.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:qory.hidayati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:44 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2021/2022 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Sistem Kendali |
TE210619 |
1 |
1 |
2 |
56 |
3 |
14-08-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Qory Hidayati S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198611142019032014 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dankonfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri (KU-5) Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistema kendali |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (CPL8)(CPL9) CPMK 2: Mampu menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali serta menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (CPL 11)(CPL 15) CPMK 3: Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika serta memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri, bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistema kendali (CPL 19)(CPL 21) (CPL 23) CPMK 4: Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji, dan memodifikasi rangkaian elektronika (CPL 33) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
SUB-CPMK1: Mampu menjelaskan definisi dan istilah umum dalam sistem kendali, kendali proses serta mengetahui proses dinamis dan konstanta waktu SUB-CPMK2: Mampu menggambarkan pengendali cascade dan menjelaskan tipe operasi sistem kendali SUB-CPMK3: Mampu menjelaskan dinamika sensor dan jenis sensor digunakan di industri dalam sistem kendali proses SUB-CPMK4: Mampu menjelaskan actuator yang digunakan dalam sistem kendali di industri SUB-CPMK5: Mampu memodelkan kendalian Motor (linier, tak stabil) untuk pengendali dengan simulasi dengan simulink SUB-CPMK6: Mampu menjelaskan prinsip dasar control sistem yang digunakan dalam pengendalian proses dan hasil respon dari proses SUB-CPMK7: Mampu merancang dan menganalisis sistem kinerja system yang optimal dan mendesain PID SUB-CPMK8: Mampu mimilih dan menetapkan sampel case dg sistematis, bermutu, dan terukur SUB-CPMK9: Mampu mempresentasikan cara mendesain kontroler PID dan proses tuning serta membuat P&ID |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Sistem Kendali mempelajari konsep sistem kendali, prinsip kerja berbagai perangkat sistem kendali, serta dapat mengaplikasikan dan merancang sistem PID | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pendahuluan dan Pengenalan Dasar Kendali |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. J Benjamin C. Kuo “Automatic Control System” , Prentice Hall, 2000. 2. Raven ’Automatic Control Engineering‘ McGraw-Hilll, 1995 3. Ogata ‘Modern Control Systems 3rd Ed’ Prentice Hall, 2000 4. Sulasno, Thomas Agus P, “ Dasar Sistem Pengaturan”, Satya Wacana, Semarang, 1990 5. Frans Gunterus, “Falsafah Dasar : Sistem Pengendalian Proses”, Elex Media Komputindo, Jakarta, 1994 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul, LCD, proyektor, laptop, whiteboard, spidol warna (hitam, merah dan biru),dan alat tulis, internet. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Qory Hidayati, |
Mata Kuliah |
Sistem Kendali |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE210619 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | SUB-CPMK1: Mampu menjelaskan definisi dan istilah umum dalam sistem kendali, kendali proses serta mengetahui proses dinamis dan konstanta waktu |
1.1 Ketepatan menjelaskan definsi, sejarah, perkembangan sistem kendali |
Kriteria: Karakteristik Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
• Karakteristis: Interaktif; [TM: 1 mg x (1 sks x 50”)] • Tugas-1 (RTM 1): Menyusun ringkasan dlm bentuk catatan tentang [P: (1x170”)] [PT+BM:(1+1)mg x (1 sks x 60”)] Metode Pembelajaran : Metode Kooperatif dan Metode Project |
Pengenalan dasar kendali pada dunia industri: Pengetahuan, ilmu dan sains terapan: pengertian sistem kendali, dasar, jenis bagian, tugas ilmu dan penerapan di dunia industri dan kasus terkini |
8 |
|||
2 | SUB-CPMK2: Mampu menggambarkan pengendali cascade dan menjelaskan tipe operasi sistem kendali |
2.1 Ketepatan menjelaskan tipe operasi sistem kendali |
Kreteria: Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
• Karakteristik : Interaktif; • Tugas-2 (RTM 2): Reduksi sistem blok [P: (1x170”)] [PT+BM:(1+1)mg x (1 sks x 60”)]
Metode Pembelajaran : Metode Kooperatif dan Metode Project |
Pemodelan sistem dan diagram blok: Diagram blok pemodelan sistem, reduksi diagram blok sistem |
7 |
|||
3 | SUB-CPMK3: Mampu menjelaskan dinamika sensor dan jenis sensor digunakan di industri dalam sistem kendali proses |
3.1 Ketepatan menjelaskan dinamika sensor |
Kreteria: Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
• Karakteristik : Interaktif, Saintifik • Kuliah; • Tugas-3 (RTM 3): [P: (1x170”)] [PT+BM:(1+1)mg x (1 sks x 60”)]
Metode Pembelajaran : Metode Kooperatif dan Metode Project
|
Dinamika sensor: 1. Dinamika sendor dan pemilihan nya |
7 |
|||
5 | SUB-CPMK5: Mampu memodelkan kendalian Motor (linier, tak stabil) untuk pengendali dengan simulasi dengan simulink |
|
Kreteria: Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
