.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:hasto.finanto@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 12, 2025, 4:07 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI PERPAJAKAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Auditing 1 |
AP 502 |
2 |
1 |
3 |
56 |
5 |
04-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Hasto Finanto S.E., M.Sc. |
Endang Sri Apriani S.E., M.E., CFRM. |
|||||||
NIP/NIK. 2015.90.017 |
NIP/NIK. 2021.90.003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mampu mengaplikasikan bidang keahlian akuntansi perpajakan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi (P-2) Menguasai konsep teoritis akuntansi secara mendalam dan penerapannya pada bidang secara spesifik antara lain akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, sistem informasi akuntansi dan akuntansi syariah untuk menyelesaikan masalah secara sistematis (P-6) Mampu menguasai konsep cabang-cabang ilmu akuntansi meliputi akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, audit internal, dan audit eksternal untuk mendukung pengambilan keputusan, baik keputusan internal organisasi maupun eksternal organisasi (P-8) Mampu menguasai teknologi informasi yang terkait dengan bidang akuntansi perpajakan untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas pada era revolusi industri 4.0 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan di bidang akuntansi perpajakan serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang perpajakan (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pelaksanaan pekerjaan akuntansi perpajakan (KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menjadi teknisi akuntansi ahli yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/atau manufaktur berskala besar dan/atau go-public dan mampu mengaplikasikan pada bidang keahlian akuntansi secara spesifik antara lain akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, sistem informasi akuntansi dan akuntansi syariah yang sesuai dengan standar dan prinsip- prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang akuntansi, melalui proses penganalisisan data keuangan dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi, keahlian interpersonal dan komunikasi (KK-2) Mampu menghasilkan informasi akuntansi yang akuntabel, benar dan wajar untuk internal perusahaan di bidang perpajakan seperti menyiapkan perhitungan dan penyetoran PPN, PPnBM menyiapkan perhitungan dan penyetoran PPh Wajib Pajak Badan Menyiapkan perhitungan dan penyetoran Wajib Pajak Asing dan menyiapkan perhitungan dan penyetoran PPh khusus (KK-7) Menyiapkan hasil analisis laporan keuangan secara realistik dan dapat diberikan kepada pengguna jasa dengan mempertimbangkan isu - isu di bidang perpajakan, risiko dan alternatif - alternatif kebijakan yang dapat dilaksanakan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu mengaplikasikan proses pengauditan Laporan Keuangan Historis (C4, P2, A3) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. Mahasiswa mampu memahami Latar Belakang Audit, Definisi Pengauditan, Jenis-jenis Audit dan Auditor, Kantor Akuntan Publik, Organisasi Profesi Akuntan. (C1 P1, A1) 2. Mahasiswa mampu memahami Audit Laporan Keuangan, Pihak Berinteraksi dengan Auditor, Standar Audit, dan Laporan Auditor. ((C1 P1, A1) 3. Mahasiswa mampu memahami Etika Umum dan Etika Profesional, Kode Etika Akuntan Profesional, Prinsip Dasar Etika. (C1 P1, A1) 4. Mahasiswa mampu memahami Tujuan Pengauditan Atas Laporan Keuangan, Tanggung Jawab Manajemen dan Auditor, Siklus dalam Audit, Tujuan Audit, Asersi Manajemen, Pemenuhan Tujuan Audit (C4, P2, A3) 5. Mahasiswa mampu memahami Hakekat Bukti Audit, Keputusan Auditor tentang Bukti Audit, Karakteristik Bukti Audit, Kertas Kerja Audit (C4, P2, A3) 6. Mahasiswa mampu memahami Perencanaan, Penerimaan Klien dan Rencana Audit Pendahuluan, Menilai Resiko Bisnis Klien, Prosedur Analitis (C4, P2, A3) 7. Mahasiswa mampu memahami Materialitas Audit, Kesalahan Penyajian dan Perbandingan Kebijakan Awal (C4, P2, A3) 8. Mahasiswa mampu memahami Model Resiko Audit, Komponen Resiko Audit, Menilai Resiko Inheren, Hubungan Resiko dengan Bukti Audit, dan Faktor yang Mempengaruhi Resiko Audit (C4, P2, A3) 9. Mahasiswa mampu memahami Jenis-Jenis Kecurangan, Penyebab Kecurangan, Menilai dan Merespon Resiko Kecurangan, serta Area Resiko Kecurangan (C4, P2, A3) 10. Mahasiswa mampu memahami Tahapan