.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ali.arifin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:05 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Konstruksi Baja 1 |
JJ230322 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
18-01-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ir.. Ali Arifin Soeparlan MT |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 2018.90.001 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 (P-6) Menguasai referensi teknisyang berlaku di Indonesia dan minimal satu standar yang berlaku internasional (misalnya AASHTO, ACI, ASCI) bidang konstruksi jalan dan jembatan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu merumuskan esensi perancangan bangunan jalan dan jembatan sesuai dengan Standar Indonesia dan/atau Standar Internasional 2 |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu menganalisis elemen struktur baja tarik, tekan, sambungan baut dan sambungan las dengan metode PBKT (LRFD).(P1) CPMK 2: Mampu menerapkan SNI 1725-2016 Pembebanan untuk Jembatan, SNI T-03-2005 Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan.(P6) CPMK 3: Mampu merencanakan (mendesain) struktur atas jembatan (rangka batang) sesuai peraturan-peraturan di atas (KK2) CPMK 4: Mampu bertanggung jawab atas hasil perencaannya secara mandiri (S8) CPMK 5: Mampu membuat laporan perencanaan dan mempresentasikannya. (KU2) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan macam jembatan dan elemen jembatan serta sifat baja sebagai bahan bangunan. [CPMK1, CPMK3][C3,A3] Sub CPMK 2: Mampu menjelaskan dan menerapkan prosedur pembebanan sesuai SNI 1725-2016 dan mampu menerapkan konsep perancangan elemen struktur baja metode PBKT/ LRFD. [CPMK1, CPMK2, CPMK3] [C3,A3] Sub CPMK 3: Mampu menganalisis dan mendesain batang tarik pada struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) sesuai SNI T-03-2005. [CPMK1, CPMK3] [C6,A3] Sub CPMK 4: Mampu menganalisis dan mendesain batang tekan pada struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) sesuai SNI T-03-2005. [CPMK1, CPMK3] [C6,A3] Sub CPMK 5: Mampu menganalisis dan mendesain sambungan baut pada elemen struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) sesuai SNI T-03-2005. [CPMK1, CPMK3] [C6,A3] Sub CPMK 6: Mampu menganalisis dan mendesain sambungan las pada elemen struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) sesuai SNI T-03-2005 . [CPMK1, CPMK3] [C6,A3] Sub CPMK 7: Mampu membuat laporan perencanaan, mempresentasikan dan mempertanggungjawabkannya. [CPMK4, CPMK5] [C6, A3, P3] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Materi Mata kuliah ini disajikan dengan metode Project Based Learning (PjBL), Mahasiswa di akhir kuliah akan menyajikan sebuah desain Jembatan Rangka Batang Baja (untuk Pejalan Kaki). Perhitungan untuk analisis dan desain (perancangan) mengacu pada metode Load and Resistance Factor Design- LRFD (Perancangan Beban dan Tahanan Terfaktor- PBKT) yang bersesuaian dengan RSNI T-03-2005 Perencanaan struktur baja untuk jembatan dan SNI 1725-2016 Pembebanan untuk Jembatan. Bahasannya meliputi Sifat-sifat Baja sebagai Bahan Bangunan, Elemen Tarik, Elemen Tekan, Sambungan Baut dan Sambungan Las. Strategi penyampaian adalah Model Blended Learning (Sinkronous langsung dan sinkronous maya: ceramah dan diskusi (berbasis Nine Instructional Event*), Asinkronous Mandiri: baca modul (atau pustaka lainnya) dan tugas mandiri serta Asinkronous Kolaboratif: tugas kelompok