.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:sunarno@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:07 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Praktek Kerja Kayu |
TS230722 |
0 |
3 |
3 |
126 |
3 |
02-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Drs.. Sunarno M.Eng. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 196404131990031015 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (P-3) Menguasai metode konstruksi untuk melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan bangunan gedung (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) (P-8) Menguasai prosedur dan standar kerja (SOP) bangunangedung di area praktikum, studio dan kegiatan laboratorium dengan mengaplikasikan prinsip sistem keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU-4) Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU-7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi (KK-8) Mampu merealisasikan perancangan teknik rinci4 (detail engineering design) bangunan sipil sesuai metoda konstruksi yang dipilih dan mampu mengawasi proses konstruksi, hingga memenuhi kelaikan struktur, Rencana Kerja dan Syarat, dan nilai kontrak, dengan memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : Menguasai konsep teoritis matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan sipil CPMK 2 : Menguasai metode konstruksi untuk melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan bangunan sipil CPMK 3 : Menguasai prosedur dan standar kerja (SOP) bangunan sipil di area praktikum, studio dan kegiatan laboratorium dengan mengaplikasikan prinsip sistem keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) CPMK 4 : Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat CPMK 5 : Mampu merealisasikan perancangan teknik rinci4 (detail engineering design) bangunan sipil sesuai metoda konstruksi yang dipilih dan mampu mengawasi proses konstruksi, hingga memenuhi kelaikan struktur CPMK 6. : Menyusun laporan tentang hasil dan proses kerja dengan akurat dan sahih, mengomunikasikan secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkannya |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 Mengidentifikasi peralatan praktik kerja kayu serta mengetahui dan memahami tentang tipe-tipe kayu yang digunakan dan mengetam balok dan papan secara manual/mesin portable(C1, C2, C3) Sub-CPMK 2. Mampu memahami dan mempraktekkan menyambung kayu balok dengan peralatan tangan/portable(C2, C3, P3) Sub-CPMK 3. Mampu memahami dan mempraktekkan menyambung kayu balok dengan peralatan tangan (C2, C3, P3) Sub-CPMK 4. Mampu memahami dan mempraktikan mengetam balok dan papan dengan menggunakan mesin (P3) Sub-CPMK 5.Mampu memahami dan mempraktikan membuat pen dan lubang pen dan merangkai dengan (P3) Sub-CPMK 6. Mampu memahami dan mempraktikan merangkai kayu balok, papan dan finishing konstruksi kayu dengan bahan yang ditentukan (P3) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Laboratorium Praktek Kayu mempelajari Dalam perkuliahan ini pengantar pengetahuan tentang faktor faktor keamanan dan keselamatan kerja, pengetahuan tentang peralatan kayu tanpa mesin dan dengan mesin serta teknik dan pengerjaannya, beberapa macam sambungan kayu arah memanjang, melebar dan sambungan/hubungan kayu menyudut, membuat benda jadi dari kayu | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. PENGENALAN DAN FUNGSI ALAT SERTA BAHAN KERJA KAYU |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Dodong Budianto, Mesin Tangan Industri Kayu, Penerbit Kanisius,1995 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media :
Jobsheet, LCD Proyektor, Whiteboard, |
|||||||
Dosen Pengampu |
Sunarno, |
Mata Kuliah |
Praktek Kerja Kayu |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS230722 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1, 2 | Sub-CPMK 1 Mengidentifikasi peralatan praktik kerja kayu serta mengetahui dan memahami tentang tipe-tipe kayu yang digunakan dan mengetam balok dan papan secara manual/mesin portable(C1, C2, C3) |
Menyebutkan jenis, fungsi alat Praktik Beton dan bahan Kerja Kayu
|
Langkah kerja
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Metode Pembelajaran : Diskusi, Demostrasi, Praktik
|
1. Dodong Budianto, Mesin Tangan Industri Kayu, Penerbit Kanisius,1995
|
2 |
|||
Sub-CPMK 1 Mengidentifikasi peralatan praktik kerja kayu serta mengetahui dan memahami tentang tipe-tipe kayu yang digunakan dan mengetam balok dan papan secara manual/mesin portable(C1, C2, C3) |
Mahasiswa mampu mengetam balok sesuai ukuran yang ditentukan Mahasiswa mampu mengetam papan sesuai ukuran yang ditentukan
|
Langkah kerja
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’):
|
Jenis-jenis kayu
1. Dodong Budianto, Mesin Tangan Industri Kayu, Penerbit Kanisius,1995 |
2 |
||||
3,4 | Sub-CPMK 2. Mampu memahami dan mempraktekkan menyambung kayu balok dengan peralatan tangan/portable(C2, C3, P3) |
Mahasiswa mampu mengukur untuk sambungan lidah lurus berkait
