.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:maria.ulfah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 7, 2025, 11:34 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2021/2022 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Sistem Komunikasi |
TE210919 |
1 |
1 |
2 |
56 |
3 |
14-08-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Maria Ulfah S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198107182014042001 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemadirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dankonfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika teknik dan fisika terapan kedalam prosedur dan praktek instalasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidentifikasi sumber masalah (trouble shooting), dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan teori yang bersesuaian (KK-4) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu enguasai dan menerapkan konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P1, KK1) CPMK 2: Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S9,S10) CPMK 3: Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri (KU3) CPMK 4: Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi, dan menerapkan sesuai peruntukannya (KK4) CPMK 5: Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan dengan tata cara komunikasi dengan dengan memperhatikan etika komunikasi (KU4, P6) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu memahami konsep dasar komunikasi seluler Sub-CPMK 2: Mampu memahami arsitektur jaringan seluler Sub-CPMK 3: Mampu memahami konsep antena sistem komunikasi seluler Sub-CPMK 4: Mampu melakukan perancangan jaringan 4G LTE Sub-CPMK 5: Mampu melakukan measurement Test (Drive Test) dan analisa Sistem Komunikasi Seluler |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Sistem Komunikasi mempelajari Konsep Perancangan Jaringan seluler 4G LTE dan measuremet test (Drive Test) jaringan seluler 4G LTE | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Konsep Komunikasi Seluler |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Gunawan Wibisono, Konsep teknologi seluler. Penerbit Informatika 2. Lingga Wardhana , 4G Handbook Bahasa Indonesia. Nulisbuku.com 3. Uke Kurniawan Usman,et.all, Fundamental Teknologi Seluler LTE (Long Term Evolution). Rekayasa Sains |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media :Laptob, Perangkat Measurement Test, Whiteboard, Sipodol, LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Maria Ulfah, |
Mata Kuliah |
Sistem Komunikasi |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE210919 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | SUB-CPMK1: Mampu memahami Konsep dan elemen dasar sistem komunikasi |
Ketepatan dalam menjelaskan konsep dan elemen dasar sistem komunikasi |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1.Kuliah Karakteristik : interaktif (1x50'x4) Tugas-1 Membuat ringkasan penjelasan bagian-bagian blok diagram sistem komunikasi Metode Pembelajaran : |
Konsep dan Elemen Dasar Sistem Komunikasi 1. P.H Smale Sistem Komunikasi, Terjemahan It. Chris Timoteus, Erlangga Jakarta 1986 |
2 |
|||
2 | SUB-CPMK2: Mampu menguasai cara kerja modulasi analog |
Ketepatan dalam |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Kuliah teori (1x50') Karakteristik : Efektif Metode Pembelajaran : |
Modulasi Amplitudo (AM) 1. P.H Smale Sistem Komunikasi, Terjemahan It. Chris Timoteus, Erlangga Jakarta 1986 |
3 |
|||
3 | SUB-CPMK2: Mampu menguasai cara kerja modulasi analog |
Ketepatan dalam |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Kuliah teori (1x50') Karakteristik : Efektif Metode Pembelajaran : |
Modulasi Frekuensi (FM) 1. P.H Smale Sistem Komunikasi, Terjemahan It. Chris Timoteus, Erlangga Jakarta 1986 |
3 |
|||
4 | SUB-CPMK3: Mampu menguasai cara kerja modulasi digital |
Ketepatan dalam menjelaskan cara kerja modulasi digital |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap dan Laporan Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Kuliah teori (1x50') Karakteristik : Efektif Metode Pembelajaran : |
