.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:karmila.achmad@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:42 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Mekanika Rekayasa I |
TS110722 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
03-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Karmila Achmad S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 197903172007012017 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia) dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menganalisa gaya dan momen serta penerapannya di struktur Mampu menganalisa gaya dalam struktur statis tertentu Mampu menganalisa gaya dalam model peralihan dari struktur statis tertentu ke struktur statis tak tentu |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu menghitung resultan dan arah gaya [C4,A3] Sub-CPMK 2: Mampu menganalisa momen [C4,A3] Sub-CPMK 3: Mampu menganalisa gaya dalam balok statis tertentu [C4,A3] Sub-CPMK 4: Mampu menganalisa gaya dalam portal statis tertentu [C4,A3] Sub-CPMK 5: Mampu menganalisa gaya dalam peralihan struktur statis tertentu ke statis tak tentu [C4,A3] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Mekanika Rekayasa I mempelajari vektor, momen, struktur statis trententu dan peralihan strauktur statis tertentu ke statis tak tentu | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Vektor & Momen |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Buku Ajar Merkanika Rekayasa I, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2016 Buku Ajar Merkanika Rekayasa III, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2016 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : - Video pembelajaran - BLP - Papan tulis dan spidol |
|||||||
Dosen Pengampu |
Karmila Achmad, |
Mata Kuliah |
Mekanika Rekayasa I |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS110722 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mampu menghitung resultan dan arah gaya [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung resultan gaya - Mahasiswa mampu menghitung arah gaya |
Ketepatan menganalisa resultan dan arah gaya Ketepatan nilai resultan dan arah gaya dengan metode analisis dan grafis yang bernilai sama atau mendekati sama Tugas vektor |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi tugas (10 menit) |
Vektor & Momen Buku Ajar Mekanika Rekayasa I, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2016 |
5 |
|||
2 | Sub-CPMK 2: Mampu menganalisa momen [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung nilai momen dan penerapannya pada struktur |
Ketepatan menganalisa nilai momen Tugas Momen |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (10 menit) |
Vektor & Momen Buku Ajar Mekanika Rekayasa I, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2016 |
5 |
|||
3 | Sub-CPMK 3: Mampu menganalisa gaya dalam balok statis tertentu [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Ketepatan menganalisa keseimbangan balok Ketepatan menganalisa nilai gaya dalam yang bekerja Ketepatan menggambar diagram momen, lintang dan normal Tugas balok sederhana |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (10 menit) |
Balok sederhana dan Balok terjepit Buku Ajar Mekanika Rekayasa I, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2016 |
5 |
|||
4 | Sub-CPMK 3: Mampu menganalisa gaya dalam balok statis tertentu [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Ketepatan menganalisa keseimbangan balok Ketepatan menganalisa nilai gaya dalam yang bekerja Ketepatan menggambar diagram momen, lintang dan normal Quis balok sederhana |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (10 menit) |
Balok sederhana dan Balok terjepit Buku Ajar Mekanika Rekayasa I, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2016 |
5 |
|||
5 | Sub-CPMK 3: Mampu menganalisa gaya dalam balok statis tertentu [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Ketepatan menganalisa keseimbangan balok Ketepatan menganalisa nilai gaya dalam yang bekerja Ketepatan menggambar diagram momen, lintang dan normal Tugas balok terjepit |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (10 menit) |
Balok sederhana dan Balok terjepit Buku Ajar Mekanika Rekayasa I, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2016 |
5 |
|||
6 | Sub-CPMK 3: Mampu menganalisa gaya dalam balok statis tertentu [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Ketepatan menganalisa keseimbangan balok Ketepatan menganalisa nilai gaya dalam yang bekerja Ketepatan menggambar diagram momen, lintang dan normal Tugas balok meminggul |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (10 menit) |
Balok meminggul Buku Ajar Mekanika Rekayasa I, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2016 |
2 |
|||
7 | Sub-CPMK 3: Mampu menganalisa gaya dalam balok statis tertentu [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Ketepatan menganalisa keseimbangan balok Ketepatan menganalisa nilai gaya dalam yang bekerja Ketepatan menggambar diagram momen, lintang dan normal Tugas balok meminggul |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (10 menit) |
Balok meminggul Buku Ajar Mekanika Rekayasa I, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2016 |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 4: Mampu menganalisa gaya dalam portal statis tertentu [C4, A3] |
- Mahasiswa menentukan portal yang akan dianalisa - Mahasiswa mampu menghitung pembebanan yang bekerja
|
Ketepatan menganalisa keseimbangan portal Tugas portal statis tertentu |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Metode PBL Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (10 menit) |
Portal statis tertentu Buku Ajar Mekanika Rekayasa III, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2019 |
2 |
|||
10 | Sub-CPMK 4: Mampu menganalisa gaya dalam portal statis tertentu [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung kombinasi pembebanan - Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan
|
Ketepatan menganalisa keseimbangan portal Tugas portal statis tertentu |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Metode PBL Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (10 menit) |
Portal statis tertentu Buku Ajar Mekanika Rekayasa III, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2019 |
5 |
|||
11 | Sub-CPMK 4: Mampu menganalisa gaya dalam portal statis tertentu [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Ketepatan menganalisa keseimbangan portal Ketepatan menganalisa nilai gaya dalam yang bekerja Tugas portal statis tertentu |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Metode PBL Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (10 menit) |
Portal statis tertentu Buku Ajar Mekanika Rekayasa III, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2019 |
5 |
|||
12 | Sub-CPMK 4: Mampu menganalisa gaya dalam portal statis tertentu [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) - Mahasiswa mampu menggambar bidang M, D dan N |
Ketepatan menganalisa keseimbangan portal Ketepatan menganalisa nilai gaya dalam yang bekerja Ketepatan menggambar diagram momen, lintang dan normal Tugas portal statis tertentu |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Metode PBL Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (10 menit) |
Portal Statis Tertentu Buku Ajar Mekanika Rekayasa III, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2019 |
5 |
|||
13 | Sub-CPMK 5: Mampu menganalisa gaya dalam peralihan struktur statis tertentu ke statis tak tentu [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Ketepatan pemisahan batang Ketapatan menganalisa keseimbangan balok Ketepatan menganalisa nilai gaya dalam yang bekerja Ketepatan menggambar diagram momen, lintang dan normal Tugas balok gerber |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (10 menit) |
Balok Gerber Buku Ajar Mekanika Rekayasa I, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2016 |
3 |
|||
14 | Sub-CPMK 5: Mampu menganalisa gaya dalam peralihan struktur statis tertentu ke statis tak tentu [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Ketepatan memisahkan batang pada balok Ketepatan menganalisa keseimbangan balok Ketepatan menganalisa nilai gaya dalam yang bekerja Ketepatan menggambar diagram momen, lintang dan normal Tugas balok gerber |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (10 menit) |
Balok gerber Buku Ajar Mekanika Rekayasa I, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2016 |
5 |
|||
15 | Sub-CPMK 5: Mampu menganalisa gaya dalam peralihan struktur statis tertentu ke statis tak tentu [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Ketepatan memisahkan batang pada balok Ketepatan menganalisa keseimbangan balok Ketepatan menganalisa nilai gaya dalam yang bekerja Ketepatan menggambar diagram momen, lintang dan normal Quis balok gerber |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Quis Balok Gerber |
Balok Gerber Buku Ajar Mekanika Rekayasa I, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2016 |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Karmila Achmad lahir di Banjarmasin pada tanggal 17-03-1979 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|