.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:nurwahidah.jamal@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:36 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
|||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
|||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2021/2022 |
|||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
||||
T |
P |
TOTAL |
|||||||
Teknik Digital Lanjut |
TE121119 |
1 |
1 |
2 |
56 |
2 |
28-11-2024 |
||
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
|||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
|||||||
Nurwahidah Jamal S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
||||||||
NIP/NIK. 196905222007012024 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
||||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
||||||||
SIKAP |
|||||||||
(S-10) Menginternalisasi semangat kemadirian, kejuangan dan kewirausahaan |
|||||||||
PENGETAHUAN |
|||||||||
(P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3 |
|||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
||||||||
(KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
|||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
|||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika teknik dan fisika terapan kedalam prosedur dan praktek instalasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidentifikasi sumber masalah (trouble shooting), dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan teori yang bersesuaian (KK-3) Mampu merealisasikan rancangan sistem kendali sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika |
|||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
||||||||
CPMK-6: Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dalam menghasilkan produk system digital sederhana yang diperlukan CPMK-10: Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam menghasilkan produk system digital sederhana CPMK-12: Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian sistem digital menggunakan prosedur dan standar International Electrotechnical Commission (IEC) CPMK-14: Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang sistem digital CPMK-18: Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium, dan K3 dalam melakukan pembuatan dan pengujian produk system digital sederhana CPMK-22: Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja sistem digital secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan CPMK-29: Mampu merealisasikan rancangan sistem digital sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC. CPMK-33: Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji, dan memodifikasi rangkaian elektronika digital |
|||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
|||||||||
Sub-CPMK-1: Mampu membandingkan, menggambar rangkaian, dan menguraikan prinpsip kerja multivibrator, latch, rangkaian sequensial, register, counter, Arimatika Logic Unit (ALU), dan Analog to Digital Converter (ADC), dan Digital to Analog Converter (DAC) Sub-CPMK-2: Mampu melakukan survey untuk mendapatkan informasi kebutuhan masyarakat tentang rangkaian digital sederhana Sub-CPMK-3: Mampu merancang alat sederhana aplikasi sistem digital Sub-CPMK-4: Mampu membuat alat sederhana aplikasi sistem digital Sub-CPMK-5: Mampu melakukan pengujian dan perbaikan alat sederhana aplikasi sistem digital Sub-CPMK-6: Mampu membuat laporan dan melakukan presentasi secara mandiri terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
|||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
|
||||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Multivibrator |
||||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1.
Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2.
Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3.
Sutanto, Rangkaian Elektronika, Universitas Indonesia 1997 |
||||||||
Media Pembelajaran |
Media : LCD Proyektor |
||||||||
Dosen Pengampu |
Nurwahidah Jamal, |
Mata Kuliah |
Teknik Digital Lanjut |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE121119 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||||
1 | Sub-CPMK-1: Mampu membandingkan, menggambar rangkaian, dan menguraikan prinpsip kerja multivibrator, latch, rangkaian sequensial, register, counter, Arimatika Logic Unit (ALU), dan Analog to Digital Converter (ADC), dan Digital to Analog Converter (DAC) |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test & test:
Intergrative Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
[PB: 1mgx(4x50”)] Tugas-1: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang; multivibrator, latch.