Perencanaan Audit, Jenis Pengujian dalam Audit, Dampak Teknologi Informasi terhadap Pengujian Audit (C4, P2, A3) 11. Mahasiswa mampu memahami Kombinasi Bukti, Perancangan Program Audit, Ikhtisar Proses Audit (C4, P2, A3) 12. Mahasiswa mampu memahami Prinsip-Prinsip Audit Perpajakan(C4, P2, A3) 13. Mahasiswa mampu memahami tentang Pencucian Uang. (C4, P2, A3) 14. Mahasiswa mampu memahami tentang Isu Terkini. (C4, P2, A3) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Auditing 1 mempelajari mengenai Peraturan & Perundangan, Standar dan Etika Profesi, Isu terkini, Penerimaan dan pengelolaan Perikatan asurans dan perikatan Audit atas Laporan Keuangan historis, Perencanaan dan Perikatan Asurans dan perikatan Audit. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengauditan & Jasa Asurans 2. Audit Laporan Keuangan & Tanggung Jawab Auditor 3. Kode Etik Profesional Akuntan Publik 4. Tujuan Audit & Tanggung Jawab Auditor 5. Bukti Audit dan Kertas Kerja Audit 6. Perencanaan Audit 7. Materialitas Audit 8. Resiko Audit 9. Resiko Kecurangan 10. Strategi & Program Audit 11. Prinsip dan Proses Audit Internal Bank 12. Audit Engagement and Follow Up Monitoring |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Hasto Finanto, |
Mata Kuliah |
Auditing 1 |
|||
Kode Mata Kuliah |
AP 502 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | 1. Mahasiswa mampu memahami Latar Belakang Audit, Definisi Pengauditan, Jenis-jenis Audit dan Auditor, Kantor Akuntan Publik, dan Organisasi Profesi Akuntan. |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Latar Belakang Audit 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Jenis-jenis Audit dan Auditor, |
|
Karakteristik proses pembelajaran: - Pembelajaran efektivitas & Pembelajaran interaktif Metoda Pembelanjaran: - Discovery & inquairy, Diskusi - teori 1 sks X 50' - praktik 2 sks X 2 X 50' |
- Latar Belakang Audit
|
3 |
|||
2 | 2. Mahasiswa mampu memahami Audit Laporan Keuangan, Pihak Berinteraksi dengan Auditor, Standar Audit, dan Laporan Auditor. |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Audit Laporan Keuangan 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Standar Audit dan Laporan Auditor. |
|
Karakteristik proses pembelajaran: - Pembelajaran efektivitas & Pembelajaran interaktif Metoda Pembelanjaran: - Discovery & inquairy, Diskusi - teori 1 sks X 50' - praktik 2 sks X 2 X 50' |
- Audit Laporan Keuangan
|
3 |
|||
3 | 3. Mahasiswa mampu memahami Etika Umum dan Etika Profesional, Kode Etika Akuntan Profesional, dan Prinsip Dasar Etika. |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Etika Umum dan Etika Profesional 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Prinsip Dasar Etika. |
|
Karakteristik proses pembelajaran: - Pembelajaran efektivitas & Pembelajaran interaktif Metoda Pembelanjaran: - Discovery & inquairy, Diskusi - teori 1 sks X 50' - praktik 2 sks X 2 X 50' |
- Etika Umum dan Etika Profesional - Kode Etika Akuntan Proefesional - Prinsip Dasar Etika.
|
3 |
|||
4 | 4. Mahasiswa mampu memahami Tujuan Pengauditan Atas Laporan Keuangan, Tanggung Jawab Manajemen dan Auditor, Siklus dalam Audit, Tujuan Audit, Asersi Manajemen, dan Pemenuhan Tujuan Audit |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Tujuan Pengauditan Atas Laporan Keuangan 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Tanggung Jawab Manajemen dan Auditor
3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Siklus dalam Audit dan Tujuan Audit 4. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Asersi Manajemen dan Pemenuhan Tujuan Audit. |
|
Karakteristik proses pembelajaran: - Pembelajaran efektivitas & Pembelajaran interaktif Metoda Pembelanjaran: - Discovery & inquairy, Diskusi - teori 1 sks X 50' - praktik 2 sks X 2 X 50' |
|
3 |
|||
5 | 5. Mahasiswa mampu memahami Hakekat Bukti Audit, Keputusan Auditor tentang Bukti Audit, Karakteristik Bukti Audit, dan Kertas Kerja Audit |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Hakekat Bukti Audit 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Karakteristik Bukti Audit dan Kertas Kerja Audit. |
|
Karakteristik proses pembelajaran: - Pembelajaran efektivitas & Pembelajaran interaktif Metoda Pembelanjaran: - Discovery & inquairy, Diskusi - teori 1 sks X 50' - praktik 2 sks X 2 X 50' |
- Hakekat Bukti Audit
|
4 |
|||
