.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ranti.rustika@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:54 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Dasar-Dasar Pemasaran |
MP350221 |
2 |
0 |
2 |
28 |
5 |
04-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199104022019032018 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-11) Menerapkan nilai-nilai hospitality (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian), dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Konsep teoretis pariwisata dan manajemen usaha perhotelan secara mendalam, khususnya manajemen perencanaan, pemasaran, pengendalian mutu, serta manajemen Sumber Daya Manusia, aset, dan keuangan (P-4) Konsep teoretis baur pemasaran, penjualan serta penentuan segmentasi, target dan penentuan posisi pasar untuk produk dan layanan hotel secara mendalam |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu secara mandiri mengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel) yang dapat dibuktikan dengan bertambahnya tingkat kepuasan tamu hotel khususnya pada aspek jumlah tamu, reliabilitas dan responsibilitas layanan, kebersihan, dan efisiensi harga (KU-8) Mampu merancang kegiatan promosi atas produk dan layanan hotel yang dapat menunjukan potensi nyata dari produk dan layanan yang dipromosikan pada aspek penambahan jumlah tamu |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dan hasil kerjasama di dalam maupun di luar lembaganya |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan konsep pemasaran hotel |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengenai pemasaran perhotelan dan kepariwisataan Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan peran pemasaran dalam perencanaan strategi Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan lingkungan mikro dan makro pemasaran, Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan sistem informasi, menilai kebutuhan informasi dan mengembangkan informasi Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan model perilaku konsumenm karakterisitik yang mempengaruhi perilaku konsumen, keterlibatan konsumen dalam keputusan membeli, proses keputusan pembelian, dan konsumen pariwisata dan perjalanan Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan perilaku pembeli organisasi di pasar kelompok Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan segmentasi, pembidikan dan penetapan posisi pasar Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan produk, level produk, persoalan produk, keputusan merk, pengembangan produk baru, penghapusan produk Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan pemasaran pariwisata online (digital) Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan pemaran pariwisata hijau Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan implementasi pemasaran pariwisata Mahasiswa memahami dan menjelaskan implementasi pemasaran hotel |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Dasar-Dasar Pemasaran mempelajari konsep pemasaran hotel hingga penerapannya diera digital | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pemasaran Hotel dan Kepariwisataan 2. Karakterisitik Jasa Pemasaran Hotel 3. Peran pemasaran dalam perencanaan startegis 4. Lingkungan Pemasaran 5. Sistem Informasi pemasaran dan Riset Pemasaran 6. Pasar Konsumen dan Perilaku Membeli Konsumen 7. Perilaku Pembeli Organisasi di Pasair 8. Segmentasi, Pembidikan dan Penetapan Posisi Pasar 9. Mendisain dan Mengelolah Produk 10. Pemasaran Internal 11. Pemasaran Online 12. Pemasaran Pariwisata Hijau |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Kotler, Philip, Bowen, John, & Makens, James, 1999 Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, PT Prenhallindo, Jakarta
Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 1, PT Prenhallindo, Jakarta
Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 2, PT Prenhallindo, Jakarta
Hasan, Ali Tourism Marketing, 2015 PT Buku Seru, Yogyakarta |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media :Laptop, Proyektor
|
|||||||
Dosen Pengampu |
Ranti Rustika, |
Mata Kuliah |
Dasar-Dasar Pemasaran |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP350221 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengenai pemasaran perhotelan dan kepariwisataan |
Ketepatan dalam memahami dan menjawab pengertian pemasaran dan pariwisata, pemasaran dalam industri pariwisata, sorotan pemasaran, falsafah pemasaran, tantangan pemasaran, dan masa depan pemasaran. |
Kriteria Penilaian : Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi Penilaian : Tugas paper |
Ceramah dan diskusi (2x50 Menit) |
