.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:qory.hidayati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:47 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2021/2022 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Praktik Kerja Lapangan |
TE350122 |
0 |
20 |
20 |
840 |
5 |
14-08-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Qory Hidayati S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198611142019032014 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-7) Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemadirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dankonfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi (P-7) Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistema kendali (KU-6) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika teknik dan fisika terapan kedalam prosedur dan praktek instalasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidentifikasi sumber masalah (trouble shooting), dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan teori yang bersesuaian (KK-2) Mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah instrumentasi dan system kendali menggunakan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (KK-4) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan (KK-6) Mampu mengimplementasikan sistem kendali, mikrokontroler, PLC berdasarkan standar IEC |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1: Mampu menerapkan aturan yang ditetapkan dalam buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan CPMK2: Mampu menjelaskan dan membuat Laporan Praktik Kerja Lapangan CPMK3: Mampu membuat kelengkapan Laporan Praktik Kerja Lapangan CPMK4: Mampu mempresentasikan Laporan Praktik Kerja Lapangan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK1: Mampu membuat proposal PKL sesuai dengan format yang disediakan secara presisi dan aktif melakukan komunikasi dengan tenaga administrasi dalam mengelola proposal, dengan ketepatan minimal 80% Sub CPMK2: Mampu Melengkapi syarat akademik dan admistratif kegiatan PKL, Menyusun proposal kegiatan PKL, Mengajukan proposal PKL kepada lembaga/perusahan yang dituju. Sub CPMK3: Mampu melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara disiplin dan bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang professional dan aktif menggali informasi. Sub CPMK4: Mampu membuat laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan tepat sesuai dengan standar format yang diberikan serta mampu mempraktekan pengetahuan yang didapat selama kegiatan PKL dalam laporan PKL. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Praktik Kerja Lapangan mempelajari Mata kuliah ini merupakan praktik kerja di industri selama 6 bulan untuk menemukan, merumuskan, dan mencari solusi atas permasalahan di dunia kerja (industri) serta menyusun laporan untuk dapat dipresentasikan. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pers iapan: pencarian mitra PKL, pengurusan administrasi PKL, komunikasi dengan pihak mitra, pembekalan PKL |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul, Komputer, Proyektor |
|||||||
Dosen Pengampu |
Qory Hidayati, |
Mata Kuliah |
Praktik Kerja Lapangan |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE350122 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK1: Mampu membuat proposal PKL sesuai dengan format yang disediakan secara presisi dan aktif melakukan komunikasi dengan tenaga administrasi dalam mengelola proposal, dengan ketepatan minimal 80% |
Mahasiswa mampu Mengerjakan pembuatan proposal untuk instansi/perusahaan sesuai format administrasi yang berlaku |
- Ketepatan penyelesaian proposal sesuai dengan maksud dan tujuan yang diinginkan. - Ketepatan format admistrasi yang diimplementasikan dalam proposal yang dibuat Karakteristik Pembelajaran : |
Self Directed Learning Metode Pembelajaran : |
Pembuatan Proposal Praktik Kerja Lapangan (PKL) Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
5 |
|||
2,3 | Sub CPMK2: Mampu Melengkapi syarat akademik dan admistratif kegiatan PKL, Menyusun proposal kegiatan PKL, Mengajukan proposal PKL kepada lembaga/perusahan yang dituju. |
Mampu mengerjakan tugas administrasi dalam pengajuan diri untuk kegiatan PKL di Instansi/perusahaan yang diinginkan mahasiswa sesuai prosedur standar yang berlaku |
- Ketepatan pembuatan surat-menyurat sesuai prosedur - Keaktifan mahasiswa menjalin komunikasi ke instansi/perusah aan yang dipilih sebagai tempat PKL Karakteristik Pembelajaran : |
Self Directed Learning Metode Pembelajaran : |
Prosedur Pengajuan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
2 |
|||
Sub CPMK2: Mampu Melengkapi syarat akademik dan admistratif kegiatan PKL, Menyusun proposal kegiatan PKL, Mengajukan proposal PKL kepada lembaga/perusahan yang dituju. |
Mampu mengerjakan tugas administrasi dalam pengajuan diri untuk kegiatan PKL di Instansi/perusahaan yang diinginkan mahasiswa sesuai prosedur standar yang berlaku |