Asesmen dilakukan pada setiap tahapan (progres tahapan). Evaluasi akhir dilakukan melalui tugas menyusun laporan perencanaan dan presentasi (C3, C6, P3) serta aspek afektif (A3) ditekankan pada kehadiran dan partisipasi dalam seluruh kegiatan belajar serta nilai-nilai tanggungjawab, mandiri, pencapaian kinerja yang maksimal serta kejasama melalui pemberian tugas mandiri dan kelompok. *Nine Instructional Event (Karakteristik proses pembelajaran) : 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Sub CPMK 1: 1. Macam jembatan dan elemen strukturnya. 2.Sifat baja sebagai bahan bangunan dan kelebihan-kekurangannya . 3. Tipe-Tipe Batang Struktur Baja. |
|||||||
Pustaka |
1. Soeparlan, Ali A, "Konstruksi Baja 1", Penerbit POLTEKBA, Balikpapan 2021 2. Setiawan, Agus ,”Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD (Berdasarkan SNSNI 1725-201I 031729-2002)”, Penerbit AIRLANGGA, Jakarta, 2008. 3. Salmon, Charles G. and Johnson, John E. "Struktur Baja- Desain dan Perilaku- dengan Penekanan pada Load and Resistance Factor Design, Edisi ketiga" Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1992. 4. Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia RSNI T-03-2005, Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan. 5. Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia SNI 1725-2016, Pembebanan untuk Jembatan. 6. Supriyadi, Bambang dan Muntohar, Agus S. "Jembatan" Beta Offset, Yogyakarta, 2007. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Ruang kelas, Laptop, LCD, Pointer, Papan Tulis, Spidol, Penghapus, Zoom/ Gmeet (atau sejenisnya)- jika online. Lokasi sungai tempat jembatan yang direncanakan. Alat survey sederhana. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ali Arifin Soeparlan, |
Mata Kuliah |
Konstruksi Baja 1 |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ230322 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan macam jembatan dan elemen jembatan serta sifat baja sebagai bahan bangunan. [CPMK1, CPMK3][C3,A3] |
1.1 Ketepatan dalam menjelaskan macam jembatan dan elemen-elemen strukturnya 1.2 Ketepatan dalam menjelaskan sifat-sifat bahan baja sebagai struktur bangunan, kelebihan-kekurangan dibanding bahan lainnya
|
KP: Sikap (keaktifan & disiplin), Ketepatan & Ketuntasan BP: -Kuis: soal esei -Penugasan: Tugas 1,
|
BM: 2x60menit - Merangkum materi pertemuan ke1 TM, 2x50 menit - Penjelasan Tugas & Penyampaian materi - Diskusi Tugas1. TT, 2x60 menit - Menemukan permasalahan dan memilih lokasi serta mengumpulkan data sehubungan dengan kebutuhan jembatan (pejalan kaki) dan membuat gambar prarencana |
Protokol kesehatan dan kontrak pembelajaran Materi kuliah: 1. Macam jembatan dan elemen strukturnya. 2.Sifat baja sebagai bahan bangunan dan kelebihan-kekurangannya . 3.Tipe-Tipe Batang Struktur Baja. Ref: [1], [2], [3], [6] |
8 |
|||
2 | Sub CPMK 2: Mampu menjelaskan dan menerapkan prosedur pembebanan sesuai SNI 1725-2016 dan mampu menerapkan konsep perancangan elemen struktur baja metode PBKT/ LRFD. [CPMK1, CPMK2, CPMK3] [C3,A3] |
1. Ketepatan dalam menjelaskan dan menerapkan prosedur pembebanan sesuai SNI 1725-2016 2. Ketepatan dalam mnerapkan konsep perancangan elemen struktur baja metode PBKT/ LRFD sesuai SNI T03-2005 |
KP: Sikap (keaktifan & disiplin), Ketepatan & Ketuntasan BP: Kuis: Esei Penugasan: Tugas 2
|
BM: 2x60menit - Merangkum materi pertemuan ke2 di BLP2. TM: 2x50 menit.- Penyampaian materi - Diskusi Tugas2, TT: 2x60 menit - Menentukan pembebanan & menghitung gaya batang (tugas 2) |
