.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:desak.made@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:33 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI PERPAJAKAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Matematika Keuangan dan Bisnis |
AP110922 |
1 |
2 |
3 |
70 |
1 |
10-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Desak Made Ristia Kartika S.Pd., M.Sc. |
Endang Sri Apriani S.E., M.E., CFRM. |
|||||||
NIP/NIK. 199001312020122002 |
NIP/NIK. 2021.90.003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/atau pimpinan dalam suatu organisasi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menjadi teknisi akuntansi ahli yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/atau manufaktur berskala besar dan/atau go-public dan mampu mengaplikasikan pada bidang keahlian akuntansi secara spesifik antara lain akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, sistem informasi akuntansi dan akuntansi syariah yang sesuai dengan standar dan prinsip- prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang akuntansi, melalui proses penganalisisan data keuangan dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi, keahlian interpersonal dan komunikasi (KK-3) Mampu menghasilkan jasa akuntansi perpajakan yang berkualitas yaitu melakukan pengelolaan dokumen perpajakan seperti pengelolaan dokumen PPN dan PPnBM pengelolaan dokumen PPh Badan pengelolaan dokumen PPh Khusus pengelolaan dokumen BPHTB pengelolaan dokumen WP Asing |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menggunakan prinsip dan konsep matematika dalam bidang ekonomi Mampu memahami konsep klasifikasi bilangan dan mampu melakukan operasi pembagian, perkalian, penjumlahan dan pengurangan bilangan berpangkat dan logaritma Mampu menentukan nilai suku suatu barisan, jumlah n suku suatu deret, baik deret hitung maupun deret ukur Mampu menggunakan konsep barisan dan deret untuk menyelesaiakan persoalan bisnis dan ekonomi Mampu menghitung besar komisi, taris komisi, dan omzet penjualan Mampu menghitung besar potongan penjualan, baik tunai maupun system berjangka Mampu menghitung besar bunga, pokok hutang, cicilan dan nilai akhir pinjaman Mampu memahami definisi tingkat diskon dan diskon tunai. Mampu menghitung besar anuitas, membuat tabel amortisasi utang, serta menentukan besar pinjaman awal dan besar simpanan akhir Mampu menghitung nilai penyusutan dan tahu cara memperlambat nilai penyusutan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK 1: Mampu memahami konsep klasifikasi bilangan dan mampu melakukan operasi pembagian, perkalian, penjumlahan dan pengurangan bilangan berpangkat dan logaritma. [C2, A3, P3] Sub CP-MK 2: Mampu menentukan nilai suku suatu barisan, jumlah n suku suatu deret, baik deret hitung maupun deret ukur. [C2, A3, P3] Sub CP-MK 3: Mampu menggunakan konsep barisan dan deret untuk menyelesaiakan persoalan bisnis dan ekonomi. [C3, A3, P3] Sub CP-MK 4: Mampu menghitung besar komisi, taris komisi, dan omzet penjualan. [C3, A3, P3] Sub CP-MK 5: Mampu menghitung besar potongan penjualan, baik tunai maupun system berjangka. [C3, A3, P3] Sub CP-MK 6: Mampu menghitung besar bunga, pokok hutang, cicilan dan nilai akhir pinjaman. [C3, A3, P3] Sub CP-MK 7: Mampu memahami definisi tingkat diskon dan diskon tunai. [C3, A3, P3] Sub CP-MK 8: Mampu menghitung besar anuitas, membuat tabel amortisasi utang, serta menentukan besar pinjaman awal dan besar simpanan akhir. [C3, A3, P3] Sub CP-MK 9: Mampu menghitung nilai penyusutan dan tahu cara memperlambat nilai penyusutan. [C3, A3, P3] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matematika Keuangan adalah bagian dari matematika terapan yang berkaitan dengan pasar keuangan. Dalam materi matematika keuangan dikenal juga dengan istilah keuangan kuantitatif yang merupakan suatu bidang matematika terapan, yang berhubungan dengan pemodelan matematika dari pasar keuangan. Matematika keuangan yang dipelajari di prodi Akuntansi Perpajakan Poltekba menyangkut keterampilan menghitung jual beli dan di bidang ekonomi. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Deret dan Barisan Komisi dan Omzet Penjualan Potongan Penjualan Pinjaman Diskon Anuitas Penyusutan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media: Software: Ms Excel 1. Laptop dan LCD (penunjang) 2. Buku Ajar 3. Slide materi |
|||||||
Dosen Pengampu |
Desak Made Ristia Kartika, |
Mata Kuliah |
Matematika Keuangan dan Bisnis |
|||
Kode Mata Kuliah |
AP110922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK 1: Mampu memahami konsep klasifikasi bilangan dan mampu melakukan operasi pembagian, perkalian, penjumlahan dan pengurangan bilangan berpangkat dan logaritma. [C2, A3, P3] |
1. Ketepatan dalam melakukan operasi pembagian, perkalian, penjumlahan dan pengurangan bilangan |
1. Tes (latihan soal) 2. Non tes (keaktifan mahasiswa) |
Demonstrasi dosen Praktek menghitung Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berpusat pada mahasiswa.
