.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mikail.eko@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:46 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2021/2022 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Elektronika Industri |
TE210319 |
1 |
1 |
2 |
56 |
3 |
28-11-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mikail Eko Prasetyo Widagda S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 197807012021211008 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (S-7) Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dankonfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi (P-7) Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistema kendali (KU-6) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya (KU-8) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untukmenjaminkesahihan dan mencegah plagiasi pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah instrumentasi dan system kendali menggunakan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (KK-3) Mampu merealisasikan rancangan sistem kendali sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (KK-4) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan (KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika CP-MK 2 : Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya CP-MK 3 : Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan CP-MK 4 : Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara tepat |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan kegunaan elektronika industri Sub-CPMK 2 : Mampu menjelaskan Aktuator sesuai permasalahan yang ditentukan Sub-CPMK 3 : Mampu menjelaskan konverter dalam sistem pengkondisi sinyal Sub-CPMK 4 : Mampu memahami prinsip kerja kendali dalam industri Sub-CPMK 5 : a). Mampu memahami prinsip kerja komunikasi data dalam sIstem otomasi. b). Mampu menjelaskan fungsi data akuisisi dan supervisory control pada sistem otomasi modern dalam industri Sub-CPMK 6 : Memahami prinsip kerja interface Sub-CPMK 7 : Mampu menganalisis SCADA Sub-CPMK 9 : Mampu menjelaskan MES sebagai Lapisan Antara Control dan Enterprise pada hirarki sistem otomasi Sub-CPMK 10 : Mampu merancang dan menganalisis sistem scada dengan Wonderware Scada atau dengan CX-Designer Sub-CPMK 11 : Mampu merancang dan menganalisis simulasi PLC dan interface Sub-CPMK 12 : Mampu merancang dan menganalisis simulasi PLC dan interface Sub-CPMK 13 : Mampu merancang dan menganalisis simulasi PLC dan interface Sub-CPMK 14 : Mampu merancang dan menganalisis simulasi PLC dan interface Sub-CPMK 15 : Mampu menjelaskan MES sebagai lapisan Antara Control dan Enterprise pada hirarki system otomasi |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Elektronika Industri akan mengkaji tentang konsep elektronika yang digunakan dalam proses kontrol di industri. Komponen-komponen yang digunakan dalam elektronika industri (Sensor dan transduser, Aktuator, Motor listrik, dan komponen komponen elektronika daya). Prinsip Logika Kombinasional, Dasar Pemrograman PLC, Dasar Pemrograman Mikrokontroler, Fungsi-fungsi khusus dalam pemrograman PLC dan pemrograman Mikrokontroler, Perancangan dan Implementasi Logika Kombinasional dengan penyelesaian akhir menggunakan Pemrograman PLC, Pemrograman Mikrokontroler, Timer, Counter, dan fungsi logika sekuensial yang lain, Perancangan dan Implementasi Logika Sekuensial dengan penyelesaian akhir menggunakan Pemrograman PLC dan Pemrograman Mikrokontroler serta Aplikasi Sistem Elektronika berbasis PLC dan berbasis Mikrokontroler. Kualitas produk yang dihasilkan salah satunya ditentukan oleh proses di dalam produksinya. Proses adalah suatu mekanisme yang tidak terlepas dari pengukuran dan pengaturan. Dalam perkuliahan ini dibahas tentang teknologi otomasi di industri dan sistem komunikasinya. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
- Pendahuluan Sistem Otomasi pada Industri. - Aktuator Elektrik dan Pneumatik. - Sistem Pengkondisi Sinyal. - Kendali PID pada PLC. - Komunikasi data dalam Otomasi. - Operator Interface dan SCADA. - Manufacturing Excecution System. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Agfianto Eko Putra, 2017. PLC, Konsep, Pemrograman dan Aplikasi (Omron CPM1A/CPM2A dan ZEN Programmable Relay). Edisi Ke-2, Cetakan 1, Gava Media, Yogyakarta. 2. Iwan Setiawan, Dhewiberta Hardjono, 2006. Programmable Logic Controller (PLC) dan TeknikĀ Perancangan Sistem Kontrol. Andi Offset, Yogyakarta. 3. KF Ibrahim, 1996. Teknik Digital. Edisi 1, Cetakan 1, Andi Offset, Yogyakarta. 4. RALPH J. SMITH, Circuits, Devices and System, A First Course In Electrical Engineering, John Willey & Sons.
5. TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application, Mc Graw Hill.
6. CHARLES A. SCHULER, WILLIAM L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, Mc Graw Hill.
7. JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, Mc Graw Hill. 8. JACOB MILLMAN, CHRISTOS C HALKIAS, Integrated Electronics, Analog and Digital Circuits and Systems, Mc Graw Hill. 9. SAMUEL C LEE, Digital Circuits and Logic Design, Prentice Hall.
10. BENYAMIN KUO, Automatic Control System, Prentice Hall International. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. LCD, PC/Laptop, Program/software Logix, Delphi 7, Visual Basic. 2. Sumber belajar : Observasi, dan wawancara. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mikail Eko Prasetyo Widagda, |
Mata Kuliah |
Elektronika Industri |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE210319 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan kegunaan elektronika industri |
1. Menjelaskan Konsep Dasar Elektronika Industri; 2. Menjelaskan Pemakaian Elektronika Industri. |
1. Pemahaman Materi; 2. Bentuk non-test : Diskusi. Karateristik Pembelajaran: Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
1. Ceramah; 2. Diskusi (Tanya jawab) : a). Teori : TM 1x (3x50'); b). Praktek:TM 1 x (2 x 50’) x 3. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Masalah, Metode Kooperatif
|
Pengantar Kuliah: a). Penyampaian RPS; b). Penjelasan Model Pembelajaran Yang Digunakan; c). Pendahuluan Sistem Otomasi Pada Industri; d). Aktuator Elektrik dan Pneumatik; e). Sistem Pengkondisi Sinyal; f). Kendali PID Pada PLC; g). Komunikasi Data Dalam Otomasi; h). Operator Interface dan SCADA; i). Manufacturing Excecution System. a). RALPH J. SMITH, Circuits, Devices and System, A First Course In Electrical Engineering, John Willey & Sons; b). TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application,McGraw hill.; c). CHARLES A. SCHULER, WILLIAM L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, Mc Graw Hill. d). JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, McGrawHill; e). JACOB MILLMAN, CHRISTOS C HALKIAS, Integrated Electronics, Analog and Digital Circuits and Systems, McGraw Hill - SAMUEL C LEE, f). Digital Circuits and Logic Design, Prentice Hall; g). BENYAMIN KUO, Automatic Control System, Prentice Hall International. |
5 |
|||
2 | Sub-CPMK 2 : Mampu menjelaskan Aktuator sesuai permasalahan yang ditentukan |
Menjelaskan Aktuator Elektrik dan Pnuematik. |
Kriteria : Ketepatan dan Pemahaman Materi. Bentuk non-test : Diskusi. Karateristik Pembelajaran: Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
a). Ceramah; b). Tanya-jawab; c). Diskusi Teori : TM 1x (3x50'); d). Praktek : TM 1 x (2 x 50’) x 3. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Masalah, Metode Kooperatif |
Aktuator Elektrik dan Pneumatik. a). RALPH J. SMITH, Circuits, Devices and System, A First Course In Electrical Engineering, John Willey & Sons; b). TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application,McGraw Hill; c). CHARLES A. SCHULER, WILLIAM L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, McGraw Hill; d). JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, McGrawHill; e). JACOB MILLMAN, CHRISTOS C HALKIAS, Integrated Electronics, Analog and Digital Circuits and Systems, McGraw Hill; f). SAMUEL C LEE, Digital Circuits and Logic Design, Prentice Hall; g). BENYAMIN KUO, Automatic Control System, Prentice Hall International. |
5 |
|||
3 | Sub-CPMK 3 : Mampu menjelaskan konverter dalam sistem pengkondisi sinyal |
Menjelaskan Converter Dalam Pengkondisian Sinyal. |
Kriteria : Ketepatan dan Pemahaman Materi. Bentuk non-test : Diskusi. Karateristik Pembelajaran: Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
a). Ceramah; b). Tanya-jawab; c). Diskusi; d). Tugas 1 Teori : TM 1x (3x50'); e). Praktek : TM 1 x (2 x 50’) x 3. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Masalah, Metode Kooperatif |
