.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mohamad.isram@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:04 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Rekayasa Pondasi 2 |
JJ350417 |
2 |
0 |
2 |
28 |
5 |
30-01-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 198903052022031010 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai prinsip dan teknik perancangan rekayasa meliputi ilmu bahan, mekanika (mekanika teknik, mekanika tanah, mekanika fluida), sistem transportasi darat, hidrologi, rekayas geoteknik, rekayasa jalan, rekayasa struktur jembatan, rekayasa konstruksi, dan rekayas lingkungan jalan (P-6) Menguasai referensi teknisyang berlaku di Indonesia dan minimal satu standar yang berlaku internasional (misalnya AASHTO, ACI, ASCI) bidang konstruksi jalan dan jembatan (P-7) Menguasai issue terkini di bidang transportasi, teknologi jalan dan jembatan, ekonomi, sosial, budaya, kesehatan dan keselamatan publik, lingkungan dan analisa dampak lingkungan akibat lalu lintas (andalalin) (P-8) Menguasai prinsip dan teknik berkomunikasi (lisan, tulisan, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu merencanakan, melaksanakan, mengawasi proses konstruksi jalan dan jembatan dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan publik, serta menerapkan sistem manajemen, keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (SMK3L) dengan mengacu dokumen perancangan teknik rinci |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu mendesain pondasi dalam |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK1 : Mampu memahami jenis-jenis pondasi dalam [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK2 : Mampu memahami tekanan tanah lateral pada sheet pile [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK3 : Mampu menganalisa turap pada tanah granular [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK4 : Mampu menganalisa turap pada tanah kohesif [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK5 : Mampu menganalisa turap yang diangkur [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK6 : Mampu mendesain turap [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK7 : Mampu memahami teori dasar pondasi cakar ayam (CAM) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK8 : Mampu memahami pengenalan dasar pondasi tiang pancang [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK9 : Mampu menganalisa kapasitas ultimit tiang pancang di pasir [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK10 : Mampu menganalisa kapasitas ultimit tiang pada tanah kohesif [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK11: Mampu menganalisis kapasitas ultimit tiang dengan menggunakan data interpretasi uji lapangan [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK12 : Mampu menganalisis penurunan menggunakan Poulos & Davis [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK13 : Mampu menghitung tiang grup [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK14 : Mampu mendesain pondasi tiang pancang [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Rekayasa Pondasi 2 mempelajari tentang pondasi turap, pondasi cakar ayam dan pondasi dalam berupa tiang pancang berdasarkan kondisi data tanah yang bervariasi | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Turap |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Hardiyatmo, H. C. (2010). Mekanika Tanah 2. Edisi Kelima .Gajah Mada University Press 2. Coduto, P.C. (2001). Foundation Design Principles and Practice. New Jersey: Prentice Hall 3. Das, B. M. (2007). Principles of Foundation Engineering 7th. 4. Hardiyatmo, H. C. (2010). Analisis dan Perancangan Fondasi I, Bagian 1. Gajah Mada University Press 5. Hardiyatmo, H. C. (2010). Analisis dan Perancangan Fondasi II. Edisi Kedua .Gajah Mada University Press 6. Asiyanto, (2012), Metode Konstruksi untuk Pekerjaan Pondasi |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Projector, BLP dan Papan Tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mohamad Isram M. Ain, |
Mata Kuliah |
Rekayasa Pondasi 2 |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ350417 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK 1 : Mampu memahami jenis-jenis pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat mengetahui jenis-jenis pondasi dalam (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi tanya jawab Bentuk penilaian: wawancara non tes |
Metode Pembelajaran: BM : 2 x 50 menit TM : 2 x 50 menit |
Materi Pembelajaran Jenis pondasi dalam Pustaka [1], [3] |
2 |
|||
2 | Sub CP-MK2 : Mampu memahami tekanan tanah lateral pada sheet pile [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah membahas (C) siswa (A) dapat menganalisis teori tekanan tanah lateral pada sheet pile (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Teori tekanan tanah lateral pada turap Pustaka [1], [3] |
3 |
|||
3 | Sub CP-MK3 : Mampu menganalisa turap pada tanah granular [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis sheet pile pada tanah granular (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Sheet pile pada tanah granular Pustaka [1], [3] |
3 |
|||
4 | Sub CP-MK4 : Mampu menganalisa turap pada tanah kohesif [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis sheet pile pada tanah kohesif (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Tumpukan lembaran di tanah kohesif Pustaka [1], [3] |
3 |
|||
5 | Sub CP-MK5 : Mampu menganalisa turap yang diangkur [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis jenis-jenis dinding penahan tanah (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi tanya jawab Bentuk penilaian: non test wawancara |
Metode Pembelajaran: BM : 2 x 50 menit TM : 2 x 50 menit |
Materi Pembelajaran Tumpukan lembaran di tanah kohesif
Pustaka [1], [3] |
2 |
|||
6 | Sub CP-MK6 : Mampu mendesain turap [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis dinding sheet pile yang diangkur (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Analisa dan desain sheet pile
Pustaka [1], [3] |
3 |
|||
7 | Sub CP-MK 7 : Mampu menganalisis daya dukung dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat memahami yayasan cakar ayam yang didirikan oleh Prof Sedyatmo (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Cakar ayam foundation by Prof Sedyatmo (1962)
Pustaka [1], [3] |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub CP-MK8 : Mampu memahami pengenalan dasar pondasi tiang pancang [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah membahas (C) siswa (A) dapat memahami pengenalan dasar pondasi tiang pancang (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi tanya jawab Bentuk penilaian: non test wawancara |
Metode Pembelajaran: BM : 2 x 50 menit TM : 2 x 50 menit |
Materi Pembelajaran Teori dan konsep desain kapasitas tiang (ultimate capacity)
Pustaka [2], [4] |
2 |
|||
10 | Sub CP-MK9 : Mampu menganalisa kapasitas ultimit tiang pancang di pasir [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis kapasitas ultimit tiang pancang dalam pasir (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit
|
Materi Pembelajaran Teori dan konsep desain kapasitas tiang (ultimate capacity)
Pustaka [2], [4] |
3 |
|||
11 | Sub CP-MK10 : Mampu menganalisa kapasitas ultimit tiang pada tanah kohesif [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis tiang pancang pada tanah kohesif (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Kapasitas tiang pancang pada tanah kohesif
Pustaka [2], [4] |
3 |
|||
12 | Sub CP-MK11: Mampu menganalisis kapasitas ultimit tiang dengan menggunakan data interpretasi uji lapangan [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis tumpukan menggunakan data interpretasi tes lapangan (CPT & SPT) (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Kapasitas tiang pancang ultimit menggunakan data CPT & SPT
Pustaka [2], [4] |
3 |
|||
13 | Sub CP-MK12 : Mampu menganalisis penurunan menggunakan Poulos & Davis [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis penurunan tiang tunggal menggunakan Poulos & Davis (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Penurunan tiang tunggal Pustaka [2], [4] |
3 |
|||
14 | Sub CP-MK13 : Mampu menghitung tiang grup [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menghitung tiang kelompok (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Tiang kelompok
Pustaka [2], [4] |
3 |
|||
15 | Sub CP-MK14 : Mampu mendesain pondasi tiang pancang [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat merancang pondasi tiang pancang (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Analisa dan desain pondasi tiang pancang Pustaka [2], [4] |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
35 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mohamad Isram M. Ain lahir di Kali pada tanggal 05-03-1989 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|