• Karakteristis : Holistik; • Praktikum, Diskusi dlm kelompok; • Jobsheet 1 : Pemodelan kendali [P: (1x170”)] [PT+BM:(1+1)mg x (1 sks x 60”)] Metode Pembelajaran : Metode Kooperatif dan Metode Project |
Teknik pemodelan sistem kendali 1. Sistem perancangan pemodelan motor |
7 |
|||
4 | SUB-CPMK4: Mampu menjelaskan actuator yang digunakan dalam sistem kendali di industri |
4.1 Ketepatan menjelaskan apa itu aktuator |
Kreterai: Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
• Karakteristis : Holistik; • Kuliah; • Praktikum; [TM: 1 mg x (1 sks x 50”)] [P: (1x170”)] [PT+BM:(1+1)mg x (1 sks x 60”)]
Metode Pembelajaran : Metode Kooperatif dan Metode Project
|
Gambaran actuator pada industri : 1. perangkat aktuator |
7 |
|||
6 | SUB-CPMK6: Mampu menjelaskan prinsip dasar control sistem yang digunakan dalam pengendalian proses dan hasil respon dari proses |
6.1 Ketepatan menjelaskan prindip dasar sistem kendali 6.2 Ketepatan mempraktekkan Kontrol on off 6.3 Ketepatan mempraktekkan control open loop dan close loop 6.4 Ketepatan menganalisa respon sistem
|
Kreteria: Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
• Praktikum, Diskusi dlm kelompok; • Jobsheet 2: Respon transien [TM: 1 mg x (1 sks x 50”)] [P: (1x170”)] [PT+BM:(1+1)mg x (1 sks x 60”)] Metode Pembelajaran : Metode Kooperatif dan Metode Project |
Prinsip sistem kendali dan Respon sistem 1. Prinsip sistem kendali |
7 |
|||
7 | SUB-CPMK7: Mampu merancang dan menganalisis sistem kinerja system yang optimal dan mendesain PID |
7.1 Ketepatan merancang sistem yang optimal |
Kreteria:
Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa
|
• Praktikum, Diskusi dlm kelompok; [P: (1x170”)] [TM: 1 mg x (1 sks x 50”)] [PT+BM:(1+1)mg x (1 sks x 60”)] Metode Pembelajaran : Metode Kooperatif dan Metode Project |
Kendali PID 1. Sistem Proposional |
7 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
0 |
|||||||
9,10 | SUB-CPMK8: Mampu mimilih dan menetapkan sampel case dg sistematis, bermutu, dan terukur |
6.1 Ketepatan menjelaskan perbedaan populasi dan sampel; |
Kreteria: Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa
|
• Kuliah: [TM: 2x(1x50”)]
Kuliah daring; Studi kasus, diskusi asingkron eLearning: Metode Pembelajaran : Metode Kooperatif dan Metode Project
|
Pemilihan dan pencarian studi kasus: terminologi yang sering digunakan, alasan pemilihan sampel, karakteristik sampel, metode penentuan sampel, desain sampel. |
15 |
|||
SUB-CPMK8: Mampu mimilih dan menetapkan sampel case dg sistematis, bermutu, dan terukur |
6.1 Ketepatan menjelaskan perbedaan populasi dan sampel; |
Kreteria: Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
• Kuliah: [TM: 1x(1x50”)]
Kuliah daring; Studi kasus, diskusi asinkron eLearning: Metode Pembelajaran : Metode Kooperatif dan Metode Project |
Pemilihan dan pencarian studi kasus: terminologi yang sering digunakan, alasan pemilihan sampel, karakteristik sampel, metode penentuan sampel, desain sampel. |
0 |
||||
11 | SUB-CPMK9: Mampu mempresentasikan cara mendesain kontroler PID dan proses tuning serta membuat P&ID |
7.1 Ketepatan isi konten sistematika presentasi; |
Kreteria: Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
On-Classroom (Luring): Metode Pembelajaran : Metode Kooperatif dan Metode Project
|
Rancangan desain sederhana: anatomi proposal rancangan desain dari kasus yang diangkat |
35 |
|||
12,13 | SUB-CPMK9: Mampu mempresentasikan cara mendesain kontroler PID dan proses tuning serta membuat P&ID |
7.1 Ketepatan isi konten sistematika presentasi; |
Kreteria: Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
On-Classroom (Luring): Menyusun draf presentasi, Off-Classroom (Daring): Presentasi & diskusi tentang Rumusan Masalah & Kerangka kasus yang diambil Metode Pembelajaran : Metode Kooperatif dan Metode Project
|
Rancangan desain sederhana: anatomi proposal rancangan desain dari kasus yang diangkat |
0 |
|||
SUB-CPMK9: Mampu mempresentasikan cara mendesain kontroler PID dan proses tuning serta membuat P&ID |
7.1 Ketepatan isi konten sistematika presentasi; |
Kreteria: Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
On-Classroom (Luring): Menyusun draf presentasi, Off-Classroom (Daring): Presentasi & diskusi tentang Rumusan Masalah & Kerangka kasus yang diambil Metode Pembelajaran : Metode Kooperatif dan Metode Project |
Rancangan desain sederhana: anatomi proposal rancangan desain dari kasus yang diangkat |
0 |
||||
14,15 | SUB-CPMK9: Mampu mempresentasikan cara mendesain kontroler PID dan proses tuning serta membuat P&ID |
7.1 Ketepatan isi konten sistematika presentasi; |
Kreteria: Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
On-Classroom (Luring):
Metode Pembelajaran : Metode Kooperatif dan Metode Project |
Rancangan desain sederhana: anatomi proposal rancangan desain dari kasus yang diangkat |
0 |
|||
SUB-CPMK9: Mampu mempresentasikan cara mendesain kontroler PID dan proses tuning serta membuat P&ID |
7.1 Ketepatan isi konten sistematika presentasi; |
Kreteria: Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
On-Classroom (Luring): Off-Classroom (Daring): Metode Pembelajaran : Metode Kooperatif dan Metode Project |
Rancangan desain sederhana: anatomi proposal rancangan desain dari kasus yang diangkat |
0 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Qory Hidayati lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|