Sistem Pengkondisi Sinyal : a). Analog to Digital Converter; b). Digital to Analog Converter; c). Electric to Pnuematic; d). Pneumatic to Electric. a). RALPH J. SMITH, Circuits, Devices and System, A First Course In Electrical Engineering, John Willey & Sons; b). TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application,McGraw Hill; c). CHARLES A. SCHULER, WILLIAM L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, McGraw Hill; d). JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, McGrawHill; e). JACOB MILLMAN, CHRISTOS C HALKIAS, Integrated Electronics, Analog and Digital Circuits and Systems, McGraw Hill; f). SAMUEL C LEE, Digital Circuits and Logic Design, Prentice Hall; g). BENYAMIN KUO, Automatic Control System, Prentice Hall International. |
5 |
|||
4 | Sub-CPMK 4 : Mampu memahami prinsip kerja kendali dalam industri |
Menjelaskan Sistem Kendali Dalam Industri. |
Kriteria : Ketepatan dan Pemahaman Materi. Bentuk non-test : Diskusi. Karateristik Pembelajaran: Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
a). Ceramah; b). Tanya-jawab; c). Diskusi; d). Tugas 2 Teori : TM 1x (3x50'); e). Praktek : TM 1 x (2 x 50’) x 3. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Masalah, Metode Kooperatif |
Kendali Pada Elektronika Industri. a). RALPH J. SMITH, Circuits, Devices and System, A First Course In Electrical Engineering, John Willey & Sons; b). TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application,McGraw Hill; c). CHARLES A. SCHULER, WILLIAM L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, McGraw Hill; d). JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, McGrawHill; e). JACOB MILLMAN, CHRISTOS C HALKIAS, Integrated Electronics, Analog and Digital Circuits and Systems, McGraw Hill; f). SAMUEL C LEE, Digital Circuits and Logic Design, Prentice Hall ; g). BENYAMIN KUO, Automatic Control System, Prentice Hall International. |
5 |
|||
5 | Sub-CPMK 5 : a). Mampu memahami prinsip kerja komunikasi data dalam sIstem otomasi. b). Mampu menjelaskan fungsi data akuisisi dan supervisory control pada sistem otomasi modern dalam industri |
a). Prinsip Kerja Komunikasi Data Dalam Sistem Otomasi; b). Fungsi Akuisisi Data Supervisory Control Pada Sistem Otomasi. |
Kriteria : Ketepatan dan Pemahaman Materi. Bentuk non-test : Diskusi. Karateristik Pembelajaran: Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
a). Ceramah; b). Tanya-jawab; c). Tugas 3 Teori : TM 1x (3x50'); d). Praktek : TM 1 x (2 x 50’) x 3. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Masalah, Metode Kooperatif |
Komunikasi Data Dalam Otomasi. a). RALPH J. SMITH, Circuits, Devices and System, A First Course In Electrical Engineering, John Willey & Sons; b). TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application,McGraw Hill; c). CHARLES A. SCHULER, WILLIAM L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, McGraw Hill; d). JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, McGrawHill; e). JACOB MILLMAN, CHRISTOS C HALKIAS, Integrated Electronics, Analog and Digital Circuits and Systems, McGraw Hill; f). SAMUEL C LEE, Digital Circuits and Logic Design, Prentice Hall; g). BENYAMIN KUO, Automatic Control System, Prentice Hall International. |
5 |
|||
6 | Sub-CPMK 6 : Memahami prinsip kerja interface |
Menjelaskan Fungsi MES Dalam Industri. |
Kriteria : Ketepatan dan Pemahaman Materi. Bentuk non-test : Diskusi. Karateristik Pembelajaran: Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
a). Ceramah; b). Tanya-jawab Teori : TM 1x (3x50'); c). Praktek :TM 1 x (2 x 50’) x 3. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Masalah, Metode Kooperatif |
