.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:qory.hidayati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:38 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2021/2022 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Tugas Akhir |
TE360222 |
0 |
6 |
6 |
252 |
6 |
01-12-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Qory Hidayati S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198611142019032014 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemadirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-7) Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-6) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya (KU-8) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untukmenjaminkesahihan dan mencegah plagiasi pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika teknik dan fisika terapan kedalam prosedur dan praktek instalasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidentifikasi sumber masalah (trouble shooting), dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan teori yang bersesuaian (KK-2) Mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah instrumentasi dan system kendali menggunakan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (KK-3) Mampu merealisasikan rancangan sistem kendali sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (KK-4) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan (KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (KK-6) Mampu mengimplementasikan sistem kendali, mikrokontroler, PLC berdasarkan standar IEC (KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika (KK-8) Mampu mengintegrasikan sistem kendali dengan menggunakan komunikasi kabel dan atau nirkabel (KK-9) Mampu menerapkan regulasi K3 diberbagai sektor tempat kerja |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1: Mahasiswa mampu memahami dengan baik penulisan ilmiah, dimulai dari perumusan masalah, metodologi penelitian, saampai dengan membuat kesimpulan. CPMK2: Mahasiswa mampu melakukan penelusuran pustaka sehingga tidak terjadi pengulangan dalam kajiannya tetapi memiliki unsur kebaruan dalam bidang teknologi informasi. CPMK3: Mahasiswa mampu menghasilkan sebuah sistem teknologi informasi dengan ragam tema/topik, baik mengenai analisis, desain, dan program aplikasi secara offline maupun online dengan memahami perkembangan teknologi informasi mutakhir |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK1: Memahami pembuatan sinopsis dan pengajuan proposal Tugas Akhir Sub CPMK2: Memahami standar, manual, dan pedoman pelaksanaan tugas akhir Sub CPMK3: Mampu menyusun proposal tugas akhir dengan arahan para pembimbing Sub CPMK4: Mahasiswa mampu menyampaikan gagasan baru tentang perenapan pengetahuan melalui proposal Tugas Akhir Sub CPMK5: Mahasiswa mampu membangun sistem/merancang sistem/membuat program aplikasi berdasarkan konsep-konsep yang diuraikan pada tugas akhir. Sub CPMK6: Mahasiswa mampu menyampaikan gagasan baru tentang penerapan pengetahuan melalui pengujian. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini merupakan ujung dari kompetensi mahasiswa agar mampu menemukan dan menyelesaikan permasalahan di bidang teknik elektronika melalui karya teknologi. Materi yang dibahas meliputi penyusunan proposal tugas akhir (TA), analisis kebutuhan, penentuan metode penelitian, perancangan dan pembuatan alat, pengujian, analisis dan pembahasan serta penyusunan laporan. Selanjutnya mahasiswa juga harus mempresentasikan hasilnya kepada penguji, pembimbing dan pengurus program studi. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Cara pembuatan sinopsis Tugas Akhir. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Buku panduan skripsi 2. Buku standar dan manual skripsi |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul,Laptop,LCD,Internet, Power Point (PPT) |
