.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:qory.hidayati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:45 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2021/2022 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Elektronika Industri |
TE240222 |
1 |
2 |
3 |
70 |
4 |
01-12-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Qory Hidayati S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198611142019032014 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-7) Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah instrumentasi dan system kendali menggunakan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (KK-3) Mampu merealisasikan rancangan sistem kendali sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (KK-4) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan (KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (KK-6) Mampu mengimplementasikan sistem kendali, mikrokontroler, PLC berdasarkan standar IEC (KK-9) Mampu menerapkan regulasi K3 diberbagai sektor tempat kerja |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius CPMK2: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik CPMK3: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya CPMK4: Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sIstem kendali CPMK5: Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali CPMK6: Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi CPMK7: Menguasai prinsip dan isu terkini dalam ekonomi, sosial, dan ekologi secara umum CPMK8: Mengasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium, dan K3 CPMK9: Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika CPMK10: Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur CPMK11: Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri CPMK12: Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan CPMK13: Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi, dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali CPMK14: Mampu mengimplementasikan sistem kendali, mikrokontroler, dan PLC berdasarkan standar IEC CPMK15: Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji, dan memodifikasi rangkaian elektronika |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK1: Mampu menjelaskan kegunaan elektronika industri Sub CPMK2: Mampu menjelaskan Aktuator sesuai permasalahan yang ditentukan. Sub CPMK3: Mampu menjelaskan konverter dalam sistem pengkondisi sinyal Sub CPMK4: Mampu memahami prinsip kerja kendali dalam industry Sub CPMK5: Memahami prinsip kerja komunikasi data dalam system otomasi. - Mampu menjelaskan fungsi data akuisisi dan supervisory control pada system otomasi modern dalam industry Sub CPMK6: Memahami prinsip kerja interface Sub CPMK7: Mampu menganalisis SCADA SUb CPMK8: Mampu menjelaskan MES sebagai lapisan Antara Control dan Enterprise pada hirarki system otomasi Sub CPMK10: Mampu merancang dan menganalisis sistem scada dengan wonderware scada Sub CPMK11: Mampu merancang dan menganalisis simulasi PLC dan interface |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Elektronika Industri mempelajari mahasiswa akan mempelajari konsep sistem SCADA di industri beserta komponen- komponen penyusunnya yang meliputi sistem instrumentasi, pengontrol dan strategi kontrol, sistem penggerak serta jaringan komunikasi data elektronik di industri. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pendahuluan Sistem Otomasi pada Industri |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: - RALPH J. SMITH, Circuits,
Devices and System,
A First Course In Electrical
Engineering, John Willey & Sons - TOBEY, GRAEME, HELSMAN, Operational Amplifiers, Design and Application,McGraw hill. - CHARLES A. SCHULER, WILLIAM
L. Mc NAMEE, Industrial Electronics and Robotics, Mc Graw Hill. - JOHN H. POWERS JR., Computer-Automated Manufacturing, McGrawHill.
- JACOB MILLMAN,
CHRISTOS C HALKIAS,
Integrated Electronics, Analog and Digital
Circuits and Systems,
Mc Graw Hill |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : - Media pembelajaran: LCD, PC/Laptop, Program/software Logix, visual basic
- Sumber belajar : Observasi, wawancara, dan pengamatan |
|||||||
Dosen Pengampu |
Qory Hidayati, |
Mata Kuliah |
Elektronika Industri |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE240222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK1: Mampu membuat proposal PKL sesuai dengan format yang disediakan secara presisi dan aktif melakukan komunikasi dengan tenaga administrasi dalam mengelola proposal, dengan ketepatan minimal 80% |
Mahasiswa mampu Mengerjakan pembuatan proposal untuk instansi/perusahaan sesuai format administrasi yang berlaku |
- Ketepatan penyelesaian proposal sesuai dengan maksud dan tujuan yang diinginkan. - Ketepatan format admistrasi yang diimplementasikan dalam proposal yang dibuat Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Self Directed Learning Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Pembuatan Proposal Praktik Kerja Lapangan (PKL) Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
5 |
|||
2,3 | Sub CPMK2: Mampu Melengkapi syarat akademik dan admistratif kegiatan PKL, Menyusun proposal kegiatan PKL, Mengajukan proposal PKL kepada lembaga/perusahan yang dituju. |
Mampu mengerjakan tugas administrasi dalam pengajuan diri untuk kegiatan PKL di Instansi/perusahaan yang diinginkan mahasiswa sesuai prosedur standar yang berlaku |
