.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:candra.irawan@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:08 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2021/2022 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Fisika dan Kimia Dasar |
TE110319 |
1 |
1 |
2 |
42 |
1 |
15-08-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Candra Irawan S.T., M.Si. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 197701242007011010 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-7) Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dankonfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika teknik dan fisika terapan kedalam prosedur dan praktek instalasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidentifikasi sumber masalah (trouble shooting), dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan teori yang bersesuaian |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK I: Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pada ilmu Fisika dalam Teknik Elektronika CPMK 2: Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pada ilmu Kimia dalam Teknik Elektronika |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan dan menghitung masalah vektor, Sub CPMK 2:Mahasiswa mampu mengenal, menganalisa, mengaplikasikan Kinematika Gerak lurus Sub CPMK3: Mahasiswa mampu mengenal, menganalisa dan mengaplikasikan Dinamika Sub CPMK4:Mahasiswa mampu mengenal, menganalisa dan mengaplikasikan rangkaian listrik tertutup pada disiplin ilmunya. Sub CPMK5:Mahasiswa mampu mengenal, menganalisa dan mengaplikasikan rangkaian listrik terbuka pada disiplin ilmunya. Sub CPMK6: Mahasiswa mampu mengenal, menganalisa dan mengaplikasikan elektromagnet pada disiplin ilmunya Sub CPMK7: Mahasiswa mampu mengenal, menganalisa dan mengaplikasikan medan magnet pada disiplin ilmunya. Sub CPMK9: Mahasiswa mampu mengenal, menganalisa dan mengaplikasikan materi dan benda pada disiplin ilmunya. Sub CPMK10: Mahasiswa mampu mengenal, menganalisa dan mengaplikasikan struktur atom pada disiplin ilmunya Sub CPMK11: Mahasiswa mampu mengenal, menganalisa dan mengaplikasikan tabel periodik pada disiplin ilmunya Sub CPMK12: Mahasiswa mampu mengenal, menganalisa dan mengaplikasikan tata nama kimia pada disiplin ilmunya Sub CPMk13: Mahasiswa mampu mengenal, menganalisa dan mengaplikasikan ikatan kimia pada disiplin ilmunya. Sub CPMK14: Mahasiswa mampu mengenal, menganalisa dan mengaplikasikan persamaan kimia pada disiplin ilmunya Sub CPMK15:Mahasiswa mampu mengenal, menganalisa dan mengaplikasikan Reaksi dalam larutan. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini membahas konsep fisika dalam bidang teknik elektro. Materi meliputi dasar-dasar kelistrikan, teori kalor, termodinamika, mekanika fluida, kemagnetan, dan gelombang elektromagnetik dengan aplikasi di bidang elektronika yang diterapkan pada dunia industri | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Vektor |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Modul Fisika dan Kimia Dasar. Politeknik Negeri Balikpapan. 2. Buku Fisika untuk Universitas. 3. Buku Kimia Universitas. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. LCD 2. Modul 3. Papan Tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Candra Irawan, |
Mata Kuliah |
Fisika dan Kimia Dasar |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE110319 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK I : Mampu menyelesaikan perhitungan Besaran dan Satuan dalam Fisika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Ketepatan menjelaskan fungsi besaran dan satuan dalam Fisika 2. Ketepatan menghitung konversi satuan dalam Fisika 3. Ketepatan menghitung vektor. |
Karakteristik Pembelajaran : Saintifik dan Kontekstual Teknik: Soal esay |
Metode Pembelajaran : Diskusi sinkron: 1 minggu x ( 2 sks x 50") Tugas I : Menyelesaikan soal satuan, vektor
|
Besaran dan satuan Fisika pada hal.1 1. Modul Fisika Terapan Politeknik Negeri Balikpapan 2. Buku Fisika untuk Universitas |
7 |
|||
2 | Sub CPMK 2: Mampu menyelesaikan teori dan soal Kinematika dan Dnamika Partikel disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu menghitung kecepatan rata-rata dan sesaat, percepatan rata-rata dan sesaat. 2. Mahasiswa mampu menghitung perubahan posisi, kecepatan dan percepatan pada gerak lurus satu dan dua dimensi, dan gerak melingkar. |
Non tes dan Tes Karakteristik Pembelajaran : Saintifik dan Kontekstual |
1. Tatap muka (2x50') 2. Tugas 3. Pengerjaan soal latihan Metode Pembelajaran :
|
Kinematika Partikel |
7 |
|||
3 | Sub CPMK 2: Mampu menyelesaikan teori dan soal Kinematika dan Dnamika Partikel disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu mengenali, memahami, dan menjelaskan tentang Hukum Newton I, II, dan III 2. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang gaya-gaya pada sistem |
Non tes dan Tes Karakteristik Pembelajaran : Saintifik dan Kontekstual |
1. Tatap muka (2x50') 2. Tugas 3. Pengerjaan soal latihan Metode Pembelajaran :
|
Dinamika Partikel |
7 |
|||
4 | Sub CPMK 3: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Dasar Mekanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
Mahasiswa mampu menerapkan dinanika partikel melalui Hukum Newton I, II, dan III |