[PT: 1mgx(2sksx60”)] [KM: 1mgx(2sksx60”)] Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Multivibrator: Pengertian, fungsi, jenis-jenis, gambar rangkaian, prinsip kerja dan aplikasi multivibtrator. Latch: Pengertaian, jenis-jenis latch, symbol, gambar rangkaian dan prinsip kerja latch
|
5 |
|||||
2 | Sub-CPMK-1: Mampu membandingkan, menggambar rangkaian, dan menguraikan prinpsip kerja multivibrator, latch, rangkaian sequensial, register, counter, Arimatika Logic Unit (ALU), dan Analog to Digital Converter (ADC), dan Digital to Analog Converter (DAC) |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test & test:
Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
[PB: 1mgx(4x50”)]
Tugas-2: Menyususn Materi Presentasi dan Presentasi Kelompok
[PT: 1mgx(2sksx60”)] [KM: 1mgx(2sksx60”)] Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Rangkaian Sequensial : Pengertian, fungsi, jenis-jenis, gambar rangkaian, prinsip kerja dan aplikasi rangkaian sequensial
|
5 |
|||||
3 | Sub-CPMK-1: Mampu membandingkan, menggambar rangkaian, dan menguraikan prinpsip kerja multivibrator, latch, rangkaian sequensial, register, counter, Arimatika Logic Unit (ALU), dan Analog to Digital Converter (ADC), dan Digital to Analog Converter (DAC) |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test & test:
Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
[PB: 1mgx(3x50”)] Tugas-3: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang; register [PT: 1mgx(2sksx60”)] [KM: 1mgx(2sksx60”)] Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Register: Pengertian, fungsi, jenis-jenis, gambar rangkaian, prinsip kerja dan aplikasi register. Counter: Pengertian, fungsi, jenis-jenis, gambar rangkaian, prinsip kerja dan aplikasi counter.
|
5 |
|||||
4 | Sub-CPMK-1: Mampu membandingkan, menggambar rangkaian, dan menguraikan prinpsip kerja multivibrator, latch, rangkaian sequensial, register, counter, Arimatika Logic Unit (ALU), dan Analog to Digital Converter (ADC), dan Digital to Analog Converter (DAC) |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test & test:
Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa
|
[PB: 1mgx(3x50”)] Tugas-4:
[PT: 1mgx(2sksx60”)] [KM: 1mgx(2sksx60”)] Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Counter: Pengertian, fungsi, jenis-jenis, gambar rangkaian, prinsip kerja dan aplikasi counter.
|
4 |
|||||
5 | Sub-CPMK-1: Mampu membandingkan, menggambar rangkaian, dan menguraikan prinpsip kerja multivibrator, latch, rangkaian sequensial, register, counter, Arimatika Logic Unit (ALU), dan Analog to Digital Converter (ADC), dan Digital to Analog Converter (DAC) |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test & test:
Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
[PB: 1mgx(3x50”)] Tugas-5: Menyusun ringkasan materi dalam bentuk makalah tentang; Arimatika Logic Unit (ALU) dan Analog to Digital Converter (ADC) - Digital to Analog Converter (DAC) [PT: 1mgx(2sksx60”)] [KM: 1mgx(2sksx60”)] Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Arimatika Logic Unit (ALU) Analog to Digital Converter (ADC), dan Digital to Analog Converter (DAC)
|
5 |
|||||
6 | Sub-CPMK-2: Mampu melakukan survey untuk mendapatkan informasi kebutuhan masyarakat tentang rangkaian digital sederhana |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test
Review hasil data hasil survei Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
[TM: 1mgx(4 x 50’] Tugas 6:
Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Survei lapangan untuk proyek a. Clock aplikasi multivibrator b. Lampu taman aplikasi rangkaian sekuensial, c. Running teks aplikasi register dan counter d. Penghitung kendaraan sepeda motor aplikasi register dan counter e. Kalkulator sederhana aplikasi Arimatika Logic Unit (ALU) f. Alat aplikasi ADC
|
10 |
|||||
7 | Sub-CPMK-3: Mampu merancang alat sederhana aplikasi sistem digital |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test:
Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
[PB: 2mgx(4x50”)] [PB: 1mgx(2x50”)]
Tugas-5: Merancang alat sederhana aplikasi sistem digital Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Merancang alat sederhana aplikasi sistem digital Utama:
|
7 |
|||||
8 | Sub-CPMK-3: Mampu merancang alat sederhana aplikasi sistem digital |
Ketepatan dalam:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test:
Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
[PB: 2mgx(4x50”)] [PB: 1mgx(2x50”)]