6 | 6. Mahasiswa mampu memahami Perencanaan, Penerimaan Klien dan Rencana Audit Pendahuluan, Menilai Resiko Bisnis Klien, dan Prosedur Analitis |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Perencanaan Audit 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Menilai Resiko Bisnis Klien |
|
Karakteristik proses pembelajaran: - Pembelajaran efektivitas & Pembelajaran interaktif Metoda Pembelanjaran: - Discovery & inquairy, Diskusi - teori 1 sks X 50' - praktik 2 sks X 2 X 50' |
- Perencanaan
|
4 |
|||
7 | 7. Mahasiswa mampu memahami Materialitas Audit, Kesalahan Penyajian dan Perbandingan Kebijakan Awal |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Materialitas Audit 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Kesalahan Penyajian dan Perbandingan Kebijakan Awal. |
|
Karakteristik proses pembelajaran: - Pembelajaran efektivitas & Pembelajaran interaktif Metoda Pembelanjaran: - Discovery & inquairy, Diskusi - teori 1 sks X 50' - praktik 2 sks X 2 X 50' |
- Materialitas Audit
|
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | 8. Mahasiswa mampu memahami Model Resiko Audit, Komponen Resiko Audit, Menilai Resiko Inheren, Hubungan Resiko dengan Bukti Audit, dan Faktor yang Mempengaruhi Resiko Audit |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Model Resiko Audit dan Komponen Resiko Audit 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Menilai Resiko Inheren |
|
Karakteristik proses pembelajaran: - Pembelajaran efektivitas & Pembelajaran interaktif Metoda Pembelanjaran: - Discovery & inquairy, Diskusi - teori 1 sks X 50' - praktik 2 sks X 2 X 50' |
- Model Resiko Audit
|
5 |
|||
10 | 9. Mahasiswa mampu memahami Jenis-Jenis Kecurangan, Penyebab Kecurangan, Menilai dan Merespon Resiko Kecurangan, serta Area Resiko Kecurangan |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Jenis-Jenis Kecurangan 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Menilai dan Merespon Resiko Kecurangan |
|
Karakteristik proses pembelajaran: - Pembelajaran efektivitas & Pembelajaran interaktif Metoda Pembelanjaran: - Discovery & inquairy, Diskusi - teori 1 sks X 50' - praktik 2 sks X 2 X 50' |
- Jenis-Jenis Kecurangan
|
5 |
|||
11 | 10. Mahasiswa mampu memahami Tahapan Perencanaan Audit, Jenis Pengujian dalam Audit, dan Dampak Teknologi Informasi terhadap Pengujian Audit |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Tahapan Perencanaan Audit 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Dampak Teknologi Informasi terhadap Pengujian Audit. |
|
Karakteristik proses pembelajaran: - Pembelajaran efektivitas & Pembelajaran interaktif Metoda Pembelanjaran: - Discovery & inquairy, Diskusi - teori 1 sks X 50' - praktik 2 sks X 2 X 50' |
|
5 |
|||
12 | 11. Mahasiswa mampu memahami Kombinasi Bukti, Perancangan Program Audit, dan Ikhtisar Proses Audit |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Kombinasi Bukti 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Ikhtisar Proses Audit. |
|
Karakteristik proses pembelajaran: - Pembelajaran efektivitas & Pembelajaran interaktif Metoda Pembelanjaran: - Discovery & inquairy, Diskusi - teori 1 sks X 50' - praktik 2 sks X 2 X 50' |
- Kombinasi Bukti - Ikhtisar Proses Audit.
|
5 |
|||
13 | 12. Mahasiswa mampu memahami Prinsip-Prinsip Audit Perpajakan |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Audit pajak 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Penugasan Audit Internal. |
|
Karakteristik proses pembelajaran: - Pembelajaran efektivitas & Pembelajaran interaktif Metoda Pembelanjaran: - Discovery & inquairy, Diskusi - teori 1 sks X 50' - praktik 2 sks X 2 X 50' |
- Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Audit.
|
5 |
|||
14 | 13. Mahasiswa mampu memahami tentang Pencucian Uang. |
Mahasiswa mampu memahami tentang:
|
|
Karakteristik proses pembelajaran: - Pembelajaran efektivitas & Pembelajaran interaktif Metoda Pembelanjaran: - Discovery & inquairy, Diskusi - teori 1 sks X 50' - praktik 2 sks X 2 X 50' |
|
5 |
|||
15 | 14. Mahasiswa mampu memahami tentang Isu Terkini. |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang:
|
|
Karakteristik proses pembelajaran: - Pembelajaran efektivitas & Pembelajaran interaktif Metoda Pembelanjaran: - Discovery & inquairy, Diskusi - teori 1 sks X 50' - praktik 2 sks X 2 X 50' |
|
5 |
|||
16. |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Hasto Finanto lahir di Bontang pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan AKUNTANSI Program Studi Akuntansi Perpajakan |
|