.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:fatmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:34 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Komputer Aplikasi Manajemen Konstruksi |
TS230222 |
0 |
2 |
2 |
84 |
3 |
04-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Fatmawati S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198402152019032009 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (P-3) Menguasai metode konstruksi untuk melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan bangunan gedung |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu menggunakan software sebagai alat bantu dalam perhitungan penjadwalan serta analisis kegiatan proyek, mampu menemukan sumber masalah selama jadwal pelaksanaan konstruksi sesuai dengan penjadwalan yang direncanakan, kemudian mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil perancangan penjadwalan yang komunikatif dengan teknik manual maupun digital mengelola pembelajaran secara mandiri. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mampu Menjelaskan Tentang Perangkat Aplikasi Manajemen Konstruksi Microsoft Project Secara Menyeluruh [C2,A2], Sub-CPMK 2 : Mampu Mengatur Jadwal Start serta Info Project [C2,A2] Sub-CPMK 3 : Mampu Mengatur Working Time serta melakukan modifikasi kalender [C2,A2] Sub-CPMK 4 : Mampu Menyusun Formula Pada Costum Field [C2,A2] Sub-CPMK 5 : Mampu Menjelaskan Isi Toolbar [C2,A2] Sub-CPMK 6 : Mampu Menyusun Resource Sesuai Standar Project [C2,A2] Sub-CPMK 7: Mampu Membuat Set Baseline [C2,A2] Sub-CPMK 8: Mampu Membuat Report (Critical Task, Kurva S, Dashboard) [C2,A2] Sub-CPMK 9 : Mampu Melakukan Tracking Waktu Menggunakan Costum Field [C2,A2] Sub-CPMK 10 : Mampu Melakukan Cost Control dari Costum Field [C2,A2] Sub-CPMK 11: Mampu Melakukan Update Project [C2,A2] Sub-CPMK 12 : Mampu Melakukan Status Date Untuk Pelaporan [C2,A2] Sub-CPMK 13 : Mampu Memasukkan Task dan Durasi [C2,A2] Sub-CPMK 14 : Mampu Memasukkan Volume Resource Dari AHSP [C2,A2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini mempelajari tentang berbagai aplikasi program komputer di bidang Teknik Sipil, yaitu program Microsoft Project. Dengan menggunakan aplikasi program tersebut, mahasiswa dapat membuat alur program Microsoft Project, pemahaman logika pemrograman. Jobsheet Microsoft Project mempelajari cara-cara penggunaan Microsoft Project dalam perencanaan penjadwalan kegiatan konstruksi. Mahasiswa belajar untuk memodelkan penjadwalan berupa barchart, kurva dll. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Penjadwalan, Resources, dan Cost Control |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Laptop, Proyektor, Papan Tulis, Buku Ajar, Blended Learning Poltekba |
|||||||
Dosen Pengampu |
Fatmawati, |
Mata Kuliah |
Komputer Aplikasi Manajemen Konstruksi |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS230222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mampu Menjelaskan Tentang Perangkat Aplikasi Manajemen Konstruksi Microsoft Project Secara Menyeluruh [C2,A2], |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan tentang perangkat aplikasi manajemen konstruksi microsoft project (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Metode Pembelajaran: |
1. Menjelaskan prosedur prokes selama perkuliahan 2. Pengertian aplikasi manajemen konstruksi microsoft project 3. Pengertian sumber daya proyek dan macamnya, serta pengertian SDP 4. Pengertian tahapan pelaksanaan proyek dan pengertian masing-masing tahapan Pustaka 6, 7, 8 |
3 |
|||
2 | Sub-CPMK 2 : Mampu Mengatur Jadwal Start serta Info Project [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mengatur jadwal mulai pekerjaan dan mendeskripsikan info pekerjaan (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas Mandiri BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Jadwal Start dan Info Project Referensi 6, 7, 8 |
3 |
|||
3 | Sub-CPMK 3 : Mampu Mengatur Working Time serta melakukan modifikasi kalender [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan dan mengatur working time (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Mengatur working timedari data rencana anggaran biaya yang dimiliki Referensi 6, 7, 8 |
3 |
|||
4 | Sub-CPMK 4 : Mampu Menyusun Formula Pada Costum Field [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun formula pada costum field (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Menyusun Formula dalam Costume Field Pustaka 5, 6, 7 |
3 |
|||
5 | Sub-CPMK 5 : Mampu Menjelaskan Isi Toolbar [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan isi toolbar dalam microsoft project (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Isi toolbar dalam aplikasi microsoft project
Pustaka 5, 6, 7 |
3 |
|||
6 | Sub-CPMK 6 : Mampu Menyusun Resource Sesuai Standar Project [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun resource sesuai standart project (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Sumber daya dalam proyek Pustaka 1, 6, 7 |
4 |
|||
7 | Sub-CPMK 7: Mampu Membuat Set Baseline [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun set baselinepelaksanaan proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Baseline Pustaka 1,7, 8 |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 9 : Mampu Melakukan Tracking Waktu Menggunakan Costum Field [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta membuat laporan baik itu pekerjaan kritis dam penjadwalan kurva S (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Laporan, Pekerjaan Kritis, dan Dashboard Pustaka 2, 3, 6 |
4 |
|||
10 | Sub-CPMK 10 : Mampu Melakukan Cost Control dari Costum Field [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta melakukan tracking time menggunakan costum field (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Tracking Time Pustaka 3, 4, 6 |
4 |
|||
11 | Sub-CPMK 11: Mampu Melakukan Update Project [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menganalisis cost control dari costum field (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Cost controll Pustaka 7 Pustaka 8 |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK 12 : Mampu Melakukan Status Date Untuk Pelaporan [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta melakukan update project (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Updated project Pustaka 7, 8 |
3 |
|||
13 | Sub-CPMK 13 : Mampu Memasukkan Task dan Durasi [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun status date untuk pelaporan (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Status date Pustaka 6, 7 |
4 |
|||
14 | Sub-CPMK 13 : Mampu Memasukkan Task dan Durasi [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun task dan durasi pelaksanaan proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit - Pemaparan materi task dan durasi Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
TAsk dn durasi pustaka 6, 7, 8 |
4 |
|||
15 | Sub-CPMK 14 : Mampu Memasukkan Volume Resource Dari AHSP [C2,A2) |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun volume sumber daya proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit - Pemaparan materi task dan durasi Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Resources Pustaka 6,7,8 |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Fatmawati lahir di Pare-Pare pada tanggal 15-02-1984 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|