.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:sunarno@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:07 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Praktek Perancah |
JJ350317 |
0 |
2 |
2 |
84 |
5 |
02-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Drs.. Sunarno M.Eng. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 196404131990031015 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-6) Menguasai referensi teknisyang berlaku di Indonesia dan minimal satu standar yang berlaku internasional (misalnya AASHTO, ACI, ASCI) bidang konstruksi jalan dan jembatan (P-9) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi konstruksi jalan dan jembatan (P-10) Menguasai prosedur dan standar kerja (SOP) konstruksi jalan dan jembatan di area praktikum, studio dan kegiatan laboratorium dengan mengaplikasikan prinsip sistem keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu merencanakan, melaksanakan, mengawasi proses konstruksi jalan dan jembatan dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan publik, serta menerapkan sistem manajemen, keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (SMK3L) dengan mengacu dokumen perancangan teknik rinci |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam memahami fungsi bahan dan alat kerja Perancah, metode pelaksanaan, mengevaluasi pemasangan serta pemahaman tentang pelaksanaan pekerjaan konstruksi beton untuk jalan dan jembatan. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
SUB CP-MK 1: Memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam memahami pentingnya fungsi dan alat praktik perancah SUB CP-MK 2: Memiliki keterampilan pembuatan bouwplank SUB CP-MK 3: Memiliki keterampilan pemasangan bekisting |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Praktek Perancah mempelajari tentang keterampilan dalam pembuatan perancah jembatan berdasarkan fungsi dan jenis jembatan yang berlaku | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Metode pelaksanaan konstruksi jembatan, perancah jembatan, komponen jembatan |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Jobsheet, blended learning poltekba, whiteboard |
|||||||
Dosen Pengampu |
Sunarno, |
Mata Kuliah |
Praktek Perancah |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ350317 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | SUB CP-MK 1: Memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam memahami pentingnya fungsi dan alat praktik perancah |
Setelah berdiskusi (C) mahsiswa (A) mampu mendeskripsikan peralatan dan bahan dalam praktik perancah jembatan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan - Rangkuman pengenalan macam-macam peralatan praktik kerja perancah |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 3 x 170 menit. Tugas 1, BT, 2x60 menit |
Pengenalan alat, bahan, dan lingkup pekerjaan perancah
|
2 |
|||
2, 3 | SUB CP-MK 2: Memiliki keterampilan pembuatan bouwplank |
Setelah berdiskusi (C) mahsiswa (A) mampu membuat bouwplank konstruksi jembatan pada praktik perancah jembatan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan Bentuk Penilaian: - Membuat bouwplank konstruksi jembatan |
Praktikum BM, 2x60menit TM, 3 x 170 menit. Tugas, BT, 2x60 menit |
Bouwplank konstruksi jembatan
|
3 |
|||
SUB CP-MK 2: Memiliki keterampilan pembuatan bouwplank |
Setelah berdiskusi (C) mahsiswa (A) mampu membuat bouwplank konstruksi jembatan pada praktik perancah jembatan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan Bentuk Penilaian: - Membuat bouwplank konstruksi jembatan |
Praktikum BM, 2x60menit TM, 3 x 170 menit. Tugas, BT, 2x60 menit |
Bouwplank konstruksi jembatan
|
2 |
||||
4, 5 | SUB CP-MK 3: Memiliki keterampilan pemasangan bekisting |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu membuat bekisting dan perancah pondasi pada praktik perancah jembatan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan Bentuk Penilaian: - Membuat bekisiting dan perancah pondasi konstruksi jembatan |
Praktikum BM, 2x60menit TM, 3 x 170 menit. Tugas, BT, 2x60 menit |
bekisiting dan perancah pondasi konstruksi jembatan
|
3 |
|||
SUB CP-MK 3: Memiliki keterampilan pemasangan bekisting |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu membuat bekisting dan perancah pondasi pada praktik perancah jembatan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan Bentuk Penilaian: - Membuat bekisiting dan perancah pondasi konstruksi jembatan |
Praktikum BM, 2x60menit TM, 3 x 170 menit. Tugas, BT, 2x60 menit |
bekisiting dan perancah pondasi konstruksi jembatan