1. Pengertian pemasaran dan pariwisata, 2. Pemasaran dalam industri pariwisata, 3. Sorotan pemasaran, 4. Falsafah pemasaran, 5. Tantangan pemasaran, 6. Masa depan pemasaran Kotler, Philip, Bowen, John, & Makens, James, 1999 Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 1, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 2, PT Prenhallindo, Jakarta Hasan, Ali Tourism Marketing, 2015 PT Buku Seru, Yogyakarta |
2 |
|||
2 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengenai pemasaran perhotelan dan kepariwisataan |
Ketepatan memahami dan menjawab budaya jasa, ciri ciri pemasaran jasa, stategi manajemen untuk bisnis jasa |
Kriteria Penilaian : Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi Penilaian : Tugas presentasi |
Ceramah dan diskusi (2x50 menit) |
1. Budaya jasa, 2. Ciri ciri pemasaran jasa, 3. Stategi manajemen untuk bisnis jasa Kotler, Philip, Bowen, John, & Makens, James, 1999 Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 1, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 2, PT Prenhallindo, Jakarta Hasan, Ali Tourism Marketing, 2015 PT Buku Seru, Yogyakarta |
2 |
|||
3 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan peran pemasaran dalam perencanaan strategi |
Ketepatan memahami dan menjelaskan sifat bisnis, peran strategi perusahaan dan perencanaan strategi bisnis |
Kriteria Penilaian : Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi Penilaian : Tugas paper |
Ceramah dan diskusi (2x50 Menit) |
1. Sifat bisnis, 2. Peran strategi perusahaan 3. Perencanaan strategi bisnis Kotler, Philip, Bowen, John, & Makens, James, 1999 Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 1, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 2, PT Prenhallindo, Jakarta Hasan, Ali Tourism Marketing, 2015 PT Buku Seru, Yogyakarta |
2 |
|||
4 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan lingkungan mikro dan makro pemasaran, |
ketepatan dalam memahami dan menjelaskan lingkungan mikro dan makro pemasaran |
Kriteria Penilaian : Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi Penilaian : Tugas paper |
Cermah dan diskusi (2x50 menit) |
1. Lingkungan mikro pemasaran 2. Lingkungan Makro pemasaran Kotler, Philip, Bowen, John, & Makens, James, 1999 Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 1, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 2, PT Prenhallindo, Jakarta Hasan, Ali Tourism Marketing, 2015 PT Buku Seru, Yogyakarta |
2 |
|||
5 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan sistem informasi, menilai kebutuhan informasi dan mengembangkan informasi |
ketepatan mahasiswa dalam memahami dan menjelaskan sistem informasi, menilai kebutuhan informasi dan mengembangkan informasi |
Kriteria Penilaian : Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi Penilaian : Tugas paper |
Ceramah dan diskusi (2x50 menit) |
1. Sistem informasi, 2. Menilai kebutuhan informasi 3. Mengembangkan informasi Kotler, Philip, Bowen, John, & Makens, James, 1999 Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 1, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 2, PT Prenhallindo, Jakarta Hasan, Ali Tourism Marketing, 2015 PT Buku Seru, Yogyakarta |
2 |
|||
6 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan model perilaku konsumenm karakterisitik yang mempengaruhi perilaku konsumen, keterlibatan konsumen dalam keputusan membeli, proses keputusan pembelian, dan konsumen pariwisata dan perjalanan |
Ketepatan mahasiswa memahami dan menjawab materi pertemuan 6 |
Kriteria Penilaian : Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi Penilaian : Tugas paper |
Ceramah dan diskusi (2x50 menit) |
1. Model perilaku konsumenm karakterisitik yang mempengaruhi perilaku konsumen, 2. Keterlibatan konsumen dalam keputusan membeli, 3. Proses keputusan pembelian, 4. Konsumen pariwisata dan perjalanan Kotler, Philip, Bowen, John, & Makens, James, 1999 Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 1, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 2, PT Prenhallindo, Jakarta Hasan, Ali Tourism Marketing, 2015 PT Buku Seru, Yogyakarta |
2 |
|||
7 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan perilaku pembeli organisasi di pasar kelompok |
ketepatan mahasiswa memahami dan menjelaskan perilaku pembeli organisiasi di pasar kelompok |
Kriteria Penilaian : Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi Penilaian : Tugas presentasi |
Ceramah dan diskusi (2x50 menit) |
1. Perilaku pembeli organisiasi di pasar kelompok Kotler, Philip, Bowen, John, & Makens, James, 1999 Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 1, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 2, PT Prenhallindo, Jakarta Hasan, Ali Tourism Marketing, 2015 PT Buku Seru, Yogyakarta |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan segmentasi, pembidikan dan penetapan posisi pasar |