1. Prinsip-Prinsip dan Konsep Desain. 2. Metode Desain Tegangan Ijin VS Metode Desain Keadaan Batas. 3. Metode Perencanaan Berdasarkan PBKT (LRFD). 4. Faktor Beban dan Kombinasi Pembebanan pada jembatan (SNI 1725-2016) Ref: [1], [2], [3], [4] & [5] |
17 |
|||
3,4 | Sub CPMK 3: Mampu menganalisis dan mendesain batang tarik pada struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) sesuai SNI T-03-2005. [CPMK1, CPMK3] [C6,A3] |
1. Ketepatan dalam menganalisis dan mendesain batang (elemen) tarik pada struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) |
KP: Sikap (keaktifan & disiplin), Ketepatan & Ketuntasan BP: Progres tugas 1 & 2
|
BM: 2x60menit - Merangkum materi pertemuan ke3 di BLP2. TM: 2x50 menit - Penyampaian materi, kuis & Diskusi Tugas 1 & 2, TT: 2x60 menit - Melanjutkan Tugas 2 |
A. Penggunaan Batang Tarik B. Kuat Nominal Batang Tarik C. Luas Penampang Netto dan Luas Penampang Netto Efektif Ref: [1], [2], [3] & [4] |
7 |
|||
Idem |
KP: Sikap (keaktifan & disiplin), Ketepatan & Ketuntasan BP: Kuis: Esei Penugasan: Tugas 3 - Mendesain batang tarik terbesar |
BM: 2x60menit - Merangkum materi pertemuan ke 4 di BLP2. TM: 2x50 menit - Penyampaian materi & Diskusi Tugas 3, TT: 2x60 menit - Mendesain batang tarik terbesar (tugas3) |
D. Perancangan Batang Tarik Berdasarkan Beban dan Kekuatan Terfaktor (PBKT) Sesuai RSNI T-03-2005 E. Pembatasan Kelangsingan pada Batang Tarik Ref: [1], [2], [3] & [4] |
8 |
|||||
5, 6, 7 | Sub CPMK 4: Mampu menganalisis dan mendesain batang tekan pada struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) sesuai SNI T-03-2005. [CPMK1, CPMK3] [C6,A3] |
- Ketepatan dalam menganalisis dan mendesain batang (elemen) tekan pada struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) |
KP: Sikap (keaktifan & disiplin), Ketepatan & Ketuntasan BP: Progres tugas 3
|
BM: 2x60menit - Merangkum materi pertemuan ke 5 di BLP2. TM: 2x50 menit - Penyampaian materi & diskusi tugas 3 TT: 2x60 menit - Melanjutkan Tugas 3 |
A. Batang Tekan dan Penggunaannya B. Tekuk Elastik Euler Ref: [1], [2], [3] & [4] |
3 |
|||
KP: Sikap (keaktifan & disiplin), Ketepatan & Ketuntasan BP: Progres tugas 3
|
BM: 2x60menit - Merangkum materi pertemuan ke 6 di BLP2. TM: 2x50 menit - Penyampaian materi & Diskusi Tugas 3, TT: 2x60 menit - Melanjutkan Tugas 3 |
C. Kekuatan Kolom (Dasar) D. Tekuk Tak Elastik E. Tegangan Sisa (Residual Stress) Ref: [1], [2], [3] & [4] |
4 |
||||||
KP: Sikap (keaktifan & disiplin), Ketepatan & Ketuntasan BP: Penugasan: Tugas 4, Menentukan gaya batang tekan terbesar & mendesain batangnya |
BM: 2x60menit - Merangkum materi pertemuan ke 7 di BLP2. TM: 2x50 menit - Penyampaian materi & Diskusi Tugas 4, TT: 2x60 menit - Mendesain batang tekan terbesar (tugas 4) |
F. Tumpuan dan Panjang Efektif Kolom (Panjang Tekuk) G. Tekuk Lokal Ref: [1], [2], [3] & [4] |
4 |
||||||
8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
5 |
|||||||
9 |
KP: Sikap (keaktifan & disiplin), Ketepatan & Ketuntasan BP: Kuis (Esei) |
BM: 2x60menit - Merangkum materi pertemuan ke 8 di BLP2. TM: 2x50 menit - Penyampaian materi, kuis & Diskusi Tugas 4, TT: 2x60 menit - Melanjutkan mendesain batang tekan terbesar (tugas 4) |
H. Perancangan Batang Tekan Berdasarkan PBKT Ref: [1], [2], [3] & [4] |
4 |
|||||
10,11, 12 | Sub CPMK 5: Mampu menganalisis dan mendesain sambungan baut pada elemen struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) sesuai SNI T-03-2005. [CPMK1, CPMK3] [C6,A3] |
