.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mariatul.kiptiah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 12, 2025, 3:32 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Rekayasa Pondasi |
TS230622 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
05-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mariatul Kiptiah S.T., M.Eng. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199008172019032031 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (P-7) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi bangunan gedung |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia) dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (KK-3) Mampu membuat rancangan teknis2 (engineering design) bangunan sipil dengan skala terbatas, yang memenuhi standar konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK 1: mahasiswa mampu memahami dan memilki kompetensi pondasi dangkal, pongdasi dalam dan dinidng penahan tanah |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK1 : Mampu memhamai jenis-jenis pondasi dnagkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK2 : Mampu menganalisis teori daya dukung pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK3 : Mampu menganalisis pondasi dangkal pada tanah kohesif dan granuler [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK4 : Mampu menganalisis penurunan pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK5 : Mampu memahami jenis jenis dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK6 : Mampu menganalisis stabilitas dinding penahan tanah (geser dan guling) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK7 : Mampu menganalisis daya dukung dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK8 : Mampu memahami jenis-jenis pondasi dalam [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK9 : Mampu mengidentifikasi tentang jenis-jenis pondasi tiang pancang [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK10 : Mampu menghitung kapasitas daya dukung tiang tanah berpasir (ultimit dan gesek) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK11 : Mampu menghitung kapasitas daya dukung tiang tanah lempung (ultimit & gesek) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK12 : Mampu menghitung kapasitas tiang uji lapangan (CPT dan SPT) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK13 : Mampu menghitung penurunan pada tiang tunggal menggunakan metode Pulos dan Davis [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK14 : Mampu menghitung penurunan tiang kelompok [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Rekayasa Pondasi 1 mempelajari pondasi dangkal dan dinding penahan tanah | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Fondasi dangkal dan dinding penahan tanah |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mariatul Kiptiah, |
Mata Kuliah |
Rekayasa Pondasi |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS230622 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK1 : Mampu memhamai jenis-jenis pondasi dnagkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) mampu memahami jenis-jenis pondasi dangkal (B) dengan benar |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan RPS dan menjelaskan pendahuluan materi yang akan dipelajari) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktrur) |
jenis - jenis pondasi Pustaka: [1], [3] |
2 |
|||
2 | Sub CP-MK2 : Mampu menganalisis teori daya dukung pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah membahas (C) siswa (A) dapat menganalisis teori daya dukung pondasi dangkal (B) dengan benar |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
Dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur) |
Teori daya dukung pondasi dangkal
Pustaka: [1] , [2] |
3 |
|||
3 | Sub CP-MK3 : Mampu menganalisis teori daya dukung pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah membahas (C) siswa (A) dapat menghitung pondasi dangkal pada tanah kohesif dan granular (B) dengan benar |
Kriteria: Rubrik Deskriptif Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca RPS dan Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan Pemaparan materi dan diskus) BT : 3 x 60 menit (tugas tersruktur)
|
Fondasi dangkal pada tanah kohesif dan granuler Pustaka: [1] , [3] |
3 |
|||
4 | Sub CP-MK4 : Mampu menganalisis penurunan pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis penyelesaian pondasi dangkal (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan Teknik non test: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur)
|
Penurunan tanah pada fondasi dangkal Pustaka: [1], [3] |
3 |
|||
5 | Sub CP-MK5 : Mampu memahami jenis jenis dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis penyelesaian pondasi dangkal (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan
Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur)
|
Jenis - jenis dinding penahan tanah Pustaka: [1], [3] |
3 |
|||
6 | Sub CP-MK6 : Mampu menganalisis stabilitas dinding penahan tanah (geser dan guling) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis stabilitas geser & guling (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan
Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
Dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (belajar terstruktur) |
Stabilitas geser dan guling (faktor keamanan) Pustaka: [1], [3] |
3 |
|||
7 | Sub CP-MK7 : Kemampuan menganalisis penurunan pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis daya dukung dinding (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan
Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur)
|
Daya dukung dinding penahan [1], [3] |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | Sub CP-MK8 : Mampu memahami jenis-jenis pondasi dalam [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mengetahui jenis-jenis pondasi dalam (B) dengan tepat |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan
Bentuk penilaian: wawancara non tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 23x 60 menit (tugas terstruktur)
|
Jenis-jenis pondasi dalam Pustaka [2], [4] |
2 |
|||
10 | Sub CP-MK9 : Mampu mengidentifikasi tentang jenis-jenis pondasi tiang pancang [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah membahas (C) siswa (A) mampu menganalisa teori kapasitas daya dukung tiang tanah berpasir (ultimit & gesek) (B) dengan tepat |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan
Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (Tugas terstruktur)
|
jenis dan fungsi pondasi tiang pancang Pustaka [2], [4] |
3 |
|||
11 | Sub CP-MK10 : Mampu menghitung kapasitas daya dukung tiang tanah berpasir (ultimit dan gesek) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi dan mengerjakan tugas (C) mahasiswa (A) mampu menganalisa teori kapasitas daya dukung tiang tanah berpasir (ultimit & gesek) (B) dengan tepat |
Setelah membahas (C) siswa (A) dapat menganalisis tekanan air pori dan beban luar pada dinding (B) dengan benar |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur) |
kapasitas daya dukung tiang tanah berpasir Pustaka [2]. [4] |
3 |
|||
12 | Sub CP-MK11 : Mampu menghitung kapasitas daya dukung tiang tanah lempung (ultimit & gesek) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) menghitung kapasitas daya dukung tiang tanah lempung (ultimit & gesek) (B) dengan tepat |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur)
|
lempung (ultimit & gesek) pustaka [2], [4] |
3 |
|||
13 | Sub CP-MK12 : Mampu menghitung kapasitas tiang uji lapangan (CPT dan SPT) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) menghitung kapasitas daya dukung tiang tanah lempung (ultimit & gesek) (B) dengan tepat |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan
Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur)
|
Kapasitas tiang daro uji lapangan (CPT & SPT) Pustaka [2]. [4] |
3 |
|||
14 | Sub CP-MK13 : Mampu menghitung penurunan pada tiang tunggal menggunakan metode Pulos dan Davis [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi dan mengerjakan tugas (C) mahasiswa (A) mampu menghitung penurunan pada tiang tunggal menggunakan metode Pulos & Davis (B) dengan tepat |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan
Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur)
|
Tuang tunggal menggunakan metode pulas & Davis Pustaka: [2], [4] |
3 |
|||
15 | Sub CP-MK14 : Mampu menghitung penurunan tiang kelompok [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi dan mengerjakan tugas (C) mahasiswa (A) mampu menghitung penurunan tiang kelompok (B) dengan tepat |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur)
|
Penurunan tiang kelompok Pustaka [2], [4] |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mariatul Kiptiah lahir di Palangka Raya pada tanggal 17-08-1990 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|