|||||||
Dosen Pengampu |
Qory Hidayati, |
Mata Kuliah |
Tugas Akhir |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE360222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK1: Memahami pembuatan sinopsis dan pengajuan proposal Tugas Akhir |
Menyelesaikan pembuatan sinopsis |
Kriteria: Membuat sinopsi dan mengisi formulir Bentuk: Formulir dan sinopsis Karakteristik Pembelajaran : |
Bentuk : Kuliah Metode : Diskusi TM : 6 x 50 menit BT : 6 X 60 menit BM : 6 x 60 menit Metode Pembelajaran : |
Menjelaskan mengenai cara membuat synopsis dan mengisi formulir pengajuan proposal tugas akhir 1. Buku pedoman tugas akhir |
2 |
|||
2 | Sub CPMK2: Memahami standar, manual, dan pedoman pelaksanaan tugas akhir |
- Mahasiswa mengkaji dan memahami pedoman tugas akhir - Kesesuain format dengan pedoman |
Kriteria: Menyusun format Bentuk: - Karakteristik Pembelajaran : |
Bentuk : Kuliah Metode : Diskusi TM : 6 x 50 menit BT : 6 X 60 menit BM : 6 x 60 menit Metode Pembelajaran : |
Menjelaskan mengenai tata cara penulisan tugas akhir mengikuti format atau pedoman yg sudah ditetapkan. 1. Buku pedoman tugas akhir, 2. standar, dan manual pelaksanaan tugas akhir |
2 |
|||
3,4,5,6,7 | Sub CPMK3: Mampu menyusun proposal tugas akhir dengan arahan para pembimbing |
Proposal sesuai dengan format penulisan ilmiah |
Kriteria: Penyelesaian penulisan proposal Bentuk: laporan proposal tugas akhir Karakteristik Pembelajaran : |
Bentuk : Tutorial, Seminar, Praktik Metode : Pembelajaran kolaboratif, berbasis proyek, dan penyelesaian masalah TM : 4 x 50 x 5 menit BT : 4 X 60 x 5 menit BM : 4 x 60 x 5 menit Metode Pembelajaran : |
Melakukan penyusunan proposal penelitian yang mencakup pendahuluan yang terdiri dari metodologi penelitian, kajian pusaka, analysis, dan perancangan. 1. Buku pedoman tugas akhir, 2. Standar, dan manual pelaksanaan Tugas Akhir |
1 |
|||
Sub CPMK3: Mampu menyusun proposal tugas akhir dengan arahan para pembimbing |
Proposal sesuai dengan format penulisan ilmiah |
Kriteria: Penyelesaian penulisan proposal Bentuk: laporan proposal tugas akhir Karakteristik Pembelajaran : |
Bentuk : Tutorial, Seminar, Praktik Metode : Pembelajaran kolaboratif, berbasis proyek, dan penyelesaian masalah TM : 4 x 50 x 5 menit BT : 4 X 60 x 5 menit BM : 4 x 60 x 5 menit Metode Pembelajaran : |
Melakukan penyusunan proposal penelitian yang mencakup pendahuluan yang terdiri dari metodologi penelitian, kajian pusaka, analysis, dan perancangan. 1. Buku pedoman tugas akhir, 2. Standar, dan manual pelaksanaan Tugas Akhir |
1 |
||||
Sub CPMK3: Mampu menyusun proposal tugas akhir dengan arahan para pembimbing |
Proposal sesuai dengan format penulisan ilmiah |
Kriteria: Penyelesaian penulisan proposal Bentuk: laporan proposal tugas akhir Karakteristik Pembelajaran : |
Bentuk : Tutorial, Seminar, Praktik Metode : Pembelajaran kolaboratif, berbasis proyek, dan penyelesaian masalah TM : 4 x 50 x 5 menit BT : 4 X 60 x 5 menit BM : 4 x 60 x 5 menit Metode Pembelajaran : |
Melakukan penyusunan proposal penelitian yang mencakup pendahuluan yang terdiri dari metodologi penelitian, kajian pusaka, analysis, dan perancangan. 1. Buku pedoman tugas akhir, 2. Standar, dan manual pelaksanaan Tugas Akhir |
1 |
||||
Sub CPMK3: Mampu menyusun proposal tugas akhir dengan arahan para pembimbing |
Proposal sesuai dengan format penulisan ilmiah |
