.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lilik.damayanti@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:35 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2021/2022 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Inggris II |
TE120219 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
15-08-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Lilik Damayanti S.S., M.Hum. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198203122021212005 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu menggunakan struktur dan pola kalimat dalam bahasa inggris secara benar serta mampu mengungkapkan berbagai gagasan secara tertulis dengan menggunakan berbagai pola kalimat dan kosakata yang diperlukan untuk menciptakan berbagai teks. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK1: Mampu menggunakan Tenses Dasar dalam Bahasa Inggris Sub CP-MK2: Mampu menggunakan Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris Sub CP-MK3: Mampu menggunakan ide melalui tulisan (Writing) dalam Bahasa Inggris Sub CP-MK4: Mampu menggunakan ide melalui performa (Speaking) dalam Bahasa Inggris |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Inggris II mempelajari Writing dan Speaking expression | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Structure dalam Writing dan Speaking Expression |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Azar, Betty Schrampher. (2002). Understanding and Using English Grammar, 3rd Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. 2.Azar, Betty Schrampher. (1993). Fundamentals of English Grammar, 2 nd Edition. Jakarta: Binarupa Aksara 3. Eastwood, J. (1996). Oxford Practice Grammar. Oxford: Oxford University Press 4. ETS. (2015). The New TOEIC Official Test Preparation Guide. Jakarta: PT International Test Center - Ibbotson 5. Mark. (2009). Professional English in Use. Oxford: Cambridge University PressĀ 6. Murphy, Raymond. (1995). English Grammar in Use. Great Britain: Cambridge University Press |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, Proyektor, Papan Tulis, Marker |
|||||||
Dosen Pengampu |
Lilik Damayanti, |
Mata Kuliah |
Bahasa Inggris II |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE120219 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK1: Mampu menggunakan Tenses Dasar dalam Bahasa Inggris |
Pemahaman mengenai konsep Structure dalam Bahasa Inggris |
Sikap dan Keaktifan Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi Karateristik Pembelajaran: Efektif
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50'): Ceramah, Diskusi (interaktif, integratif, kontekstual) Penugasan terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60'): Tugas 1 mengumpulkan data berupa bentuk-bentuk tenses dalam bahasa inggris Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 sks Metode Pembelajaran: Metode Diskusi
|
- Konsep dasar Structure dalam Bahasa Inggris Daftar Pustaka 4 |
3 |
|||
2 | Sub CP-MK1: Mampu menggunakan Tenses Dasar dalam Bahasa Inggris |
Ketepatan dalam menggunakan Simple Present Tense |
Sikap dan Keaktifan Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi Karateristik Pembelajaran: Efektif |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50'): Ceramah dan Diskusi (interaktif, integratif, kontekstual) Penugasan terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60'): Tugas 2 mencari bentuk-bentuk kata kerja bentuk pertama (verb 1) dan membuat kalimat menggunakan verb 1 Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 sks Metode Pembelajaran: Metode Diskusi |
Simple Present Tense
Daftar Pustaka 1, 2, 3, dan 6
|
3 |
|||
3 | Sub CP-MK1: Mampu menggunakan Tenses Dasar dalam Bahasa Inggris |
Ketepatan dalam menggunakan Simple Past tense |
Sikap dan Keaktifan Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi Karateristik Pembelajaran: Efektif |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50'): Ceramah, diskusi, praktik (holistik, interaktif, integratif, kolaboratif) Penugasan terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60'): Tugas 3 mencari bentuk-bentuk kata kerja beraturan (regular) dan tidak beraturan (irregular) Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 sks Metode Pembelajaran: Metode Diskusi |
Simple Past Tense Daftar Pustaka 1, 2, 3, dan 6 |
3 |
|||
4 | Sub CP-MK1: Mampu menggunakan Tenses Dasar dalam Bahasa Inggris |
Ketepatan dalam menggunakan Present Continuous Tense |
Sikap dan Keaktifan Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi Karateristik Pembelajaran: Efektif |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50'): Ceramah, diskusi, praktik (holistik, interaktif, integratif, kolaboratif) Penugasan terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60'): Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 sks Metode Pembelajaran: Metode Diskusi |
Present Continuous Tense Daftar Pustaka 2 dan 6 |
3 |
|||
5 | Sub CP-MK1: Mampu menggunakan Tenses Dasar dalam Bahasa Inggris |
Ketapatan dalam menggunakan Present Perfect Tense |
Sikap dan Keaktifan Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi Karateristik Pembelajaran: Efektif |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50'): Ceramah, diskusi (kontekstual, interaktif, integratif, kolaboratif) Penugasan terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60'): Tugas 4 membuat kalimat dengan menggabungkan tenses simple past dan past perfect Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 sks Metode Pembelajaran: Metode Diskusi |
Present Perfect Tense Daftar pustaka 2 dan 6 |
3 |
|||
6 | Sub CP-MK1: Mampu menggunakan Tenses Dasar dalam Bahasa Inggris |
Ketepatan dalam menggunakan Present Future |
- Sikap dan Keaktifan - Tugas 1 (Membuat kalimat dengan menggunakan 5 Tenses Dasar yang sudah dipelajari) Bentuk penilaian:
