.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:riklan.kango@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:55 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2021/2022 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Konsep Teknologi |
TE111022 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
14-08-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Riklan Kango S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199008192019031018 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-7) Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dankonfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-7) Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia dan di Indonesia Memahami hubungan timbal balik antara ilmu pengetahuan dengan teknologi dalam kehidupan manusia. Memahami bagaimana cara pengambilan keputusan Memahami pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengelolaan sumber daya alam. Memahami konsep optimasi dan penyelesaian persoalan optimasi Memahami krisis metafisis dalam ilmu pengetahuan Memahami apa yang dimaksud dengan model serta kasus-kasusnya Memahami bagaimana menegakkan landasan untuk menyongsong tantangan masa depan Indonesia Memahami transformasi budaya kita, peranan perguruan tinggi dalam pengembangan kebudayaam yang didukung oleh perkembangan ilmu dan pengetahuan Memahami perkembangan TIK di Indonesia. Memahami peran TIK di Indonesia Memahami krisis metafisis dalam ilmu pengetahuan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia dan di Indonesia Memahami hubungan timbal balik antara ilmu pengetahuan dengan teknologi dalam kehidupan manusia. Memahami konsep ilmu pengetahuan dan teknologi dalam peradaban kemanusiaan Memahami konsepsi Perguruan Tinggi dan Industri dalam peradaban kemanuisaan. Memahami apa yang dimaksud dengan model serta kasus-kasusnya Memahami sistem dan umpan balik Memahami konsep optimasi dan penyelesaian persoalan optimasi Memahami pekembangan Teknologi Informasi di Indonesia Memahami standar sertifikasi Teknologi Informasi bidang IT Memahami manusai dan lingkungan serta transformasi budaya kita Memahami Ilmu kerekayasaan, profesionalisme dan desain Memahami Hak Atas Kekayaan Intelektual |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata Kuliah ini membekali mahasiswa untuk mengetahui peta teknologi dan memahami aplikasi dan implikasinya. Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki mampu bersikap sebagai seorang yang profesional melalui penguasaan ilmu sosial dan humaniora. Topik yang akan dibahas seputar asal mula teknologi dan terjadinya konsep teknologi serta berbagai macam analisis yang berhubungan dengan teknologi meliputi : Percepatan Teknologi, Percepatan Penguasaan Alam oleh Manusia, dan Mengapa Terjadi Percepatan Perkembangan Kebudayaan, serta Beberapa Aplikasi Teknologi pada Berbagai Bidang. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Konsepsi Belajar Sepanjang Hayat |
|||||||
Pustaka |
[1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Modul, LCD, proyektor, laptop, whiteboard, spidol warna (hitam, merah dan biru),danĀ alat tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Riklan Kango, |
Mata Kuliah |
Konsep Teknologi |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE111022 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia dan di Indonesia |
- Memahami tujuan daripada mempelajari konsep teknologi. |
Kriteria: Interaktif. Karakteristik Pembelajaran : 1. Saintifik |
Discovery Learning Metode Pembelajaran : |
[1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
2 |
|||
2 | Memahami hubungan timbal balik antara ilmu pengetahuan dengan teknologi dalam kehidupan manusia. |
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi Karakteristik Pembelajaran : 1. Saintifik |
Discovery Learning Metode Pembelajaran : |
[1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
2 |
|||
3 | Memahami konsep ilmu pengetahuan dan teknologi dalam peradaban kemanusiaan |
Memahami ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kelangsungan hidup manusia |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Karakteristik Pembelajaran : 1. Saintifik |
Discovery Learning Metode Pembelajaran : |
[1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
2 |
|||
4 | Memahami konsepsi Perguruan Tinggi dan Industri dalam peradaban kemanuisaan. |
Mahasiswa mampu memahami peranan perguruan tinggi dalam pengembangan kebudayaan yang didukung oleh perkembangan ilmu dan pengetahuan |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk: tes Karakteristik Pembelajaran : 1. Saintifik |
Discovery Learning Metode Pembelajaran : |
[1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
2 |
|||
5 | Memahami apa yang dimaksud dengan model serta kasus-kasusnya |
Memahami apa yang dimaksud dengan model serta kasus-kasusnya |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Karakteristik Pembelajaran : 1. Saintifik |
Discovery Learning Metode Pembelajaran : |
[1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
5 |
|||
6 | Memahami sistem dan umpan balik |
Mahasiswa mampu memahami tentang sistem |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk: tes Karakteristik Pembelajaran : 1. Saintifik |
Discovery Learning Metode Pembelajaran : |
[1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
10 |
|||
7 | Memahami sistem dan umpan balik |
Mahasiswa mampu memahami konsep umpan balik pada sistem |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi Bentuk: tes Karakteristik Pembelajaran : 1. Saintifik |
Discovery Learning Metode Pembelajaran : |
[1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Memahami konsep optimasi dan penyelesaian persoalan optimasi |
Memahami konsep optimasi dan penyelesaian persoalan optimasi |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk: tes Karakteristik Pembelajaran : 1. Saintifik |
Discovery Learning Metode Pembelajaran : |
[1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
2 |
|||
10 | Memahami konsep optimasi dan penyelesaian persoalan optimasi |
Memahami konsep optimasi dan penyelesaian persoalan optimasi |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk: tes Karakteristik Pembelajaran : 1. Saintifik |
Discovery Learning Metode Pembelajaran :
|
[1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
2 |
|||
11 | Memahami pekembangan Teknologi Informasi di Indonesia |
Memahami pekembangan Teknologi Informasi di Indonesia |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Karakteristik Pembelajaran : 1. Saintifik |
Discovery Learning Metode Pembelajaran : |
[1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
2 |
|||
12 | Memahami standar sertifikasi Teknologi Informasi bidang IT |
Mahasiswa mampu memahami proses Standar Sertfifikasi teknologi informasi bidang IT di Indonesia |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk: tes Karakteristik Pembelajaran : 1. Saintifik |
Discovery Learning Metode Pembelajaran : |
[1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
2 |
|||
13 | Memahami manusai dan lingkungan serta transformasi budaya kita |
Mahasiswa mampun memahami hubungan manusain dan lingkungan dalam proses transformasi budaya perkembangan ilmu dan pengetahuan |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk: tes Karakteristik Pembelajaran : 1. Saintifik
|
Discovery Learning, Contextual Learning Metode Pembelajaran : |
[1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
5 |
|||
14 | Memahami Ilmu kerekayasaan, profesionalisme dan desain |
Mahasiswa mampu memahami kerekayasaan, profesionalisme dan desain. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk: tes Karakteristik Pembelajaran : 1. Saintifik |
Discovery Learning Metode Pembelajaran : |
[1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
2 |
|||
15 | Memahami Hak Atas Kekayaan Intelektual |
Mahasiswa mampu memahami Hak Cipta, Paten, Merk Dagang |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk: tes Karakteristik Pembelajaran : 1. Saintifik |
Discovery Learning Metode Pembelajaran : |
[1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
10 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Riklan Kango lahir di Paguat pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|