.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:hadi.hermansyah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:22 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2021/2022 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Matematika Teknik I |
TE110419 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
15-08-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dr. Hadi Hermansyah S.Si., M.Si. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198306192014041001 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-7) Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-10) Menginternalisasi semangat kemadirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dankonfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika teknik dan fisika terapan kedalam prosedur dan praktek instalasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidentifikasi sumber masalah (trouble shooting), dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan teori yang bersesuaian |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik CPMK2: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri CPMK3: Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan CPMK4: Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali CPMK5: Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi CPMK6: Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur CPMK7: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri CPMK8: Mampu menerapkan matematika teknik dan fisika terapan ke dalam prosedur dan praktek instalasi, interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidentifikasi sumber masalah (trouble shooting), dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan teori yang bersesuaian |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK1: Mampu melakukan operasi matriks, menentukan determinan, invers dan menggunakannya dalam persoalan teknik. Sub CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan definisi vektor, melakukan operasi vektor, dan menggunakannya dalam persoalan teknik Sub CPMK3: Menjelaskan dan memahami konsep turunan, teknik turunan dan penggunaannya. Sub CPMK4:Mampu menghitung integral tentu dan tak tentu dengan beberapa metode/ teknik |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini membahas tentang aplikasi matematika dalam bidang teknik khususnya teknik elektro. Materi meliputi: diferensial dan integral untuk fungsi lebih dari satu perubah bebas, analisis vektor, dan persamaan diferensial biasa, persamaan diferensial linier, dalam mempelajari konsep–konsep keteknikan pada mata kuliah–mata kuliah program studi teknik elektro | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. MATRIKS |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: STROUD.,
K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1.
LCD.
2.Laptop 3. Internet |
|||||||
Dosen Pengampu |
Hadi Hermansyah, |
Mata Kuliah |
Matematika Teknik I |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE110419 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1,2,3,4 | Sub CPMK1: Mampu melakukan operasi matriks, menentukan determinan, invers dan menggunakannya dalam persoalan teknik. |
Melakukan operas matriks : 1. Penjumlahan; 2. Pengurangan; 3. Perkalian. |
1. Kuis 2. Tugas Karakteristik Pembelajaran: Saintifik, Kontekstual |
1. Ekspository 2. Diskusi Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Metode pemecah masalah |
Matriks (1) 1. Operasi Matriks : Penjumalah, pengurangan dan perkalian STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
|||
Sub CPMK1: Mampu melakukan operasi matriks, menentukan determinan, invers dan menggunakannya dalam persoalan teknik. |
1. Menentukan transpors matriks 2. Memahami invers 3. Menentukan invers matriks ordo 2x2 |
1. Kuis 2. Tugas Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kontekstual |
1. Ekspository 2. Diskusi Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Metode pemecah masalah |
Matriks (2) 1. Invers Matriks ordo 2x2 2. Invers Matriks ordo 3x3 STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
||||
Sub CPMK1: Mampu melakukan operasi matriks, menentukan determinan, invers dan menggunakannya dalam persoalan teknik. |
Melakukan operasi baris elementer untuk menyelesaikan Sistem Persamaan Linier (SPL) |
1. Kuis 2. Tugas Karakteristik Pembelajaran: Saintifik, Kontekstual
|
1. Ekspository 2. Diskusi Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Metode pemecah masalah |
Matriks (3) 1. Melakukan operasi baris elementer untuk menentukan solusi SPL STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
||||
Sub CPMK1: Mampu melakukan operasi matriks, menentukan determinan, invers dan menggunakannya dalam persoalan teknik. |
Menentukan invers matriks ordo 3x3 |
1. Kuis 2. Tugas Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kontekstual
|
1. Ekspository 2. Diskusi Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Metode pemecah masalah |
Matriks (4) 1. Invers matriks ordo 3x3 STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
