.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lisnawaty.simatupang@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 30, 2025, 2:43 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
|||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
|||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
|||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
||||
T |
P |
TOTAL |
|||||||
BAHASA INDONESIA |
TB230315 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
16-02-2024 |
||
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
|||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
|||||||
Lisnawaty Simatupang S.S., M.Hum. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
||||||||
NIP/NIK. 199112222020122003 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
||||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
||||||||
SIKAP |
|||||||||
(S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
|||||||||
PENGETAHUAN |
|||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
|||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
||||||||
1. Mampu menjelaskan hakikat dan konsep bahasa Indonesia sebagai bagian dari keragaman budaya |
|||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
|||||||||
Mampu memahami sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia |
|||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah BAHASA INDONESIA mempelajari pengetahuan dan ketrampilan dalam menganalisis
dan menghasilkan teks akademik dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
||||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
A. Sejarah Bahasa Indonesia |
||||||||
Pustaka |
Pustaka Utama:
1.     Badan Pengembangan dan
Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
2.     Direktoral Jenderal
Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan
Tinggi. (2016). Pendidikan Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Tinggi.
Jakarta: DIKTI
3.     Pusat Bahasa. (2007). Pedoman
Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
4.     Badan Pengembangan dan Pembinaan
Bahasa. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
5.     Badan Pengembangan dan Pembinaan
Bahasa. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
6.     Nurdjan, S. et al. (2016). Bahasa
Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Makassar: Aksara Timur
7.     Sukartha, I.N. et al. (2015).
Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Denpasar: Udayana University
Press
8.     Sneddon, J.N. et al. (2010).
Indonesian References Grammar 2nd Edition. Melbourne: Allen
& Unwin.
9.     Hacker, D. & Sommers, N.
(2016). APA Version: A Pocket Style Manual 7th Edition. New York: Bedford/St. Martin’s.
10. Simatupang, L. et al.
(2021). Panduan Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Perhotelan. Balikpapan:
Politeknik Negeri Balikpapan.
Direktorat
Belmawa Kemdikbud. (2021). Program
Kreativitas Mahasiswa: Pedoman Umum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia |
||||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1.    LCD proyektor 2.    Lap top, 3.    White board
|
||||||||
Dosen Pengampu |
Lisnawaty Simatupang, |
Mata Kuliah |
BAHASA INDONESIA |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB230315 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu memahami sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 1: Mengumpulkan data kebahasan melalui berbagai sumber, seperti media sosial, TV, spanduk, poster, dll Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x
|
Sejarah bahasa Indonesia Perkembangan bahasa Indonesia Direktoral Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2016). Pendidikan Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Tinggi. Jakarta: DIKTI |
5 |
|||
2 | Mampu memahami kedudukan dan fungsi bahasa |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 2: Presentasi data kebahasaan bahasa yang ditemukan sebagai bagian dari perkembangan fungsi bahasa Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
|
7 |
|||
3 | Mampu membedakan ragam atau variasi bahasa |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 3: Melakukan survei penggunaan ragam bahasa di lingkungan sekitar Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
|
7 |
|||
4 | Mampu menjelaskan peran dan kategori kata dalam struktur bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
|
5 |
|||
5 | Mampu menjelaskan peran dan konsep frasa dan klausa dalam tata bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
|
5 |
|||
6 | Mampu menuangkan gagasan ilmiah dalam bentuk kalimat efektif |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 4: Menyusun laporan dengan kalimat efektif dan presentasi terkait kegiatan survei ragam bahasa (topik 3) Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Kalimat Efektif dalam bahasa Indonesia |
8 |
|||
7 | Mampu menggunakan unsur-unsur ejaan, seperti huruf, tanda baca, dan penulisan unsur serapan dalam bahasa Indonesia dengan benar |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 5: Menemukan kesalahan ejaan dalam laporan penelitian Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Ejaan bahasa Indonesia |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | Mampu menggunakan diksi secara tepat sesuai konteks tulisan (Genre makro) |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 6: Membuat video penggunaan diksi sesuai konteks Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Penggunaan diksi dalam genre makro |
10 |
|||
10 | Mampu menyatakan gagasan secara tepat dalam paragraph (teks Mikro) |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 7: Mengidentifikasi jensi paragraph dalam teks Makro Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Pengembangan ide dalam paragraph (teks mikro) |
8 |
|||
11 | Mampu menulis esai dengan karakateristik dan sturktur yang tepat |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 8: Menulis esai sesuai dengan topik yang ditentukan Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menuangkan gagasan dalam esai |
8 |
|||
12 | Mampu menjelaskan struktur dan sistematika penulisan artikel |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Struktur dan sistematika artikel ilmiah |
7 |
|||
13 | Mampu menuangkan gagasan kreatif dalam proposal |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Menyusun Proposal PKM |
8 |
|||
14 | Mampu mengeksplorasi karya tulis |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): 1. Kuliah 2. DIskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 9: Menyusun argumentasi dalam sebuah teks ulasan Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menulis teks ulasan |
10 |
|||
15 | Mampu menjelaskan orisinalistas karya tulis |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): 1. Kuliah 2. Diskusi Tugas 10: Menginternalisasi nilai-nilai orisinalistas karya tulis dalam proposal Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menerapkan sistem kutipan dan pustaka untuk menghindari plagiasi |
7 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lisnawaty Simatupang lahir di Dairi pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|