|
Langkah kerja
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’):
|
Cara memilih kayu 4. Soegihardjo, BAE, Pr. Soedibyo, 1977, Gambar2 Dasar Ilmu Bangunan 1, Depdikbud, Dikmenjur, Jakarta
|
3 |
|||
Sub-CPMK 2. Mampu memahami dan mempraktekkan menyambung kayu balok dengan peralatan tangan/portable(C2, C3, P3) |
Mahasiswa mampu mengukur untuk sambungan lidah miring berkait
|
Langkah kerja
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’):
|
Cara memilih kayu 1. Dodong Budianto, Mesin Tangan Industri Kayu, Penerbit Kanisius,1995 4. Soegihardjo, BAE, Pr. Soedibyo, 1977, Gambar2 Dasar Ilmu Bangunan 1, Depdikbud, Dikmenjur, Jakarta
|
3 |
||||
5, 6, 7 | Sub-CPMK 3. Mampu memahami dan mempraktekkan menyambung kayu balok dengan peralatan tangan (C2, C3, P3) |
Mahasiswa mampu mengukur untuk sambungan sudut papan sistem jari
|
Langkah kerja Penggunaan alat
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’):
|
Cara memilih kayu 2. Dalih SA, Petunjuk Pengerjaan Kayu, Depdikbud, Dikmenjur, Jakarta1978 |
5 |
|||
Sub-CPMK 3. Mampu memahami dan mempraktekkan menyambung kayu balok dengan peralatan tangan (C2, C3, P3) |
Mahasiswa mampu mengukur untuk sambungan sudut papan ekor burung Mahasiswa mampu membuat sambungan sudut papan ekor burung
|
Langkah kerja
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’):
|
Cara memilih kayu 2. Dalih SA, Petunjuk Pengerjaan Kayu, Depdikbud, Dikmenjur, Jakarta1978 |
5 |
||||
Sub-CPMK 3. Mampu memahami dan mempraktekkan menyambung kayu balok dengan peralatan tangan (C2, C3, P3) |
Mahasiswa mampu Mahasiswa mampu mengukur untuk sambungan sudut siku pen dan lubang
|
Langkah kerja
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): |
Cara memilih kayu 3. Soegihardjo, BAE, Pr. Soedibyo, 1978, Gambar2 Dasar Ilmu Bangunan 1, Depdikbud, Dikmenjur. Jakarta
|
5 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9, 10 | Sub-CPMK 4. Mampu memahami dan mempraktikan mengetam balok dan papan dengan menggunakan mesin (P3) |
Mahasiswa mampu mengetam balok untuk Konstruksi kayu dengan benar
|
Langkah kerja
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’):
|
Cara memilih kayu
1. Dodong Budianto, Mesin Tangan Industri Kayu, Penerbit Kanisius,1995
|
5 |
|||
Sub-CPMK 4. Mampu memahami dan mempraktikan mengetam balok dan papan dengan menggunakan mesin (P3) |
Mahasiswa mampu mengetam papan untuk Konstruksi kayu dengan benar
|
Langkah kerja
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’):
|
Cara memilih kayu
1. Dodong Budianto, Mesin Tangan Industri Kayu, Penerbit Kanisius,1995
|
5 |
||||
11, 12, 13 | Sub-CPMK 5.Mampu memahami dan mempraktikan membuat pen dan lubang pen dan merangkai dengan (P3) |
Mahasiswa mampu membuat sambungan balok untuk konstruksi kayu sesuai ketentuan
|
Langkah kerja
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’):
|
Cara memilih kayu
1. Dodong Budianto, Mesin Tangan Industri Kayu, Penerbit Kanisius,1995 2. Dalih SA, Petunjuk Pengerjaan Kayu, Depdikbud, Dikmenjur, Jakarta1978
|
5 |
|||
Sub-CPMK 5.Mampu memahami dan mempraktikan membuat pen dan lubang pen dan merangkai dengan (P3) |
Mahasiswa mampu membuat lubang dan pen dalam konstruksi kayu sesuai ketentuan
|
Langkah kerja
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’):
|
Cara menjalan dan mematikan mesin pahat/bor tegak
1. Dodong Budianto, Mesin Tangan Industri Kayu, Penerbit Kanisius,1995 2. Dalih SA, Petunjuk Pengerjaan Kayu, Depdikbud, Dikmenjur, Jakarta1978 |
5 |
||||
Sub-CPMK 5.Mampu memahami dan mempraktikan membuat pen dan lubang pen dan merangkai dengan (P3) |
Mahasiswa mampu merangkai balok utama untuk konstruksi kayu sesuai ketentuan
|
Langkah kerja
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’):
|
Cara menyatukan antara pen dan lubang pen 1. Dodong Budianto, Mesin Tangan Industri Kayu, Penerbit Kanisius,1995 2. Dalih SA, Petunjuk Pengerjaan Kayu, Depdikbud, Dikmenjur, Jakarta1978 |
5 |
||||
14, 15 | Sub-CPMK 6. Mampu memahami dan mempraktikan merangkai kayu balok, papan dan finishing konstruksi kayu dengan bahan yang ditentukan (P3) |
Mahasiswa mampu merangkai balok dan papan untuk konstruksi kayu sesuai ketentuan
|
Langkah kerja
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’):
|
Cara menyatukan antara pen dan lubang pen
1. Dodong Budianto, Mesin Tangan Industri Kayu, Penerbit Kanisius,1995 2. Dalih SA, Petunjuk Pengerjaan Kayu, Depdikbud, Dikmenjur, Jakarta1978 |
5 |
|||
Sub-CPMK 6. Mampu memahami dan mempraktikan merangkai kayu balok, papan dan finishing konstruksi kayu dengan bahan yang ditentukan (P3) |
Mahasiswa mampu finishing untuk konstruksi kayu dengan bahan sesuai ketentuan
|
Langkah kerja
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’):
|
Cara pengamplasan kayu
1. Dodong Budianto, Mesin Tangan Industri Kayu, Penerbit Kanisius,1995 |
5 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Sunarno lahir di Sragen pada tanggal 13-04-1964 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|