|
1. Operasi bilangan pecahan 2. Operasi bilangan berpangkat 3. Operasi bilangan akar 4. Operasi bilangan logaritma
(1), (2), (3), dan (4) |
3 |
|||
2 | Sub CP-MK 2: Mampu menentukan nilai suku suatu barisan, jumlah n suku suatu deret, baik deret hitung maupun deret ukur. [C2, A3, P3] |
1. Ketepatan dalam menentukan nilai suku suatu barisan 2. Ketepatan dalam menentukan jumlah n suku suatu deret, baik deret hitung maupun deret ukur |
1. Tes (latihan soal) 2. Non tes (keaktifan mahasiswa) |
Demonstrasi dosen Praktek menghitung Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berpusat pada mahasiswa.
|
1. Barisan dan deret hitung 2. Barisan dan deret ukur (1), (2), (3), dan (4) |
4 |
|||
3 | Sub CP-MK 3: Mampu menggunakan konsep barisan dan deret untuk menyelesaiakan persoalan bisnis dan ekonomi. [C3, A3, P3] |
Ketepatan menyelesaikan soal bisnis dan ekonomi menggunakan konsep barisan dan deret
|
1. Tes (latihan soal) 2. Non tes (keaktifan mahasiswa) |
Demonstrasi dosen Praktek menghitung Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berpusat pada mahasiswa.
|
1. Aplikasi barisan dan deret hitung 2. Aplikasi barisan dan deret ukur (1), (2), (3), dan (4) |
4 |
|||
4 | Sub CP-MK 4: Mampu menghitung besar komisi, taris komisi, dan omzet penjualan. [C3, A3, P3] |
Ketepatan dalam menghitung besar komisi, taris komisi, dan omzet penjualan. |
1. Tes (latihan soal) 2. Non tes (keaktifan mahasiswa) |
Demonstrasi dosen Praktek menghitung Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berpusat pada mahasiswa.
|
Komisi dan diskon penjualan (1), (2), (3), dan (4) |
4 |
|||
5 | Sub CP-MK 5: Mampu menghitung besar potongan penjualan, baik tunai maupun system berjangka. [C3, A3, P3] |
Ketepatan dalam menghitung besar potongan penjualan, baik tunai maupun sistem berjangka |
1. Tes (latihan soal) 2. Non tes (keaktifan mahasiswa) |
Demonstrasi dosen Praktek menghitung Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berpusat pada mahasiswa.
|
1. Potongan tunai 2. Potongan berjangka (1), (2), (3), dan (4) |
4 |
|||
6, 7 | Sub CP-MK 6: Mampu menghitung besar bunga, pokok hutang, cicilan dan nilai akhir pinjaman. [C3, A3, P3] |
Ketepatan dalam menghitung besar bunga, pokok hutang, cicilan dan nilai akhir pinjaman |
1. Tes (latihan soal) 2. Non tes (keaktifan mahasiswa) |
Demonstrasi dosen Praktek menghitung Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berpusat pada mahasiswa.
|
1. Konsep Bunga Sederhana dan Nilai Waktu dari Uang 2. Variasi Soal Persamaan Bunga Sederhana 3. Menghitung Jumlah Hari 4. Pembayaran dengan Angsuran Bunga Sederhana (1), (2), (3), dan (4) |
4 |
|||
Sub CP-MK 6: Mampu menghitung besar bunga, pokok hutang, cicilan dan nilai akhir pinjaman. [C3, A3, P3] |
Ketepatan dalam menghitung besar bunga, pokok hutang, cicilan dan nilai akhir pinjaman |
1. Tes (latihan soal) 2. Non tes (keaktifan mahasiswa) |
Demonstrasi dosen Praktek menghitung Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berpusat pada mahasiswa.