Tugas-5: Lanjutan merancang alat sederhana aplikasi sistem digital Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Merancang alat sederhana aplikasi sistem digital Utama:
|
6 |
|||||
9 | Sub-CPMK-4: Mampu membuat alat sederhana aplikasi sistem digital |
Ketepatan dalam: membuat alat sederhana aplikasi sistem digital |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test:
Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
[PB: 3mgx(4x50”)] Tugas-6: Membuat alat sederhana aplikasi sistem digital Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Membuat alat sederhana aplikasi sistem digital Utama:
|
7 |
|||||
10 | Sub-CPMK-4: Mampu membuat alat sederhana aplikasi sistem digital |
Ketepatan dalam: membuat alat sederhana aplikasi sistem digital |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test:
Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
[PB: 3mgx(4x50”)]
Tugas-6: Lanjutan membuat alat sederhana aplikasi sistem digital Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Membuat alat sederhana aplikasi sistem digital Utama:
|
7 |
|||||
11 | Sub-CPMK-4: Mampu membuat alat sederhana aplikasi sistem digital |
Ketepatan dalam: membuat alat sederhana aplikasi sistem digital |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test:
Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
[PB: 3mgx(4x50”)]
Tugas-6: Lanjutan membuat alat sederhana aplikasi sistem digital Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Membuat alat sederhana aplikasi sistem digital Utama:
|
7 |
|||||
12 | Sub-CPMK-5: Mampu melakukan pengujian dan perbaikan alat sederhana aplikasi sistem digital |
Ketepatan dalam: melakukan pengujian dan memperbaiki alat sederhana aplikasi sistem digital |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test:
Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
[PB: 2mgx(4x50”)] [PB: 1mgx(2x50”)]
Tugas-7: Mnguji dan memperbaiki alat sederhana aplikasi sistem digital Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Menguji dan memperbaiki alat sederhana aplikasi sistem digital Utama:
|
6 |
|||||
13 | Sub-CPMK-5: Mampu melakukan pengujian dan perbaikan alat sederhana aplikasi sistem digital |
Ketepatan dalam: melakukan pengujian dan memperbaiki alat sederhana aplikasi sistem digital |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test:
Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
[PB: 2mgx(4x50”)] [PB: 1mgx(2x50”)]
Tugas-7: Lanjutan menguji dan memperbaiki alat sederhana aplikasi sistem digital Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Menguji dan memperbaiki alat sederhana aplikasi sistem digital Utama:
|
6 |
|||||
14 | Sub-CPMK-5: Mampu melakukan pengujian dan perbaikan alat sederhana aplikasi sistem digital |
Ketepatan dalam: melakukan pengujian dan memperbaiki alat sederhana aplikasi sistem digital |
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test:
Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
[PB: 2mgx(4x50”)] [PB: 1mgx(2x50”)]
Tugas-7: Lanjutan menguji dan memperbaiki alat sederhana aplikasi sistem digital Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Menguji dan memperbaiki alat sederhana aplikasi sistem digital Utama:
|
6 |
|||||
15 | Sub-CPMK-6: Mampu membuat laporan dan melakukan presentasi secara mandiri terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
Ketepatan:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test Tugas 8 Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
[PB: 2mgx(4x50”)] Tugas-8: Membuat laporan proyek, membuat slide presentasi, dan melakukan presentasi secara mandiri terkait proyek yang sudah dibuat dan diuji. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Penulisan Laporan Proyek dan Presentasi Utama:
|
7 |
|||||
16 | Sub-CPMK-6: Mampu membuat laporan dan melakukan presentasi secara mandiri terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
Ketepatan:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Teknik: Non test Tugas 8 Karateristik Pembelajaran: Intergratif, Saintifik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
[PB: 2mgx(4x50”)] Tugas-8: Membuat slide presentasi, dan melakukan presentasi secara mandiri terkait proyek yang sudah dibuat dan diuji. Metode Pembelajaran: Metode Diskusi, Metode Discovery, Metode Pemecahan |
Penulisan Laporan Proyek dan Presentasi Utama:
|
7 |
|||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Nurwahidah Jamal lahir di Sinjai pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|