.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:hadiyanto@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 11:26 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Sistem Proteksi Tenaga Listrik |
TL230922 |
0 |
2 |
2 |
84 |
3 |
15-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198007082014041001 |
NIP/NIK. 198007082014041001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali menggunakan prosedur dan standar IEC . (P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-8) mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-6) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran kelaikan instalasi berdasarkan prosedur dan standar (SNI, IEC, SPLN), dengan menyajikan hasil analisis berdasarkan metoda yang dipilih. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan pekerjaan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik, serta operasi dan pemeliharaan peralatan listrik menggunakan prosedur dengan acuan Standard SNI, IEC, dan standard lain yang terkait, dan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Sistem Proteksi Tenaga Listrik mempelajari dasar – dasar instalasi listrik, Peraturan Umum InstalasiListrik (PUIL), perlengkapan instalasi, sistem pentanahan, instalasi penerangan dan wirausaha bidang instalasi listrik. Matakuliah ini memberikan pembekalan kognitif kepada mahasiswa guna menunjang dalam menempuh perkuliahan maupunsetelah lulus dan terjun di masyarakat. Proses perkuliahan tatap muka maupun berbagai strategi pendekatan yangdisesuaikan dengan konteks materi dan potensi mahasiswa | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
mengidentifikasi dasar-dasar system proteksi dan menjelaskan tentang tujuan sistem proteksi |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Hadiyanto, |
Mata Kuliah |
Sistem Proteksi Tenaga Listrik |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL230922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 |
Mahasiswa mampu memahami kontrak perkuliahan dan melakukan proses pendaftaran di BLP2 |
Kriteria: menggunakan referensi rubrik penilaian Bentuk Penilaian: Tugas Mandiri |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu: Praktek:
|
Pembahasan mengenai kontrak pembelajaram, RPS, dan pendaftaran BLP2
|
5 |
||||
2 |
Mahasiswa mampu memahami konsep proteksi sistem tenaga listrik |
Kriteria: menggunakan referensi rubrik penilaian Bentuk Penilaian: Pekerjaan Praktek Laporan Praktek
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holìstik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa. Estimasi Waktu: Praktek:
|
Konsep Proteksi Sistem Tenaga Listrik
|
5 |
||||
3 |
Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis ganggiuan pada sistem tenaga listrik |
Kriteria: menggunakan referensi rubrik penilaian Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holìstik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa. Estimasi Waktu: Praktek:
|
Jenis-jenis gangguan pada sistem tenaga listrik
|
5 |
||||
4 |
Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis ganggiuan pada sistem tenaga listrik jilid 2 |
Kriteria: menggunakan referensi rubrik penilaian Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holìstik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa. Estimasi Waktu: Praktek:
|
Jenis-jenis gangguan pada sistem tenaga listrik jilid 2
|
5 |
||||
5 |
Mahasiswa mampu memahami pemakaian besaran ukur |
Kriteria: menggunakan referensi rubrik penilaian Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holìstik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa. Estimasi Waktu: Praktek:
|
Konsep Besaran Ukur
|
5 |
||||
6 |
Mahasiswa mampu memahami teknik pengukuran besaran ukur |
Kriteria: menggunakan referensi rubrik penilaian Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holìstik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa. Estimasi Waktu: Praktek:
|
Konsep Teknik Pengukuran Besaran Ukur
|
5 |
||||
7 |
Mahasiswa mampu memahami konsep relai proteksi |
Kriteria: menggunakan referensi rubrik penilaian Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holìstik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa. Estimasi Waktu: Praktek:
|
Konsep Jenis Relai Proteksi
|
5 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
15 |
|||||||
9 |
Mahasiswa mampu memahami konsep relai elektromekanik dan karakteristk |
Kriteria: menggunakan referensi rubrik penilaian Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holìstik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa. Estimasi Waktu: Praktek:
|
Konsep Elektromekanik dan karakteristiknya
|
5 |
||||
10 |
Mahasiswa mampu memahami konsep relai termal dan karakteristk |
Kriteria: menggunakan referensi rubrik penilaian Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holìstik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa. Estimasi Waktu: Praktek:
|
Konsep Termal dan karakteristiknya
|
5 |
||||
11 |
Mahasiswa mampu memahami konsep relai analog dan karakteristk |
Kriteria: menggunakan referensi rubrik penilaian Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holìstik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa. Estimasi Waktu: Praktek:
|
Konsep Relai Analog dan Karakteristinya
|
5 |
||||
12 |
Mahasiswa mampu memahami konsep relai digital dan karakteristk |
Kriteria: menggunakan referensi rubrik penilaian Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holìstik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa. Estimasi Waktu: Praktek:
|
Konsep Relai Digital dan Karakteristinya
|
5 |
||||
13 |
Mahasiswa mampu memahami konsep relai mekanik dan karakteristk |
Kriteria: menggunakan referensi rubrik penilaian Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holìstik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa. Estimasi Waktu: Praktek:
|
Konsep Relai Mekanis dan Karakteristinya
|
5 |
||||
14 |
Mahasiswa mampu memahami konsep proteksi secara simulasi dan penangannya |
Kriteria: menggunakan referensi rubrik penilaian Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holìstik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa. Estimasi Waktu: Praktek:
|
Konsep Analisa Proteksi Sistem Tenaga Listrik
|
5 |
||||
15 |
Mahasiswa mampu memahami konsep proteksi secara simulasi dan penangannya |
Kriteria: menggunakan referensi rubrik penilaian Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holìstik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa. Estimasi Waktu: Praktek:
|
Konsep Analisa Proteksi Sistem Tenaga Listrik
|
5 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
15 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Hadiyanto lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|