|
5 |
||||
6,7 | SUB CP-MK 3: Memiliki keterampilan pemasangan bekisting |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu membuat bekisting dan perancah abutment pada praktik perancah jembatan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan Bentuk Penilaian: - Membuat bekisiting dan perancah abutment dan pilar konstruksi jembatan |
Praktikum BM, 2x60menit TM, 3 x 170 menit. Tugas, BT, 2x60 menit |
bekisiting dan perancah abutment dan pilar konstruksi jembatan
|
5 |
|||
SUB CP-MK 3: Memiliki keterampilan pemasangan bekisting |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu membuat bekisting dan perancah pondasi pada praktik perancah jembatan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan Bentuk Penilaian: - Membuat bekisiting dan perancah Abutment dan Pilar pada konstruksi jembatan |
Praktikum BM, 2x60menit TM, 3 x 170 menit. Tugas, BT, 2x60 menit |
bekisiting dan perancah pondasi konstruksi jembatan
|
5 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9, 10 | SUB CP-MK 3: Memiliki keterampilan pemasangan bekisting |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu membuat gelagar induk pada praktik perancah jembatan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan Bentuk Penilaian: - Membuat bekisiting dan perancah gelagar induk konstruksi jembatan |
Praktikum BM, 2x60menit TM, 3 x 170 menit. Tugas, BT, 2x60 menit |
bekisiting dan perancah gelagar induk konstruksi jembatan
|
5 |
|||
SUB CP-MK 3: Memiliki keterampilan pemasangan bekisting |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu membuat gelagar induk pada praktik perancah jembatan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan Bentuk Penilaian: - Membuat bekisiting dan perancah gelagar induk konstruksi jembatan |
Praktikum BM, 2x60menit TM, 3 x 170 menit. Tugas, BT, 2x60 menit |
bekisiting dan perancah gelagar induk konstruksi jembatan
|
5 |
||||
11, 12 | SUB CP-MK 3: Memiliki keterampilan pemasangan bekisting |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu membuat diafragma pada praktik perancah jembatan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan Bentuk Penilaian: - Membuat bekisiting dan perancah diafragma konstruksi jembatan |
Praktikum BM, 2x60menit TM, 3 x 170 menit. Tugas, BT, 2x60 menit |
bekisiting dan perancah diafragma konstruksi jembatan
|
5 |
|||
SUB CP-MK 3: Memiliki keterampilan pemasangan bekisting |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu membuat diafragma pada praktik perancah jembatan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan Bentuk Penilaian: - Membuat bekisiting dan perancah diafragma konstruksi jembatan |
Praktikum BM, 2x60menit TM, 3 x 170 menit. Tugas, BT, 2x60 menit |
bekisiting dan perancah diafragma konstruksi jembatan
|
5 |
||||
13 | SUB CP-MK 3: Memiliki keterampilan pemasangan bekisting |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu membuat gelagar memanjang pada praktik perancah jembatan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: Langkah Kerja (20%), Pemakaian Alat (15%), Keselamatan Kerja (15%) , Sikap Kerja (10%) , Ketepatan Ukuran (20%) , Kwalitas (10%) , Waktu (10%) Bentuk Penilaian: - Membuat bekisiting dan perancah gelagar memanjang konstruksi jembatan |
Praktikum BM, 2x60menit TM, 3 x 170 menit. Tugas, BT, 2x60 menit |
bekisiting dan perancah gelagar memanjang konstruksi jembatan
|
5 |
|||
14, 15 | SUB CP-MK 3: Memiliki keterampilan pemasangan bekisting |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu membuat pelat lantai pada praktik perancah jembatan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria: - Rubrik penskoran - Sikap dan keaktifan Bentuk Penilaian: - Membuat bekisiting dan perancah pelat lantai konstruksi jembatan |
Praktikum BM, 2x60menit TM, 3 x 170 menit. Tugas, BT, 2x60 menit |
bekisiting dan perancah pelat lantai konstruksi jembatan
|
5 |
|||
SUB CP-MK 3: Memiliki keterampilan pemasangan bekisting |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu membuat pelat lantai pada praktik perancah jembatan berdasarkan standar yang berlaku (B) dengan tepat |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan Bentuk Penilaian: - Membuat bekisiting dan perancah pelat lantai konstruksi jembatan |
Praktikum BM, 2x60menit TM, 3 x 170 menit. Tugas, BT, 2x60 menit |
bekisiting dan perancah pelat lantai konstruksi jembatan
|
5 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Sunarno lahir di Sragen pada tanggal 13-04-1964 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|