- Ketepatan dalam menganalisis sambungan baut pada elemen struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) sesuai SNI T-03-2005. |
KP: Sikap (keaktifan & disiplin), Ketepatan & Ketuntasan BP: Progres tugas 4
|
BM: 2x60menit - Merangkum materi pertemuan ke 9 di BLP2. TM: 2x50 menit - Penyampaian materi & Diskusi Tugas 4, TT: 2x60 menit - Melanjutkan tugas 4 |
A. Macam Baut dan Macam Sistem Sambungan Baut. B. Prosedur Pemasangan Baut. C. Kapasitas (Kuat Nominal) Baut dan Keadaan Batas (Ultimate) Baut. D. Sambungan dengan Beban Eksentris Sebidang dan Tidak Sebidang
Ref: [1], [2], [3], [4] |
5 |
|||
Idem |
KP: Sikap (keaktifan & disiplin), Ketepatan & Ketuntasan BP: Progres tugas 4
|
BM: 2x60menit - Merangkum materi pertemuan ke 10 di BLP2. TM: 2x50 menit - Penyampaian materi & Diskusi Tugas 4, TT: 2x60 menit - melanjutkan tugas 4, |
E. Beban Geser Eksentrik. F. Kombinasi Gaya Geser dan Tarik. Ref: [1], [2], [3], [4] |
5 |
|||||
Idem |
KP: Sikap (keaktifan & disiplin), Ketepatan & Ketuntasan BP: Kuis: Esei Penugasan: Tugas 5, Mendesain sambungan (titik buhul) yang paling kritis |
BM: 2x60menit - Merangkum materi pertemuan ke 10 di BLP2. TM: 2x50 menit - Penyampaian materi, kuis & Diskusi Tugas 5, TT: 2x60 menit - Tugas 5, Mendesain sambungan (titik buhul) yang paling kritis |
G. Sambungan yang Mengalami Beban Tarik Aksial H. Sambungan yang Mengalami Geser dan Tarik akibat Beban Eksentris Ref: [1], [2], [3], [4] |
5 |
|||||
13, 14 | Sub CPMK 6: Mampu menganalisis dan mendesain sambungan las pada elemen struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) sesuai SNI T-03-2005 . [CPMK1, CPMK3] [C6,A3] |
Ketepatan dalam menganalisis sambungan las pada elemen struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) sesuai SNI T-03-2005 . |
KP: Sikap (keaktifan & disiplin), Ketepatan & Ketuntasan BP: Kuis: Esei Progres tugas 5 |
BM: 2x60menit - Merangkum materi pertemuan ke 12 di BLP2. TM: 2x50 menit - Penyampaian materi, kuis & Diskusi Tugas 5, TT: 2x60 menit - Melanjutkan tugas 5, |
A. Jenis Sambungan Las, Jenis Las dan Penggunaannya. B. Notasi Las. C. Ukuran Las Tumpul. D. Kapasitas Las Tumpul Ref: [1], [2], [3], [4] |
8 |
|||
KP: Sikap (keaktifan & disiplin), Ketepatan & Ketuntasan BP: Kuis: Esei Progres tugas 5 |
BM: 2x60menit - Merangkum materi pertemuan ke 12 di BLP2. TM: 2x50 menit - Penyampaian materi & Diskusi Tugas 5, TT: 2x60 menit - Melanjutkan Tugas 5 |
E. Beban Geser Eksentrik F. Kombinasi Gaya Geser dan Tarik G. Sambungan yang Mengalami Beban Tarik Aksial H. Sambungan yang Mengalami Geser dan Tarik akibat Beban Eksentris Ref: [1], [2], [3], [4] |
7 |
||||||
15 | Sub CPMK 7: Mampu membuat laporan perencanaan, mempresentasikan dan mempertanggungjawabkannya. [CPMK4, CPMK5] [C6, A3, P3] |
1 Ketepatan sistematika laporan; 2 Ketepatan tata tulis 3 Ketepatan dan kelengkapan gambar 4 Kerapian sajian 5 Penguasaan materi 6 Kompleksitas berfikir; 7 Tepat waktu & kesesuaian dg rencana tugas |
KP: Sikap, Ketepatan & Ketuntasan BP: - Review dokumen laporan perencanaan - Presentasi laporan perencanaan
|
BM: 2x60menit - Membaca referensi tentang Membuat Laporan Perencanaan & Presentasi |
Ref: - Menulis laporan perencanaan - Menggambar teknik |
5 |
|||
16 |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
5 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ali Arifin Soeparlan lahir di Surabaya pada tanggal 29-10-1958 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|