Kriteria: Penyelesaian penulisan proposal Bentuk: laporan proposal tugas akhir Karakteristik Pembelajaran : |
Bentuk : Tutorial, Seminar, Praktik Metode : Pembelajaran kolaboratif, berbasis proyek, dan penyelesaian masalah TM : 4 x 50 x 5 menit BT : 4 X 60 x 5 menit BM : 4 x 60 x 5 menit Metode Pembelajaran : |
Melakukan penyusunan proposal penelitian yang mencakup pendahuluan yang terdiri dari metodologi penelitian, kajian pusaka, analysis, dan perancangan. 1. Buku pedoman tugas akhir, 2. Standar, dan manual pelaksanaan Tugas Akhir |
1 |
||||
Sub CPMK3: Mampu menyusun proposal tugas akhir dengan arahan para pembimbing |
Proposal sesuai dengan format penulisan ilmiah
|
Kriteria: Penyelesaian penulisan proposal Bentuk: laporan proposal tugas akhir Karakteristik Pembelajaran : |
Bentuk : Tutorial, Seminar, Praktik Metode : Pembelajaran kolaboratif, berbasis proyek, dan penyelesaian masalah TM : 4 x 50 x 5 menit BT : 4 X 60 x 5 menit BM : 4 x 60 x 5 menit Metode Pembelajaran :
|
Melakukan penyusunan proposal penelitian yang mencakup pendahuluan yang terdiri dari metodologi penelitian, kajian pusaka, analysis, dan perancangan. 1. Buku pedoman tugas akhir, 2. Standar, dan manual pelaksanaan Tugas Akhir |
1 |
||||
8 | Sub CPMK5: Mahasiswa mampu membangun sistem/merancang sistem/membuat program aplikasi berdasarkan konsep-konsep yang diuraikan pada tugas akhir. |
Proposal tugas akhir diterima dewan penguji. |
Kriteria: Proposal layak dilanjutkan Bentuk: Sidang Karakteristik Pembelajaran :
|
Bentuk : Seminar Metode : Presentasi TM : 6 x 50 menit BT : 6 X 60 menit BM :6 x 60 menit Metode Pembelajaran : |
Pengujian kelayakan Tugas Akhir melalui sidang proposal tugas akhir oleh para penguji dan pembimbing. Referensi : Buku Proposal Tugas Akhir |
5 |
|||
9,10,11,12,13,14,15 | Sub CPMK5: Mahasiswa mampu membangun sistem/merancang sistem/membuat program aplikasi berdasarkan konsep-konsep yang diuraikan pada tugas akhir. |
Penyusunan Tugas Akhir sesuai dengan format penulisan ilmiah |
Kriteria: Penyelesaian penyusunan Tugas Akhir Bentuk: laporan Tugas Akhir Karakteristik Pembelajaran : |
Bentuk : Tutorial, Seminar, Praktik Metode : Pembelajaran kolaboratif, berbasis proyek, dan penyelesaian masalah TM : 4 x 50 x 7 menit BT : 4 x 60 x 7 menit BM : 4 x 60 x 7 menit Metode Pembelajaran : |
Materi pembahasan dan kajian disesuaikan dengan tema/topik/judul tugas akhir yang diikuti mahasiswa memalui pembimbingan.
Referensi : Sesuai dengan tema bahasan |
1 |
|||
Sub CPMK5: Mahasiswa mampu membangun sistem/merancang sistem/membuat program aplikasi berdasarkan konsep-konsep yang diuraikan pada tugas akhir. |
Penyusunan Tugas Akhir sesuai dengan format penulisan ilmiah |
Kriteria: Penyelesaian penyusunan Tugas Akhir Bentuk: laporan Tugas Akhir Karakteristik Pembelajaran : |
Bentuk : Tutorial, Seminar, Praktik Metode Pembelajaran : TM : 4 x 50 x 7 menit BT : 4 x 60 x 7 menit BM : 4 x 60 x 7 menit |
Materi pembahasan dan kajian disesuaikan dengan tema/topik/judul tugas akhir yang diikuti mahasiswa memalui pembimbingan.
Referensi : Sesuai dengan tema bahasan |
1 |
||||
Sub CPMK5: Mahasiswa mampu membangun sistem/merancang sistem/membuat program aplikasi berdasarkan konsep-konsep yang diuraikan pada tugas akhir. |
Penyusunan Tugas Akhir sesuai dengan format penulisan ilmiah |
Kriteria: Penyelesaian penyusunan Tugas Akhir Bentuk: laporan Tugas Akhir Karakteristik Pembelajaran : |
Bentuk : Tutorial, Seminar, Praktik Metode Pembelajaran : TM : 4 x 50 x 7 menit BT : 4 x 60 x 7 menit BM : 4 x 60 x 7 menit |
Materi pembahasan dan kajian disesuaikan dengan tema/topik/judul tugas akhir yang diikuti mahasiswa memalui pembimbingan.
