.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lisnawaty.simatupang@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 30, 2025, 3:06 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
|||||||
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI PERPAJAKAN |
|||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
|||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
||||
T |
P |
TOTAL |
|||||||
Bahasa Indonesia |
AP110322 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
05-09-2023 |
||
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
|||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
|||||||
Lisnawaty Simatupang S.S., M.Hum. |
Endang Sri Apriani S.E., M.E., CFRM. |
||||||||
NIP/NIK. 199112222020122003 |
NIP/NIK. 2021.90.003 |
||||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
||||||||
SIKAP |
|||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|||||||||
PENGETAHUAN |
|||||||||
(P-3) Mampu mengambil keputusan operasional yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data akuntansi untuk mememberikan alternatif solusi baik secara mandiri maupun kelompok dan mampu menyajikan laporan sesuai dengan lingkup dan tangggung jawabnya (P-4) Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/atau pimpinan dalam suatu organisasi |
|||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
||||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
|||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
|||||||||
(KK-8) Mampu menjadi account representative dalam menjalankan fungsi pelayanan dan konsultasi Wajib Pajak menjalankan fungsi pengawasan dan penggalian potensi Wajib Pajak dalam lingkup organisasi pemungut pajak (fiskus) organisasi bisnis maupun konsultan bisnis. |
|||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
||||||||
1. Mampu menjelaskan hakikat dan konsep bahasa Indonesia sebagai bagian dari keragaman budaya 2. Mampu menjelaskan beragam fungsi bahasa 3. Mampu menjelaskan ragam bahasa 4. Mampu menjelaskan unsur pembentuk stuktur bahasa Indonesia 5. Mampu menyampaikan gagasan ilmiah dalam strukur kalimat efektif 6. Mampu menghasilkan wacana dalam teks mikro dan makro sesuai kaidah tulisan ilmiah 7. Mampu membangun dan menuliskan argumen dalam teks makro 8. Mampu memahami dan mnejelaskan informasi teknik penulisan karya ilmiah dan nonilmiah 9. Mampu menghasilkan karya tulis krearif dalam berbagai bentuk teks akademik 10. Mampu menerapkan pengunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar,secara tertulis maupun lisan, dalam penugasan mata kuliah. |
|||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
|||||||||
1. Mampu memahami sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia 2. Mampu memahami kedudukan dan fungsi bahasa 3. Mampu membedakan ragam atau variasi bahasa 4. Mampu menjelaskan peran dan kategori kata dalam struktur bahasa Indonesia 5. Mampu menjelaskan peran dan konsep frasa dan klausa dalam tata bahasa Indonesia 6. Mampu menuangkan gagasan ilmiah dalam bentuk kalimat efektiff 7. Mampu menggunakan unsur-unsur ejaan, seperti huruf, tanda baca, dan penulisan unsur serapan dalam bahasa Indonesia dengan benar 8. Mampu menggunakan diksi secara tepat sesuai konteks tulisan (Genre makro) 9. Mampu menulis esai dengan karakateristik dan sturktur yang tepat 10. Mampu menjelaskan sturtur dan sistematika penulisan artikel 11. Mampu menuangkan gagasan kreatif dalam proposal (bagian 1) 12. Mampu menuangkan gagasan kreatif dalam proposal (bagian 2) 13. Mampu mengeksplorasi karya tulis dengan tepat 14. Mampu menjelaskan orisinalistas karya tulis |
|||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Indonesia mempelajari pengetahuan dan ketrampilan dalam menganalisis
dan menghasilkan teks akademik dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
||||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
A.Sejarah Bahasa Indonesia |
||||||||
Pustaka |
Pustaka Utama:
1.     Badan Pengembangan dan
Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
2.     Direktoral Jenderal
Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan
Tinggi. (2016). Pendidikan Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Tinggi.
Jakarta: DIKTI
3.     Pusat Bahasa. (2007). Pedoman
Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
4.     Badan Pengembangan dan Pembinaan
Bahasa. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
5.     Badan Pengembangan dan Pembinaan
Bahasa. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
6.     Nurdjan, S. et al. (2016). Bahasa
Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Makassar: Aksara Timur
7.     Sukartha, I.N. et al. (2015).
Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Denpasar: Udayana University
Press
8.     Sneddon, J.N. et al. (2010).
Indonesian References Grammar 2nd Edition. Melbourne: Allen
& Unwin.
9.     Hacker, D. & Sommers, N.
(2016). APA Version: A Pocket Style Manual 7th Edition. New York: Bedford/St. Martin’s.
10. Simatupang, L. et al.
(2021). Panduan Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Perhotelan. Balikpapan:
Politeknik Negeri Balikpapan.