- Ketepatan pembuatan surat-menyurat sesuai prosedur - Keaktifan mahasiswa menjalin komunikasi ke instansi/perusah aan yang dipilih sebagai tempat PKL Karakteristik Pembelajaran : |
Self Directed Learning Metode Pembelajaran : |
Prosedur Pengajuan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
3 |
||||
4,5,6,7,8,9,10 | Sub CPMK3: Mampu melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara disiplin dan bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang professional dan aktif menggali informasi. |
Mampu menggali informasi perkembangan teknologi teknik elektronika beserta implementasinya pada instansi/perusahaan yang dikunjungi. Berperilaku sopan, aktif, professional, dan bertanggungjawab selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). |
Ketepatan dalam bersikap sopan, aktif, professional dan bertanggungjawab dalam kegiatan PKL. Karakteristik Pembelajaran : |
Discovery Learning Small Group Discussion Metode Pembelajaran : |
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
7 |
|||
Sub CPMK3: Mampu melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara disiplin dan bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang professional dan aktif menggali informasi. |
Mampu menggali informasi perkembangan teknologi teknik elektronika beserta implementasinya pada instansi/perusahaan yang dikunjungi Berperilaku sopan, aktif, professional, dan bertanggungjawab selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). |
Ketepatan dalam bersikap sopan, aktif, professional dan bertanggungjawab dalam kegiatan PKL. Karakteristik Pembelajaran : |
Discovery Learning Small Group Discussion Metode Pembelajaran : |
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
7 |
||||
Sub CPMK3: Mampu melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara disiplin dan bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang professional dan aktif menggali informasi. |
Mampu menggali informasi perkembangan teknologi teknik elektronika beserta implementasinya pada instansi/perusahaan yang dikunjungi Berperilaku sopan, aktif, professional, dan bertanggungjawab selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
|
Ketepatan dalam bersikap sopan, aktif, professional dan bertanggungjawab dalam kegiatan PKL. Karakteristik Pembelajaran : |
Discovery Learning Small Group Discussion Metode Pembelajaran : |
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
7 |
||||
Sub CPMK3: Mampu melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara disiplin dan bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang professional dan aktif menggali informasi. |
Mampu menggali informasi perkembangan teknologi teknik elektronika beserta implementasinya pada instansi/perusahaan yang dikunjungi Berperilaku sopan, aktif, professional, dan bertanggungjawab selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
|
Ketepatan dalam bersikap sopan, aktif, professional dan bertanggungjawab dalam kegiatan PKL. Karakteristik Pembelajaran : |
Discovery Learning Small Group Discussion Metode Pembelajaran : |
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
7 |
||||
Sub CPMK3: Mampu melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara disiplin dan bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang professional dan aktif menggali informasi. |
Mampu menggali informasi perkembangan teknologi teknik elektronika beserta implementasinya pada instansi/perusahaan yang dikunjungi Berperilaku sopan, aktif, professional, dan bertanggungjawab selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
|
Ketepatan dalam bersikap sopan, aktif, professional dan bertanggungjawab dalam kegiatan PKL. Karakteristik Pembelajaran : |
Discovery Learning Small Group Discussion Metode Pembelajaran : |
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
7 |
||||
Sub CPMK3: Mampu melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara disiplin dan bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang professional dan aktif menggali informasi. |
Mampu menggali informasi perkembangan teknologi teknik elektronika beserta implementasinya pada instansi/perusahaan yang dikunjungi Berperilaku sopan, aktif, professional, dan bertanggungjawab selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
|
Ketepatan dalam bersikap sopan, aktif, professional dan bertanggungjawab dalam kegiatan PKL. Karakteristik Pembelajaran : |
Discovery Learning Small Group Discussion Metode Pembelajaran : |
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
7 |
||||
Sub CPMK3: Mampu melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara disiplin dan bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang professional dan aktif menggali informasi. |
Mampu menggali informasi perkembangan teknologi teknik elektronika beserta implementasinya pada instansi/perusahaan yang dikunjungi Berperilaku sopan, aktif, professional, dan bertanggungjawab selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