- Ketepatan pembuatan surat-menyurat sesuai prosedur - Keaktifan mahasiswa menjalin komunikasi ke instansi/perusah aan yang dipilih sebagai tempat PKL Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Self Directed Learning Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Prosedur Pengajuan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
2 |
|||
Sub CPMK2: Mampu Melengkapi syarat akademik dan admistratif kegiatan PKL, Menyusun proposal kegiatan PKL, Mengajukan proposal PKL kepada lembaga/perusahan yang dituju. |
Mampu mengerjakan tugas administrasi dalam pengajuan diri untuk kegiatan PKL di Instansi/perusahaan yang diinginkan mahasiswa sesuai prosedur standar yang berlaku |
- Ketepatan pembuatan surat-menyurat sesuai prosedur - Keaktifan mahasiswa menjalin komunikasi ke instansi/perusah aan yang dipilih sebagai tempat PKL Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Self Directed Learning Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa
|
Prosedur Pengajuan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
3 |
||||
4,5,6,7,8,9,10 | Sub CPMK3: Mampu melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara disiplin dan bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang professional dan aktif menggali informasi. |
Mampu menggali informasi perkembangan teknologi teknik elektronika beserta implementasinya pada instansi/perusahaan yang dikunjungi. Berperilaku sopan, aktif, professional, dan bertanggungjawab selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). |
Ketepatan dalam bersikap sopan, aktif, professional dan bertanggungjawab dalam kegiatan PKL. Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Discovery Learning Small Group Discussion Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
7 |
|||
Sub CPMK3: Mampu melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara disiplin dan bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang professional dan aktif menggali informasi. |
Mampu menggali informasi perkembangan teknologi teknik elektronika beserta implementasinya pada instansi/perusahaan yang dikunjungi Berperilaku sopan, aktif, professional, dan bertanggungjawab selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). |
Ketepatan dalam bersikap sopan, aktif, professional dan bertanggungjawab dalam kegiatan PKL. Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Discovery Learning Small Group Discussion Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
7 |
||||
Sub CPMK3: Mampu melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara disiplin dan bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang professional dan aktif menggali informasi. |
Mampu menggali informasi perkembangan teknologi teknik elektronika beserta implementasinya pada instansi/perusahaan yang dikunjungi Berperilaku sopan, aktif, professional, dan bertanggungjawab selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
|
Ketepatan dalam bersikap sopan, aktif, professional dan bertanggungjawab dalam kegiatan PKL. Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Discovery Learning Small Group Discussion Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
7 |
||||
Sub CPMK3: Mampu melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara disiplin dan bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang professional dan aktif menggali informasi. |
Mampu menggali informasi perkembangan teknologi teknik elektronika beserta implementasinya pada instansi/perusahaan yang dikunjungi Berperilaku sopan, aktif, professional, dan bertanggungjawab selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
|
Ketepatan dalam bersikap sopan, aktif, professional dan bertanggungjawab dalam kegiatan PKL. Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Discovery Learning Small Group Discussion Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
7 |
||||
Sub CPMK3: Mampu melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara disiplin dan bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang professional dan aktif menggali informasi. |
Mampu menggali informasi perkembangan teknologi teknik elektronika beserta implementasinya pada instansi/perusahaan yang dikunjungi Berperilaku sopan, aktif, professional, dan bertanggungjawab selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
|
Ketepatan dalam bersikap sopan, aktif, professional dan bertanggungjawab dalam kegiatan PKL. Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Discovery Learning Small Group Discussion Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
7 |
||||
Sub CPMK3: Mampu melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara disiplin dan bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang professional dan aktif menggali informasi. |
Mampu menggali informasi perkembangan teknologi teknik elektronika beserta implementasinya pada instansi/perusahaan yang dikunjungi Berperilaku sopan, aktif, professional, dan bertanggungjawab selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
|
Ketepatan dalam bersikap sopan, aktif, professional dan bertanggungjawab dalam kegiatan PKL. Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Discovery Learning Small Group Discussion Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
7 |
||||
Sub CPMK3: Mampu melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara disiplin dan bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang professional dan aktif menggali informasi. |
