.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ezra.hartarto@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:26 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Komputer Aplikasi Manajemen Konstruksi |
TS230222 |
0 |
2 |
2 |
84 |
3 |
04-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199110232019031013 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (P-3) Menguasai metode konstruksi untuk melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan bangunan gedung |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mahasiswa mampu menggunakan software sebagai alat bantu dalam perhitungan penjadwalan serta analisis kegiatan proyek, mampu menemukan sumber masalah selama jadwal pelaksanaan konstruksi sesuai dengan penjadwalan yang direncanakan, kemudian mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil perancangan penjadwalan yang komunikatif dengan teknik manual maupun digital mengelola pembelajaran secara mandiri. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan tentang perangkat aplikasi manajemen konstruksi Microsoft Project secara menyeluruh [C2, A2] Sub-CPMK 2: Mampu mengatur jadwal start serta info project [C2, A2] Sub-CPMK 3: Mampu mengatur working time [C2, A2] Sub-CPMK 4: Mampu menyusun formula pada costum field [C2, A2] Sub-CPMK 5: Mampu menjelaskan isi toolbar [C2, A2] Sub-CPMK 6: Mampu menyusun resource sesuai standar project [C2, A2] Sub-CPMK 7: Mampu membuat set baseline [C2, A2] Sub-CPMK 8: Mampu membuat report critical task, kurva S, dan dashboard [C2,A2] Sub-CPMK 9: Mampu melakukan tracking waktu menggunakan costum field [C2, A2] Sub-CPMK 10: Mampu melakukan cost control dari costum field [C2, A2] Sub-CPMK 11: Mampu melakukan update project [C2, A2] Sub-CPMK 12: Mampu melakukan status date untuk pelaporan [C2, A2] Sub-CPMK 13: Mampu memasukkan task dan durasi [C2, A2] Sub-CPMK 14: Mampu memasukkan volume resource dari AHSP [C2, A2] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini mempelajari tentang berbagai aplikasi program komputer di bidang Teknik Sipil, yaitu Program Microsoft Project. Aplikasi ini dapat membuat alur program dan pemahaman logika pemrograman. Pada jobsheet dipelajari cara penggunaan Microsoft Project dalam perencanaan penjadwalan kegiatan konstruksi sehingga mahasiswa dapat memodelkan penjadwalan berupa barchart, kurva, dan lain-lain dalam aplikasi tersebut. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Penjadwalan, Resources dan Cost control |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Laptop, Proyektor, Papan Tulis, Buku Ajar, BLP2. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ezra Hartarto Pongtuluran, |
Mata Kuliah |
Komputer Aplikasi Manajemen Konstruksi |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS230222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan tentang perangkat aplikasi manajemen konstruksi Microsoft Project secara menyeluruh [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan tentang perangkat aplikasi manajemen konstruksi microsoft project (B) dengan tepat |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Menjelaskan prosedur prokes selama perkuliahan, Pengertian aplikasi manajemen konstruksi microsoft project, sumber daya proyek dan macamnya, serta tahapan pelaksanaan proyek dan pengertian masing-masing tahapan. Pustaka: 6, 7, 8 |
3 |
|||
2 | Sub-CPMK 2: Mampu mengatur jadwal start serta info project [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mengatur jadwal mulai pekerjaan dan mendeskripsikan info pekerjaan (B) dengan tepat |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Jadwal start dan info project Pustaka: 6, 7, 8 |
3 |
|||
3 | Sub-CPMK 3: Mampu mengatur working time [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan dan mengatur working time (B) dengan tepat |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Mengatur working time dari data rencana anggaran biaya yang dimiliki Pustaka: 6, 7, 8 |
3 |
|||
4 | Sub-CPMK 4: Mampu menyusun formula pada costum field [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun formula pada costum field (B) dengan tepat |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Menyusun formula dalam costume field Pustaka: 5, 6, 7 |
3 |
|||
5 | Sub-CPMK 5: Mampu menjelaskan isi toolbar [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan isi toolbar dalam microsoft project (B) dengan tepat |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Isi toolbar dalam aplikasi microsoft project Pustaka: 5, 6, 7 |
3 |
|||
6 | Sub-CPMK 6: Mampu menyusun resource sesuai standar project [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun resource sesuai standart project (B) dengan tepat |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Sumber daya dalam proyek Pustaka: 1, 6, 7 |
4 |
|||
7 | Sub-CPMK 7: Mampu membuat set baseline [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun set baselinepelaksanaan proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Baseline Pustaka: 1, 7, 8 |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 8: Mampu membuat report critical task, kurva S, dan dashboard [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta membuat laporan baik itu pekerjaan kritis dam penjadwalan kurva S (B) dengan tepat |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Laporan, Pekerjaan Kritis, dan Dasboard Pustaka: 2, 3, 6 |
4 |
|||
10 | Sub-CPMK 9: Mampu melakukan tracking waktu menggunakan costum field [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta melakukan tracking time menggunakan costum field (B) dengan tepat |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Tracking time Pustaka: 3, 4, 6 |
4 |
|||
11 | Sub-CPMK 10: Mampu melakukan cost control dari costum field [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menganalisis cost control dari costum field (B) dengan tepat |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Cost control Pustaka: 7, 8 |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK 11: Mampu melakukan update project [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta melakukan update project (B) dengan tepat |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Updated project Pustaka: 7, 8 |
3 |
|||
13 | Sub-CPMK 12: Mampu melakukan status date untuk pelaporan [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun status date untuk pelaporan (B) dengan tepat |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Status date Pustaka: 6, 7 |
4 |
|||
14 | Sub-CPMK 13: Mampu memasukkan task dan durasi [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun task dan durasi pelaksanaan proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Task dan Durasi Pustaka: 6, 7, 8 |
4 |
|||
15 | Sub-CPMK 14: Mampu memasukkan volume resource dari AHSP [C2, A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun volume sumber daya proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Resources Pustaka: 6, 7, 8 |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ezra Hartarto Pongtuluran lahir di Samarinda pada tanggal 23-10-1991 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|