|
1. Prinsip bunga majemuk 2. Faktor majemuk (1), (2), (3), dan (4) |
4 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CP-MK 7: Mampu memahami definisi tingkat diskon dan diskon tunai. [C3, A3, P3] |
Ketepatan dalam menghitung tingkat diskon dan diskon tunai dalam sistem pembayaran |
1. Tes (latihan soal) 2. Non tes (keaktifan mahasiswa) |
Demonstrasi dosen Praktek menghitung Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berpusat pada mahasiswa.
|
1. Tingkat Diskon 2. Diskon Tunai (1), (2), (3), dan (4) |
4 |
|||
10, 11, 12, 13, 14 | Sub CP-MK 8: Mampu menghitung besar anuitas, membuat tabel amortisasi utang, serta menentukan besar pinjaman awal dan besar simpanan akhir. [C3, A3, P3] |
Ketepatan dalam Menghitung besar anuitas, membuat tabel amortisasi utang, serta menentukan besar pinjaman awal dan besar simpaan akhir. |
1. Tes (latihan soal) 2. Non tes (keaktifan mahasiswa) |
Demonstrasi dosen Praktek menghitung Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berpusat pada mahasiswa.
|
1. Persamaan Anuitas Nilai Sekarang (Present Value) 2. Menghitung Cicilan dengan Anuitas Biasa (1), (2), (3), dan (4) |
4 |
|||
Sub CP-MK 8: Mampu menghitung besar anuitas, membuat tabel amortisasi utang, serta menentukan besar pinjaman awal dan besar simpanan akhir. [C3, A3, P3] |
Ketepatan dalam membuat tabel KPR dengan suku bunga tertentu, baik manual maupun menggunakan komputer |
1. Tes (latihan soal) 2. Non tes (keaktifan mahasiswa) |
Demonstrasi dosen Praktek menghitung Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berpusat pada mahasiswa.
|
1. Membuat Tabel KPR dengan Anuitas 2. Menghitung Jumlah Periode Anuitas (1), (2), (3), dan (4) |
4 |
||||
Sub CP-MK 8: Mampu menghitung besar anuitas, membuat tabel amortisasi utang, serta menentukan besar pinjaman awal dan besar simpanan akhir. [C3, A3, P3] |
Ketepatan dalam mempresentasikan dan mendiskuiskan suku bunga berbagai produk pinjaman bank (diskusi ke-1) |
1. Tes (latihan soal) 2. Non tes (keaktifan mahasiswa) |
Demonstrasi dosen Praktek menghitung Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berpusat pada mahasiswa.
|
1. Persamaan Anuitas Nilai Yang Akan Datang ( Future Value ) 2. Menghitung Besar Tabungan Periodik (1), (2), (3), dan (4) |
4 |
||||
Sub CP-MK 8: Mampu menghitung besar anuitas, membuat tabel amortisasi utang, serta menentukan besar pinjaman awal dan besar simpanan akhir. [C3, A3, P3] |
Ketepatan dalam mempresentasikan dan mendiskuiskan suku bunga berbagai produk pinjaman bank (diskusi ke-2) |
1. Tes (latihan soal) 2. Non tes (keaktifan mahasiswa) |
Demonstrasi dosen Praktek menghitung Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berpusat pada mahasiswa.
|
1. KPR 2. KTA 3. KUR (1), (2), (3), dan (4) |
4 |
||||
Sub CP-MK 8: Mampu menghitung besar anuitas, membuat tabel amortisasi utang, serta menentukan besar pinjaman awal dan besar simpanan akhir. [C3, A3, P3] |
Ketepatan dalam menghitung pokok pinjaman beserta bunga. |
1. Tes (latihan soal) 2. Non tes (keaktifan mahasiswa) |
Demonstrasi dosen Praktek menghitung Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berpusat pada mahasiswa.
|
Suku bunga pinjaman bank (1), (2), (3), dan (4) |
4 |
||||
15 | Sub CP-MK 9: Mampu menghitung nilai penyusutan dan tahu cara memperlambat nilai penyusutan. [C3, A3, P3] |
Ketepatan dalam menghitung nilai penyusutan |
1. Tes (latihan soal) 2. Non tes (keaktifan mahasiswa) |
Demonstrasi dosen Praktek menghitung Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berpusat pada mahasiswa.
|
1. Metode Garis Lurus (Straight Line Method) 2. Metode Unit Produksi 3. Perhitungan Sederhana Persentase Penyusutan Secara Harga Pasar 4. Perhitungan Penyusutan Secara Kumulatif (1), (2), (3), dan (4) |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Desak Made Ristia Kartika lahir di Parigi Moutong pada tanggal 1990-01-31 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|