.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:zulkarnain@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:38 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PERBANKAN DAN KEUANGAN DIGITAL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pancasila |
PK.110122 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
09-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Zulkarnain M.Pd. |
Kety Lulu Agustin S.E., M.M. |
|||||||
NIP/NIK. 199301042020121005 |
NIP/NIK. 2021.90.005 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-8) Menguasai konsep dan teknik manajemen Lalin dan keuangan perbankan nasional |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang Perbankan dan Keuangan Digital |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-12) Mampu merancang dan melakukan kegiatan usaha sendiri dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu memahami dan menghayati Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Republik Indonesia |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menganalisis Pentingnya Pendidikan Pancasila Mampu menganalisis Konsep Ketuhanan yang Maha Esa Mampu menganalisis konsep Kemanusiaan yang adil dan beradab Mampu menganalisis konsep persatuan Indonesia Mampu menganalisis konsep Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan Mampu menganalisis konsep keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Mampu menganalisis perbandingan Ideologi dunia dengan Pancasila Mampu menganalisis Konsep Nilai, Etika, Norma dan Moral Pancasila Mampu menganalisis Konsep Ideologi Mampu menganalisis Pancasila sebagai Sumber hukum positif di Indonesia Mampu menganalisis Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional Mampu menganalisis pancasila sebagai Paradigma pengembangan teknologi Mampu menganalisis sejarah Ideologi Pancasila Mampu menganalisis Pancasila sebagai ideologi partai politik di Indonesia Mampu menganalisis Ekonomi Pancasila |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pancasila mempelajari tentang pentingnya pemahaman dan penghayatan tentang Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Republik Indonesia | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Filosofi dan Tokoh Pancasila |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Latif, Y. 2021. Mata air Keteladanan (Pancasila dalam Perbuatan). Bandung. Mizan Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, LCD, PPT |
|||||||
Dosen Pengampu |
Zulkarnain, |
Mata Kuliah |
Pancasila |
|||
Kode Mata Kuliah |
PK.110122 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menganalisis Pentingnya Pendidikan Pancasila |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Tes Ujian lisan tentang konsep Pancasila
|
CBL (2x50 Menit) Kontekstual |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
2 | Mampu menganalisis Konsep Ideologi |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Makalah Teori Ideologi |
CBL (2x50 Menit) Kontekstual |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
3 | Mampu menganalisis Konsep Ketuhanan yang Maha Esa |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Makalah Konsep Ketuhanan Yang Maha Esa |
CBL (2x50 Menit) Kontekstual |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
4 | Mampu menganalisis konsep Kemanusiaan yang adil dan beradab |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Makalah Teori Kemanusiaan |
CBL (2x50 Menit) Kontekstual |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
5 | Mampu menganalisis konsep persatuan Indonesia |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Makalah Teori Negara Persatuan |
CBL (2x50 Menit) Kontekstual |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
6 | Mampu menganalisis konsep Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Makalah Teori Demokrasi |
CBL (2x50 Menit) Kontekstual |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
7 | Mampu menganalisis konsep keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Makalah Teori Keadilan |
CBL (2x50 Menit) Kontekstual |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Mampu menganalisis perbandingan Ideologi dunia dengan Pancasila |
|
Ketepatan dalam Menganalisis
Non-Tes Artikel Perbandingan ideologi Pancasial dengan Ideologi Lainnya
|
CBL (2x50 Menit) Kontekstual |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia |
4 |
|||
10 | Mampu menganalisis Konsep Nilai, Etika, Norma dan Moral Pancasila |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Artikel Teori Nilai, Etika, Norma dan Moral |
CBL (2x50 Menit) Kontekstual |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia |
4 |
|||
11 | Mampu menganalisis Pancasila sebagai Sumber hukum positif di Indonesia |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-tes Artikel Pancasila sebagai sumber Hukum di Indonesia |
CBL (2x50 Menit) Kontekstual |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia |
3 |
|||
12 | Mampu menganalisis Pancasila sebagai ideologi partai politik di Indonesia |
|
Ketepatan dalam Menganalisis
Non-tes Artikel Teori Politik |
CBL (2x50 Menit) Kontekstual |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia |
3 |
|||
13 | Mampu menganalisis Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Artikel Pancasila sebagai paradigam pembangunan Nasional |
CBL (2x50 Menit) Kontekstual |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia |
4 |
|||
14 | Mampu menganalisis pancasila sebagai Paradigma pengembangan teknologi |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Artikel Pancasila dan perkembangan teknologi |
CBL (2x50 Menit) Kontekstual |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia |
4 |
|||
15 | Mampu menganalisis Ekonomi Pancasila |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Artikel Ekonomi Pancasila |
CBL (2x50 Menit) Kontekstual |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Zulkarnain lahir di Pringgasela pada tanggal 04-01-1993 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan Program Studi |
|