.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:syahruddin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 7, 2025, 7:45 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Fundamental Hydraulic |
AB110522 |
1 |
1 |
2 |
42 |
1 |
31-08-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dr. H. Syahruddin S.Pd., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 197411272006041017 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK-1: Mampu menjelaskan konsep, prinsip dan membuktikan hukum dasar hidrolik. CPMK 2: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, menghitung efisiensi serta melakukan perawatan dan perbaikan pompa hidrolik CPMK-3: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja serta melakukan perawatan dan perbaikan katup-katup hidrolik CPMK-4: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, menghitung volume, kecepatan gerak serta melakukan perawatan dan perbaikan aktuator hidrolik |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan Terminologi-terminologi yang berkaitan dengan hidrolik, tekanan dan Aliran perhitungan tekanan hidrolik dan perhitungan aliran hidrolik.(C4,A3) (C4,A3) Sub CPMK 2: Mampu mendemonstrasikan hukum pascal dan Prinsip-prinsip hidrolik dasar (C4,A3,P3) Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan Fungsi, Jenis, Konstruksi, cara kerja, menghitung efisiensi pompa, melakukan perawatan dan perbaikan pompa hidrolik (C4,A3,P3) Sub CPMK 4: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, melakukan perawatan dan perbaikan Katup-katup hidrolik (C4,A3,P3) Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan Fungsi, Jenis, Konstruksi, menghitung volume, kecepatan gerak serta melakukan perawatan dan perbaikan aktuator hidrolik (C4,A3,P3) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Fundamental Hydraulic mempelajari konsep, prinsip dasar, pembuktian hukum dasar, hidrolik, fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, menghitung efisiensi serta melakukan perawatan dan perbaikan pompa, katup-katup dan aktuator hidrolik. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Prinsip dasar hidrolik |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Pippenger, John J & Hicks, Tyler G, Industrial Hydraulics, Mc Graw Hill Book Company, Singapore:1980 2. Schulz, Erich J, Diesel Equipment I (Hydraulic), Mc Graw Hill Book Company, Singapore:1982 3. Waller D, Werner H, Hydraulic Book Basic Level, Festo, Denkendorf:1998 4. Hydraulic Component Maintenance I, New South Wales TAFE Commission, Bankstown:1999 5. Hydraulic System Components, Rockhamton Collage of TAFE 6. Hydraulic Fundamentals, Caterpillar 7. Basic Competency I (Hydraulic System), Training Centre Departmen PT. United Tractors, Jakarta:2004 8. Basic Mechanic Training II (Hydraulics), Volvo, Jakarta:2001 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Buku Referensi 2. White board dan Board marker 3. LCD dan Laptop 4. Hydraulic trainer |
|||||||
Dosen Pengampu |
Syahruddin, |
Mata Kuliah |
Fundamental Hydraulic |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB110522 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan Terminologi-terminologi yang berkaitan dengan hidrolik, tekanan dan Aliran perhitungan tekanan hidrolik dan perhitungan aliran hidrolik.(C4,A3) (C4,A3) |
1. Kejelasan informasi aturan perkuliahan. 2. Ketepatan dan kebenaran menjelaskan konsep Terminologi-terminologi yang berkaitan dengan hidrolik. |
1. Kriteria: Rubrik deskriptif 2. Penilaian: Tes lisan Tes tertulis |
Kuliah, diskusi, Presentasi (PB: 1x50’, PT: 2x50’) |
Sosialisasi perkuliahan dan terminologi-terminologi yang berkaitan dengan hidrolik. Pustaka # 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
5 |
|||
2 | Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan Terminologi-terminologi yang berkaitan dengan hidrolik, tekanan dan Aliran perhitungan tekanan hidrolik dan perhitungan aliran hidrolik.(C4,A3) (C4,A3) |
1. Ketepatan dan kebenaran menjelaska konsep Tekanan dan Aliran 2. Perhitungan tekanan hidrolik dan perhitungan aliran hidrolik. |
1. Kriteria: Pedoman penskoran 2. Penilaian: Tes lisan Tes tertulis |
Kuliah, diskusi, Presentasi (PB: 1x50’, PT: 2x50’) |
1. Tekanan dan Aliran 2. Perhitungan tekanan hidrolik dan perhitungan aliran hidrolik. Pustaka # 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
5 |
|||
3 | Sub CPMK 2: Mampu mendemonstrasikan hukum pascal dan Prinsip-prinsip hidrolik dasar (C4,A3,P3) |
Ketepatan mendemonstrasikan hukum pascal
|
1. Kriteria: Rubrik deskriptif 2. Penilaian: Laporan praktik |
1. Diskusi, demonstrasi, praktik (KM: 3x50’) |
Pembuktian hukum pascal Pustaka # 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
10 |
|||
4 | Sub CPMK 2: Mampu mendemonstrasikan hukum pascal dan Prinsip-prinsip hidrolik dasar (C4,A3,P3) |
Ketepatan dalam mendemonstrasikan Prinsip-prinsip hidrolik dasar |
1. Kriteria: Rubrik deskriptif 2. Penilaian: Tes lisan Tes tertulis |
1. Diskusi, demonstrasi, praktik (KM: 3x50’) |
