.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mariatul.kiptiah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 12, 2025, 3:19 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Mekanika Tanah |
TS110522 |
3 |
0 |
3 |
42 |
1 |
03-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mariatul Kiptiah S.T., M.Eng. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199008172019032031 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-7) Mampu melakukan pengujian dan kontrol mutu berdasarkan prosedur dan standar uji bahan konstruksi, uji kelayakan tanah, mengolah data uji dan membuat laporan pengujian untuk keperluan fase konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu mengidentifikasi sifat-sifat fisik tanah, sifat teknis tanah, dan daya dukung tanah dan tekanan lateral melalui pemahaman uji laboratorium dan lapangan (CPL KK7) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
(CPMK1) Mampu menjelaskan jenis-jenis tanah dan batuan (CPMK1) Mampu menjelaskan analisa saringan tanah dan mengklasifikasikan tanah dengan metode AASHATO dan USCS (CPMK1) Mampu menjelaskan pengujian pemadatan tanah dan perannya dalam dunia geoteknik (CPMK1) Mampu menjelaskan CBR dan aliran air tanah dilapangan dan dilaboratorium (CPMK1) Mampu menjelaskan nilai soil strangth (kohesi, sudut geser) melalui hasil pengujian triaxial (CPMK1) Mampu menjelaskan teori daya dukung tanah metode terzaghi (CPMK1) Mampu menjelaskan nila Ka, Kp, dan Ko dengan metode Rankine dan Coulumb (CPMK1) Mampu menjelaskan kestabilan lereng dengan meode irisan (CPMK) Mampu menjelaskan hubungan berat dan volume tanah |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Mekanika Tanah mempelajari tentang hubungan berat dan volume tanah, ayakan, hidrometeri dan kalsifikasi tanah, atterbeg limit, konsolidasi, pemadatan, california bearing ratio (CBR), Aliran air tanah, daya dukung tanah metode terzaghi, rankine dan coulumb, dan analisa stabilitas lereng | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
hubungan berat dan volume tanah, ayakan, hidrometeri dan kalsifikasi tanah, atterbeg limit, konsolidasi, pemadatan, california bearing ratio (CBR), Aliran air tanah, daya dukung tanah metode terzaghi, rankine dan coulumb, dan analisa stabilitas lereng |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mariatul Kiptiah, |
Mata Kuliah |
Mekanika Tanah |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS110522 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | (CPMK1) Mampu menjelaskan jenis-jenis tanah dan batuan |
Ketepatan dalam menjelaskan jenis - jenis tanah dan batuan |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 3 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Pengenalan dasar tentang jenis-jenis tanah dan batua Hal: 1-72
Pustaka: [1] Hardiyatmo, H. C. (2010). Mekanika Tanah 2. Edisi Kelima .Gajah Mada University Press |
2 |
|||
2 | (CPMK) Mampu menjelaskan hubungan berat dan volume tanah |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (menghitung soal latihan) |
Hubungan berat dan vomue tanah Hal: 1 = 72 Pustaka: [1] Hardiyatmo, H. C. (2010). Mekanika Tanah 2. Edisi Kelima .Gajah Mada University Press |
3 |
|||
3 | (CPMK1) Mampu menjelaskan analisa saringan tanah dan mengklasifikasikan tanah dengan metode AASHATO dan USCS |
Ketepatan menjelaskan analisis saringan tanah dengan ayakan dan hidrometri |
Kriteria: Rubrik Deskriptif Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (menghitung soal latihan)
|
Ayakan dan hidrometri Hal. 1 - 72 Pustaka: [1] Hardiyatmo, H. C. (2010). Mekanika Tanah 2. Edisi Kelima .Gajah Mada University Press |
3 |
|||
4 | (CPMK1) Mampu menjelaskan analisa saringan tanah dan mengklasifikasikan tanah dengan metode AASHATO dan USCS |
Ketepatan menjelaskan klasifikasi tanah metode AASHTO dan USCS |
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok, Rubrik penilaian membuat laporan Teknik non test:
|
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (menghitung soal latihan) |
Klasifikasi tanah metode AASHTO dan USCS . Hal. 1 - 72 Pustaka: [1] Hardiyatmo, H. C. (2010). Mekanika Tanah 2. Edisi Kelima .Gajah Mada University Press |
3 |
|||
5 | (CPMK1) Mampu menjelaskan analisa saringan tanah dan mengklasifikasikan tanah dengan metode AASHATO dan USCS |
Ketepatan menjelaskan batas - batas atterberg |
Kriteria: Rubrik Penilaian Penskoran Teknik non test: soal essay |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (menghitung soal latihan) |
Pustaka: [1] . Plasiticity limit 2. Liquicity limit 3. Plasticity inde |
