.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:nawang.retno@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:12 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI PERPAJAKAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pendidikan Pancasila |
AP110222 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
03-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dra. Nawang Retno Dwiningrum M.Si. |
Endang Sri Apriani S.E., M.E., CFRM. |
|||||||
NIP/NIK. 196612192007012017 |
NIP/NIK. 2021.90.003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika (S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-6) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Mampu mengambil keputusan operasional yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data akuntansi untuk mememberikan alternatif solusi baik secara mandiri maupun kelompok dan mampu menyajikan laporan sesuai dengan lingkup dan tangggung jawabnya (P-4) Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/atau pimpinan dalam suatu organisasi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-8) Mampu menjadi account representative dalam menjalankan fungsi pelayanan dan konsultasi Wajib Pajak menjalankan fungsi pengawasan dan penggalian potensi Wajib Pajak dalam lingkup organisasi pemungut pajak (fiskus) organisasi bisnis maupun konsultan bisnis. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 Menjunjung tinggi nilai Kemanusiaaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika CPMK 2 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggunjawab pada negara dan bangsa |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila menganalisa Pancasila sebagai sumber hukum , Pancasila sebagai ideologi, filsafat dan sistem etikaPancasila sebagai dasar pengembanganiptek mampu memahami dan menerapkan Pancasila sebagai sistem etika mampu memahami Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan iptek mampu memahami dan penerapannya Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah PANCASILA mempelajari Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi, filsafat, sistem etika, Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pokok bahasan I : mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Kaelan, 20021 Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta Syarbaini, Syahrial 2014 Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, LCD, modul pembelajaran |
|||||||
Dosen Pengampu |
Nawang Retno Dwiningrum, |
Mata Kuliah |
Pendidikan Pancasila |
|||
Kode Mata Kuliah |
AP110222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila menganalisa Pancasila sebagai sumber hukum , Pancasila sebagai ideologi, filsafat dan sistem etikaPancasila sebagai dasar pengembanganiptek |
ketepatan menjelaskan lahirnya Pancasila |
kajian literatur |
Kuliah dan diskusi 2x50 |
sejarah lahirnya Pancasila kaelan , 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma ,Yogyakarta |
2 |
|||
2 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila menganalisa Pancasila sebagai sumber hukum , Pancasila sebagai ideologi, filsafat dan sistem etikaPancasila sebagai dasar pengembanganiptek |
mampu menjelaskan Pancasila sebagai Dasar negara |
kajian literatur |
kuliah dan diskusi |
1. Pengertian Pancasila sebagai Dasar negara 2. Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 3, Hubungan Pembukaan dan batang tubuh Kelan, 2001, Pendidikan pancasila, Paradigma, Yogyakarta |
2 |
|||
3 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila menganalisa Pancasila sebagai sumber hukum , Pancasila sebagai ideologi, filsafat dan sistem etikaPancasila sebagai dasar pengembanganiptek |
mampu menganalisis Pancasila sebagai dasar negara |
menganlisis implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara |
presentasi 2x50
|
implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam Syarbani, syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Toinggi, Ghalia Indonesia , Bogor |
2 |
|||
4 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila menganalisa Pancasila sebagai sumber hukum , Pancasila sebagai ideologi, filsafat dan sistem etikaPancasila sebagai dasar pengembanganiptek |
mampu menjelaskan Pancasila sebagai ideologi |
kajian literatur, lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 |
1. pengertian ideologi 2, ideologi terbuka dan tertutup 3. Pancaila sebagai ideologi kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma yogyakarta |
2 |
|||
5 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila menganalisa Pancasila sebagai sumber hukum , Pancasila sebagai ideologi, filsafat dan sistem etikaPancasila sebagai dasar pengembanganiptek |
mampu menganalisis ideologi Pancasila dan membandingkan dengan ideologi lain |
presentasi dan kajian literatur |
diskusi |
1. ideologi Pancasila 2. ideologi Komunis, Liberal dan ideologi keagamaan kaelan , 2001, Pendidikan Pancasila, paradigma , Yogyakarta |
2 |
|||
6 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila menganalisa Pancasila sebagai sumber hukum , Pancasila sebagai ideologi, filsafat dan sistem etikaPancasila sebagai dasar pengembanganiptek |
mampu memahami filsafat Pancasila |
tes lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 |
1. pengertian filsafat, aliran filsafat 2. Pengertian Pancasila secara filsafat Kaelan 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta |
3 |
|||
7 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila menganalisa Pancasila sebagai sumber hukum , Pancasila sebagai ideologi, filsafat dan sistem etikaPancasila sebagai dasar pengembanganiptek |
mampu menganalisa filsafat pancasila dalam aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi |
presentasi |
diskusi, 2x50 |
aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, paradigma, Yogyakarta |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | mampu memahami dan menerapkan Pancasila sebagai sistem etika |
mampu memeahami Pancasila sebagai sistem etika |
lesan
n |
kuliah dan disksusi 2x50 |
1, pengertian etika 2. aliran -aliran dalam etika Syarbani syahrial, 2014,Pendidikan Pancasila di Perguruan tinggi, Ghalia Indonesia , Bogor |
2 |
|||
10 | mampu memahami dan menerapkan Pancasila sebagai sistem etika |
mampu menerapkan Pancasila sebagai sistem etika dalam kehidupan sehari-hari |
tes lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 |
penerapan etika Pancasila dalam bidang ekonomi, politik dan sosial budaya Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila,Paradigma ,Yogyakarta |
2 |
|||
11 | mampu menjelaskan Pancasila sebagai Dasar nilai pengembangan Ilmu dan teknologi |
memahami perkembangan ilmu dan teknologi dan nilai dalam pengembangan ilmu dan teknologi |
kajian literatur dan tes lesan |
kuliah dan diskusi, 2x50 |
perkembangan ilmu dan teknologi dan masalah nilai dalam perkembangan tehnologi Kaelan, 2001,Pendidikan Pancasila, Paradigma, yogyakarta |
2 |
|||
12 | mampu memahami Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan iptek |
mampu menganalisis ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dan tidak sesuai dengan Pancasila |
presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 |
Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Kaelan, 2001, Pendidikan pancasila, Paradigma , Yogyakarta |
0 |
|||
13 | mampu memahami dan penerapannya Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
pengertian Pancasila sebagai paradigma pembanguanan |
kajian literatur dan tes lesan |
kuliah dan diskusi 2 x50 |
pengertian paradigma dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan Kaelan, Pendidikan Pancasila , Paradigma , Yogyakarta |
0 |
|||
14 | mampu memahami dan penerapannya Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
mampu menganalisa pancasila sebagai paradigma pembangunan dalam bidang politik dan ekonomi |
presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 |
Pancasila sebagai paradigma pembangunan bidang politik dan ekonomi Kaelan, 2001, Pndidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta |
0 |
|||
15 | mampu memahami dan penerapannya Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
menganalisis pancasila sebagai paradigma pembangunan dalam bidang sosial budaya |
presentasi |
kuliah dan diskusi , 2x50 |
Pancasila sebagai paradigma pembangunan dalam bidang sosial budaya dan pertahanan keamanan Syarbani, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
0 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Nawang Retno Dwiningrum lahir di Magelang pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|