.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:hendra.sanjaya@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 30, 2025, 1:43 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PERBANKAN DAN KEUANGAN DIGITAL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Auditing |
PK.350922 |
1 |
2 |
3 |
70 |
5 |
04-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Hendra Sanjaya Kusno S.E., M.S.A. |
Kety Lulu Agustin S.E., M.M. |
|||||||
NIP/NIK. 199411252019031010 |
NIP/NIK. 2021.90.005 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-5) Menguasai konsep dan teknik akuntansi dasar, akuntansi lanjutan, akuntansi lembaga keuangan , dan audit bank |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang bidang Perbankan dan Keuangan Digital dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU-4) Mampu menyusun hasil kajian bidang Perbankan dan Keuangan Digital dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu menerapkan prinsip dan praktik good corporate governance sesuai standar yang berlaku di industri Perbankan dan Keuangan Digital |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK-1: Mampu memahami dasar pengauditan dan jasa asurans CPMK-2: Mampu memahami tanggung jawab dan kode etik sebagai auditor internal maupun eksternal CPMK-3: Mampu merencanakan prosedur audit, melaksanakan prosedur audit dan menyusun laporan audit sebagai auditor eksternal CPMK-4: Mampu merencanakan prosedur audit, melaksanakan prosedur audit dan menyusun laporan audit sebagai auditor internal bank |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mampu memahami Latar Belakang Audit, Definisi Pengauditan, Jenis-jenis Audit dan Auditor, Kantor Akuntan Publik, dan Organisasi Profesi Akuntan (C2, P2, A2) Sub-CPMK2: Mampu menganalisis Audit Laporan Keuangan, Pihak-pihak Berinteraksi, Standar Audit, & Laporan Auditor (C4, P2, A2) Sub-CPMK3: Mampu menganalisis Tujuan Pengauditan Atas Laporan Keuangan, Tanggung Jawab Manajemen dan Auditor, Siklus dalam Audit, Tujuan Audit, Asersi Manajemen, dan Pemenuhan Tujuan Audit (C4, P4, A2) Sub-CPMK4: Mampu menerapkan Etika Umum dan Etika Profesional, Kode Etika Akuntan Proefesional, dan Prinsip Dasar Etika (C3, P2, A4) Sub-CPMK5: Mampu menafsirkan Hakekat Bukti Audit, Keputusan Auditor tentang Bukti Audit, Karakteristik Bukti Audit, dan Kertas Kerja Audit (C5, P4, A2) Sub-CPMK6: Mampu menerapkan Perencanaan, Penerimaan Klien dan Rencana Audit Pendahuluan, Menilai Resiko Bisnis Klien, dan Prosedur Analitis (C3, P2, A2) Sub-CPMK7: Mampu menganalisis Materialitas Audit, Kesalahan Penyajian dan Perbandingan Kebijakan Awal (C4, P4, A2) Sub-CPMK8: Mampu menganalisis Model Resiko Audit, Komponen Resiko Audit, Menilai Resiko Inheren, Hubungan Resiko dengan Bukti Audit, dan Faktor yang Mempengaruhi Resiko Audit (C4, P4, A2) Sub-CPMK9: Mampu menilai Jenis-Jenis Kecurangan, Penyebab Kecurangan, Menilai dan Merespon Resiko Kecurangan, serta Area Resiko Kecurangan (C5, P4, A4) Sub-CPMK10: Mampu menerapkan Tahapan Perencanaan Audit, Jenis Pengujian dalam Audit, dan Dampak Teknologi Informasi terhadap Pengujian Audit (C3, P2, A2) Sub-CPMK11: Mampu menganalisis Kombinasi Bukti, Perancangan Program Audit, dan Ikhtisar Proses Audit (C4, P4, A2) Sub-CPMK12: Mampu menerapkan Prinsip-Prinsip Audit Internal Bank, Organisasi Audit Internal, Peran Audit Internal, dan Risk Based Audit (C3, P2, A4) Sub-CPMK13: Mampu menerapkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Audit Intern Bank, Penugasan Audit Internal, Melaporkan dan Memonitor Tindak Lanjut Hasil Audit (C3, P2, A4) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Auditing ini memiliki bobot 3 SKS, yang terdiri dari 2 SKS Praktek dan 1 SKS Teori. Jumlah jam dalam seminggu untuk mata kuliah Auditing sebesar 5 Jam/Minggu. Pembahasan dan pembelajaran pada mata kuliah ini berfokus pada pemahaman umum tentang audit dan jasa asurans; tanggung jawab dan kode etik sebagai auditor internal maupun eksternal; dan tahapan dalam proses audit hingga tersedianya laporan hasil audit. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
- Pengauditan & Jasa Asurans |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama:
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Media: |
|||||||
Dosen Pengampu |
Hendra Sanjaya Kusno, |
Mata Kuliah |
Auditing |
|||
Kode Mata Kuliah |
PK.350922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK1: Mampu memahami Latar Belakang Audit, Definisi Pengauditan, Jenis-jenis Audit dan Auditor, Kantor Akuntan Publik, dan Organisasi Profesi Akuntan (C2, P2, A2) |
|
Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Metode presentasi, ceramah dan penjelasan, serta diskusi. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
Boynton, William C., and Johnson, Raymond N. (2006). Modern Auditing (8th ed.). John Wiley & Sons, Inc. |
4 |
|||