Karateristik Pembelajaran: Efektif |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50'): Ceramah, diskusi (kontekstual, interaktif, integratif, kolaboratif) Penugasan terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60'): Tugas 5 Membuat karangan tentang rencana (plan) dimasa yang akan datang kedalam bentuk paragraf Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 sks Metode Pembelajaran: Metode Diskusi |
Present Future Tense Daftar Pustaka 3 dan 5 |
3 |
|||
7 | Sub CP-MK2: Mampu menggunakan Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris |
Ketepatan dalam menggunakan Kalimat Pasif |
Sikap dan Keaktifan Bentuk penilaian:
Karateristik Pembelajaran: Efektif |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50'): Ceramah, diskusi (kontekstual, interaktif, integratif, kolaboratif) Penugasan terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60'): Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 sks Metode Pembelajaran: Metode Diskusi |
Passive Voice Daftar Pustaka 4 |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CP-MK3: Mampu menggunakan ide melalui tulisan (Writing) dalam Bahasa Inggris |
Ketepatan dalam menggambarkan sebuah benda/lokasi di bidang Teknik Sipil |
- Sikap dan Keaktifan - Tugas 2 ( Menulis Descriptive Text) Bentuk penilaian:
Karateristik Pembelajaran: Efektif |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50'): Ceramah, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, integratif, kolaboratif) Penugasan terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60'): Tugas 6 Membuat karangan dalam bentuk deskriptif Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 sks Metode Pembelajaran: Metode Diskusi |
Descriptive Text Daftar Pustaka 5 |
4 |
|||
10 | Sub CP-MK4: Mampu menggunakan ide melalui performa (Speaking) dalam Bahasa Inggris |
Ketepatan dalam menjelaskan sebuah benda/lokasi di bidang Teknik Sipil |
- Sikap dan Keaktifan - Praktik Speaking Bentuk penilaian:
Karateristik Pembelajaran: Efektif |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50'): Ceramah, diskusi, presentasi (kontekstual, interaktif, integratif, efektif) Penugasan terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60'): Tugas 7 Membuat slide presentasi tentang alat yang digunakan di Teknik Sipil Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 sks Metode Pembelajaran: Metode Diskusi |
Descriptive Text Daftar Pustaka 5 |
4 |
|||
11 | Sub CP-MK3: Mampu menggunakan ide melalui tulisan (Writing) dalam Bahasa Inggris |
Ketepatan dalam menulis Procedure Text |
- Sikap dan Keaktifan - Tugas 3 (Menulis Procedure Text) Bentuk penilaian:
Karateristik Pembelajaran: Efektif |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50'): Ceramah, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, integratif, efektif) Penugasan terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60'): Tugas 8 Membuat procedural text seperti langkah-langkah pengoperasian alat Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 sks Metode Pembelajaran: Metode Diskusi |
Procedure Text Daftar Pustaka 5 |
4 |
|||
12 | Sub CP-MK4: Mampu menggunakan ide melalui performa (Speaking) dalam Bahasa Inggris |
Ketepatan dalam menjelaskan sebuah prosedur/SOP dalam bidang Teknik Sipil |
- Sikap dan Keaktifan - Praktik Speaking Bentuk penilaian:
Karateristik Pembelajaran: Efektif |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50'): Ceramah, diskusi, presentasi (kontekstual, interaktif, integratif, efektif) Penugasan terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60'): Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 sks Metode Pembelajaran: Metode Diskusi |
Procedure Text Daftar Pustaka 5 |
4 |
|||
13 | Sub CP-MK3: Mampu menggunakan ide melalui tulisan (Writing) dalam Bahasa Inggris |
Ketepatan dalam menulis Expository Text |
- Sikap dan Keaktifan - Tugas 4 (Menulis Expository Text) Bentuk penilaian:
Karateristik Pembelajaran: Efektif |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50'): Ceramah, diskusi (kontekstual, interaktif, integratif, efektif) Penugasan terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60'): Tugas 9 Mencari bentuk-bentuk expository essay Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 sks Metode Pembelajaran: Metode Diskusi |
Expository Text Daftar Pustaka 5 |
4 |
|||
14 | Sub CP-MK4: Mampu menggunakan ide melalui performa (Speaking) dalam Bahasa Inggris |
Ketepatan dalam memaparkan sebuah kejadian atau peristiwa dalam Bahasa Inggris |
- Sikap dan Keaktifan - Praktik Speaking Bentuk penilaian:
Karateristik Pembelajaran: Efektif |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50'): Ceramah, diskusi, presentasi (kontekstual, interaktif, integratif, efektif) Penugasan terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60'): Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 sks Metode Pembelajaran: Metode Diskusi |
Expository Text Daftar Pustaka 5 |
4 |
|||
15 | Sub CP-MK4: Mampu menggunakan ide melalui performa (Speaking) dalam Bahasa Inggris |
Ketepatan dalam memaparkan sebuah tema dalam dalam Bahasa Inggris |
- Sikap dan Keaktifan - Praktik Berpidato Bentuk penilaian:
Karateristik Pembelajaran: Efektif |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50'): Ceramah, diskusi, presentasi (kontekstual, interaktif, integratif, efektif) Penugasan terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60'): Tugas 10 Membuat teks pidato dalam Bahasa Inggris dengan pola argumetative essay Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 sks Metode Pembelajaran: Metode Diskusi |
Speech Daftar Pustaka 5 |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lilik Damayanti lahir di Polmas pada tanggal 12-03-1982 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|