.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:hadiyanto@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 10, 2025, 1:13 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahan dan Komponen Listrik |
TL110422 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
06-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198007082014041001 |
NIP/NIK. 198007082014041001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-8) mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-7) Mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkait di bidang kelistrikan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK1: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi yang didukung dengan menjunjung tinggi nila kemanusian dalam menjalan kan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika CP-MK2: Mampu mennguasi konsep eoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali serta mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkait dibidang kelistrikan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan dan memahmi konsep model atom dan pita energi Sub-CPMK2: Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan listrik berbentuk padat, cair, dan berbentuk gas Sub-CPMK3: Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan konduktor, isolator, dan semikonduktor Sub-CPMK4: Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan penyekat dan pembagian kelas bahan penyekat Sub-CPMK5: Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan magnetik dan superkonduktor Sub-CPMK6: Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan nuklir dan khusus lainnya |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahan dan Komponen Listrik mempelajari tentangĀ Bahan dasar pembentuk material peralatan listrik beserta penerapannya di lapangan. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1, Teori Atom dan pita energi |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Hadiyanto, |
Mata Kuliah |
Bahan dan Komponen Listrik |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL110422 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
||||||
1,2,3 | Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan dan memahmi konsep model atom dan pita energi |
Ketepatan menjelaskan konsep model atom |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep model atom
|
2 |
||||||
Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan dan memahmi konsep model atom dan pita energi |
Ketepatan dalam menjelaskan pita energi |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep pita energi
|
2 |
|||||||
Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan dan memahmi konsep model atom dan pita energi |
Ketepatan dalam menghitung pita energi |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep perhitungan pita energi
|
1 |
|||||||
4,5,6 | Sub-CPMK2: Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan listrik berbentuk padat, cair, dan berbentuk gas |
Ketepatan dalam menjelaskan bahan listrik berbentuk padat beserta karakteristiknya
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep bahan listrik yang terbuat dari padat beserta karakteristik masing-masing
|
4 |
||||||
Sub-CPMK2: Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan listrik berbentuk padat, cair, dan berbentuk gas |
Ketepatan dalam menjelaskan bahan listrik berbentuk cair beserta karakteristiknya |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep bahan listrik yang terbuat dari cair, disertai karakteristik masing-masing
|
3 |
|||||||
Sub-CPMK2: Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan listrik berbentuk padat, cair, dan berbentuk gas |
Ketepatan dalam menjelaskan bahan listrik berbentuk gas beserta karakteristiknya |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep bahan listrik yang terbuat dari gas disertai karakteristik masing-masing
|
3 |
|||||||
7,9,10 | Sub-CPMK3: Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan konduktor, isolator, dan semikonduktor |
Ketepatan dalam menjelaskan konsep bahan listrik konduktor
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep bahan listrik konduktor beserta karakteristiknya
|
3 |
||||||
Sub-CPMK3: Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan konduktor, isolator, dan semikonduktor |
Ketepatan dalam menjelaskan konsep bahan listrik isolator |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep bahan listrik isolator beserta karakteristiknya
|
3 |
|||||||
Sub-CPMK3: Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan konduktor, isolator, dan semikonduktor |
Ketepatan dalam menjelaskan konsep bahan listrik semikonduktorr |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep bahan listrik semikonduktor beserta karakteristiknya
|
4 |
|||||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
||||||||||
11 | Sub-CPMK4: Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan penyekat dan pembagian kelas bahan penyekat |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep bentuk penyekat dan pembagian klasifikasinya
|
5 |
||||||
12,13 | Sub-CPMK5: Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan magnetik dan superkonduktor |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep bahan listrik dari bahan magnetik beserta karakteristiknya
|
5 |
||||||
Sub-CPMK5: Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan magnetik dan superkonduktor |
Ketepatan dalam menjelaskan bahan superkonduktor dan karakteristiknya |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep bahan listrik dari bahan superkonduktor beserta karakteristiknya
|
5 |
|||||||
14,15 | Sub-CPMK6: Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan nuklir dan khusus lainnya |
Ketepatan dalam menjelaskan bahan listrik dari nuklir beserta karakteristiknya
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep bahan listrik dari nuklir
|
5 |
||||||
Sub-CPMK6: Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan nuklir dan khusus lainnya |
Ketepatan dalam menjelaskan bahan khusus lainnya |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep bahan listrik untuk bahan khusus lainnya
|
5 |
|||||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
||||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Hadiyanto lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|