Pembuktian Prinsip-prinsip hidrolik dasar Pustaka # 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
10 |
|||
5 | Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan Fungsi, Jenis, Konstruksi, cara kerja, menghitung efisiensi pompa, melakukan perawatan dan perbaikan pompa hidrolik (C4,A3,P3) |
Ketepatan dan kebenaran menjelaskan fungsi, jenis (pompa aliran berubah dan aliran tetap) konstruksi dan cara kerja (pompa roda gigi, vane dan piston) |
1. Kriteria: Rubrik deskriptif 2. Penilaian: Tes lisan Tes tertulis |
Kuliah, diskusi, Presentasi (PB: 1x50’, PT: 2x50’) |
Fungsi, jenis, konstruksi dan cara kerja pompa hidrolik. Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8. |
5 |
|||
6 | Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan Fungsi, Jenis, Konstruksi, cara kerja, menghitung efisiensi pompa, melakukan perawatan dan perbaikan pompa hidrolik (C4,A3,P3) |
Ketepatan dan kebenaran menghitung efisiensi pompa hidrolik. |
1. Kriteria: Pedoman penskoran 2. Penilaian: Tes tertulis |
Diskusi, demonstrasi, (PB: 1x50’, KM: 2x50’) |
Menghitung efisiensi pompa hidrolik Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8. |
10 |
|||
7 | Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan Fungsi, Jenis, Konstruksi, cara kerja, menghitung efisiensi pompa, melakukan perawatan dan perbaikan pompa hidrolik (C4,A3,P3) |
Ketepatan mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan pompa hidrolik. |
1. Kriteria: Rubrik deskriptif 2. Penilaian: Laporan |
Diskusi, demonstrasi (KM: 3x50’) |
Perawatan dan perbaikan pompa hidrolik. Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8. |
10 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
0 |
|||||||
9 | Sub CPMK 4: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, melakukan perawatan dan perbaikan Katup-katup hidrolik (C4,A3,P3) |
Ketepatan menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, katup-katup pengatur tekanan. |
1. Kriteria: Pedoman penskoran 2. Penilaian: Tes lisan Tes tertulis |
Kuliah, diskusi, Presentasi (PB: 1x50’, PT: 2x50’) |
Fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, katup-katup pengatur tekanan. Pustaka 1,2,3,4,5,6,7,8 |
5 |
|||
10 | Sub CPMK 4: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, melakukan perawatan dan perbaikan Katup-katup hidrolik (C4,A3,P3) |
Ketepatan menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, katup pengatur arah yang diaktuasi secara mekanis dan elektrik. |
1. Kriteria: Pedoman penskoran 2. Penilaian: Tes tertulis |
Kuliah, diskusi, Presentasi (PB: 1x50’, PT: 2x50’) |
Fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, katup pengatur arah. Pustaka 1,2,3,4,5,6,7,8 |
5 |
|||
11 | Sub CPMK 4: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, melakukan perawatan dan perbaikan Katup-katup hidrolik (C4,A3,P3) |
Ketepatan menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, katup pengatur aliran. |
1. Kriteria: Pedoman penskoran 2. Penilaian: Tes tertulis |
Kuliah, diskusi, Presentasi (PB: 1x50’, PT: 2x50’) |
Fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, katup pengatur aliran. Pustaka 1,2,3,4,5,6,7,8 |
5 |
|||
12 | Sub CPMK 4: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, melakukan perawatan dan perbaikan Katup-katup hidrolik (C4,A3,P3) |
Ketepatan mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan katup-katup hidrolik. |
1. Kriteria: Rubrik deskriptif 2. Penilaian: Laporan |
Diskusi, demonstrasi (KM: 3x50’) |
Perawatan dan perbaikan katup-katup hidrolik. Pustaka 1,2,3,4,5,6,7,8 |
10 |
|||
13 | Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan Fungsi, Jenis, Konstruksi, menghitung volume, kecepatan gerak serta melakukan perawatan dan perbaikan aktuator hidrolik (C4,A3,P3) |
Ketepatan menjelaskan fungsi, Jenis (Aktuator rotary dan linier), konstruksi dan cara kerja (tunggal dan ganda). |
1. Kriteria: Pedoman penskoran 2. Penilaian: Tes tertulis |
Kuliah, diskusi, presentasi (PB: 1x50’, PT: 2x50’) |
Fungsi, jenis, konstruksi dan cara kerja aktuator hidrolik. Pustaka 1,2,3,4,5,6,7,8 |
5 |
|||
14 | Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan Fungsi, Jenis, Konstruksi, menghitung volume, kecepatan gerak serta melakukan perawatan dan perbaikan aktuator hidrolik (C4,A3,P3) |
Ketepatan dan kebenaran menghitung volume dan kecepatan gerak actuator. |
1. Kriteria: Pedoman penskoran 2. Penilaian: Tes lisan Tes tertulis |
Kuliah, diskusi, Presentasi (PB: 1x50’, PT: 2x50’) |
Perhitungan volume dan kecepatan gerak actuator Pustaka 1,2,3,4,5,6,7,8 |
5 |
|||
15 | Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan Fungsi, Jenis, Konstruksi, menghitung volume, kecepatan gerak serta melakukan perawatan dan perbaikan aktuator hidrolik (C4,A3,P3) |
Ketepatan mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan aktuator hidrolik. |
1. Kriteria: Rubrik deskriptif 2. Penilaian: Laporan |
Diskusi, demonstrasi (KM: 3x50’) |
Perawatan dan perbaikan aktuator hidrolik Pustaka 1,2,3,4,5,6,7,8 |
10 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Syahruddin, lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|