.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ihsan@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 8, 2025, 6:08 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Teknik Digital Dasar |
TE111122 |
1 |
1 |
2 |
56 |
1 |
26-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ihsan S.Kom., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199008272019031011 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang sistem digital secara mandiri CPMK 2 : Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran sistem digital menggunakan prosedur dan standar Internati onal Electrotechnical Commission (IEC) CPMK 3 : Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang sistem digital CPMK 4 : Menguasai konsep teoriti s tentang sains terapan pada bidang sistem digital CPMK 5 : Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, akti vitas laboratorium, dan K3 CPMK 6 : Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannyasecara efekti f kepada pihak lain yang membutuhkan CPMK 7 : Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi, untuk penyelesaian pekerjaan dalambidang sistem digital CPMK 8 : Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji, dan memodifi kasi rangkaianelektronika digital |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK-1: Mampu membandingkan antara sistem analog dan sistem digital (C4) Sub-CPMK-2: Mampu menjelaskan defi nisi, sifat-sifat, dan hukum-hukum Aljabar Boolean (C2) Sub-CPMK-3: Mampu menjelaskan sistem bilangan decimal, biner, octal, dan heksadesimal, melakukankonversi antar sistem bilangan dan melakukan operasi sistem bilangan (C2) Sub-CPMK-4: Mampu membandingkan dan melakukan operasi bilangan complement 1 dengan bilangankomplemen 2 (C4) Sub-CPMK-5: Mampu menjelaskan code-code bilangan (C2) Sub-CPMK-6: Mampu menggambar symbol dan rangkaian, membuat tabel kebenaran dan pewaktu,menjelaskan prinsip kerja gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang logika kombinatorial (C4) Sub-CPMK-7: Mampu merangkai rangkaian gerbang-gerbang logika dasar dangerbang-gerbang logika kombinatorial pada perangkat prakti k/trainer yang tersedia dan membukti kan tabel kebenaran(C2, P2, A5) Sub-CPMK-8: Mampu menyusun laporan hasil prakti k pengamatan gerbang-gerbang logika dasar dangerbang-gerbang logika kombinatorial dan mempresentasikan secara mandiri (A3, A4 Sub-CPMK-9: Mampu menghasilkan rangkaian logika sederhana dengan metode AljabarBoolean, SOP, POS, dan K. Map dan menggambar rangkaian sebelum dan sesudah disederhanakan (C3, C4) Sub-CPMK-10: Mampu membandingkan antara Multi plexer dan Demulti plexer (C4) Sub-CPMK-11: Mampu membandingkan antara Encoder dan Decoder (C4) Sub-CPMK-12: Mampu menyusun laporan hasil prakti k pengamatan gerbang-gerbang logika dasar dangerbang-gerbang logika Sekuensial dan mempresentasikan secara mandiri (A3, A4 |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini menjelaskan aljabar Boole sebagai dasar teknik digital, penyederhanaan fungsi serta aplikasinya ke dalam gerbang-gerbang logika pembentuk rangkaian logika kombinasi dan sekuensial. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Sistem bilangan dan kode |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ihsan, |
Mata Kuliah |
Teknik Digital Dasar |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE111122 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK-1: Mampu membandingkan antara sistem analog dan sistem digital (C4) |