Non tes dan Tes Karakteristik Pembelajaran : Saintifik dan Kontekstual
|
1. Tatap muka (2x50') 2. Tugas 3. Pengerjaan soal latihan Metode Pembelajaran :
|
Pemakaian Hukum Newton |
7 |
|||
5 | Sub CPMK 3: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Dasar Mekanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang usaha pada gaya tetap dan berubah-ubah 2. Mahasiswa mampu menghitung usaha, energi partikel, dan daya 3. Mahasiswa mampu menjelaskan hukum kekekalan energi |
Non tes dan Tes Karakteristik Pembelajaran : Saintifik dan Kontekstual
|
1. Tatap muka (2x50') 2. Tugas 3. Pengerjaan soal latihan Metode Pembelajaran :
|
Usaha dan Energi |
7 |
|||
6 | Sub CPMK 3: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Dasar Mekanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang momentum linier 2. Mahasiswa dapat menghitung momentum dan hukum 3. Mahasiswa dapat menjelaskan peristiwa tumbukan |
Non tes dan Tes Karakteristik Pembelajaran : Saintifik dan Kontekstual |
1. Tatap muka (2x50') 2. Tugas 3. Pengerjaan soal latihan Metode Pembelajaran :
|
Momentum |
7 |
|||
7 | Sub CPMK 3: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Dasar Mekanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan prinsip gerak rotasi 2. Mahasiswa mengetahui besaran terkait dengan jarak rotasi 3. Mahasiswa mengetahui gerak rotasi dan gerak menggelinding |
Non tes dan Tes Karakteristik Pembelajaran : Saintifik dan Kontekstual |
1. Tatap muka (2x50') 2. Tugas 3. Pengerjaan soal latihan Metode Pembelajaran :
|
Rotasi |
7 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
0 |
|||||||
9 | Sub CPMK 4: Mampu menyelesaikan teori dan soal Elastisitas, Getaran dan Fluida disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian regangan dan tegangan 2. Mahasiswa mampu memahami pengertin elastisitas bahan dan pegas 3. Mahasiswa memahami koefisien elastisitas bahan, koefisien Bulk
|
Non tes dan Tes Karakteristik Pembelajaran : Saintifik dan Kontekstual
|
1. Tatap muka 2x50' 2. Tugas 3. Pengerjaan soal latihan Metode Pembelajaran :
|
Elastisitas |
7 |
|||
10 | Sub CPMK 4: Mampu menyelesaikan teori dan soal Elastisitas, Getaran dan Fluida disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan prinsip dasar getaran 2. Mahasiswa dapat menghitung besaran besaran terkait gerak harmonik sederhana 3. Mahasiswa mengetahui persamaan gerak harmonik sederhana |
Non tes dan Tes Karakteristik Pembelajaran : Saintifik dan Kontekstual
|
1. Tatap Muka 2x50' 2. Tugas 3. Pengerjaan tugas latihan Metode Pembelajaran :
|
Getaran |
7 |
|||
11 | Sub CPMK 4: Mampu menyelesaikan teori dan soal Elastisitas, Getaran dan Fluida disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang statika dan fluida 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang dinamika fluida 3. Mahasiswa mampu menjelaskan hukuh hukum dalam fluida statis dan dinamis |
Non tes dan Tes Karakteristik Pembelajaran : Saintifik dan Kontekstual |
1. Tatap Muka 2x50' 2. Tugas 3. Pengerjaan tugas latihan Metode Pembelajaran :
|
Fluida |
7 |
|||
12 | Sub CPMK 5: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Thermodinanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang temperatur 2. Mahasiswa mengetahui skala temperatur 3. Mahasiswa mampu menghitung temperatur dalam berbagai skala |
Non tes dan Tes Karakteristik Pembelajaran : Saintifik dan Kontekstual |
1. Tatap Muka 2x50' 2. Tugas 3. Pengerjaan tugas latihan Metode Pembelajaran :
|
Temperatur dan skala temperatur |
7 |
|||
13 | Sub CPMK 5: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Thermodinanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu dan memahami, menjelaskan tentang perubahan linier bahan karena ekspansi temperatur 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang perubahan luas akibat ekspansi temperatur 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang perubahan volume akibat ekspansi temperatur |
Non tes dan Tes Karakteristik Pembelajaran : Saintifik dan Kontekstual |
1. Tatap Muka 2x50' 2. Tugas 3. Pengerjaan tugas latihan Metode Pembelajaran :
|
Ekspansi temperatur |
7 |
|||
14 | Sub CPMK 5: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Thermodinanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang kalor dan kalor laten 2. Mahasiwa mampu menjelaskan tentang perpindahan kalor pada benda padat 3. Mahasiwa mampu menjelaskan tentang perpindahan kalor pada benda cair dan gas
|
Non tes dan Tes Karakteristik Pembelajaran : Saintifik dan Kontekstual |
1. Tatap Muka 2x50' 2. Tugas 3. Pengerjaan tugas latihan Metode Pembelajaran :
|
kalor dan perpindahan Kalor |
8 |
|||
15 | Sub CPMK 5: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Thermodinanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang hukumThermodinamika 1 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang entropi dan hukum Thermodinamika 2 |
Non tes dan Tes Karakteristik Pembelajaran : Saintifik dan Kontekstual
|
1. Tatap Muka 2x50' 2. Tugas 3. Pengerjaan tugas latihan Metode Pembelajaran :
|
Hukum Thermodinamika |
8 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Candra Irawan lahir di Malang pada tanggal 24-01-1977 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|