Direktorat
Belmawa Kemdikbud. (2021). Program
Kreativitas Mahasiswa: Pedoman Umum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia |
||||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1.    LCD proyektor 2.    Lap top, 3.    White board
|
||||||||
Dosen Pengampu |
Lisnawaty Simatupang, |
Mata Kuliah |
Bahasa Indonesia |
|||
Kode Mata Kuliah |
AP110322 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu memahami sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia |
Saintifik Menjunjung nilai kebangsaan melalui pemahaman komprhensif atas bahasa Indonesia
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 1: Mengumpulkan data kebahasan melalui berbagai sumber, seperti media sosial, TV, spanduk, poster, dll Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Materi: 1. Sejarah bahasa Indonesia 2. Perkembangan bahasa Indonesia
Pustaka:
|
3 |
|||
2 | Mampu memahami kedudukan dan fungsi bahasa |
Holistik: Mahasiswa secara komprehensif mengenal fungsi dan kedudukan bahasa
|
Kriteria Penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 2: Presentasi data kebahasaan bahasa yang ditemukan sebagai bagian dari perkembangan fungsi bahasa Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Pustaka:
|
3 |
|||
3 | Mampu membedakan ragam atau variasi bahasa |
Holistik: Mahasiswa secara komprehensif mengenal dan menggunakan ragam bahasa sesuai konteks komunikasi |
Kriteria penilaian: Pedoman Penskoran Bentuk Penilaian: 1. Tes Lisan 2. Observasi
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 3: Melakukan survei penggunaan ragam bahasa di lingkungan sekitar Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Pustaka: Direktoral Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2016). Pendidikan Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Tinggi. Jakarta: DIKTI |
3 |
|||
4 | Mampu menjelaskan peran dan kategori kata dalam struktur bahasa Indonesia |
Holistik: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengkonstruksi kalimat dalam struktur bahasa Indonesia yang tepat |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Pustaka:
|
4 |
|||
5 | Mampu menjelaskan peran dan konsep frasa dan klausa dalam tata bahasa Indonesia |
Holistik: Mampu menjelaskan dan memberi contoh penulisan frasa dan klausa yang tepat dalam bahasa Indonesia |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Pustaka:
|
3 |
|||
6 | Mampu menuangkan gagasan ilmiah dalam bentuk kalimat efektif |
Efektif: Mahasiswa menginternalisasi struktur kalimat efektif |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 4: Menyusun laporan dengan kalimat efektif dan presentasi terkait kegiatan survei ragam bahasa (topik 3) Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Kalimat efektif dalam bahasa Indonesia |
5 |
|||
7 | Mampu menggunakan unsur-unsur ejaan, seperti huruf, tanda baca, dan penulisan unsur serapan dalam bahasa Indonesia dengan benar |
Holistik: Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan pembentukan kata-kata serapan dalam bahasa Indonesia
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 5: Menemukan kesalahan ejaan dalam laporan penelitian Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Ejaan bahasa Indonesia Pustaka: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Mampu menggunakan diksi secara tepat sesuai konteks tulisan (Genre makro) |
Holistik: Mahasiswa mampu menerapkan penggunaan diksi sesuai konteks tulisan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 6: Membuat video penggunaan diksi sesuai konteks Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Penggunaan diksi dalam genre makro Pustaka: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. |
3 |
|||
10 | Mampu menyatakan gagasan secara tepat dalam paragraph (teks Mikro) |
Holistik: Mahasiswa secara komprehensif menjelaskan dan menuiis paragraf baik dan benar |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 7: Mengidentifikasi jenis paragraph dalam teks Makro Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Pengembangan ide dalam paragraph (teks mikro) Pustaka: Direktoral Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2016). Pendidikan Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Tinggi. Jakarta: DIKTI |
4 |
|||
11 | Mampu menulis esai dengan karakateristik dan sturktur yang tepat |
Efektif: Mampu menginternalisasi materi penulisan esai dalam teks akademik
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 8: Menulis esai dengan topik "Literasi Pajak di Lingkunganku" Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menuangkan gagasan dalam esai Pustaka:
|
4 |
|||
12 | Mampu menjelaskan struktur dan sistematika penulisan artikel |
Efektif: Mampu menginternalisasi materi penulisan artikel sesuai kaidah karya ilmiah
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Struktur dan sistematika artikel ilmiah |
5 |
|||
13 | Mampu menuangkan gagasan kreatif dalam proposal |
Efektif: Mahasiswa mampu menginternalisasi materi penulisan proposal |
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Menyusun Proposal PKM |
7 |
|||
14 | Mampu mengeksplorasi karya tulis |
Efektif: Menginternalisasi materi ulasan |
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): 1. Kuliah 2. DIskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 9: Menyusun argumentasi dalam sebuah teks ulasan Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menulis teks ulasan |
7 |
|||
15 | Mampu menjelaskan orisinalistas karya tulis |
Holistik: Mahasiswa secara komprehensif mengidentifikasi orisinalitas karya tulis |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): 1. Kuliah 2. Diskusi Tugas 10: Menginternalisasi nilai-nilai orisinalistas karya tulis dalam proposal Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menerapkan sistem kutipan dan pustaka untuk menghindari plagiasi |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lisnawaty Simatupang lahir di Dairi pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|