Mahasiswa mengetahui pokok-pokok bahasan yang akan dipelajari dalam mata kuliah ini, buku referensi dan sistem penilaian. |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode Pembelajaran kolaboratif
[TM:1 mg x (2 sks x 50”)] Tugas 1: Membuat review beberapa artikel ilmiah terkait dengan teknik digital kemudian di persentasikan. [PT+BM:(1+1) mg x (2 sks x 60”)] |
Pendahuluan dan perkenalan Buku Ajar Teknik DigitalDasar, Nurwahidah Jamal, 2015 |
3 |
|||
2,3 | Sub-CPMK-5: Mampu menjelaskan code-code bilangan (C2) |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode Pembelajaran interaktif
[TM:1 mg x (2 sks x 50”)] Tugas 2 dan 3 : Membuat makalah terkait dengan konversi antar sistem bilangan dan sistem pengkodean [PT+BM:(1+1) mg x (2 sks x 60”)] |
Sistem Bilangan dan Kode. Mano, M. Morris, Digital Logic and Computer Design. New Jersey: Prentice- Hall, 2000. |
3 |
|||
Sub-CPMK-5: Mampu menjelaskan code-code bilangan (C2) |
|
3 |
|||||||
4 | Sub-CPMK-2: Mampu menjelaskan defi nisi, sifat-sifat, dan hukum-hukum Aljabar Boolean (C2) |
Mahasiswa mampu menggunakan Postulat dan Teorema Boole dalam penyedarhanaan fungsi. |
Kriteria: tepat menjawab |
Metode Pembelajaran Efektif
[TM:1 mg x (2 sks x 50”)] Tugas 4 : Mengerjakan pretest dan postest [PT+BM:(1+1) mg x (2 sks x 60”)] |
Aljabar Boolean Buku AjarTeknik Digital Dasar,Nurwahidah Jamal, 2015 |
3 |
|||
5 | Sub-CPMK-9: Mampu menghasilkan rangkaian logika sederhana dengan metode AljabarBoolean, SOP, POS, dan K. Map dan menggambar rangkaian sebelum dan sesudah disederhanakan (C3, C4) |
Mahasiswa mampu menggunakan Karnough-Maps dalam penyederhanaan fungsi SOP/POS. |
Kriteria: tepat menjawab |
Metode Pembelajaran Kaloboratif
[TM:1 mg x (2 sks x 50”)] Tugas 5 : Mengerjakan soal tentang Peta Karnaugh persamaan logika untuk output Y dari tabel kebenaran dibawahdengan metode K-MAP [PT+BM:(1+1) mg x (2 sks x 60”)] |
Peta Karnaugh Buku Ajar Teknik Digital Dasar, Nurwahidah Jamal, 2015 |
3 |
|||
6 | Sub-CPMK-9: Mampu menghasilkan rangkaian logika sederhana dengan metode AljabarBoolean, SOP, POS, dan K. Map dan menggambar rangkaian sebelum dan sesudah disederhanakan (C3, C4) |
Mahasiswa mampu melakukan penyederhanaan fungsi dengan metode Tabulasi. |
Kriteria: tepat menjawab |
Metode Pembelajaran Kaloboratif
[TM:1 mg x (2 sks x 50”)] Tugas 6 : Mengerjakan tugas terkait dengan Metode Tabulasi. dan penerapannya [PT+BM:(1+1) mg x (2 sks x 60”)] |
Metode Tabulasi. Mismail, Budiono, Dasar-Dasar Logika Digital.Bandung: Penerbit ITB, 1998. |
3 |
|||
7 | Sub-CPMK-6: Mampu menggambar symbol dan rangkaian, membuat tabel kebenaran dan pewaktu,menjelaskan prinsip kerja gerbang-gerbang logika dasar dan gerbang logika kombinatorial (C4) |
|
Kriteria: tepat menjawab |
Metode Pembelajaran kolaboratif
[TM:1 mg x (2 sks x 50”)] Tugas 7 : Tugas teori kemudian diimplementasikan pada trainer (praktikum) [PT+BM:(1+1) mg x (2 sks x 60”)] |
Gerbang Logika Mismail, Budiono, Dasar-Dasar Logika Digital.Bandung: Penerbit ITB, 1998. |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9,10 | Sub-CPMK-8: Mampu menyusun laporan hasil prakti k pengamatan gerbang-gerbang logika dasar dangerbang-gerbang logika kombinatorial dan mempresentasikan secara mandiri (A3, A4 |
|
|
Metode Pembelajaran kolaboratif
[TM:1 mg x (2 sks x 50”)] Tugas 8 : Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang; 1. Multiplexer dan Demultiplexer 2. Encoder dan Decoder [PT+BM:(1+1) mg x (2 sks x 60”)] |
Logika Kombinasional.