2 | Sub-CPMK2: Mampu menganalisis Audit Laporan Keuangan, Pihak-pihak Berinteraksi, Standar Audit, & Laporan Auditor (C4, P2, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Metode presentasi, ceramah dan penjelasan, serta diskusi. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
|
3 |
|||
3 | Sub-CPMK4: Mampu menerapkan Etika Umum dan Etika Profesional, Kode Etika Akuntan Proefesional, dan Prinsip Dasar Etika (C3, P2, A4) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Metode presentasi, ceramah dan penjelasan, serta diskusi. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
|
3 |
|||
4 | Sub-CPMK3: Mampu menganalisis Tujuan Pengauditan Atas Laporan Keuangan, Tanggung Jawab Manajemen dan Auditor, Siklus dalam Audit, Tujuan Audit, Asersi Manajemen, dan Pemenuhan Tujuan Audit (C4, P4, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Metode presentasi, ceramah dan penjelasan, serta diskusi. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
|
3 |
|||
5 | Sub-CPMK5: Mampu menafsirkan Hakekat Bukti Audit, Keputusan Auditor tentang Bukti Audit, Karakteristik Bukti Audit, dan Kertas Kerja Audit (C5, P4, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Metode presentasi, ceramah dan penjelasan, serta diskusi. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
|
3 |
|||
6 | Sub-CPMK6: Mampu menerapkan Perencanaan, Penerimaan Klien dan Rencana Audit Pendahuluan, Menilai Resiko Bisnis Klien, dan Prosedur Analitis (C3, P2, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Metode presentasi, ceramah dan penjelasan, serta diskusi. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
|
3 |
|||
7 | Sub-CPMK7: Mampu menganalisis Materialitas Audit, Kesalahan Penyajian dan Perbandingan Kebijakan Awal (C4, P4, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak. |
Metode presentasi, ceramah dan penjelasan, serta diskusi. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
|
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub-CPMK8: Mampu menganalisis Model Resiko Audit, Komponen Resiko Audit, Menilai Resiko Inheren, Hubungan Resiko dengan Bukti Audit, dan Faktor yang Mempengaruhi Resiko Audit (C4, P4, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak. |
Metode presentasi, ceramah dan penjelasan, serta diskusi. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
Boynton, William C., and Johnson, Raymond N. (2006). Modern Auditing (8th ed.). John Wiley & Sons, Inc. |
3 |
|||
10 | Sub-CPMK9: Mampu menilai Jenis-Jenis Kecurangan, Penyebab Kecurangan, Menilai dan Merespon Resiko Kecurangan, serta Area Resiko Kecurangan (C5, P4, A4) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak. |
Metode presentasi, ceramah dan penjelasan, serta diskusi. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
|
3 |
|||
11 | Sub-CPMK10: Mampu menerapkan Tahapan Perencanaan Audit, Jenis Pengujian dalam Audit, dan Dampak Teknologi Informasi terhadap Pengujian Audit (C3, P2, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Metode presentasi, ceramah dan penjelasan, serta diskusi. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
|
3 |
|||
12 | Sub-CPMK11: Mampu menganalisis Kombinasi Bukti, Perancangan Program Audit, dan Ikhtisar Proses Audit (C4, P4, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak. |
Metode presentasi, ceramah dan penjelasan, serta diskusi. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
|
3 |
|||
13 | Sub-CPMK12: Mampu menerapkan Prinsip-Prinsip Audit Internal Bank, Organisasi Audit Internal, Peran Audit Internal, dan Risk Based Audit (C3, P2, A4) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak. |
Metode presentasi, ceramah dan penjelasan, serta diskusi. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
Ikatan Bankir Indonesia. (2018). Memahami Audit intern Bank. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. |
4 |
|||
14 | Sub-CPMK13: Mampu menerapkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Audit Intern Bank, Penugasan Audit Internal, Melaporkan dan Memonitor Tindak Lanjut Hasil Audit (C3, P2, A4) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak. |
Metode presentasi, ceramah dan penjelasan, serta diskusi. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
Ikatan Bankir Indonesia. (2018). Memahami Audit intern Bank. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. |
4 |
|||
15 | Sub-CPMK13: Mampu menerapkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Audit Intern Bank, Penugasan Audit Internal, Melaporkan dan Memonitor Tindak Lanjut Hasil Audit (C3, P2, A4) |
Mahasiswa mampu melakukan pelaporan dan monitor Tindak Lanjut Hasil Audit. |
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak. |
Metode presentasi, ceramah dan penjelasan, serta diskusi. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
Melaporkan dan Memonitor Tindak Lanjut Hasil Audit
|
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Hendra Sanjaya Kusno lahir di Tenggarong pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan AKUNTANSI Program Studi Akuntansi Perpajakan |
|