.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:zulkarnain@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:05 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Kewarganegaraan |
TL110222 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
04-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Zulkarnain M.Pd. |
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199301042020121005 |
NIP/NIK. 198007082014041001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-7) Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menganalisis konsep dan Realita Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika serta implementasinya dalam membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. Mampu menganalisis pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan 2. Mampu menganalisis Konstitusi Indonesia 3. Mampu menganalisis Identitas Nasional Indoensia 4. Mampu menganalisis Integrasi Nasional Indonesia 5. Mampu menganalisis Dinamika Demokrasi Indonesia 6. Mampu menganalisis Hak dan Kewajiban Warga Negara 7. Mampu menganalisis peran Pajak dalam Pembangunan Indoensia 8. Mampu menganalisis Multikulturalisme dan ragam suku di Indonesia 9. Mampu menganalisis bentuk keadilan dan ketidakadilan di Indonesia 10. Mampu Menganalisis kasus-kasus kekerasan seksual di Indonesia 11. Mampu Menganalisis bahaya Radikalisme dan Terorisme 12. Mampu menganalisis budaya populer dan Gaya Hidup Warga negara di Indonesia 13. Mampu menganalisis Kasus Tindak pidana Korupsi di Indonesia 14. Mampu menganalisis Praktek Hak Asasi Manusia di Indonesia 15. Mampu menganlisis wawasan nusantara |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Pada mata kuliah Kewarganegaraan mahasiswa akan mempelajari Pentingnya pendidikan kewarganegaraan, Identitas nasional, Integrasi nasional, konstitusi di Indonesia, kewajiban dan hak negara dan warga negara, Dinamika demokrasi di Indonesia, penegakan hukum di Indonesia, wawasan nusantara, Pertahanan nasional, Korupsi, dan Kesadaran Pajak. Materi ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan analitis berkaitan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika serta mahasiswa mengimplementasikan praktik warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pendidikan kewarganegaraan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul Kewarganegaraan, Laptop, PC, dan LCD Proyektor |
|||||||
Dosen Pengampu |
Zulkarnain, |
Mata Kuliah |
Kewarganegaraan |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL110222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK1: Mampu menjelaskan Pancasila dalam sejarah Perjuangan Bangsa |
Ketepatan menjelaskan Pancasila era sebelum kemerdekaan dan Pancasila era sesudah kemerdekaan |
ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) |
1. Pancasila era sebelum kemerdekaan 2. Pancasila era sesudah kemerdekaan Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
2 |
|||
2 | Sub CPMK2: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara |
Ketepatan menjelaskan 1. Pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara 2. Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 1945 3. Pokok kaidah yang fundamental 4. Hubungan Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945 |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) |
1. Pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara 2. Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 1945 3. Pokok kaidah yang fundamental 4. Hubungan Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945 Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
2 |
|||
3 | Sub CPMK3: Mampu menganalisaPancasila sebagai dasar negara |
Ketepatan menganalisa: Implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan Negara dalam bidang politik ekonomi, social budaya dan Hankam |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur dan presentasi |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’)
|
Implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan Negara dalam bidang politik ekonomi, social budaya dan Hankam Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
2 |
|||
4 | Sub CPMK4: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai ideologi |
Ketepatan menjelaskan 1. Pengertian ideologi 2. Unsur ideologi 3. Ideologi terbuka dan tertutup 4. Pancasila sebagai ideologi terbuka 5. Pancasila sebagai ideologi Berbangsa dan bernegara |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’)
|
1. Pengertian ideologi 2. Unsur ideologi 3. Ideologi terbuka dan tertutup 4. Pancasila sebagai ideologi terbuka 5. Pancasila sebagai ideologi Berbangsa dan bernegara Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
2 |
|||
5 | Sub CPMK5: Mampu menganalisa ideologi pancasila dan membandingkan dengan ideologi lain |
Ketepatan menganalisa dan membandingkan idelogi 1. Ideologi Pancasila 2. Ideologi Liberal 3. Ideologi Komunis 4. Ideologi keagamaan |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non tes: presentasi dan diskusi |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’)
|
1. Ideologi pancasila 2. Ideologi Liberal 3. Ideologi Komunis 4. Ideologi keagamaan Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
2 |
|||
6 | Sub CPMK6: Mampu menjelaskan Filsafat Pancasila |
Ketepatan menjelaskan 1. Pengertian Filsafat 2. Aliran aliran filsafat 3. Pengertian Pancasila secara filsafat |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’)
|
1. Pengertian Filsafat 2. Aliran aliran filsafat 3. Pengertian Pancasila secara filsafat Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
3 |
|||
7 | Sub CPMK7: Mampu menganalisa filsafat Pancasila |
Mampu menganalisa filsafat Pancasila Ketepatan menganalisa 1. Aspek ontologi 2. Aspek epistimologi 3. Aspek aksiologi 4. Teori kebenaran Pancasila |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’)
|
1. Aspek ontologi 2. Aspek epistimologi 3. Aspek aksiologi 4. Teori kebenaran Pancasila Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | Sub CPMK9: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai sistem etika |
Ketepatan menjelaskan 1. Pengertian etika 2. Pengertian nilai, moral dan Norma 3. Aliran etika |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur
|
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) |
1. Pengertian etika 2. Pengertian nilai, moral dan Norma 3. Aliran etika Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
2 |
|||
10 | Sub CPMK10: mampu menerapkan etika Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara |
Ketepatan menerapkan 1. Etika pancasila 2. Etika politik dalam berbangsa dan bernegara |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non tes: Pembelajaran berbasis masalah Kuliah dan diskusi |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’)
|
1. Etika pancasila 2. Etika politik dalam berbangsa dan bernegara Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
2 |
|||
11 | Sub CPMK11: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi |
Ketepatan menjelaskan 1. Perkembangan ilmu dan teknologi 2. Masalah nilai dalam pengembangan ilmu dan teknologi |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur
|
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) |
1. Perkembangan ilmu dan teknologi 2. Masalah nilai dalam pengembangan ilmu dan teknologi Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
2 |
|||
12 | Sub CPMK12: Mampu menganalisa Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi |
Ketepatan menganalisa: Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan IPTEK |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non tes: Pembelajaran berbasis masalah Kuliah dan diskusi |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’)
|
Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan IPTEK Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
2 |
|||
13 | Sub CPMK13: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional |
Ketepatan menjelaskan: Pengertian paradigma menjelaskan Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non tes: Pembelajaran berbasis masalah |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’)
|
1. Pengertian paradigma 2. menjelaskan Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
2 |
|||
14 | Sub CPMK14:Mampu menganalisa Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional dalam bidang politik dan ekonomi |
Ketepatan menjelaskan Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional dalam bidang Politik , ekonomi |
Bentuk non tes: Pembelajaran berbasis masalah |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’)
|
Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional dalam bidang Politik , ekonomi Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
2 |
|||
15 | Sub CPMK15: Mampu menganalisa Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional dalam bidang sosial dan budaya dan pertahanan keamanan |
Ketepatan menjelaskan: Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional dalam bidang sosial budaya dan pertahanan keamanan |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non tes: Pembelajaran berbasis masalah Kuliah dan diskusi |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’)
|
Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional dalam bidang sosial budaya dan pertahanan keamanan Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
40 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Zulkarnain lahir di Pringgasela pada tanggal 04-01-1993 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan Program Studi |
|