Mampu menggali informasi perkembangan teknologi teknik elektronika beserta implementasinya pada instansi/perusahaan yang dikunjungi Berperilaku sopan, aktif, professional, dan bertanggungjawab selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
|
Ketepatan dalam bersikap sopan, aktif, professional dan bertanggungjawab dalam kegiatan PKL. Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Discovery Learning Small Group Discussion Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
8 |
||||
11,12,13,14,15,16 | Sub CPMK4: Mampu membuat laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan tepat sesuai dengan standar format yang diberikan serta mampu mempraktekan pengetahuan yang didapat selama kegiatan PKL dalam laporan PKL. |
Mampu mengerjakan pelaporan hasil pelaksanaan PKL sesuai dengan standar format yang diberikan. Melakukan presentasi hasil kegiatan PKL kepada dosen pembimbing dan kelompok mahasiswa. |
- Ketepatan melakukan penulisan laporan kegiatan PKL sesuai dengan format yang diberikan. - Ketepatan dalam melakukan presentasi hasil kegiatan PKL. Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Simulasi Small Group Discussion Self Directed Learning Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Pelaporan dan presentasi hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan
|
6 |
|||
Sub CPMK4: Mampu membuat laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan tepat sesuai dengan standar format yang diberikan serta mampu mempraktekan pengetahuan yang didapat selama kegiatan PKL dalam laporan PKL. |
Mampu mengerjakan pelaporan hasil pelaksanaan PKL sesuai dengan standar format yang diberikan. Melakukan presentasi hasil kegiatan PKL kepada dosen pembimbing dan kelompok mahasiswa. |
- Ketepatan melakukan penulisan laporan kegiatan PKL sesuai dengan format yang diberikan. - Ketepatan dalam melakukan presentasi hasil kegiatan PKL. Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Simulasi Small Group Discussion Self Directed Learning Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Pelaporan dan presentasi hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
6 |
||||
Sub CPMK4: Mampu membuat laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan tepat sesuai dengan standar format yang diberikan serta mampu mempraktekan pengetahuan yang didapat selama kegiatan PKL dalam laporan PKL. |
Mampu mengerjakan pelaporan hasil pelaksanaan PKL sesuai dengan standar format yang diberikan. Melakukan presentasi hasil kegiatan PKL kepada dosen pembimbing dan kelompok mahasiswa. |
- Ketepatan melakukan penulisan laporan kegiatan PKL sesuai dengan format yang diberikan. - Ketepatan dalam melakukan presentasi hasil kegiatan PKL. Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Simulasi Small Group Discussion Self Directed Learning Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Pelaporan dan presentasi hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
6 |
||||
Sub CPMK4: Mampu membuat laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan tepat sesuai dengan standar format yang diberikan serta mampu mempraktekan pengetahuan yang didapat selama kegiatan PKL dalam laporan PKL. |
Mampu mengerjakan pelaporan hasil pelaksanaan PKL sesuai dengan standar format yang diberikan. Melakukan presentasi hasil kegiatan PKL kepada dosen pembimbing dan kelompok mahasiswa. |
- Ketepatan melakukan penulisan laporan kegiatan PKL sesuai dengan format yang diberikan. - Ketepatan dalam melakukan presentasi hasil kegiatan PKL. Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Simulasi Small Group Discussion Self Directed Learning Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Pelaporan dan presentasi hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
6 |
||||
Sub CPMK4: Mampu membuat laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan tepat sesuai dengan standar format yang diberikan serta mampu mempraktekan pengetahuan yang didapat selama kegiatan PKL dalam laporan PKL. |
Mampu mengerjakan pelaporan hasil pelaksanaan PKL sesuai dengan standar format yang diberikan. Melakukan presentasi hasil kegiatan PKL kepada dosen pembimbing dan kelompok mahasiswa. |
- Ketepatan melakukan penulisan laporan kegiatan PKL sesuai dengan format yang diberikan. - Ketepatan dalam melakukan presentasi hasil kegiatan PKL. Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Simulasi Small Group Discussion Self Directed Learning Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Pelaporan dan presentasi hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
6 |
||||
Sub CPMK4: Mampu membuat laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan tepat sesuai dengan standar format yang diberikan serta mampu mempraktekan pengetahuan yang didapat selama kegiatan PKL dalam laporan PKL. |
Mampu mengerjakan pelaporan hasil pelaksanaan PKL sesuai dengan standar format yang diberikan. Melakukan presentasi hasil kegiatan PKL kepada dosen pembimbing dan kelompok mahasiswa. |
- Ketepatan melakukan penulisan laporan kegiatan PKL sesuai dengan format yang diberikan. - Ketepatan dalam melakukan presentasi hasil kegiatan PKL. Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Simulasi Small Group Discussion Self Directed Learning Integratif, Tematik, Berpusat pada mahasiswa |
Pelaporan dan presentasi hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Buku Panduan Penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Balikpapan |
10 |
||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Qory Hidayati lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|