|
Ketepatan dalam bersikap sopan, aktif, professional dan bertanggungjawab dalam kegiatan PKL. Karakteristik Pembelajaran : |
Discovery Learning Small Group Discussion Metode Pembelajaran : |
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
8 |
||||
11,12,13,14,15,16 | Sub CPMK4: Mampu membuat laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan tepat sesuai dengan standar format yang diberikan serta mampu mempraktekan pengetahuan yang didapat selama kegiatan PKL dalam laporan PKL. |
Mampu mengerjakan pelaporan hasil pelaksanaan PKL sesuai dengan standar format yang diberikan. Melakukan presentasi hasil kegiatan PKL kepada dosen pembimbing dan kelompok mahasiswa. |
- Ketepatan melakukan penulisan laporan kegiatan PKL sesuai dengan format yang diberikan. - Ketepatan dalam melakukan presentasi hasil kegiatan PKL. Karakteristik Pembelajaran : |
Simulasi Small Group Discussion Self Directed Learning Metode Pembelajaran : |
Pelaporan dan presentasi hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan
|
6 |
|||
Sub CPMK4: Mampu membuat laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan tepat sesuai dengan standar format yang diberikan serta mampu mempraktekan pengetahuan yang didapat selama kegiatan PKL dalam laporan PKL. |
Mampu mengerjakan pelaporan hasil pelaksanaan PKL sesuai dengan standar format yang diberikan. Melakukan presentasi hasil kegiatan PKL kepada dosen pembimbing dan kelompok mahasiswa. |
- Ketepatan melakukan penulisan laporan kegiatan PKL sesuai dengan format yang diberikan. - Ketepatan dalam melakukan presentasi hasil kegiatan PKL. Karakteristik Pembelajaran : |
Simulasi Small Group Discussion Self Directed Learning Metode Pembelajaran : |
Pelaporan dan presentasi hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
6 |
||||
Sub CPMK4: Mampu membuat laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan tepat sesuai dengan standar format yang diberikan serta mampu mempraktekan pengetahuan yang didapat selama kegiatan PKL dalam laporan PKL. |
Mampu mengerjakan pelaporan hasil pelaksanaan PKL sesuai dengan standar format yang diberikan. Melakukan presentasi hasil kegiatan PKL kepada dosen pembimbing dan kelompok mahasiswa. |
- Ketepatan melakukan penulisan laporan kegiatan PKL sesuai dengan format yang diberikan. - Ketepatan dalam melakukan presentasi hasil kegiatan PKL. Karakteristik Pembelajaran : |
Simulasi Small Group Discussion Self Directed Learning Metode Pembelajaran : |
Pelaporan dan presentasi hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
6 |
||||
Sub CPMK4: Mampu membuat laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan tepat sesuai dengan standar format yang diberikan serta mampu mempraktekan pengetahuan yang didapat selama kegiatan PKL dalam laporan PKL. |
Mampu mengerjakan pelaporan hasil pelaksanaan PKL sesuai dengan standar format yang diberikan. Melakukan presentasi hasil kegiatan PKL kepada dosen pembimbing dan kelompok mahasiswa. |
- Ketepatan melakukan penulisan laporan kegiatan PKL sesuai dengan format yang diberikan. - Ketepatan dalam melakukan presentasi hasil kegiatan PKL. Karakteristik Pembelajaran : |
Simulasi Small Group Discussion Self Directed Learning Metode Pembelajaran : |
Pelaporan dan presentasi hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
6 |
||||
Sub CPMK4: Mampu membuat laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan tepat sesuai dengan standar format yang diberikan serta mampu mempraktekan pengetahuan yang didapat selama kegiatan PKL dalam laporan PKL. |
Mampu mengerjakan pelaporan hasil pelaksanaan PKL sesuai dengan standar format yang diberikan. Melakukan presentasi hasil kegiatan PKL kepada dosen pembimbing dan kelompok mahasiswa. |
- Ketepatan melakukan penulisan laporan kegiatan PKL sesuai dengan format yang diberikan. - Ketepatan dalam melakukan presentasi hasil kegiatan PKL. Karakteristik Pembelajaran : |
Simulasi Small Group Discussion Self Directed Learning Metode Pembelajaran : |
Pelaporan dan presentasi hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
6 |
||||
Sub CPMK4: Mampu membuat laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan tepat sesuai dengan standar format yang diberikan serta mampu mempraktekan pengetahuan yang didapat selama kegiatan PKL dalam laporan PKL. |
Mampu mengerjakan pelaporan hasil pelaksanaan PKL sesuai dengan standar format yang diberikan. Melakukan presentasi hasil kegiatan PKL kepada dosen pembimbing dan kelompok mahasiswa. |
- Ketepatan melakukan penulisan laporan kegiatan PKL sesuai dengan format yang diberikan. - Ketepatan dalam melakukan presentasi hasil kegiatan PKL. Karakteristik Pembelajaran : |
Simulasi Small Group Discussion Self Directed Learning Metode Pembelajaran : |
Pelaporan dan presentasi hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
10 |
||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Qory Hidayati lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|