.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ali.arifin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:17 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Teknologi Bahan |
JJ110722 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
08-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ir.. Ali Arifin Soeparlan MT |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 2018.90.001 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai prinsip dan teknik perancangan rekayasa meliputi ilmu bahan, mekanika (mekanika teknik, mekanika tanah, mekanika fluida), sistem transportasi darat, hidrologi, rekayas geoteknik, rekayasa jalan, rekayasa struktur jembatan, rekayasa konstruksi, dan rekayas lingkungan jalan (P-6) Menguasai referensi teknisyang berlaku di Indonesia dan minimal satu standar yang berlaku internasional (misalnya AASHTO, ACI, ASCI) bidang konstruksi jalan dan jembatan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu menjelaskan perilaku (Baja, Beton, Kayu dan Aspal) sebagai bahan bangunan secara umum dan sebagai bahan struktur banguan secara khusus, serta standarisasi spesifikasi dan metode ujinya (SNI dan sebagian peraturan Inernasional) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis BAJA sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & Astm/ASCI). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] Sub CPMK 2: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis KAYU sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & ASTM). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis BETON sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI dan peraturan kayu lainnya). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] Sub CPMK 4: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis ASPAL sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & ASTM). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Teknologi Bahan ini mempelajari tentang sifat-sifat karakteristik dari bahan Baja, Beton, Kayu dan Aspal dan terutama sebagai bahan struktur bangunan (khususnya jalan dan jembatan yang meliputi persyaratan/ spesifikasi dan cara pengujian sesuai dengan SNI atau peraturan lainnya yang berlaku). | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Sub CPMK 1: Baja sebagai bahan bangunan dan bahan struktur bangunan (khususnya jalan dan jembatan yang meliputi persyaratan/ spesifikasi dan cara pengujian sesuai dengan SNI atau peraturan lainnya yang berlaku). |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Salmon, Charles G. and Johnson, John E. "Struktur Baja- Desain dan Perilaku- dengan Penekanan pada Load and Resistance Factor Design, Edisi ketiga" Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1992. 2. Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia SNI 07-0052-2006 Baja Profil Kanal U, BSN, Jakarta, 2006. 3. Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia SNI 07-0052-2006 Baja Profil I Beam, BSN, Jakarta, 2005. 4. Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia SNI 07-0601-2006 Baja Lembaran, Pelat dan Gulungan Canai Panas, BSN, Jakarta, 2006. 5. Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia SNI 8399-2017 Profil Rangka Baja Ringan, BSN, Jakarta, 2017 6. Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia SNI 07-2052-2002 Baja Tulangan Beton, BSN, Jakarta, 2002. 7. Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia SNI 07-0408-1989 Cara Uji Tarik Logam, BSN, Jakarta, 1989. 8. Nawy. E. G; Tavio; Kusuma. B, BETON BERTULANG: Sebuah Pendekatan Mendasar- jilid 1, ITS Press, Surabaya, 2010. 9. Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia SNI 6880-2016 Spesifikasi Beton Struktural, BSN, Jakarta, 2016. 10. Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia SNI 6880-2016 Spesifikasi Beton Struktural, BSN, Jakarta, 2016. 11. Anonim, Peraturan Kayu Indonesia. Yayasan Dana Normalisasi Indonesia DPU, Bandung, 1961 (2000) 12. Riyadi, M., Amalia, "Teknologi Bahan 1 & 2", Politeknik Negeri Jakarta, Jakarta, 2005 13. Latifa, E.A., "Teknologi Bahan 2", Politeknik Negeri Jakarta, Jakarta, 2003. 14. Mulyono, T., "Teknologi Bahan", Andi. Yogyakarta, 2003 7. 7 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Ruang kelas, Laptop, LCD, Pointer, Papan Tulis, Spidol, Penghapus, Zoom/ Gmeet (atau sejenisnya) |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ali Arifin Soeparlan, |
Mata Kuliah |
Teknologi Bahan |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ110722 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1,2,3,4 | Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis BAJA sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & Astm/ASCI). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] |
1. Mampu menjelaskan perilaku baja sebagai bahan bangunan 2. Mampu menerapkan BAJA sebagai bahan struktur bangunan sesuai dengan sifat-sifat karakteristik dan perilakunya 3. Mampu menganalisis BAJA sebagai bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & Astm/ASCI) |
- Ketepatan dalam menjelaskan sifat-sifat dan perilaku baja - Ketepatan dalam memilih persyaratan dan cara uji SNI atau yang lainnya - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi - Kerjasama (untuk tugas kelompok) - Keterlibatan pada kelompok (pada tugas kelompok) - Kemampuan berkomunikasi (presentasi dan diskusi)
Tes Tertulis, uraian terbatas. Non-Tes: Penugasan Membuat ringkasan sesuai dengan Sub CPMK-1. Presentasi. Per-Kelompok. |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (2x60') ▪ Sinkronous langsung/ maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (2x60') Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual, 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa.
