.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:abdul.gafur@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:28 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Inggris Perhotelan Menengah |
MP230321 |
1 |
1 |
2 |
42 |
3 |
17-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Abdul Gafur S.Pd., M.Pd. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 198902182015041001 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-11) Menerapkan nilai-nilai hospitality (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian), dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-8) Konsep dan teknik komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia, minimal satu bahasa internasional, atau minimal satu bahasa asing lainnya, dan (P-9) Prinsip dan teknik komunikasi persuasif dan lintas budaya. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu secara mandiri mengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel) yang dapat dibuktikan dengan bertambahnya tingkat kepuasan tamu hotel khususnya pada aspek jumlah tamu, reliabilitas dan responsibilitas layanan, kebersihan, dan efisiensi harga |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni yang mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mahasiswa mampu berkomunikasi dan menguasai ESP for hospitality dalam dunia kerja di bidang Pengelolaan Perhotelan. CPMK 2: Mahasiswa mampu mengkondisikan situasi saat berkomunikasi dengan intonasi, pronounciati on, ekspresi, serta gestureyang tepat. CPMK 3: Mahasiswa mampu menguasai diksi dalam ESP for hospitality dengan lancar dan tepat. CPMK 4: Mahasiswa mampu mengerjakan soal TOEIC dengan tepat. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mahasiswa mampu melakukan role play secara langsung maupun membuat project video role play dalam setiap pokok bahasan. (C2, C3, C6, P5, A2) Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu berkomunikasi dan memberikan excelent service ketika menjumpai problems and complains dengan intonasi, pronounciati on, ekspresi, serta gesture yang tepat. (C5,C6,P5,A2) Sub-CPMK 3 : Mahasiswa dapat familiar dengan vocabularies dan expression pada ESP for hospitality secara komunikatif dan diterapkan dalam dunia kerja pengelolaan perhotelan. (C1,P1,P4, A1) Sub-CPMK 4 : Mahasiswa mampu menguasi tips dan trik pada TOEIC Preparation. (C4,P3,A4) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Dalam MK ini difokuskan pada pembelajaran speaking dimana integrated dengan listening, writing dan reading. Dalam MK ini menggunakan hasil berupa project dengan menghasilkan beberapa video role play dalam berkomunikasi menghadapi problem and complains juga solusinya pada setiap pokok bahasan. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1.Hotel rooms |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: ETS. (2010). The Updated TOEIC Official test Preparation Guide ITC (International Test center). Jakarta: ETS. Sutanto Leo. (2003). English for professional Hotel Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Taylor, Anne; Malarcher Casey; Janzen, Andrea. (2006). Starter TOEIC Third Edition. Cambridge: CompassPublishing. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : LCD, Laptop, White Board, Marker, Portfolio folder |
|||||||
Dosen Pengampu |
Abdul Gafur, |
Mata Kuliah |
Bahasa Inggris Perhotelan Menengah |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP230321 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mahasiswa mampu melakukan role play secara langsung maupun membuat project video role play dalam seti appokok bahasan. (C2, C3, C6, P5, A2) |
Indikator 1: Ketepatan dalam menguasai dalam percakapan pemesananruang kamar dengan benar dan lancar. |
Ketepatan dalam pemahaman materi dan kefasihan dalam making role play |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi |
Hotel rooms Sutanto Leo.(2003).English fo rprofessional Hotel Communicati on.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. |
3 |
|||
2 | Sub-CPMK 1 : Mahasiswa mampu melakukan role play secara langsung maupun membuat project video role play dalam seti appokok bahasan. (C2, C3, C6, P5, A2) |
Ketepatan dalam memberikan infomasi tarif ruang kamar hotel dengan menggunakan ESP for hospitality dengan benar. |
Ketepatan dan pemahaman materi |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi |
Room Rates Sutanto Leo.(2003).English for professional Hotel Communicati on.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. |
3 |
|||
3 | Sub-CPMK 1 : Mahasiswa mampu melakukan role play secara langsung maupun membuat project video role play dalam seti appokok bahasan. (C2, C3, C6, P5, A2) |
Kelancaran dalam memberikan "welcoming guest" dengan lancar dan benar serta menguasai diksi ESP dan ekspresi dalam welcoming guest. |
Role Play dan Presentasi |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi |
Welcoming Guests Sutanto Leo.(2003).English for professional Hotel Communicati on.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. |
3 |
|||
4 | Sub-CPMK 1 : Mahasiswa mampu melakukan role play secara langsung maupun membuat project video role play dalam seti appokok bahasan. (C2, C3, C6, P5, A2) |
Ketepatan dalam mempraktekan percakapan dalam reservasi pemesanan hotel dengan diksi dan ekpresi yang benar dan lancar. |
Role play dan presentasi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi |
Booking 1 Sutanto Leo.(2003).English for professional Hotel Communicati on.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. |
3 |
|||
