.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:fatmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:44 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pendidikan Kewarganegaraan |
TS110122 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
18-01-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Fatmawati S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198402152019032009 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga (S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menganalisis Integrasi Nasional Indonesia |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mampu menganalisis pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Pada mata kuliah Kewarganegaraan mahasiswa akan mempelajari Pentingnya pendidikan kewarganegaraan, Identitas nasional, Integrasi nasional, konstitusi di Indonesia, kewajiban dan hak negara dan warga negara, Dinamika demokrasi di Indonesia, penegakan hukum di Indonesia, wawasan nusantara, Pertahanan nasional, Korupsi, dan Kesadaran Pajak. Materi ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan analis berkaitan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika serta mahasiswa mengimplementasikan prakk warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pendidikan kewarganegaraan |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul Kewarganegaraan, Laptop, PC, dan LCD Proyektor |
|||||||
Dosen Pengampu |
Fatmawati, |
Mata Kuliah |
Pendidikan Kewarganegaraan |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS110122 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mampu menganalisis pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan |
1. Mampu menganalisis konsep kewarganegaraan |
Ketepatan dalam menganalisis: |
Metode Pembelajaran: |
1. Pendidikan Kewarganegaraan Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
4 |
|||
2 | Sub-CPMK 2 : Mampu menganalisis Konstusi Indonesia |
1. Mampu menganalisis Teori Konstitusi |
Kriteria: Portofolio Makalah hasil analisis konstitusi di Indonesia |
Metode Pembelajaran: |
1. Teori Konstitusi Pustaka 2 |
4 |
|||
3 | Sub-CPMK 3 : Mampu menganalisis Identas Nasional Indoensia |
1. Mampu menganalisis Konsep identitas nasional 2. Mampu menganalisis Faktor-faktor pembentuk identitas nasional |
Kriteria: Portofolio |
Metode Pembelajaran: |
1. Konsep identitas nasional Pustaka 1 |
4 |
|||
4 | Sub-CPMK 4 : Mampu menganalisis Integrasi Nasional Indonesia |
Ketepatan dalam menganalisis: |
Kriteria: Portofolio |
Metode Pembelajaran: |
1. Konsep Integrasi dan Disintegrasi Nasional Pustaka 1 |
4 |
|||
5 | Sub-CPMK 5 : Mampu menganalisis Dinamika Demokrasi Indonesia |
Ketepatan dalam menganalisis: |
Kriteria: Portofolio |
CBL (2 x 50 menit) Metode Pembelajaran: |
1. Hak warga negara dan negara Indonesia Pustaka 2 |
4 |
|||
6 | Sub-CPMK 6 : Mampu menganalisis Hak dan Kewajiban Warga Negara |
Ketepatan dalam |
Kriteria: Portofolio |
CBL (2 x 50 menit) Metode Pembelajaran: |
1. Hak warga negara dan negara Indonesia Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 |
4 |
|||
7 | Sub-CPMK 7 : Mampu menganalisis peran Pajak dalam Pembangunan Indoensia |
Ketepatan dalam menganlisis: |
Kriteria: Portofolio |
CBL (2 x 50 menit) Metode Pembelajaran: |
1. Peran dan fungsi pajak bagi Indonesia Pustaka 1 |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 8 : Mampu menganalisis Mulkulturalisme dan ragam suku di Indonesia |
Ketepatan dalam menganlisis dan mendemosntrasikan |
Kriteria: Portofolio |
CBL (2 x 50 menit) Metode Pembelajaran: |
1. Keragaman budaya Indonesia Pustaka 2 |
5 |
|||
10 | Sub-CPMK 9 : Mampu menganalisis bentuk keadilan dan kedakadilan di Indonesia |
Ketepatan dalam menganlisis: |
Kriteria: Portofolio |
Metode Pembelajaran CBL: |
1. Konsep keadilan Pustaka 2 |
4 |
|||
11 | Sub-CPMK 10 : Mampu Menganalisis kasus-kasus kekerasan seksual di Indonesia |
1. Mampu menganalisis konsep dan regulasi tentang kekerasan seksual di Indonesia 2. Mampu menganalisis kasus kekerasan seksual di Indonesia
|
Ketepatan dalam menganalisis 1. Konsep dan regulasi tentang kekerasan seksual di Indonesia 2. Kasus kekerasan seksual di Indonesia |
Metode Pembelajaran CBL: |
1. Konsep dan regulasi tentang kekerasan seksual di Indonesia 2. Kasus kekerasan seksual di Indonesia Pustaka 1 |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK 11 : Mampu Menganalisis bahaya Radikalisme dan Terorisme |
1. Mampu menganalisis konsep radikalisme dan terorisme 2. Mampu menganalisis penyebab radikalisme dan terorisme |
Ketepatan dalam menganalisis: 1. Mampu menganalisis konsep radikalisme dan terorisme 2. Mampu menganalisis penyebab radikalisme dan terorisme |
Metode Pembelajaran CBL: |
1. Konsep radikalisme dan terorisme 2. Penyebab radikalisme dan terorisme Pustaka 2 |
4 |
|||
13 | Sub-CPMK 14 : Mampu menganalisis Praktek Hak Asasi Manusia di Indonesia |
1. Mampu menganalisis sejarah dan konsep HAM 2. Mampu menganalisis kasus HAM di Indonesia |
Ketepatan dalam menganalisis: 1. Mampu menganalisis sejarah dan konsep HAM 2. Mampu menganalisis kasus HAM di Indonesia |
CBL 1x50 Menit |
1. Sejarah dan konsep HAM 2. Kasus HAM di Indonesia Tim Kemenristek (2016). Pendidikan kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
14 | Sub-CPMK 12 : Mampu menganalisis budaya populer dan Gaya Hidup Warga negara di Indonesia |
Mampu mendiskripsikan dan menganalisis budaya populer di indonesia serta gaya hidup warga negara Indonesia |
Kriteria: Kemampuan menjelaskan dan menceritakan serta mengargumentasikan perihal budaya populer di Indonesia. |
Metode Pembelajaran: |
Budaya populer di Indonesia Gaya hidup warga negara Indonesia Pustaka 2 |
5 |
|||
15 | Sub-CPMK 13 : Mampu menganalisis Kasus Tindak pidana Korupsi di Indonesia |
Dapat memberikan beberapa contoh kasus tindak pidana korupsi di Indonesia |
Kriteria: kemampuan menyusun dan melakukan presentasi secara menarik terkait kasus pidana korupsi di Indonesia Bentuk Penilaian: Non Test Penugasan Kelompok
|
Metode Pembelajaran: |
Tindak Pidana Korupsi di Indonesia Pustaka 2 |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Fatmawati lahir di Pare-Pare pada tanggal 15-02-1984 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|