|
A. Sejarah Penggunaan Besi dan Baja B. Proses Pembuatan Baja C. Kelebihan dan Kekurangan Baja sebagai Bahan Struktur Bangunan
Ref: [1], [2], [3], [4], [5], [6], [7] |
3 |
|||
Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis BAJA sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & Astm/ASCI). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] |
|
idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (2x60') ▪ Sinkronous langsung/ maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (2x60') Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual, 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa. |
D.Bahan Baja dan Sifat-sifatnya Ref: [1], [2], [3], [4], [5], [6], [7] |
3 |
||||
Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis BAJA sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & Astm/ASCI). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] |
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (2x60') ▪ Sinkronous langsung/ maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (2x60') Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual, 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa. |
E. Tipe-tipe Profil (Batang) Struktur Baja F. Standar Spesifikasi Profil Baja dan Batang Tulangan G. Standar Cara Uji Ref: [1], [2], [3], [4], [5], [6], [7] |
3 |
|||||
Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis BAJA sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & Astm/ASCI). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] |
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (2x60') ▪ Sinkronous langsung/ maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (2x60') Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual, 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa. |
H. Baja Struktur I. Baja Penyambung Baut dan Keling J. Baja Penyambung Elektrode Las dan Bahan Pengisi Ref: [1], [2], [3], [4], [5], [6], [7] |
4 |
|||||
5,6,7 | Sub-CPMK2: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis KAYU sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & ASTM). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] |
1. Mampu menjelaskan perilaku KAYU sebagai bahan bangunan 2. Mampu menerapkan KAYU sebagai bahan struktur bangunan sesuai dengan sifat-sifat karakteristik dan perilakunya 3. Mampu menganalisis KAYU sebagai bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya standar |
- Ketepatan dalam menjelaskan sifat-sifat dan perilaku kayu - Ketepatan dalam memilih persyaratan dan cara uji SNI atau yang lainnya - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi - Kerjasama (untuk tugas kelompok) - Keterlibatan pada kelompok (pada tugas kelompok) - Kemampuan berkomunikasi (presentasi dan diskusi)
Tes Tertulis, uraian terbatas. Non-Tes: Penugasan Membuat ringkasan sesuai dengan Sub CPMK-2. Presentasi. Per-Kelompok. |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (2x60') ▪ Sinkronous langsung/ maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (2x60') Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual, 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa. |
A. Sifat-sifat Kayu dan Pertumbuhannya B. Bagian-bagian Kayu C. Jenis dan Klasifikasi Kayu
Ref: [11], [12], [14] |
3 |
|||
Sub-CPMK2: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis KAYU sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & ASTM). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] |
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (2x60') ▪ Sinkronous langsung/ maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (2x60') Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual, 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa. |
D. Cacat pada Kayu E. Pengawetan Kayu F. Spesifikasi Kayu sebagai Bahan Bangunan Ref: [11], [12], [14] |
3 |
|||||
Sub-CPMK2: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis KAYU sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & ASTM). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] |
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (2x60') ▪ Sinkronous langsung/ maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (2x60') Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual, 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa. |
G. Sifat Fisik dan Mekanis Kayu H. Pengujian-pengujian pada Kayu Ref: [11], [12], [14] |
4 |
|||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9,10, 11,12 | Sub-CPMK3: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis BETON sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI dan peraturan kayu lainnya). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] |
1. Mampu menjelaskan perilaku BETON sebagai bahan bangunan 2. Mampu menerapkan BETON sebagai bahan struktur bangunan sesuai dengan sifat-sifat karakteristik dan perilakunya 3. Mampu menganalisis BETON sebagai bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & ASTM) |