Ketepatan mahasiswa dalam menjelaskan dan memahami segementasi, pembidikan dan penetapan posisi pasar |
Kriteria Penilaian : Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi Penilaian : Tugas presentasi |
cerama dan diskusi (2x50 menit) |
1. Segementasi, pembidikan dan penetapan posisi pasar Kotler, Philip, Bowen, John, & Makens, James, 1999 Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 1, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 2, PT Prenhallindo, Jakarta Hasan, Ali Tourism Marketing, 2015 PT Buku Seru, Yogyakarta |
5 |
|||
10 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan produk, level produk, persoalan produk, keputusan merk, pengembangan produk baru, penghapusan produk |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami dan menjelaskan produk, level dan persoalan produk, keputusan merk, pengembangan produk baru dan penghapusan produk. |
Kriteria Penilaian : Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi Penilaian : Tugas paper |
ceramah dan diskusi (2x50 menit) |
1. Produk, level dan persoalan produk, 2. Keputusan merk, 3. Pengembangan produk baru dan penghapusan produk. Kotler, Philip, Bowen, John, & Makens, James, 1999 Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 1, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 2, PT Prenhallindo, Jakarta Hasan, Ali Tourism Marketing, 2015 PT Buku Seru, Yogyakarta |
5 |
|||
11 | Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan pemasaran pariwisata online (digital) |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami dan menjelaskan pemasaran pariwisata online (digital) |
Kriteria Penilaian : Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi Penilaian : Tugas Kelompok (lapangan) |
Ceramah dan diskusi |
1. Pemasaran pariwisata online (digital) Kotler, Philip, Bowen, John, & Makens, James, 1999 Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 1, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 2, PT Prenhallindo, Jakarta Hasan, Ali Tourism Marketing, 2015 PT Buku Seru, Yogyakarta |
5 |
|||
12 | Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan pemaran pariwisata hijau |
Ketepatan dalam menjelaskan pemasara pariwisata hijau |
Kriteria Penilaian : Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi Penilaian : Tugas kelompok (lapangan) |
Ceramah dan diskusi (2x50 menit) |
1. Pemasara pariwisata hijau Kotler, Philip, Bowen, John, & Makens, James, 1999 Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 1, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 2, PT Prenhallindo, Jakarta Hasan, Ali Tourism Marketing, 2015 PT Buku Seru, Yogyakarta |
5 |
|||
13 | Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan implementasi pemasaran pariwisata |
Ketepatan dalam memahami implementasi pemasaran pariwisata |
Kriteria Penilaian : Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi Penilaian : Tugas paper |
Ceramah dan diskusi (2x50 menit) |
1. Implementasi pemasaran pariwisata dan Hotel Kotler, Philip, Bowen, John, & Makens, James, 1999 Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 1, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 2, PT Prenhallindo, Jakarta Hasan, Ali Tourism Marketing, 2015 PT Buku Seru, Yogyakarta |
5 |
|||
14 | Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan implementasi pemasaran pariwisata |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan dan memahami implementasi pemasaran hotel |
Kriteria Penilaian : Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi dan bimbingan Penilaian : proyek (tinjauan hotel) |
Bimbinga tugas dan diskusi |
1. Implementasi pemasaran hotel Kotler, Philip, Bowen, John, & Makens, James, 1999 Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 1, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 2, PT Prenhallindo, Jakarta Hasan, Ali Tourism Marketing, 2015 PT Buku Seru, Yogyakarta |
5 |
|||
15 | Mahasiswa memahami dan menjelaskan implementasi pemasaran hotel |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan dan memahami implementasi pemasaran hotel |
Kriteria Penilaian : Pemahaman, penguasaan materi dan aktif dalam diskusi dan bimbingan Penilaian : proyek tinjauan hotel |
Bimbinga tugas dan diskusi |
1. Implementasi pemasaran hotel Kotler, Philip, Bowen, John, & Makens, James, 1999 Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 1, PT Prenhallindo, Jakarta Kotler, Philip, 2000 Manajemen Pemasaran 2, PT Prenhallindo, Jakarta Hasan, Ali Tourism Marketing, 2015 PT Buku Seru, Yogyakarta |
6 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ranti Rustika lahir di Tanah Grogot pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|