.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:fatmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:05 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Perencanaan Konstruksi Perkerasan Jalan |
JJ350517 |
2 |
0 |
2 |
28 |
5 |
04-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Fatmawati S.T., M.T. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 198402152019032009 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 (P-2) Menguasai prinsip dan teknik perancangan rekayasa meliputi ilmu bahan, mekanika (mekanika teknik, mekanika tanah, mekanika fluida), sistem transportasi darat, hidrologi, rekayas geoteknik, rekayasa jalan, rekayasa struktur jembatan, rekayasa konstruksi, dan rekayas lingkungan jalan (P-7) Menguasai issue terkini di bidang transportasi, teknologi jalan dan jembatan, ekonomi, sosial, budaya, kesehatan dan keselamatan publik, lingkungan dan analisa dampak lingkungan akibat lalu lintas (andalalin) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 (KK-9) Mampu menyusun rencana dan melaksanakan pemeliharaan, perawatan dan perbaikan bangunan jalan dan jembatan mengacu kepada pedoman pembinaan jalan dan jembatan6 |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1: Mahasiswa dapat menjelaskan serta menganalisis perencanaan konstruksi perkerasan jalan mulai dari analisis beban lalu lintas hingga tebal perkerasan jalan dan menghasilkan desain perencanaan jalan CPMK2: Mahasiswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis kerusajan jalan serta metode pemeliharaannya |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu Menjelaskan sejarah perkembangan teknologi jalan raya Sub-CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan teori perkerasan jalan meliputi jenis, lapisan serta bahan penyusun perkerasan jalan Sub-CPMK3: Mahasiswa mampu menjelaskan konstruksi lapis perkerasan dan kinerja perkerasan jalan lentur dan perkerasan kaku Sub-CPMK4: Mahasiswa Mampu menjelaskan teori karakteristik dan persyaratan aspal, tanah dasar dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu menjelaskan dan merancang tebal perkerasan lentur metode analisa komponen (BM) Sub-CPMK6: Mahasiswa mampu menjelaskan dan merancang tebal perkerasan lentur Metode PCI Sub-CPMK7: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan klasifikasi kerusakan jalan serta sistem penanganannya |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini menyajikan pembelajaran teori konsep disain perkerasan jalan dan dapat merancang campuran perkerasan lentur, dapat menghitung tebal konstruksi perkerasan lentur dan kaku serta mengetahui sistem pemeliharaan perkerasan jalan. Topik-topik dalam bidang ini antara lain: Tahapan pembangunan jalan, perkembangan teknologi jalan dan jenis konstruksi yang ada, karakteristik dan persyaratan aspal dan tanah dasar sebagai bahan konstruksi perkerasan, karakteristik dan persyaratan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan. Serta merencanakan campuran sesuai spesifikasi dan interprerasi hasil pengujian, merencanakan tebal perkerasan lentur metode analisa komponen (BM) konstruksi langsung dan overlay, merencanakan tebal perkerasan lentur metode analisa komponen konstruksi bertahap, merencanakan tebal perkerasan kaku dengan AASHTO, tegangan, regangan, dan defleksi pada perkerasan tiga lapis. Serta mampu mengindentifikasi dan mengklasifikasi kerusakan jalan serta sistem penangannya. Tugas individu dan kelompok akan diberikan untuk melatih kemampuan sintesis dan justifikasi solusi desain perkerasan jalan | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pendahuluan (Kontrak Perkuliahan dan Pengantar materi) |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Dewan standarisasi Nasional,Tatacara perencanaan tebal perkerasan lentur jalan raya dengan MAK, SKBI-1732-1989-F,Jakarta,1989. 