- Ketepatan dalam menjelaskan sifat-sifat dan perilaku BETON - Ketepatan dalam memilih persyaratan dan cara uji SNI atau yang lainnya - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi - Kerjasama (untuk tugas kelompok) - Keterlibatan pada kelompok (pada tugas kelompok) - Kemampuan berkomunikasi (presentasi dan diskusi)
Tes Tertulis, uraian terbatas. Non-Tes: Penugasan membuat ringkasan sesuai dengan Sub CPMK-3. Presentasi. Per-Kelompok. |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (2x60') ▪ Sinkronous langsung/ maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (2x60') Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual, 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa. |
A. Sejarah Penggunaan Beton sebagai Bahan Bangunan B. Bahan/ Material Pembentuk Beton
Ref: [8], [9], [10] |
3 |
|||
Sub-CPMK3: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis BETON sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI dan peraturan kayu lainnya). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] |
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (2x60') ▪ Sinkronous langsung/ maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (2x60') Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual, 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa. |
C. Sifat-sifat Beton Segar dan Cara Ujinya D. Sifat-sifat Beton Keras dan Cara Ujinya
Ref: [8], [9], [10] |
3 |
|||||
Sub-CPMK3: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis BETON sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI dan peraturan kayu lainnya). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] |
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (2x60') ▪ Sinkronous langsung/ maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (2x60') Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual, 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa. |
E. Perancangan Campuran (Mix Design) Beton Ref: [8], [9], [10] |
3 |
|||||
Sub-CPMK3: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis BETON sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI dan peraturan kayu lainnya). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] |
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (2x60') ▪ Sinkronous langsung/ maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (2x60') Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual, 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa. |
F. Penyampuran, Pengecoran dan Perawatan Beton G. Pengendalian Mutu (Quality Control) Beton Ref: [8], [9], [10] |
4 |
|||||
13, 14, 15 | Sub-CPMK4: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis ASPAL sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & ASTM). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] |
1. Mampu menjelaskan perilaku ASPAL 2. Mampu menerapkan ASPAL sebagai bahan struktur lapisan perkerasan lentur sesuai dengan sifat-sifat karakteristik dan perilakunya 3. Mampu menganalisis ASPAL sebagai bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & AASTHO) |
- Ketepatan dalam menjelaskan sifat-sifat dan perilaku baja - Ketepatan dalam memilih persyaratan dan cara uji SNI atau yang lainnya - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi - Kerjasama (untuk tugas kelompok) - Keterlibatan pada kelompok (pada tugas kelompok) - Kemampuan berkomunikasi (presentasi dan diskusi) Tes Tertulis, uraian terbatas. Non-Tes: Penugasan membuat ringkasan sesuai dengan Sub CPMK-4.. Presentasi. Per-Kelompok. |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (2x60') ▪ Sinkronous langsung/ maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (2x60') Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual, 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa. |
A. Pengertian Aspal B. Jenis-jenis Aspal C. Kepekaan Aspal terhadap Temperatur (Suhu) Ref: [11], [14] |
3 |
|||
Sub-CPMK4: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis ASPAL sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & ASTM). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] |
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (2x60') ▪ Sinkronous langsung/ maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (2x60') Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual, 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa. |
D. Aspal sebagai Bahan Perkerasan Jalan E. Aspal Keras Ref: [11], [14] |
3 |
|||||
Sub-CPMK4: Mampu menjelaskan, menerapakan dan menganalisis ASPAL sebagai bahan bangunan maupun bahan struktur bangunan sesuai dengan spesifikasi dan cara ujinya (SNI & ASTM). [S-1,P-2,KU-1,KK-1] |
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (2x60') ▪ Sinkronous langsung/ maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (2x60') Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual, 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa. |
F. Beton Aspal sebagai Perkerasan Jalan G. Agregat untuk Campuran Beton Aspal
Ref: [11], [14] |
3 |
|||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ali Arifin Soeparlan lahir di Surabaya pada tanggal 29-10-1958 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|