Operator Interface. a). RALPH J. SMITH, Circuits, Devices and System, A First Course In Electrical Engineering, John Willey & Sons; b). TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application,McGraw Hill; c). CHARLES A. SCHULER, WILLIAM L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, McGraw Hill; d). JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, McGrawHill; e). JACOB MILLMAN, CHRISTOS C HALKIAS, Integrated Electronics, Analog and Digital Circuits and Systems, McGraw Hill; f). SAMUEL C LEE, Digital Circuits and Logic Design, Prentice Hall; g). BENYAMIN KUO, Automatic Control System, Prentice Hall International. |
5 |
|||
7 | Sub-CPMK 7 : Mampu menganalisis SCADA |
Menganalisis Sistem SCADA. |
Kriteria : Ketepatan dan Pemahaman Materi. Bentuk non-test : Diskusi. Karateristik Pembelajaran: Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
a). Ceramah; b). Tanya-jawab; c). Teori : TM 1x (3x50'); d). Praktek : TM 1 x (2 x 50’) x 3. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Masalah, Metode Kooperatif |
Operator SCADA. a). RALPH J. SMITH, Circuits, Devices and System, A First Course In Electrical Engineering, John Willey & Sons; b). TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application,McGraw Hill; c). CHARLES A. SCHULER, WILLIAM L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, McGraw Hill; d). JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, McGrawHill; e). JACOB MILLMAN, CHRISTOS C HALKIAS, Integrated Electronics, Analog and Digital Circuits and Systems, Mc Graw Hill; f). SAMUEL C LEE, Digital Circuits and Logic Design, Prentice Hall; g). BENYAMIN KUO, Automatic Control System, Prentice Hall International. |
5 |
|||
8 | UTS (Ujian Tengah Semester) |
|
25 |
||||||
9 | Sub-CPMK 9 : Mampu menjelaskan MES sebagai Lapisan Antara Control dan Enterprise pada hirarki sistem otomasi |
Menjelaskan Fungsi MES Dalam Industri. |
Kriteria : Ketepatan dan Pemahaman Materi; Bentuk non-test : Diskusi. Karateristik Pembelajaran: Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
a). Ceramah; b). Tanya-jawab; c). Teori : TM 1x (3x50'); d). Praktek : TM 1 x (2 x 50’) x 3. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Masalah, Metode Kooperatif |
Manufacturing Excecution System (MES). MES sebagai Lapisan Antara Control dan Enterprise Pada Hirarki SIstem Otomasi. a). RALPH J. SMITH, Circuits, Devices and System, A First Course In Electrical Engineering, John Willey & Sons; b). TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application, McGraw Hill; c). CHARLES A. SCHULER, WILLIAM L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, McGraw Hill; d). JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, McGraw Hill; e). JACOB MILLMAN, CHRISTOS C HALKIAS, Integrated Electronics, Analog and Digital Circuits and Systems, McGraw Hill; f). SAMUEL C LEE, Digital Circuits and Logic Design, Prentice Hall; g). BENYAMIN KUO, Automatic Control System, Prentice Hall International. |
5 |
|||
10 | Sub-CPMK 10 : Mampu merancang dan menganalisis sistem scada dengan Wonderware Scada atau dengan CX-Designer |
Ketepatan Dalam Merancang Sistem Simulasi Interface. |
Kriteria : Ketepatan dan Pemahaman materi; Bentuk non-test : Diskusi. Karateristik Pembelajaran: Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
a). Ceramah; b). Tanya-jawab; c). Kerja Kelompok Ahli : Mendefinisikan Masalah, Merencanakan Pemecahan Masalah, Memecahkan Masalah; d). Tugas 4 Teori : TM 1x (3x50'); e). Praktek : TM 1 x (2 x 50’) x 3. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Masalah, Metode Kooperatif |
Masalah (Project)-1 : Rancanglah Simulasi PLC dan Interface Untuk Industri Dengan Menggunakan Wonderware Intouch atau CX-Deginer. Bahan Kajian : a). Door; b). Silo; c). Traffic Light; d). Bottle; e). Batch; f). Elevator. a). RALPH J. SMITH, Circuits, Devices and System, A First Course In Electrical Engineering, John Willey & Sons; b). TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application, McGraw Hill; c). CHARLES A. SCHULER, WILLIAM L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, McGraw Hill; d). JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, McGraw Hill; e). JACOB MILLMAN, CHRISTOS C HALKIAS, Integrated Electronics, Analog and Digital Circuits and Systems, McGraw Hill; f). SAMUEL C LEE, Digital Circuits and Logic Design, Prentice Hall; g). BENYAMIN KUO, Automatic Control System, Prentice Hall International. |