2. Ir. Hamirhan Saodang, Msce, Konstruksi Jalan Raya, Penerbit Nova Bandung, 2004 3. Silvia sukirman, Perkerasan lentur jalan raya, Penerbit Nova, Bandung,1999 4. Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen, Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, 2003. 5. Spesifikasi Umum untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan, Dirjen Bina Marga, 2018. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Perangkat Lunak: Ms Word; Ms Excel Perangkat Keras: Komputer; Proyektor |
|||||||
Dosen Pengampu |
Fatmawati, |
Mata Kuliah |
Perencanaan Konstruksi Perkerasan Jalan |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ350517 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||||
1 | Mengetahui Rincian Materi Perkuliahan yang akan dibahas pada setiap pertemuan |
Mampu menjelaskan secara sistematis sejarah perkembangan teknologi jalan raya |
Ketepatan dalam menjelaskan sejarah perkembangan jalan. |
Metode Pembelajaran: |
Sejarah perkembangan konstruksi perkerasan jalan Pustaka 2 |
3 |
|||||
2 | Mampu menjelaskan defenisi tentang perkerasan jalan, jenis-jenis perkerasan jalan serta dapat menjelaskan jenis-jenis lapisan perkerasan jalan |
- Ketepatan menjelaskan defenisi perkerasan jalan, jenis perkerasan dan bagian-bagiannya - Ketepatan menjelaskan bagian lapisan perkerasan jalan |
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan teori perkerasan jalan meliputi jenis, lapisan serta bahan penyusun perkerasan jalan Bentuk Penilaian: Diskusi terbatas: Menjawab pertanyaan yang disajikan dalam lembar soal tentang perkerasan jalan, jenis perkerasan dan lapisan bahan penyusun perkerasan jalan dalam lembar jawaban |
Metode Pembelajaran: |
- Defenisi perkerasan jalan, - Jenis perkerasan jalan - Jenis lapisan penyusun perkerasan jalan Pustaka 2 |
3 |
|||||
3 | Sub-CPMK3: Mahasiswa mampu menjelaskan konstruksi lapis perkerasan dan kinerja perkerasan jalan lentur dan perkerasan kaku |
|
Kriteria:
|
Metode Pembelajaran: |
konstruksi lapis perkerasan dan kinerja perkerasan jalan lentur dan perkerasan kaku Pustaka 2, 3 |
3 |
|||||
4 | Sub-CPMK4: Mahasiswa Mampu menjelaskan teori karakteristik dan persyaratan aspal, tanah dasar dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan |
|
Kriteria: Menjawab pertanyaan yang disajikan dalam lembar soal tentang aspal sebagai bahan penyusun perkerasan jalan lentur
Bentuk Penilaian: Test Uraian Terbatas (Mandiri) |
Metode Pembelajaran: |
Teori karakteristik dan persyaratan aspal, tanah dasar dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan Pustaka 1,3 |
4 |
|||||
5 | Sub-CPMK4: Mahasiswa Mampu menjelaskan teori karakteristik dan persyaratan aspal, tanah dasar dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan |
|
Kriteria: Menjawab pertanyaan yang disajikan dalam lembar soal tentang aspal sebagai bahan penyusun perkerasan jalan lentur
Bentuk Penilaian: Test Uraian Terbatas (Mandiri) |
Metode Pembelajaran: |
Teori karakteristik dan persyaratan aspal, tanah dasar dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan
Pustaka 1,3 |
4 |
|||||
6 | Sub-CPMK4: Mahasiswa Mampu menjelaskan teori karakteristik dan persyaratan aspal, tanah dasar dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan |
|
Kriteria:
Bentuk Penilaian: Test Mandiri dan Non Tes Kelompok |
Metode Pembelajaran: |
Pustaka 2, 3, 4 |
3 |
|||||
7 | Sub-CPMK4: Mahasiswa Mampu menjelaskan teori karakteristik dan persyaratan aspal, tanah dasar dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan |
|
Kriteria:
Bentuk Penilaian: CBL Non Test (Penugasan Kelompok)
|
Metode Pembelajaran: |
Peranan agregat pada struktur perkerasan lentur dan perkerasan kaku, sifat-sifat teknis agregat untuk perkerasan lentur dan perkerasan kaku, dan menguraikan sifat-sifat agregat tersebut, dan cara pencampuran agregat untuk memenuhi persyaratan gradasi Pustaka 1, 4 |
4 |
|||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||||
9 | Sub-CPMK4: Mahasiswa Mampu menjelaskan teori karakteristik dan persyaratan aspal, tanah dasar dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan |
Mampu menyebutkan jenis-jenis campuran beraspal |
Kriteria:
Bentuk Penilaian: Non Tes Mandiri Observasi/Lisan |
Metode Pembelajaran: |
Jenis-jenis campuran beraspal Pustaka 3, 4 |
4 |
|||||
10 | Mampu menjelaskan data-data yang dibutuhkan dalam perhitungan tebal perkerasan metode AASHTO Mampu merancang perkerasan lentur metode AASHTO |
- Ketepatan, kesesuaian, dan ketelitian dalam menggunakan parameter yang sesuai kondisi rencana. - Ketepatan, ketelitian, dan ketajaman dalam perhitungan dan analisis data. Ketepatan, ketelitian, keseuaian, dan kerapihan dalam penyusunan tugas laporan |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Pembelajaran: |
Perancangan Perkerasan Lentur Metode AASHTO Pustaka 4 |
4 |
|||||
11 | Mampu menjelaskan data-data yang dibutuhkan dalam perhitungan tebal perkerasan pada perkerasan lentur metode Analisa Komponen Mampu merancang perkerasan lentur dengan Metode Analisa Komponen |
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis data-data yang dibutuhkan dalam perhitungan tebal perkerasan pada perkerasan lentur metode Analisa Komponen - Mampu merancang perkerasan lentur dengan Metode Analisa Komponen |
PjBL - Sikap dan keaktifan |
Pemaparan materi contoh soal 50 menit tanya jawab 20 menit Lanjutan Tugas mandiri 30 menit |
Perancangan Perkerasan Lentur Metode Analisa Komponen |
4 |
|||||
12 | Mampu menjelaskan data-data yang dibutuhkan dalam perhitungan tebal perkerasan pada perkerasan lentur metode Analisa Komponen Mampu merancang perkerasan lentur dengan Metode Analisa Komponen |
Mampu merancang perkerasan lentur dengan Metode Analisa Komponen |
PjBL - Sikap dan keaktifan |
Pemaparan materi contoh soal 50 menit tanya jawab 20 menit Lanjutan Tugas mandiri 30 menit |
Perancangan Perkerasan Lentur Metode Analisa Komponen |
4 |
|||||
13 | Mampu menjelaskan data-data yang dibutuhkan dalam perhitungan tebal perkerasan kaku dengan Metode PCI |
Ketepatan menyebutkan dan menghitung data-data yang dibutuhkan dalam perhitungan tebal perkerasan kaku dengan Metode PCI |
PjBL - Sikap dan keaktifan |
Pemaparan materi contoh soal 50 menit tanya jawab 20 menit Lanjutan Tugas mandiri 30 menit |
Perancangan lapisan perkerasan kaku metode PCI |
4 |
|||||
14 | Mampu menjelaskan data-data yang dibutuhkan dalam perhitungan tebal perkerasan kaku dengan Metode PCI |
Dapat merencanakan tebal perkerasan kaku dengan Metode PCI |
PjBL - Sikap dan keaktifan |
Pemaparan materi contoh soal 50 menit tanya jawab 20 menit Lanjutan Tugas mandiri 30 menit |
Perancangan lapisan perkerasan kaku metode PCI |
3 |
|||||
15 | Mampu menjelaskan jenis-jenis kerusakan jalan dan jenis pemeliharaan |
Ketepatan dalam menjelaskan jenis-jenis kerusakan jalan dan jenis pemeliharaan jalan |
PjBL - Sikap dan keaktifan |
Pemaparan materi contoh soal 50 menit Tugas mandiri 50 menit |
Jenis Kerusakan Permukaan Jalan dan Pemeliharaannya |
3 |
|||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Fatmawati lahir di Pare-Pare pada tanggal 15-02-1984 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|