Modulasi Digital (ASK,FSK, PSK) 1. P.H Smale Sistem Komunikasi, Terjemahan It. Chris Timoteus, Erlangga Jakarta 1986 |
3 |
|||
5 | SUB-CPMK4: Mampu menguasai cara kerja sistem komunikasi satelit |
Ketepatan dalam |
Bentuk Penilaian: Sikap dan Laporan Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Kuliah teori (1x50') Karakteristik : Efektif Metode Pembelajaran : |
Komunikasi satelit
|
3 |
|||
6 | SUB-CPMK 5:Mampu memahami konsep dasar komunikasi seluler (sel dan handover) |
Ketepatan dalam |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap dan Laporan Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Kuliah teori (1x50') Karakteristik : Efektif Metode Pembelajaran : |
Konsep Sel dan Handover 1. P.H Smale Sistem Komunikasi, Terjemahan It. Chris Timoteus, Erlangga Jakarta 1986 |
4 |
|||
7 | SUB-CPMK6: Mampu menguasai cara kerja multiple akses |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Kuliah teori (1x50') Karakteristik : Efektif Metode Pembelajaran : |
Multiple Access (FDMA, TDMA dan CDMA)
|
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | SUB-CPMK7: Mampu memahami jenis-jenis interferensi sistem komunikasi seluler |
Ketepatan dalam menjelaskan macam- macam interferensi sistem komunikasi |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap dan Laporan Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Kuliah teori (1x50') Karakteristik : Efektif Metode Pembelajaran : |
Co channel dan Adjacent Interferensi 1. P.H Smale Sistem Komunikasi, Terjemahan It. Chris Timoteus, Erlangga Jakarta 1986 |
3 |
|||
10 | SUB-CPMK8: Mampu menguasai cara kerja model propagasi |
Ketepatan dalam menjelaskan mekanisme model propagasi gelombang radio |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap dan Laporan Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Kuliah teori (1x50') Karakteristik : Efektif Metode Pembelajaran : |
Model Propagasi 1. P.H Smale Sistem Komunikasi, Terjemahan It. Chris Timoteus, Erlangga Jakarta 1986 |
3 |
|||
11 | SUB-CPMK9: Mampu menguasai traffic sistem komunikasi seluler |
Ketepatan dalam menghitung traffik sistem komunikasi dan penentuan jam sibuk (busy hour) |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Kuliah teori (1x50') Karakteristik : Efektif Metode Pembelajaran : |
Traffik Seluler 1. P.H Smale Sistem Komunikasi, Terjemahan It. Chris Timoteus, Erlangga Jakarta 1986 |
3 |
|||
12 | SUB-CPMK10: Mampu melakukan pengujian dan pengukuran perfomansi jaringan komunikasi seluler |
|
Bentuk Penilaian: Sikap dan Laporan Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Kuliah teori (1x50') Karakteristik : Efektif Metode Pembelajaran : |
Pengukuran perfomansi jaringan 4G LTE -1(voice)
|
5 |
|||
13 | SUB-CPMK10: Mampu melakukan pengujian dan pengukuran perfomansi jaringan komunikasi seluler |
Ketepatan dalam |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap dan Laporan Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Kuliah teori (1x50') Karakteristik : Efektif Metode Pembelajaran : |
Pengukuran perfomansi jaringan 4G LTE -1 (http download) 1. P.H Smale Sistem Komunikasi, Terjemahan It. Chris Timoteus, Erlangga Jakarta 1986 |
5 |
|||
14 | SUB-CPMK10: Mampu melakukan pengujian dan pengukuran perfomansi jaringan komunikasi seluler |
Ketepatan dalam |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap dan Laporan Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Kuliah teori (1x50') Karakteristik : Efektif Metode Pembelajaran : |
Pengukuran perfomansi 4G LTE-3 (http upload) 1. P.H Smale Sistem Komunikasi, Terjemahan It. Chris Timoteus, Erlangga Jakarta 1986 |
5 |
|||
15 | SUB-CPMK10: Mampu melakukan pengujian dan pengukuran perfomansi jaringan komunikasi seluler |
Ketepatan dalam |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap dan Laporan Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Kuliah teori (1x50') Karakteristik : Efektif Metode Pembelajaran : |
Pengukuran perfomansi 4G LTE-4 (ping) 1. P.H Smale Sistem Komunikasi, Terjemahan It. Chris Timoteus, Erlangga Jakarta 1986 |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Maria Ulfah lahir di Padang pada tanggal Jabatan fungsional Lektor (300) Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|