5 |
|||
11 | Sub-CPMK 11 : Mampu merancang dan menganalisis simulasi PLC dan interface |
Ketepatan Dalam Merancang Sistem Simulasi PLC dan Interface. |
Kriteria : Ketepatan dan Pemahaman Materi. Bentuk non-test : Diskusi. Karateristik Pembelajaran: Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
a). Kerja Kelompok Ahli : Memecahkan Masalah Perancangan dan Analisis Sistem Kendali Yang Optimal; b). Tutorial Sebaya Dalam Kelompok Asal; c). Presentasi Hasil Pemecahan Masalah; d). Tanya jawab; e). Tugas 5 Teori : TM 1x (3x50'); f). Praktek: TM 1 x (2 x 50’) x 3. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Masalah, Metode Kooperatif |
Masalah (Project)-2 : Rancanglah Simulasi PLC dan Interface Untuk Industri Dengan Menggunakan Wonderware Intouch atau Menggunakan CX-Designer. Bahan Kajian : a). Door; b). Silo; c). Traffic Light; d). Bottle; e). Batch; f). Elevator. a). RALPH J. SMITH, Circuits, Devices and System, A First Course In Electrical Engineering, John Willey & Sons; b). TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application, McGraw Hill; c). CHARLES A. SCHULER, WILLIAM L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, McGraw Hill; d). JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, McGraw Hill; e). JACOB MILLMAN, CHRISTOS C HALKIAS, Integrated Electronics, Analog and Digital Circuits and Systems, McGraw Hill; f). SAMUEL C LEE, Digital Circuits and Logic Design, Prentice Hall; g). BENYAMIN KUO, Automatic Control System, Prentice Hall International. |
5 |
|||
12 | Sub-CPMK 12 : Mampu merancang dan menganalisis simulasi PLC dan interface |
Ketepatan Dalam Merancang Sistem Simulasi PLC dan Interface. |
Kriteria : Ketepatan dan Pemahaman Materi. Bentuk non-test : Diskusi. Karateristik Pembelajaran: Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
a). Evaluasi dan Refleksi Pemecahan Masalah; b). Tindak lanjut : Perbaikan Hasil Pemecahan Masalah; c). Tugas 6 Teori : TM 1x (3x50'); d). Praktek :TM 1 x (2 x 50’) x 3. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Masalah, Metode Kooperatif |
Masalah (Project)-3 : Rancanglah Simulasi PLC dan Interface Untuk Industri Dengan Menggunakan Wonderware Intouch atau Menggunakan CX-Designer. Bahan Kajian : a). Door; b). Silo; c). Traffic Light; d). Bottle; e). Batch; f). Elevator. a). RALPH J. SMITH, Circuits, Devices and System, A First Course In Electrical Engineering, John Willey & Sons; b). TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application, McGraw Hill; c). CHARLES A. SCHULER, WILLIAM L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, McGraw Hill; d). JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, McGraw Hill; e). JACOB MILLMAN, CHRISTOS C HALKIAS, Integrated Electronics, Analog and Digital Circuits and Systems, McGraw Hill; f). SAMUEL C LEE, Digital Circuits and Logic Design, Prentice Hall; g). BENYAMIN KUO, Automatic Control System, Prentice Hall International. |
5 |
|||
13 | Sub-CPMK 13 : Mampu merancang dan menganalisis simulasi PLC dan interface |
Ketepatan Dalam Merancang Sistem Simulasi PLC dan Interface. |
Kriteria : Ketepatan dan Pemahaman Materi. Bentuk non-test : Diskusi. Karateristik Pembelajaran: Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
a). Ceramah; b). Tanya-jawab c). Kerja Kelompok Ahli : Mendefinisikan Masalah, Merencanakan Pemecahan Masalah, Memecahkan Masalah; d). Tugas 7 Teori : TM 1x (3x50'); e). Praktek : TM 1 x (2 x 50’) x 3. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Masalah, Metode Kooperatif |
