.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:armin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:44 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Algoritma dan Pemrograman |
TE120722 |
1 |
1 |
2 |
56 |
2 |
17-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Drs. Armin M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 196408211988031006 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemadirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri (KU-8) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untukmenjaminkesahihan dan mencegah plagiasi pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK-1: Menguasai pengetahuan perangkat pemrograman dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali, serta menguasai konsep teoritis tentang sains terapan (P3)(P5) CPMK-2: Mampu menggunakan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali dengan dan memecahkan masalah pekerjaan yang didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri. (KK5, KU3) CPMK-3: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri dalam mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi pekerjaan. (S9, KU8) CPMK-4: Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika dengan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (KU-1, S10) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
SUB-CPMK-1: Mampu membuat dan menjelaskan konsep-konsep pemrograman dan mampu menginstall serta menggunakan software-software pemrograman dasar. SUB-CPMK-2: Mampu menggunakan dan menjelaskan perintah-perintah pemrograman dalam hal Input dan Output Data SUB-CPMK-3: Mampu menggunakan dan menjelaskan perintah-perintah pemrograman dalam hal Pengambilan Keputusan SUB-CPMK-4: Mampu menggunakan dan menjelaskan perintah-perintah pemrograman dalam hal Perulangan Proses atau Looping SUB-CPMK-5: Mampu menggunakan dan menjelaskan perintah-perintah pemrograman dalam hal Nested Looping SUB-CPMK-6: Mampu menggunakan dan menjelaskan perintah-perintah pemrograman dalam hal Fungsi SUB-CPMK-7: Mampu menggunakan dan menjelaskan perintah-perintah pemrograman dalam hal Array SUB-CPMK-8: Mampu menggunakan perintah-perintah pemrograman untuk membuat program-program aplikasi sederhana dan menjelaskannya |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Algoritma dan Pemrograman mempelajari tentang algoritma, pseudocode, flowchart, dan struktur-struktur pemrograman untuk mengimplementasikan konsep-konsep pemrograman dengan bahasa pemrograman untuk menyelesaikan permasalahan dengan membuat program aplikasi sederhana. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Konsep Pemrograman |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Pratama, Andre. 2018. Pascal Uncover, Panduan Belajar Pascal Untuk Pemula. Duniailkom.com 2. Munir, Rinaldi. 2016. Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal, C, dan C++. Bandung: Informatika. 3. Hartono, Jogiyanto. 2009. Pengenalan Komputer: Dasar Ilmu Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi, dan Intelegensi Buatan. Yogyakarta: Andi |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Modul, 2. Panduan Praktek, 3. LCD, 4. Proyektor, 5. Laptop, 6. Whiteboard, 7. Spidol (warna hitam, merah dan biru), dan 8. Alat tulis. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Armin, |
Mata Kuliah |
Algoritma dan Pemrograman |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE120722 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1,2,3 | SUB-CPMK-1: Mampu membuat dan menjelaskan konsep-konsep pemrograman dan mampu menginstall serta menggunakan software-software pemrograman dasar. |
1. Ketepatan menjelaskan mengenai tujuan mata kuliah |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
1. Pengantar Perkuliahan Pustaka: 1. Pratama, Andre. 2018. Pascal Uncover, Panduan Belajar Pascal Untuk Pemula. Duniailkom.com |
4 |
|||
SUB-CPMK-1: Mampu membuat dan menjelaskan konsep-konsep pemrograman dan mampu menginstall serta menggunakan software-software pemrograman dasar. |
Ketepatan menjelaskan dan menggunakan Konsep Pemrograman dalam hal: 1. Algortima, |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Konsep Pemrograman (I): Pustaka: |
4 |
||||
SUB-CPMK-1: Mampu membuat dan menjelaskan konsep-konsep pemrograman dan mampu menginstall serta menggunakan software-software pemrograman dasar. |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan Konsep Pemrograman dalam hal: |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Konsep Pemrograman (II): Pustaka: |
4 |
||||
4 | SUB-CPMK-2: Mampu menggunakan dan menjelaskan perintah-perintah pemrograman dalam hal Input dan Output Data |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan komponen Input/Output dalam hal: |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Input dan Output: Pustaka: |
4 |
|||
5,6 | SUB-CPMK-3: Mampu menggunakan dan menjelaskan perintah-perintah pemrograman dalam hal Pengambilan Keputusan |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Pengambilan Keputusan dalam hal: |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Pengambilan Keputusan (I): Pustaka: |
4 |
|||
SUB-CPMK-3: Mampu menggunakan dan menjelaskan perintah-perintah pemrograman dalam hal Pengambilan Keputusan |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Pengambilan Keputusan dalam hal: |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Pengambilan Keputusan (II): Pustaka: |
4 |
||||
7,8 | SUB-CPMK-4: Mampu menggunakan dan menjelaskan perintah-perintah pemrograman dalam hal Perulangan Proses atau Looping |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Looping dalam hal: |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Looping: Pustaka: |
4 |
|||
SUB-CPMK-5: Mampu menggunakan dan menjelaskan perintah-perintah pemrograman dalam hal Nested Looping |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Looping dalam hal: |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Looping II: Pustaka: |
4 |
||||
9 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
10,11 | SUB-CPMK-5: Mampu menggunakan dan menjelaskan perintah-perintah pemrograman dalam hal Nested Looping |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Nested Loop Dasar |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Metode Pembelajaran: Pustaka: |
5 |
|||
SUB-CPMK-5: Mampu menggunakan dan menjelaskan perintah-perintah pemrograman dalam hal Nested Looping |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Nested Loop Lanjut |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Nested Looping : Pustaka: |
5 |
||||
12 | SUB-CPMK-6: Mampu menggunakan dan menjelaskan perintah-perintah pemrograman dalam hal Fungsi |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan bentuk Fungsi dalam |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Fungsi: Pustaka: |
4 |
|||
13 | SUB-CPMK-7: Mampu menggunakan dan menjelaskan perintah-perintah pemrograman dalam hal Array |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Array dalam hal: |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Variabel Array: Pustaka: |
4 |
|||
14,15 | SUB-CPMK-8: Mampu menggunakan perintah-perintah pemrograman untuk membuat program-program aplikasi sederhana dan menjelaskannya |
1. Ketepatan membuat dan menjelaskan program aplikasi Pengecekan Bilangan Prima atau Bukan |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Program Aplikasi: Pustaka: |
5 |
|||
SUB-CPMK-8: Mampu menggunakan perintah-perintah pemrograman untuk membuat program-program aplikasi sederhana dan menjelaskannya |
Ketepatan membuat dan menjelaskan program aplikasi Pengurutan Data dengan Metode Bubble Sort |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Pengurutan Data dengan Metode Bubble Sort Pustaka: |
5 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Armin lahir di Mendingin pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|