|
4 |
|||
Sub-CPMK-8: Mampu menyusun laporan hasil prakti k pengamatan gerbang-gerbang logika dasar dangerbang-gerbang logika kombinatorial dan mempresentasikan secara mandiri (A3, A4 |
|
Kriteria: tepat menjawab Bentuk: QA/tanya-jawab dalam kuliah, dan tugas |
Metode Pembelajaran kolaboratif
[TM:1 mg x (2 sks x 50”)] Tugas 9 : Menganalisis 1 jenis rangkaian logika kombinasional (encoder, decoder, multiplexer, demultiplexer, adder, subtractor) dan mensintesis 1 jenis rangkaian logika kombinasional. [PT+BM:(1+1) mg x (2 sks x 60”)] |
Logika Kombinasional.
|
5 |
||||
11 | Sub-CPMK-8: Mampu menyusun laporan hasil prakti k pengamatan gerbang-gerbang logika dasar dangerbang-gerbang logika kombinatorial dan mempresentasikan secara mandiri (A3, A4 |
|
|
Metode Pembelajaran Efektif
[TM:1 mg x (2 sks x 50”)] Tugas 10 : Mengerjakan pretest dan postest [PT+BM:(1+1) mg x (2 sks x 60”)] |
Gerbang Logika dan Logika Kombinasional. Mismail, Budiono, Dasar-Dasar Logika Digital.Bandung: Penerbit ITB, 1998. |
3 |
|||
12,13,14 | Sub-CPMK-12: Mampu menyusun laporan hasil prakti k pengamatan gerbang-gerbang logika dasar dangerbang-gerbang logika Sekuensial dan mempresentasikan secara mandiri (A3, A4 |
|
Kriteria: tepat menjawab |
Metode Pembelajaran kolaboratif
[TM:1 mg x (2 sks x 50”)] Tugas 11 : Membuat makalah jenis rangkaian logika sekuensial dan bagaimana prinsip kerja flip-flop (SR, D, JK) [PT+BM:(1+1) mg x (2 sks x 60”)] |
Logika sekuensial. Mano, M. Morris, and Kime, Charles, Logic and Computer Design Fundamentals. New Jersey: Prentice-Hall, 2007. |
3 |
|||
Sub-CPMK-12: Mampu menyusun laporan hasil prakti k pengamatan gerbang-gerbang logika dasar dangerbang-gerbang logika Sekuensial dan mempresentasikan secara mandiri (A3, A4 |
|
Kriteria: tepat menjawab |
Metode Pembelajaran Efektif
[TM:1 mg x (2 sks x 50”)] Tugas 12 : Praktik membuat dan menganalisis sistem prinsip rangkaian logika sekuensial. [PT+BM:(1+1) mg x (2 sks x 60”)] |
Logika sekuensial.
|
5 |
||||
Sub-CPMK-12: Mampu menyusun laporan hasil prakti k pengamatan gerbang-gerbang logika dasar dangerbang-gerbang logika Sekuensial dan mempresentasikan secara mandiri (A3, A4 |
|
Kriteria: tepat menjawab |
Metode Pembelajaran Efektif
[TM:1 mg x (2 sks x 50”)] Tugas 13 : Membuat prototype produk rencana implementasi PjBL [PT+BM:(1+1) mg x (2 sks x 60”)] |
Permodelan prototype PjBL Mismail, Budiono, Dasar-Dasar Logika Digital.Bandung: Penerbit ITB, 1998. |
5 |
||||
15 | Sub-CPMK-8: Mampu menyusun laporan hasil prakti k pengamatan gerbang-gerbang logika dasar dangerbang-gerbang logika kombinatorial dan mempresentasikan secara mandiri (A3, A4 |
|
|
Metode Pembelajaran kolaboratif
[TM:1 mg x (2 sks x 50”)] Tugas 14 : Mereview dan mempresentasikan project yang pernah dibuat oleh mahasiswa [PT+BM:(1+1) mg x (2 sks x 60”)] |
Review materi & Presentasi Project dan Demo
|
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ihsan lahir di Samboja pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|