Masalah (Project)-4 : Rancanglah Simulasi PLC dan Interface Untuk Industri Dengan Menggunakan Wonderware Intouch atau Menggunakan CX-Designer. Bahan Kajian : a). Door; b). Silo; c). Traffic Light; d). Bottle; e). Batch; f). Elevator. a). RALPH J. SMITH, Circuits, Devices and System, A First Course In Electrical Engineering, John Willey & Sons; b). TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application, McGraw Hill; c). CHARLES A. SCHULER, WILLIAM L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, McGraw Hill; d). JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, McGraw Hill; e). JACOB MILLMAN, CHRISTOS C HALKIAS, Integrated Electronics, Analog and Digital Circuits and Systems, McGraw Hill; f). SAMUEL C LEE, Digital Circuits and Logic Design, Prentice Hall; g). BENYAMIN KUO, Automatic Control System, Prentice Hall International. |
5 |
|||
14 | Sub-CPMK 14 : Mampu merancang dan menganalisis simulasi PLC dan interface |
Ketepatan Dalam Merancang Sistem Simulasi PLC dan Interface. |
Kriteria : Ketepatan dan Pemahaman Materi. Bentuk non-test : Diskusi. Karateristik Pembelajaran: Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
a). Kerja Kelompok Ahli : Memecahkan Masalah Perancangan dan Analisis Sistem Kendali Yang Optimal; b). Tutorial Sebaya Dalam Kelompok Asal; c). Presentasi Hasil Pemecahan Masalah; d). Tanya jawab; e). Evaluasi dan Refleksi Pemecahan Masalah; f). Tindak Lanjut: Perbaikan Hasil Pemecahan Masalah; g). Tugas 8 Teori : TM 1x (3x50'); h). Praktek : TM 1 x (2 x 50’) x 3. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Masalah, Metode Kooperatif |
Masalah (Project)-5 : Rancanglah Simulasi PLC dan Interface Untuk Industri Dengan Menggunakan Wonderware Intouch atau Menggunakan CX-Designer. Bahan Kajian : a). Door; b). Silo; c). Traffic Light; d). Bottle; e). Batch; f). Elevator. a). RALPH J. SMITH, Circuits, Devices and System, A First Course In Electrical Engineering, John Willey & Sons; b). TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application, McGraw Hill; c). CHARLES A. SCHULER, WILLIAM L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, McGraw Hill; d). JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, McGraw Hill; e). JACOB MILLMAN, CHRISTOS C HALKIAS, Integrated Electronics, Analog and Digital Circuits and Systems, McGraw Hill; f). SAMUEL C LEE, Digital Circuits and Logic Design, Prentice Hall; g). BENYAMIN KUO, Automatic Control System, Prentice Hall International. |
5 |
|||
15 | Sub-CPMK 15 : Mampu menjelaskan MES sebagai lapisan Antara Control dan Enterprise pada hirarki system otomasi |
Ketepatan Dalam Merancang Sistem Simulasi PLC dan Interface. |
Kriteria : Ketepatan dan Pemahaman Materi. Bentuk non-test : Diskusi. Karateristik Pembelajaran: Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
a). Ceramah; b). Tanya-jawab; c). Kerja Kelompok Ahli : Mendefinisikan Masalah, Merencanakan Pemecahan Masalah, Memecahkan Masalah; d). Tugas 9 Teori : TM 1x (3x50'); e). Praktek : TM 1 x (2 x 50’) x 3. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan Masalah, Metode Kooperatif |
Masalah (Project)-6 : Rancanglah Simulasi PLC dan Interface Untuk Industri Dengan Menggunakan Wonderware Intouch atau Menggunakan CX-Designer. Bahan Kajian : a). Door; b). Silo; c). Traffic Light; d). Bottle; e). Batch; f). Elevator. a). RALPH J. SMITH, Circuits, Devices and System, A First Course In Electrical Engineering, John Willey & Sons; b). TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application, McGraw Hill; c). CHARLES A. SCHULER, WILLIAM L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, McGraw Hill; d). JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, McGraw Hill; e). JACOB MILLMAN, CHRISTOS C HALKIAS, Integrated Electronics, Analog and Digital Circuits and Systems, McGraw Hill; f). SAMUEL C LEE, Digital Circuits and Logic Design, Prentice Hall; g). BENYAMIN KUO, Automatic Control System, Prentice Hall International. |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mikail Eko Prasetyo Widagda lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|