Referensi : Sesuai dengan tema bahasan |
1 |
||||
Sub CPMK5: Mahasiswa mampu membangun sistem/merancang sistem/membuat program aplikasi berdasarkan konsep-konsep yang diuraikan pada tugas akhir. |
Penyusunan Tugas Akhir sesuai dengan format penulisan ilmiah |
Kriteria: Penyelesaian penyusunan Tugas Akhir Bentuk: laporan Tugas Akhir Karakteristik Pembelajaran : |
Bentuk : Tutorial, Seminar, Praktik Metode Pembelajaran : TM : 4 x 50 x 7 menit BT : 4 x 60 x 7 menit BM : 4 x 60 x 7 menit |
Materi pembahasan dan kajian disesuaikan dengan tema/topik/judul tugas akhir yang diikuti mahasiswa memalui pembimbingan.
Referensi : Sesuai dengan tema bahasan |
1 |
||||
Sub CPMK5: Mahasiswa mampu membangun sistem/merancang sistem/membuat program aplikasi berdasarkan konsep-konsep yang diuraikan pada tugas akhir. |
Penyusunan Tugas Akhir sesuai dengan format penulisan ilmiah |
Kriteria: Penyelesaian penyusunan Tugas Akhir Bentuk: laporan Tugas Akhir Karakteristik Pembelajaran : |
Bentuk : Tutorial, Seminar, Praktik Metode Pembelajaran : TM : 4 x 50 x 7 menit BT : 4 x 60 x 7 menit BM : 4 x 60 x 7 menit |
Materi pembahasan dan kajian disesuaikan dengan tema/topik/judul tugas akhir yang diikuti mahasiswa memalui pembimbingan.
Referensi : Sesuai dengan tema bahasan |
1 |
||||
Sub CPMK5: Mahasiswa mampu membangun sistem/merancang sistem/membuat program aplikasi berdasarkan konsep-konsep yang diuraikan pada tugas akhir. |
Penyusunan Tugas Akhir sesuai dengan format penulisan ilmiah |
Kriteria: Penyelesaian penyusunan Tugas Akhir Bentuk: laporan Tugas Akhir Karakteristik Pembelajaran : |
Bentuk : Tutorial, Seminar, Praktik Metode Pembelajaran : TM : 4 x 50 x 7 menit BT : 4 x 60 x 7 menit BM : 4 x 60 x 7 menit |
Materi pembahasan dan kajian disesuaikan dengan tema/topik/judul tugas akhir yang diikuti mahasiswa memalui pembimbingan.
Referensi : Sesuai dengan tema bahasan |
1 |
||||
Sub CPMK5: Mahasiswa mampu membangun sistem/merancang sistem/membuat program aplikasi berdasarkan konsep-konsep yang diuraikan pada tugas akhir. |
Penyusunan Tugas Akhir sesuai dengan format penulisan ilmiah |
Kriteria: Penyelesaian penyusunan Tugas Akhir Bentuk: laporan Tugas Akhir Karakteristik Pembelajaran : |
Bentuk : Tutorial, Seminar, Praktik Metode Pembelajaran : TM : 4 x 50 x 7 menit BT : 4 x 60 x 7 menit BM : 4 x 60 x 7 menit |
Materi pembahasan dan kajian disesuaikan dengan tema/topik/judul tugas akhir yang diikuti mahasiswa memalui pembimbingan.
Referensi : Sesuai dengan tema bahasan |
0 |
||||
16 | Sub CPMK6: Mahasiswa mampu menyampaikan gagasan baru tentang penerapan pengetahuan melalui pengujian. |
Tugas Akhir diterima dewan penguji. |
Kriteria: Laporan tugas akhir selesai. Bentuk: Sidang Tugas Akhir Karakteristik Pembelajaran : |
Bentuk : Seminar Metode : Presentasi TM : 6 x 50 menit BT : 6 X 60 menit BM : 6 x 60 menit Metode Pembelajaran : |
Pengujian akhir laporan melalui sidang Tugas Akhir (evaluasi program dan evaluasi teori) oleh para penguji dan pembimbing.
Referensi : Buku Tugas Akhir |
80 |
|||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Qory Hidayati lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|