||||
5,6,7,8 | Sub CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan definisi vektor, melakukan operasi vektor, dan menggunakannya dalam persoalan teknik |
1. Mendeskripsikan vektor 2. Melakukan operasi vektor |
1. Kuis 2. Tugas Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kontekstual
|
1. Ekspository 2. Diskusi Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Metode pemecah masalah |
Vektor (1) 1. Defiinisi Vektor ruang dimensi 2 2. Operasi Vektor : penjumlahan, perkalian skalar, perkalian vektor STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
|||
Sub CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan definisi vektor, melakukan operasi vektor, dan menggunakannya dalam persoalan teknik |
Menentukan sudut antara dua vektor |
1. Kuis 2. Tugas Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kontekstual
|
1. Ekspository 2. Diskusi Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Metode pemecah masalah
|
Vektor (2) Sudut antara dua vektor STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
||||
Sub CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan definisi vektor, melakukan operasi vektor, dan menggunakannya dalam persoalan teknik |
1. Menentukan Nilai Eigen 2. Menentukan Vektor Eigen |
1. Kuis 2. Tugas Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kontekstual
|
1. Ekspository 2. Diskusi Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Metode pemecah masalah |
Vektor (3) 1. Nilai Eigen 2. Vektor Eigen STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
||||
Sub CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan definisi vektor, melakukan operasi vektor, dan menggunakannya dalam persoalan teknik |
1. Menentukan Nilai Eigen 2. Menentukan Vektor Eigen |
1. Kuis 2. Tugas Karakteristik Pembelajaran: Saintifik, Kontekstual
|
1. Ekspository 2. Diskusi Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Metode pemecah masalah |
Vektor (3) 1. Nilai Eigen 2. Vektor Eigen STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
||||
9 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
10 |
|||||||
10,11,12 | Sub CPMK3: Menjelaskan dan memahami konsep turunan, teknik turunan dan penggunaannya. |
1. Memahami definisi turunan 2. Menggunakan rumus dasar turunan |
1. Kuis 2. Tugas Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kontekstual
|
1. Ekspository 2. Diskusi Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Metode pemecah masalah |
Turunan (1) 1. Definisi Turunan 2. Rumus Dasar Turunan STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
|||
Sub CPMK3: Menjelaskan dan memahami konsep turunan, teknik turunan dan penggunaannya. |
Menenentukan turunan perkalian dua fungsi Menentukan turunan pembagian dua fungsi |
1. Kuis 2. Tugas Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kontekstual
|
1. Ekspository 2. Diskusi Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Metode pemecah masalah |
Turunan (2) 1. Turunan fungsi f(x) = U.V 2. Turunan fungsi f(x) = U/V STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
||||
Sub CPMK3: Menjelaskan dan memahami konsep turunan, teknik turunan dan penggunaannya. |
1. Menghitung nilai stasioner 2. Menentukan nilai maksimal/minimal |
1. Kuis 2. Tugas Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kontekstual
|
1. Ekspository 2. Diskusi 3. Penugasan Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Metode pemecah masalah
|
Aplikasi Turunan 1. Menentukan nilai stasioner 2. Menentukan nilai maksimal/minimal suatu fungsi STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
||||
13,14,15 | Sub CPMK4:Mampu menghitung integral tentu dan tak tentu dengan beberapa metode/ teknik |
Mampu menghitung: 1. Rumus dasar integral 2. Integral subtitusi |
1. Kuis 2. Tugas Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kontekstual |
1. Ekspository 2. Diskusi 3. Penugasan Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Metode pemecah masalah
|
Teknik Integral 1. Rumus dasar Integral 2. Integral Subtitusi STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
|||
Sub CPMK4:Mampu menghitung integral tentu dan tak tentu dengan beberapa metode/ teknik |
Menghitung integral dengan teknik integral parsial |
1. Kuis 2. Tugas Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kontekstual
|
1. Ekspository 2. Diskusi 3. Penugasan Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Metode pemecah masalah |
Teknik Intergral 1. Integral Parsial STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
||||
Sub CPMK4:Mampu menghitung integral tentu dan tak tentu dengan beberapa metode/ teknik |
Menghitung integral fungsi trigonometri |
1. Kuis 2. Tugas Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kontekstual
|
1. Ekspository 2. Diskusi 3. Penugasan Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Metode pemecah masalah
|
Teknik Integral 1. Integral Fungsi Trigonometri STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Hadi Hermansyah lahir di Bima pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|