3 |
|||
6 | (CPMK1) Mampu menjelaskan pengujian pemadatan tanah dan perannya dalam dunia geoteknik |
Ketepatan menjelaskan tentang konsolidasi tanah |
Rubrik penskoran Teknik test:
|
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (menghitung soal latihan) |
Konsolidasi tanah Hal. 47 - 115 Pustaka: [3] Indrawahyuni, H. (2011). Mekanika Tanah II. Bargie Media |
3 |
|||
7 | (CPMK1) Mampu menjelaskan pengujian pemadatan tanah dan perannya dalam dunia geoteknik |
Ketepatan menjelaskan pengujian pemadatan tanah dan peranannya dalam dunia geoteknik |
Kriteria: Rubrik penskoran Teknik test:
|
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (menghitung soal latihan) |
Pemadatan tanah dan peranannya dalam dunia geoteknikHal. 73 - 136 Pustaka: [1] Hardiyatmo, H. C. (2010). Mekanika Tanah 2. Edisi Kelima .Gajah Mada University Press |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | (CPMK1) Mampu menjelaskan CBR dan aliran air tanah dilapangan dan dilaboratorium |
Ketepatan dalam menjelaskan CBR lapangan dan CBR laboratorium |
Kriteria: Rubrik penskoran Teknik test: Soal Essay |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (menghitung soal latihan) |
CBR Lapangan dan CBR Laboratorium. Hal. 73 - 136 Pustaka: [1] Hardiyatmo, H. C. (2010). Mekanika Tanah 2. Edisi Kelima .Gajah Mada University Press |
2 |
|||
10 | (CPMK1) Mampu menjelaskan CBR dan aliran air tanah dilapangan dan dilaboratorium |
Ketepatan menjelaskan aliran air tanah pengujian laboratorium dan pengujian dilapangan |
Kriteria: Rubrik penskoran Teknik test: Soal essay |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (menghitung soal latihan) |
Aliran Air tanah pengujian laboratorium dan pengujian di lapangan Hal. 141 - 180
Pustaka: [1] ardiyatmo, H. C. (2010). Mekanika Tanah 2. Edisi Kelima .Gajah Mada University Press |
3 |
|||
11 | (CPMK1) Mampu menjelaskan nilai soil strangth (kohesi, sudut geser) melalui hasil pengujian triaxial |
Ketepatan dalam menjelaskan nilai soil strength parameter (kohesi, sudut geser) melalui hasil pengujian Triaxial, Kuat tekan bebas & Direct shear |
Kriteria: Rubrik penskoran Teknik test: Soal essay |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (menghitung soal latihan) |
nilai soil strength parameter (kohesi, sudut geser) melalui hasil pengujian Triaxial, Kuat tekan bebas & Direct shear. Hal. 283 - 312 Pustaka: [1] Hardiyatmo, H. C. (2010). Mekanika Tanah 2. Edisi Kelima .Gajah Mada University Press |
3 |
|||
12 | (CPMK1) Mampu menjelaskan teori daya dukung tanah metode terzaghi |
Ketepatan menjelaskan teori daya dukung tanah dengan menggunakan metode Terzaghi |
Kriteria: Rubrik penskoran Teknik test: Soal Essay |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (menghitung soal latihan) |
Teori daya dukung tanah dengan menggunakan metode Terzaghi. Hal. 162-274 [3] dan 135 - 146 [2] Pustaka: [2] Hardiyatmo, H. C. (2010). Analisis dan Perancangan Fondasi I, Bagian 1 .Gajah Mada University Pres [3] ndrawahyuni, H. (2011). Mekanika Tanah II. Bargie Media |
3 |
|||
13 | (CPMK1) Mampu menjelaskan nila Ka, Kp, dan Ko dengan metode Rankine dan Coulumb |
Ketepatan menjelaskan menentukan nilai Ka, Kp dan Ko dengan menggunakan Metode Rankine & Coulomb |
Kriteria: Rubrik Ppenskoran Teknik test: Soal essay |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (menghitung soal latihan) |
Menentukan nilai Ka, Kp dan Ko dengan menggunakan Metode Rankine & Coulomb. Hal. 361 - 283 Pustaka: [3] Indrawahyuni, H. (2011). Mekanika Tanah II. Bargie Media |
3 |
|||
14 | (CPMK1) Mampu menjelaskan kestabilan lereng dengan meode irisan |
Ketepatan menjelaskan kestabilan lereng dengan menggunakan metode irisan |
Kriteria: Rubrik Penskoran Teknik test: Soal essay |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (menghitung soal latihan) |
Kestabilan lereng dengan menggunakan metode irisan. Hal. 326 - 338 Pustaka: [3] Indrawahyuni, H. (2011). Mekanika Tanah II. Bargie Media |
3 |
|||
15 | (CPMK1) Mampu menjelaskan kestabilan lereng dengan meode irisan |
Kestabilan lereng dengan menggunakan metode irisan |
Kriteria: Rubrik Penskoran Teknik test: Soal essay |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (menghitung soal latihan) |
kestabilan lereng dengan menggunakan metode irisan. Hal. 326 - 338 Pustaka: [3] Indrawahyuni, H. (2011). Mekanika Tanah II. Bargie Media |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mariatul Kiptiah lahir di Palangka Raya pada tanggal 17-08-1990 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|