5 | Sub-CPMK 1 : Mahasiswa mampu melakukan role play secara langsung maupun membuat project video role play dalam seti appokok bahasan. (C2, C3, C6, P5, A2) |
Ketepatan dalam mempraktekkan role play ketika melakukan reservasi baik secara langsung maupun via telephone. |
Ketepatan dan pemahaman materi |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi |
Booking 2 Sutanto Leo.(2003).English for professional Hotel Communicati on.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. |
3 |
|||
6 | Sub-CPMK 1 : Mahasiswa mampu melakukan role play secara langsung maupun membuat project video role play dalam seti appokok bahasan. (C2, C3, C6, P5, A2) |
Ketepatan dalam memberikan pelayanan chek-in reservasi hotel kepada tamu dan dapat meminta tamu hotel mengisi form registrasi dengan sopan dan benar |
Role Play dan Video |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi |
Check-in 1 Sutanto Leo. (2003). English for professional Hotel Communication.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama |
2 |
|||
7 | Sub-CPMK 1 : Mahasiswa mampu melakukan role play secara langsung maupun membuat project video role play dalam seti appokok bahasan. (C2, C3, C6, P5, A2) |
Ketepatan dalam mengkomunikasikan kalimat dalam memberikan batuan kepada tamu dalam pengsian form reservasi booking hotel bagi tamu. |
Role Play, Video, Presentasi |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi |
Check-in 2 Sutanto Leo. (2003). English for professional Hotel Communication.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu berkomunikasi dan memberikan excelent service keti ka menjumpai problems and complainsdengan intonasi, pronounciati on, ekspresi, serta gesture yang tepat. (C5,C6,P5,A2) |
Ketepatan mengekspresikan percakapan dalam mengantarkan tamu ke kamar beserta barang bawaanya. |
Ketepatan dan pemahaman materi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Presentasi |
Escorting guest to their rooms 1 Sutanto Leo. (2003). English for professional Hotel Communication.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. |
3 |
|||
10 | Sub-CPMK 3 : Mahasiswa dapat familiar dengan vocabularies dan expression pada ESP for hospitality secara komunikati f danditerapkan dalam dunia kerja pengelolaan perhotelan. (C1,P1,P4, A1) |
Ketepatan dalam berkomunikasi dengan menggunaka vocabularies dan expression dalam ESP for hospitality. |
Presentasi dan Role play. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Presentasi |
Escorting guest to their rooms 2 Sutanto Leo. (2003). English for professional Hotel Communication.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. |
3 |
|||
11 | Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu berkomunikasi dan memberikan excelent service keti ka menjumpai problems and complainsdengan intonasi, pronounciati on, ekspresi, serta gesture yang tepat. (C5,C6,P5,A2) |
Membuat percakapan antara guest dan staff pada saat proses chek- out hotel. |
Ketepatan dan pemahaman materi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi |
Departing Guests Sutanto Leo. (2003). English for professional Hotel Communication.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. |
3 |
|||
12 | Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu berkomunikasi dan memberikan excelent service keti ka menjumpai problems and complainsdengan intonasi, pronounciati on, ekspresi, serta gesture yang tepat. (C5,C6,P5,A2) |
Ketepatan dalam berkomunikasi dalam memberikan informasi dengan tamu hotel pada pelayanan laundry. |
Diskusi dan presentasi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Presentasi |
Laundry 1: Taking orders Sutanto Leo. (2003). English for professional Hotel Communication.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama |
3 |
|||
13 | Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu berkomunikasi dan memberikan excelent service ketika menjumpai problems and complains dengan intonasi, pronounciati on, ekspresi, serta gesture yang tepat. (C5,C6,P5,A2) |
Ketepatan dalam berkomunikasi dalam memberikan informasi dengan tamu hotel khususnya bagian pembayaran atau payment pada pelayanan laundry. |
Diskusi dan presentasi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Presentasi |
Laundry 2: Payment Sutanto Leo. (2003). English for professional Hotel Communication.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. |
3 |
|||
14 | Sub-CPMK 4 : Mahasiswa mampu menguasi tips dan trik pada TOEIC Preparation. (C4,P3,A4) |
Ketepatan dalam memahami tips dan trik TOEIC Preparation pada Reading Comprehension. |
Soal test pilihan ganda dan essay |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi dan Presentasi |
TOEIC Preparation 1 ETS. (2010). The Updated TOEIC Official test Preparation Guide ITC (International Test center). Jakarta: ETS.
Taylor, Anne; Malarcher Casey; Janzen, Andrea. (2006). Starter TOEIC Third Edition.Cambridge: Compass Publishing. |
3 |
|||
15 | Sub-CPMK 4 : Mahasiswa mampu menguasi tips dan trik pada TOEIC Preparation. (C4,P3,A4) |
Ketepatan dalam memahami tips dan trik TOEIC pada Listening Section |
Soal TOEIC pada listening section. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi |
TOEIC Preparation 2 ETS. (2010). The Updated TOEIC Official test Preparation Guide ITC (International Test center). Jakarta: ETS.
Taylor, Anne; Malarcher Casey; Janzen, Andrea. (2006). Starter TOEIC Third Edition.Cambridge: Compass Publishing. |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Abdul Gafur lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|