:
|
[TM: 2mgx(2sksx50”)] Metode Pembelajaran : Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Tugas-9: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang;
[BT: 2mgx(2sksx60”)] [BM: 2x(2sksx60”)] |
[4] hal: 376 - 397; Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Nurwahidah Jamal lahir di Sinjai pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|